cover
Contact Name
Agi Ginanjar
Contact Email
agiginanjar@stkipnu.ac.id
Phone
+6282219141558
Journal Mail Official
agiginanjar@stkipnu.ac.id
Editorial Address
pjkrstkipnuindramayu@stkipnu.ac.id
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
JKJO
ISSN : 2549421X     EISSN : 2746959X.     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga adalah jurnal yang diterbitkan oleh PJKR STKIP NU Indramayu. Jurnal ini akan mempublikasi hasil penelitian tentang pendidikan jasmani dan olahraga yang sesuai dengan isu penting yang berhubungan dengan pendidikan jasmani dan olahraga yang terkini
Articles 108 Documents
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN PENJAS UNTUK HASIL BELAJAR SISWA Akhmad Olih Solihin; Dedi Supriadi
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2017): TERBITAN MEI 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.782 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh dari implementasi pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Randomize Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah SMAN 1 Cimahi sebagai kelompok eksperimen dan SMAN 5 Cimahi sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket kreativitas untuk mengukur hasil belajar pada domain kognitif, angket situational interest untuk mengukur hasil belajar pada domain afektif dan test motor ability untuk mengukur hasil belajar pada domain psikomotor. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa: 1) Terdapat peningkatan yang signifikan antara skor pretest dan posttest hasil belajar penjas di SMA yang menggunakan model pembelajaran inkuiri; 2) Terdapat peningkatan yang signifikan antara skor pretest dan posttest hasil belajar penjas di SMA yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning; 3) Terdapat perbedaan pengaruh pada hasil belajar penjas di SMA dengan menggunakan pendekatan scientific.
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI Sri Sundari
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2017): TERBITAN MEI 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.922 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran taktis dan teknis pada siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah terhadap hasil belajar keterampilan bermain bolavoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 9 Kota Cirebon yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui sampel jenuh. Instrumen yang digunakan penulis adalah skala motivasi yang berupa questioner dan untuk tes keterampilan bermain bolavoli menggunakan GPAI (Game Performance Assessment Instrument). Hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan pengaruh keterampilan bermain bolavoli antara kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan taktis dan teknis; 2) Terdapat perbedaan pengaruh keterampilan bermain bolavoli antara kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan taktis dan teknis pada kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi; 3) Terdapat perbedaan pengaruh keterampilan bermain bolavoli antara kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan taktis dan teknis pada kelompok siswa yang memiliki motivasi rendah; 4) Tidak terdapat adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar keterampilan bermain bolavoli.
PENGEMBANGAN MODEL ALAT BANTU GULING BELAKANG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS Wisnu Guntur Sutopo
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2017): TERBITAN MEI 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.162 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model alat bantu guling belakang untuk siswa sekolah dasar kelas atas. Model alat bantu guling belakang yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh guru penjasorkes sekolah dasar sebagai alat/media pembelajaran guling belakang secara baik dan efektif pada siswa kelas atas. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan model Gall dkk. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah petunjuk umum wawancara, studi dokumentasi, angket skala nilai validasi draf model, lembar observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian berupa alat bantu guling belakang, disertai dengan buku panduan pemasangan alat bantu dan DVD pemasangan penggunaan alat. Penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan model alat bantu guling belakang yang disusun sangat baik dan efektif, sehingga model alat bantu layak digunakan untuk pembelajaran senam lantai pada siswa kelas atas.
PENGARUH GAYA MENGAJAR GUIDED DISCOVERY DAN GAYA MENGAJAR KOMANDO TERHADAP DISIPLIN SISWA SMA Lukman Al Hakim; Agi Ginanjar
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2017): TERBITAN MEI 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.681 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui seberapa besar gaya mengajar guided discovery berpengaruh terhadap disiplin siswa; 2) Untuk mengetahui seberapa besar gaya mengajar komando berpengaruh terhadap disiplin siswa; 3) Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan pengaruh antara gaya mengajar guided discovery dan gaya mengajar komando berpengaruh terhadap disiplin siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi yang ditentukan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kedokanbunder Indramayu sebanyak 54 orang yang hanya terdiri dari 2 kelas. Didalam pemelitian ini peneliti menggunakan sampel purposive, sehingga sampel yang diambil dari kedua kelas tersebut yang menjadi kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS terdiri dari 27 orang dan kelas XI IPA terdiri dari 27 orang sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Gaya mengajar guided discovery berpengaruh terhadap peningkatan disiplin siswa; 2) Gaya mengajar komando berpengaruh terhadap peningkatan disiplin siswa; 3) Pengaruh gaya mengajar guided discovery terhadap peningkatan disiplin siswa lebih besar dari pada gaya mengajar komando.
PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT TERHADAP PERILAKU INTERAKSI SOSIAL SISWA Didik Subhakti Prawira Raharja
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2017): TERBITAN MEI 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.638 KB)

