cover
Contact Name
Ferdian Ronilaya
Contact Email
ferdian@polinema.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jabh@polinema.ac.id
Editorial Address
Jalan Soekarno Hatta No. 9 Malang, Kota Malang - Provinsi Jawa Timur - Indonesia, 65141
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Akuntansi Bisnis dan Humaniora
ISSN : 24605530     EISSN : 27970264     DOI : https://doi.org/10.33795/jabh
1. Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal 2. Manajemen dan Perilaku Akuntansi 3. Audit, Kecurangan & Akuntansi Forensik 4. Akuntansi Syariah 5. Perpajakan 6. Etika Perusahaan dan Tata Kelola Perusahaan 7. Akuntansi Sektor Publik 8. Pendidikan Akuntansi 9. Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Informasi Manajemen Perbankan dan Keuangan Perusahaan 10. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 11. Manajemen Strategis 12. Manajemen Pemasaran 13. Manajemen Sumber Daya Manusia 14. Manajemen Keuangan 15. Manajemen Kewirausahaan 16. Bank Syariah dan Keuangan 17. Kewirausahaan
Articles 17 Documents
PENGARUH BRAINSTORMING DAN KEAHLIAN AUDITOR TERHADAP PENILAIAN RISIKO FRAUD DI PTN Imam Mulyono; Jaswadi Jaswadi; Siti Amerieska
Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Humaniora Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Akuntansi Bisnis dan Humaniora
Publisher : Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPT P2M) Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.046 KB) | DOI: 10.33795/jabh.v7i1.1

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, untuk menguji apakah brainstorming dan keahlian auditor berpengaruh terhadap penilaian risiko fraud, dengan brainstorming dan keahlian auditor sebagai variable independen, dan penilaian risiko fraud sebagai variable dependen. Sampel berjumlah 50 kepada Internal Auditor (Perangkat SPI) PTN dari 14 PTN di Jawa Timur, dengan mendistribusikan kuisioner 50 kuisioner dan 46 kuisioner yang direspon oleh responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan regresi linier berganda, berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan bahwa brainstorming dan keahlian auditor berpengaruh terhadap penilaian risiko fraud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brainstorming berpengaruh terhadap penilaian risiko fraud karena tanpa proses Brainstorming yang tepat, tugas dan kinerja auditor akan terancam, dan auditor mungkin tidak mampu mengidentifikasi risiko fraud selama penilaian risiko fraud serta dengan Brainstorming mendorong auditor untuk mengadakan diskusi dengan anggota tim audit tentang potensi materi salah saji karena fraud. Keahlian auditor berpengaruh terhadap penilaian risiko fraud karena penilaian risiko fraud harus dilakukan oleh Auditor yang memiliki keahlian dan pelatihan yang cukup sebagai Auditor dan bertindak sebagai seorang yang ahli dalam bidang akuntansi dan bidang auditing melalui pendidikan formalnya yang diperluas dengan pengalaman-pengalaman selanjutnya dalam praktik audit.
PENGARUH PROSES BELAJAR MENGAJAR DAN LINGKUNGAN DI KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MALANG Masreviastuti
Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Humaniora Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Akuntansi Bisnis dan Humaniora
Publisher : Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPT P2M) Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.097 KB) | DOI: 10.33795/jabh.v7i1.2

Abstract

Pendidikan adalah salah satu faktor yang sangat besar peranannya bagi kehidupan bangsa karena pendidikan dapat mendorong dan menentukan maju mundurnya proses pembangunan bangsa dalam segala bidang. Lingkungan belajar bagi mahasiswa diharapkan akan menimbulkan semangat untuk belajar dan akan menghasilkan prestasi yang baik yang pada akhirnya akan menjadi lulusan yang berkwalitas. Prsetasi belajar yang dicapai oleh seorang mahasiswa merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhinya baik dari diri mahasiswa maupun dari luar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses belajar mengajar dan liungkungan belajar di kelas terhadap prestasi belajar mahasiswa. Agar memperoleh gambaran yang menyeluruh, maka obyek penelitiannya adalah seluruh mahasiswa tingkat satu D3 dan tingkat satu D4/pemasaran Jurusan administrasi Bisnis Politeknik Negeri Malang. Sehingga hasilnya diharapkan dapat dijadikan masukan terkait dengan proses belajar mengajar dan lingkungan belajar di kelas terhadap prestasi belajar pada mahasiswa.
KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI MALANG Eny Widiyowati; Achmad Suyono; Bambang Suryanto
Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Humaniora Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Akuntansi Bisnis dan Humaniora
Publisher : Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPT P2M) Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.431 KB) | DOI: 10.33795/jabh.v7i1.3

