cover
Contact Name
David S. Latupeirissa
Contact Email
latupeirissadavid1@gmail.com
Phone
+6285253291717
Journal Mail Official
latupeirissadavid1@gmail.com
Editorial Address
Politeknik Negeri Kupang, Jln Adisucipto Penfui, P O Box 139 Kupang.
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Bisman : Jurnal Bisnis dan Manajemen
ISSN : 24772801     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.32511/bisman.
Jurnal Bisnis dan Manajemen adalah Jurnal yang mempublikasi hasil penelitian di bidang Bisnis & Manajemen. Tulisan yang dipublikasi hanya tulisan yang telah melewati proses peer-review.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2021): Juni" : 6 Documents clear
ANALISIS PENERAPAN PELAYANAN JASA BERSTANDAR COVID-19 PADA MASKAPAI WINGS AIR CABANG BIMA Rosita, Inang; Mardian, Irma
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 6 No 1 (2021): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v2i2.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan pelayanan jasa berstandar Covid-19 pada maskapai Wing Air Cabang Bima. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif dari sumber data primer. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan pada maskapai Wings Air Cabang Bima yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti (unknown population). Teknik pengambilan sampel apabila populasinya tidak diketahui secara pasti digunakan teknik sampling kemudahan sehingga diperoleh sampel dalam penelitian sebanyak 96 orang reponden dengan menggunakan rumus unknown populations. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan uji t (t-test one sample). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pelayanan jasa berstandar Covid-19 pada Maskapai Wings Air sudah baik.
PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENYEDIAKAN INFORMASI UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN Tuati, Nonce F.
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 6 No 1 (2021): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.384 KB) | DOI: 10.32511/bisman.v2i2.56

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis, mengidentifikasi kebutuhan informasi, memperbaiki dan merancang sistem informasi akuntansi penjualan pada perusahaan dan informasi yang dibutuhkan oleh pihak manajemen untuk membantu dalam pengambilan keputusan serta mengatasi masalah yang terdapat dalam sistem yang berjalan. Perusahaan membutuhkan sistem yang akan berperan dalam pemrosesan dan pengolahan data penjualan, yaitu Sistem Akuntansi Penjualan. Sistem Akuntansi Penjualan tersebut bertujuan untuk mendukung aktivitas bisnis perusahaan dalam mengelola, memproses data transaksi secara efektif dan efisien. Sistem akuntansi yang disusun untuk suatu perusahaan dapat diproses dangan cara manual atau diproses dengan menggunakan mesin-mesin mulai dengan mesin pembukuan yang sederhana sampai dengan komputer. Sistem Informasi Penjualan harus dilaksanakan berdasarkan pada prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan itu sendiri. Informasi yang disediakan oleh Sistem Akuntansi Penjualan tersebut merupakan suatu hasil pengelolahan data dalam bentuk yang lebih berarti dan berguna bagi para penggunanya, karena menggambarkan kejadian nyata yang digunakan dalam mengambil keputusan. Informasi yang dihasilkan oleh suatu sistem akuntansi dalam sebuah perusahaan digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan, agar pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan selalu tepat. Pengambilan keputusan selalu mencari informasi yang akurat agar menjadikan keputusan yang diambil tersebut sebagai keputusan yang terbaik. Metode penelitian dilakukan dengan studi kepustakaan, metode analisis dengan survei dan wawancara.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. TELKOM CABANG BIMA Alfian, Arkam; Kusumayadi, Firmansyah
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 6 No 1 (2021): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.187 KB) | DOI: 10.32511/bisman.v2i2.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasi dan komitmen terhadap kinerja karyawan pada PT. Telkom Cabang Bima. Penelitian ini berjenis asosiatif. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan pada PT Telkom Cabang Bima yang berjumlah sebanyak 106 orang karyawan dengan rincian 5 orang karyawan tetap, 20 orang karyawan mitra, dan 81 orang karyawan biasa. sampel dalam penelitian ini adalah 41 orang karyawan PT Telkom Cabang Bima. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus slovin. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dengan skala likert. Teknik pegumpulan data yang diguankan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Telkom Cabang Bima. Komitmen berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Telkom Cabang Bima. budaya organisasi dan komitmen berpengaruh siginifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Telkom Cabang Bima.
PROSEDUR PENGELOLAAN PROSEDUR PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS Kristo, Kashyoka C.; Monteiro, Maria C.B.; Nappoe, Margie J.
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 6 No 1 (2021): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.371 KB) | DOI: 10.32511/bisman.v2i2.56