Abstract

Interaksi sosial yang terjadi tidak selalu bersifat positif untuk itu perlu dilakukan pembelajaran yang dikembangkan atas dasar tujuan sosial agar dapat selalu mengarah kepada hal yang positif (asosiatif) dan menurunkan hal yang negatif (disosiatif) melalui pembelajaran pendidikan jasmani. metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pretes-posttest control group desain. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini diberikan perlakuan dengan model cooperatif learning tipe TGT dan kelompok kontrol dengan model konvensional (direct teaching). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP BPK Penabur Cimahi yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah 94 siswa, sampel yang digunakan adalah 60 orang siswa dengan teknik two-stage random sampling, instrumen yang digunakan berupa angket proses interaksi sosial dengan pengolahan data menggunakan uji Manova. Hasil menunjukkan Terdapat perbedaan interaksi sosial dalam kontek asosiatif dan disosiatif antara yang menggunakan model cooperative learning tipe TGT dengan model konvensional. Model cooperative learning tipe TGT dapat dijadikan rujukan dalam rangka peningkatan aspek afektif siswa serta diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai dampak dari penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap unsur lain seperti kognitif siswa, empati, tanggung jawab, dan kecerdasan emosional.
DAMPAK BERSEPEDA KE SEKOLAH TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA DI SMA NEGERI SE-KOTA SERANG Wildan Qohhar
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2017): TERBITAN MEI 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.133 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa yang bersepeda ke sekolah memiliki tingkat kebugaran jasmani yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak bersepeda ke sekolah. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode ex-postfacto, sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang bersepeda ke sekolah sebanyak 23 orang, dan siswa yang tidak bersepeda ke sekolah sebanyak 23 orang. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes kebugaran jasmani. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa siswa yang bersepeda ke sekolah memiliki tingkatan kebugaran jasmani yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak bersepeda ke sekolah.
PERBEDAAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SISWA SMP Wing Prasetya Kurniawan
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2017): TERBITAN MEI 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.34 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan passing bawah melalui latihan passing sentuhan ganda berpasangan dan latihan passing tunggal berpasangan pada peserta ekstrakurikuler bolavoli siswa Sekolah Menengah Pertama. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre test dan post test control group. Kelompok eksperimen diberi perlakuan latihan passing sentuhan gandFa berpasangan dan kelompok kontrol diberi perlakuan latihan passing tunggal berpasangan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bolavoli di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman yang berjumlah 30 peserta. Instrumen penelitian pada penelitian ini diambil dengan instrumen tes kemampuan passing bawah bolavoli dari Brumbach Forearms Pass Wall-Volley Test. Uji hipotesis data menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan passing bawah melalui latihan passing sentuhan ganda berpasangan dan latihan passing tunggal berpasangan pada peserta ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN REKREASI DAN OUTDOOR TERHADAP PERCAYA DIRI MAHASISWA Vicki Ahmad Karisman
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2017): TERBITAN MEI 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.234 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Rekreasi dan Outdoor terhadap kepercayaan diri mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen melalui exsperiential learning. Dengan desain The One-Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa STKIP Pasundan tingkat dua yang mengikuti perkuliahan Pendidikan Rekreasi dan Outdoor dengan teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling sehingga kelas A dan K menjadi sampel penelitian. Melalui program outdoor activity. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari pendidikan rekreasi dan outdoor terhadap kepercayaan diri mahasiswa.
HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN DISIPLIN DIRI DENGAN PRESTASI RENANG 50 METER GAYA BEBAS Ahmad Yani
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2017): TERBITAN MEI 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.319 KB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah hubungan motivasi berprestasi dan disiplin diri dengan prestasi renang 50 meter gaya bebas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasi dan sampel dalam penelitian ini adalah atlet renang KU II putra Shark Aquatik Club Bandung sebanyak 10 orang. Instrumen dalam penelitian ini untuk motivasi berprestasi dan disiplin diri dengan menggunakan angket dan untuk prestasi renang 50 meter gaya bebas menggunakan tes renang 50 meter gaya bebas. Hasil dari penelitian menyatakan: 1) terdapat hubungan yang signifikan motivasi berprestasi dan prestasi renang 50 meter gaya bebas; 2) terdapat hubungan yang signifikan disiplin diri dan prestasi renang 50 meter gaya bebas; 3) terdapat hubungan yang signifikan motivasi berprestasi dan disiplin diri secara bersama-sama dengan prestasi renang 50 meter gaya bebas.
MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB DALAM PENDIDIKAN JASMANI Muchamad Ishak
Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2017): TERBITAN MEI 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.485 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions terhadap sikap tanggung jawab yang dimiliki oleh siswa dalam pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one-shot case study. Populasi dari penelitian ini adalah 58 orang siswa kelas X-AP di SMK Pasundan 2 CIMAHI. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling sehingga penulis mengambil siswa yang memiliki sikap tanggung jawab rendah yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dengan angket sikap tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions memberikan pengaruh terhadap sikap tanggung jawab dalam pendidikan jasmani.

Page 1 of 11 | Total Record : 108