Abstract

Kemampuan berbicara mahasiswa dalam bahasa asing – dalam hal ini bahasa Jepang – menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan mahasiswa tersebut dalam menguasai bahasa Jepang. Penguasaan kosakata menjadi komponen penting untuk menguasai keterampilan berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui korelasi antara penguasaan kosakata dan kemampuan berbicara bahasa Jepang mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi D-III Administrasi Bisnis Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang kelas IIA, IIB, dan IIC semester 4. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 83 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berbetuk tes tertulis dan wawancara. Analisis data menggunakan uji statistik korelasi Pearson (Product Moment Correlation). Uji statistik korelasi Pearson menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,612. Nilai ini menunjukkan adanya korelasi yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dan kemampuan berbicara bahasa Jepang mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang. Hasil penelitian juga menunjukkan responden belum menguasai bentuk lampau kopula dan kata kerja bahasa Jepang.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH BAHASA INGGRIS Aly Imron; Mujianto; Yani Ratnawati
Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Humaniora Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Akuntansi Bisnis dan Humaniora
Publisher : Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPT P2M) Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.551 KB) | DOI: 10.33795/jabh.v7i1.4

Abstract

Metode belajar mengajar Numbered Heads Together berhubungan dengan banyak siswa untuk memeriksa pemahaman siswa tentang materi ajar. Metode ini memiliki beberapa prosedur yang diterapkan secara eksplisit untuk memberikan waktu yang cukup untuk berpikir, menjawab, dan saling membantu antar anggota dalam kelompok dan diharapkan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih baik. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif metode Numbered Heads Together pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian eksperimental ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan pendekatan kualitatif serta dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil perbandingan siswa antara siklus I dan siklus II signifikan dan meningkat tajam, artinya siklus II cukup baik dilihat dari motivasi belajar siswa yang terdiri dari Minat (57,33%; 88)%, Konsentrasi (62,67%; 92%), perhatian (56%; 85,33%), ketekunan (61,33%; 87,33%). Peningkatan rata-rata sebesar 26% dari siklus pertama ke siklus kedua.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERANIAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL – POLITEKNIK NEGERI MALANG UNTUK BERKOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS Nur Salam; Abdullah Helmy; Aulia Nourma Putri
Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Humaniora Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Akuntansi Bisnis dan Humaniora
Publisher : Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPT P2M) Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.947 KB) | DOI: 10.33795/jabh.v7i1.5

Abstract

Suatu penelitian ilmiah membuktikan bahwa mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang menginginkan Ketrampilan Berbicara daripada tiga ketrampilan berbahasa yang lain: Ketrampilan Membaca, Ketrampilan Mendengarkan, dan Ketrampilan Menulis. Namun, walaupun mereka mendambakan untuk mampu berbicara atau berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, mereka tidak mempunyai cukup keberanian untuk mengemukakan pendapatnya dalam Bahasa Inggris karena: 1) mereka tidak mempunyai cukup pengetahuan tentang Struktur Kalimat Bahasa Inggris, 2) sulitnya memilih kata-kata Bahasa Inggris yang tepat, dan 3) mereka tidak mempunyai keberanian untuk menyampaikan idenya dalam Bahasa Inggris. Penelitian ini mencari tahu apa yang menyebabkan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang enggan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris atau tidak berani berbicara dalam Bahasa Inggris padahal mereka berminat untuk menguasai ketrampilan berbicara. Sebelum penelitian ini memperoleh jawabannya, peneliti menentukan dulu responden yang akan dilibatkan dalam penelitian ini. Peneliti tidak menentukan kemahiran calon responden dalam berbahasa Inggris tetapi peneliti hanya memilih melalui penelitian awal calon responden yang memang berminat memiliki ketrampilan berbicara dalam Bahasa Inggris tetapi enggan untuk berbicara. Penelitian ini melibatkan 28 mahasiswa yang diambil dari 14 kelas yang terdiri dari 7 kelas D3 dan 7 kelas D3. Masing-masing kelas diambil 2 mahasiswa yang terdiri dari 1 mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Penelitian ini menemukan bahwa Ketrampilan Berbicara dalam Bahasa Inggris merupakan ketrampilan yang paling diminati oleh para mahasiswa. Walaupun demikian, mereka mempunyai beberapa kesulitan, antara lain: penguasaan tata bahasa Bahasa Inggris (English Structure), penguasaan kosa kata Bahasa Inggris (English vocabularies), pelafalan (pronunciation), pembentukan coherence dan unity dan pengembangan kalimat topik (topic sentence). Ternyata bukan hanya kelemahan dalam bidang kebahasaan saja yang menyebabkan mahasiswa enggan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris tetapi juga ada faktor lain di luar kebahasaan tadi, yaitu kurangnya dukungan dari dosen agar mahasiswa mau dan berani menyampaikan idenya dalam Bahasa Inggris, merasa malu jika membuat kesalahan, dan takut akan memberikan kesan negatif. Selain itu, tidak sedikit yang kurang mampu mengenali isi tugas yang diberikan oleh dosen sehingga mereka kurang percaya diri untuk berbicara di hadapan mahasiswa yang ia anggap jumlah cukup besar. Cara mengatasinya mereka mengusulkan agar dosen cepat membantu mahasiswa saat kesulitan mencari kata-kata yang tepat untuk membuat kalimat dan memberikan cara untuk mengurangi rasa kurang percaya diri, mahasiswa yang lain tidak menertawakan jika mereka lupa melanjutkan kalimatnya tapi mau memotivasinya agar trampil berbicaranya. Selain itu, mereka berharap lawan bicaranya bisa meresponse agar komunikasi bisa berjalan dengan baik.
PENERAPAN KEMAMPUAN PRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN SPEAKING SKILLS MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN Umi Anis R; Atiqah Nurul Asri; Abdul Muqit
Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Humaniora Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Akuntansi Bisnis dan Humaniora
Publisher : Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPT P2M) Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.777 KB) | DOI: 10.33795/jabh.v7i2.6