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Prosedur pengelolaan arsip dinamis pada kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT.Penelitian menggunakan metode observasi dan interview atau wawancara. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis data secara deskriptif, yaitu memaparkan tentang sesuatu objek sebagaimana adanya pada suatu waktu. Prosedur Pengelolaan Arsip Dinamis di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT meliputi penciptaan arsip, pengunaan arsip, pemeliharaan arsip, penyimpanan arsip dan penyusutan arsip. Kendala-kendala yang dihadapi yaitu terbatasnya fasilitas kearsipan, sumber daya manusia yang mengelola arsip dan bertambahnya volume arsip secara terus menerus yang mengakibatkan tempat dan peralatan yang tersedia tidak dapat menampung arsip lagi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat di simpulkan bahwa dalam prosedur pengelolaan arsip dinamis di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT belum dapat berjalan secara maksimal ini dibuktikan dengan kurangnya pengertian tentang pentingnya arsip sehingga tidak semua surat diserahkan kepada arsiparis / pengelola arsipkan tetapi di simpan di masing-masing bidang. Saran yang bias penulis berikan adalah penambahan fasilitas kearsipan serta perlu diberlakukannya pedoman pengarsipan secara teratur sehingga pengelolaan arsip dapat berjalan lebih baik.
AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN DANA DESA Kabu, Enos; Dhosa, Laurensius Asteria Inosensius
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 6 No 1 (2021): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.114 KB) | DOI: 10.32511/bisman.v2i2.56

Abstract

Akuntabilitas merupakan suatu pertangungjawaban pemerintah untuk melaporkan dan menyajikan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan kepada masyarakat.Pertanggungjawabantersebut dilakukan agar pemerintah dapat transparan dengan komitmen yang telah terbentuk dalam pelaksanaannya. Pemerintah desa Oeltua, adalah pemerintah desa yang mendukung adanya Good Governance khususnya akuntabilitas dan transparansi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbabis studi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dengan teknik semi-terstruktur. Wawancara dilakukan dengan pihak pemerintah desa yang telah menjalankan penyelenggarakan pemerintahan dan pihak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai perwakilan dari masyarakat, yang berjumlah 9 orang informan. Hasil penelitian ini menunjukan pengelolaan keuangan Dana Desa yang diterapkan oleh pemerintah desa Oeltua sudah sesuai dengan perundang-undangan maupun ketentuan-ketentuan yang berlaku. Transparansi yang dilakukan oleh pemerintah desa Oeltua menggunakan media informasi digital, terdapat informasi yang disebar tiap-tiap dusun melalui ketua RT dan Ketua Dusun, selain itu juga terdapat papan informasi yang ditempatkan di Kantor Desa. Meskipun pengelolaan Dana Desa yang dilakukan oleh pemerintah desa sangat baik, tetapi pemahaman masyarakat mengenai kebijakan Dana Desa masih rendah.
ANALISIS LOYALITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT MONTA KABUPATEN BIMA Fatahullah, Fatahullah; Badar, M
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 6 No 1 (2021): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.114 KB) | DOI: 10.32511/bisman.v2i2.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana loyalitas pegawai pada kantor Camat Monta Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif dari sumber data primer. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja di Kantor Camat Monta Kabupaten Bima sebanyak 40 orang pegawai, yang terdiri dari 20 orang PNS dan 20 orang pegawai kontrak/honda. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang pegawai pada kantor Camat Monta Kabupaten Bima dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang diguanakn yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan uji t (t-test one sample). Hasil penelitian menunjukan bahwa Loyalitas Kerja Pegawai Pada Kantor Camat Monta Kabupaten Bima lebih dari 75% dari kriteria yang diharapkan (Loyal)

Page 1 of 1 | Total Record : 6