cover
Contact Name
Ridho Alfarisi
Contact Email
alfarisi.fkip@unej.ac.id
Phone
+6282139291360
Journal Mail Official
alfarisi.fkip@unej.ac.is
Editorial Address
Jl. Kalimantan No 37 Kampus Tegalboto Sumbersari 68121 Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Published by Universitas Jember
ISSN : 20857519     EISSN : 2798382X     DOI : -
Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan, etnomatematika, STEM Education dan penelitian-penelitian lainnya di bidang pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar" : 5 Documents clear
Analisis Literasi Matematis Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VI SDN 2 Kedunggebang Banyuwangi Ganistya Mareta Putti; Titik Sugiarti; Ridho Alfarisi
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17958.832 KB)

Abstract

Literasi matematis adalah kapasistas atau potensi siswa secara individual untuk dapat merumuskan, menerapkan konsep serta menginterpretasikan ilmu matematika dalam konteks tertentu. Penelitian ini mengambil jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dilakukan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa kelas VI SDN 2 Kedunggebang dengan dasar kemampuan matematika yang diklasifikasikan menjadi tiga level yakni level rendah, level sedang, level tinggi. Didapatkan 7 siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah, 16 siswa yang memiliki kemampuan sedang dan 5 siswa yang memiliki kemampuan tinggi Didapatkan hasil yakni literasi matematis siswa merupakan representasi dari kemampuan matematika siswa, ditunjukkan oleh kemampuan menyelesaikan literasinya dari soal literasi yang diberikan. Pada kemampuan rendah siswa mampu menyelesaikan dengan runtut dan tepat literasi matematika hanya 1 soal dari 4 soal yang diberikan, sedangkan kemampuan matematika sedang mampu menyelesaikan dengan runtut dan tepat literasi matematika pada 2 soal dari 4 soal yang diberikan, dan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan literasi matematika dengan runtut dan tepat pada 3 soal dari 4 soal yang diberikan.
Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Bermuatan Karakter Tema Panas dan Perpindahanya untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Maslihak Maslihak; Nuriman Nuriman; Titik Sugiarti
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.137 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku petunjuk praktikum yang valid dalam meningkatkan karakter siswa. Indikator karakter siswa diataranya karakter saling menghargai, karakter santun dan karakter bertangung jawab. Penelitian ini menerapkan penelitian model 4D (definisi, desaign, develope, dan dissaminate). Validasi dilakukan terkait isi atau materi, desain produk serta tata bahasa produk. Uji coba dilakukan pada 30 siswa kelas V SDN 02 Balak Banyuwangi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon siswa, dan lembar observasi karakter siswa . Hasil observasi menunjukkan adanya perubahan sikap siswa yang berdasarkan pada indikator sikap dengan nilai rata-rata dengan interprestasi cukup tinggi. Produk yang dikembangkan cukup layak sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Newman Topik Jarak dan Kecepatan di Kelas V SDN Jember Lor 03 M Firjoun Asiasi; M Sulthon Masyhud; Ridho Alfarisi
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.963 KB)

Abstract

Soal cerita memiliki karakteristik tidak hanya level 1 taksonomi bloom kognitif (C1) tetapi biasanya minimal terdapat lebih dari level C1, Sehingga soal cerita harus dikembangkan dan dibiasakan untuk diberikan kepada siswa, tetapi muncul suatu permasalahan dimana guru kebingungan dalam menentukan soal cerita yang cocok digunakan untuk siswa. Sehingga untuk inovasi tersebut, salah satu dengan mengetahui apa saja kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Teori newman menjadi alat untuk mengetahui tahapan kesalahan yang dialami siswa, yaitu meliputi reading error, comprehension error, transformation error, process skill error, dan enconding error. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang muncul dan tingkat persentase dalam menyelesaikan soal cerita. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskirptif. Subjek penelitian ini berjumlah 90 siswa kelas V SDN Jember Lor 03. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis kesalahan terbagi akan 2 jenis yaitu analisis kesalahan rill dan analisis kesalahan relatif dimana keduanya sama-sama memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya diperkuat dengan data hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah adalah reading error sebanyak 0%, comprehension error sebanyak 7%, transfromasion error sebanyak 24%, process skillsebanyak 33%, encoding error sebanyak 35%.
Aktivitas Belajar Peserta Didik yang Mencerminkan Nilai-Nilai Karakter Selama Pembelajaran Daring Arysma Dwi Nur Mega Putri; Mutrofin Mutrofin; Yuni Fitriyah Ningsih
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.21 KB)

Abstract

Coronavirus mengakibatkan pembelajaran harus dilaksanakan dari rumah dan yang paling tepat menggunakan sistem pembelajaran daring. Pembelajaran dalam jaringan (daring) memanfaatkan jaringan internet melalui berbagai macam aplikasi atau sosial media yang dapat dilakukan menggunakan perangkat seperti Hp (handphone), komputer, tablet, laptop, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mempersentasekan aktivitas belajar yang mencerminkan nilai-nilai karakter selama pembelajaran daring pada peserta didik kelas VI SDN 07 Karangsari Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas VI SDN 07 Karangsari dengan subjek 15 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Nilai karakter yang dianalisis sesuai dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Nilai karakter yang termuat pada aktivitas belajar peserta didik selama pembelajaran daring sebanyak 50 nilai karakter. Frekuensi nilai karakter tidak merata dengan persentase nilai religius 74%, nilai nasionalis 84%, nilai mandiri 73,33%, nilai gotong royong 78% dan nilai integritas 80%. Rata-rata ketercapaian nilai karakter pada aktivitas belajar selama pembelajaran daring yaitu 77,86% termasuk kategori baik.
Korelasi antara Gaya Belajar dengan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Dabasah 3 Bondowoso Gita Indah Pratiwi; Nuriman Nuriman; Ridho Alfarisi
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.691 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hubungan antara gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dengan kemampuan berpikir kritis siswa SDN Dabasah 3 Bondowoso. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dabasah 3 Bondowoso yang berjumlah 80. Uji hipotetsis dilakukan dengan analisis korelasi rank spearman dan regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar visual dengan kemampuan berpikir kritis. Kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar auditorial dengan kemampuan berpikir kritis. Ketiga, terdapat hubungan antara gaya belajar kinestetik dengan kemampuan berpikir kritis. Keempat, terdapat hubungan antara gaya belajar visual, auditorial, kinestetik dengan kemampuan berpikir kritis. Hasil uji signifikansi dan koefisien korelasi masing-masing gaya belajar sebagai berikut. Hubungan gaya belajar visual dengan kemampuan berpikir kritis dengan signifikansi 0.000 memiliki koefisien korelasi sebesar 0.719. Hubungan gaya belajar auditorial dengan kemampuan berpikir kritis dengan signifikansi 0.000 memiliki koefisien korelasi sebesar 0.672. Hubungan gaya belajar kinestetik dengan kemampuan berpikir kritis dengan signifikansi 0.000 memiliki koefisien korelasi sebesar 0.686. Hubungan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik secara bersama-sama (simultan) dengan kemampuan berpikir kritis dengan signifikansi 0.000 memiliki koefisien korelasi sebesar 0.695.

Page 1 of 1 | Total Record : 5