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan berbicara mahasiswa sedangkan kemampuan tersebut merupakan kemampuan yang penting dikuasai karena dapat menunjang pemahaman mata kuliah yang berhubungan dengan otomotif yang dipakai nanti pada saat presentasi laporan akhir/skripsi yang ditulis dan di ajukan menggunakan bahasa Inggri Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan seberapa efektifnya presentasi ini untuk meningkatkan kemampuan speaking skill mahasiswa Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang menggunakan model pengembangan Kemmis dan Taggart yang meliputi; 1) planning, 2) implementing, 3) observing, dan 4) reflecting, dengan preleminary study sebagai pembukaannya. Populasi penelitian ini terdiri dari kelas 4A terdiri 23 orang dan 4B sebanyak 24 mahasiswa. Materi pelajaran yang diberikan adalah yang berbasis konteks karena hal ini yang dibahas sehari-hari. Hasil yang diperoleh pada kuesioner yang diikuti oleh mahasiswa kelas 4A dan 4B menunjukkan bahwa mereka tidak keberatan bahkan merasa lebih nyaman dengan presentasi kelompok dan mereka merasa lebih bisa berbicara bila dibandingkan dengan kelas kuliah atau lecturing. Dan dari data penelitian mahasiswa menunjukkan peningkatan pada kemahiran berbicara dari kelas 4A dari 55,44% meningkat 63,01% dan dari kelas 4B dari 53,14 % menjadi 62,72%
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI Eko Boedhi Santoso; Nilawati Fiernaningsih; Rizky Kurniawan Murtiyanto
Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Humaniora Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Akuntansi Bisnis dan Humaniora
Publisher : Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPT P2M) Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.824 KB) | DOI: 10.33795/jabh.v7i2.7

Abstract

Budaya organisasi adalah kebiasaan, norma, aturan yang dipahami dan disepakati bersama seluruh anggota organisasi. Budaya organisasi lebih kepada hal yang benar yang harus dipatuhi dan dilaksanakan dan hal buruk yang dilarang dan akan mendapat sanksi jika ada yang melanggar. Budaya organisasi sangat melekat dalam organisasi, baik dalam melaksanakan pekerjaan, berkomunikasi sesama anggota dan kebiasaan-kebiasaan lain yang sifatnya turun temurun. Berdasarkan hal tersebut, maka budaya organisasi adalah hal penting atau memiliki peran penting dalam keseluruhan aktifitas organisasi. Dalam penelitian ini, hipotesa yang dimunculkan adalah diduga adanya pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja organisasi. Maka, untuk membuktikan hipotesa disusunlah alat analisis yang dapat mengukur dan mengetahui. Informasi diperoleh dengan metode kuesioner yang disebarkan kepada responden. Diharapkan, hasil dari penelitian ini memberikan kontribusi bagi perusahaan sebagai objek penelitian, masyarakat luas, dan penelitian selanjutnya tentang topik yang serupa. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan dukungan untuk teori Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM).
ANALISA PELAKSANAAN PAS FINAL BERDASARKAN PMK No.165/PMK.03/2017 DAN PP No. 36 Tahun 2017 UNTUK BAHAN AJAR MATAKULIAH PAJAK DAN MANAJEMEN PAJAK Ahmad Jarnuzi; Hari Purnomo; Yusna
Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Humaniora Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Akuntansi Bisnis dan Humaniora
Publisher : Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPT P2M) Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.824 KB) | DOI: 10.33795/jabh.v7i2.8

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menambah bahan ajar mata kuliah pajak dan praktik pajak. Selain itu penelitianini berkesinambungan dengan penelitian sebelumnya mengenai pengampunan pajak pada tahun 2016. Pajak berkembang danberubah sesuai perkembangan perekonomian. Sehingga sebagai pengajar pajak dan praktik pajak harus mengikutiperkembangan dan memahami prosedur pelaksanaan peraturan pajak terbaru, khususnya dalam penelitian ini mengenaiPengungkapan Aset Sukarela Dengan Tarif Final (PAS Final). Pengungkapan Aset Sukarela Dengan Tarif Final (PAS Final) bertujuan agar wajib pajak yang memiliki harta yangbelum dilaporkan dalamSPT PPh sampai dengan tahun 2015 dan tidak diikutkan dalam program pengampunan pajak tidakdikenakan denda Pasal 18 Undang-Undang No. 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak sebesar 200%. Jika harta yangbelum dilaporkan dalam SPT PPh Tahunan sampai dengantahun 2017 tidak diikutkan program pengampunan pajak makadianggap sebagai penghasilan yang harus dibayar pokok pajaknya dan denda 200%.
PENGARUH ORIENTASI BELANJA DAN PERBEDAAN GENDER TERHADAP PENCARIAN INFORMASI ONLINE DAN BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MALANG Dwi Sudjanarti; Umi Khabibah; Tri Istining Wardani
Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Humaniora Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Akuntansi Bisnis dan Humaniora
Publisher : Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPT P2M) Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.443 KB) | DOI: 10.33795/jabh.v7i2.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi belanja terhadap pencarian informasionlinedan belanjaonline, serta perbedaan laki-laki dan perempuan dalam orientasi belanja.Jenis penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif kausal. Populasi penelitian adalah mahasiswaJurusan Administrasi Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2017/2018 yang pernah melakukan pembelianonline.Pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada 94 responden menggunakan teknikpurposive random sampling.Analisisdata menggunakan regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh orientasi belanja terhadap pencarian informasionlinedanbelanjaonline, kemudian dilanjutkan dengan ujiindependent sample T testuntuk melihat perbedaan laki-laki dan perempuandalamorientasi belanja.Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi belanja tidak berpengaruh terhadap pencarianinformasionlinedengan t hitung 0,547 < t tabel 1,66159. Orientasi belanjaberpengaruh terhadap belanjaonlinedengan thitung 2,609 > t tabel 1,66159. Persamaan regresi sederhana yang didapatkan yaitu Y1= 7,898 + 0,013 X dan Y2=2,492 + 0,082 X.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan orientasi belanja atara laki-laki dan perempuan.
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA RITEL ALFA MART DI MALANG Lilis Nur Aini; Tatiana Kristianingsih; Fullchis Nurtjahjani
Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Humaniora Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Akuntansi Bisnis dan Humaniora
Publisher : Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPT P2M) Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.031 KB) | DOI: 10.33795/jabh.v7i2.10

Abstract

Penelitian ini mengambil tema faktor penentu kepuasan kerja. Dalam penelitian ini diambil sampel 50orang sebagai karyawan Alfamart. Studi kuantitatif di mana responden diperoleh dari kuesioner yang dibagikan digunakansebagai data primer diolah dengan SPSS. Respon responden menilai rentang 1-5, dengan skala likert sangat tidak setujuhingga sangat setuju. Berdasarkan hasil penelitian, dari uraian data mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki denganusia dibawah 25 tahun. Uji coba yang dilakukan adalah uji validitas dan reliabilitas yaitu uji validitas kuesioner yangdibagikan, uji t untuk menguji kebenaran hipotesis yang dirumuskan, uji korelasi dan regresi untuk menguji hubungan danpengaruh hubungan dan pengaruh masing-masing variabel segmentasi pasar hubungan konsumen yang merupakanpengembangan karir. Pada uji coba yang dilakukan terdapat kebenaran hipotesis yang dirumuskan yaitu terdapat hubunganyang signifikan antara faktor pengembangan karir dengan kepuasan kerja.

Page 1 of 2 | Total Record : 17