cover
Contact Name
Junior Hendri Wijaya
Contact Email
thejournalish@gmail.com
Phone
+6282326796566
Journal Mail Official
thejournalish@gmail.com
Editorial Address
Jl. Patukan Gamping Tengah, Ambarketawang, Sleman, DIY
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JCOMENT (Journal of Community Empowerment)
ISSN : -     EISSN : 2745875X     DOI : https://doi.org/10.55314/jcoment
JCOMENT (Journal of Community Empowerment) is a scientific multidisciplinary journal published by CV. The Journal Publishing. JCOMENT (Journal of Community Empowerment) has registered number ISSN 2745-875X (media online). It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Focus and Scope The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. JCE, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Community Services, People, Local Food Security, Nutrition and Public Health; Training, Marketing, Appropriate Technology, Design; Community Empowerment, Social Access; Student Community Services; Border Region, Less Developed Region.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 73 Documents
Kewenangan Kepala Daerah Dalam Konteks Pemerintahan Menurut Peraturan Perundang-Undangan Muhammad Qur’anul Kariem
JCOMENT (Journal of Community Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2020): APRIL-JULI 2020
Publisher : The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.2 KB)

Abstract

Gubernur, Bupati, dan Walikota adalah jabatan kepala pemerintahan yang memimpin pemerintahan pada tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. Walaupun kepala daerah mendapatkan legitimasi langsung dari rakyat, akan tetapi kewenangan dari jabatan-jabtan tersebut diatur secara teknis dalam peraturan perundang-undangan. Setiap hierarki pemerintahan secara tidak langsung mempunyai keterikatan satu dengan yang lain, sehingga kewenangan yang dimiliki kepala daerah tidak benar-benar mandiri secara prinsip.
Motivasi Belajar, Kedisiplinan Siswa, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Hendi Kariyanto
JCOMENT (Journal of Community Empowerment) Vol. 1 No. 2 (2020): APRIL-JULI 2020
Publisher : The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.172 KB)

Abstract

Tujuan dar ipenelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar, kedisplinan siswa, dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar di SMAN 2 Pagar Alam. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Pagar Alam dari Juli hingga Oktober 2019. Jenis penelitian dalam disertasi ini adalah penelitian kuatitatif. Populasinya adalah siswa di SMAN 2 Pagar Alam. Data dikumpulkan dari 80 siswa/i sebagai sampel dan dipilih secara acak serta data dianalisis dengan analisis jalur setelah semua variable dimasukkan kedalam matriks korelasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar positif yang dipengaruhi langsung oleh motivasi belajar, kedisplinan siswa dan kecerdasan emosional. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) motivasi belajar berpengaruh langsung positif terhadap prestasi belajar, (2) kedisplinan siswa berpengaruh langsung positif terhadap prestasi belajar, (3) kecerdasan emosional berpengaruh positif langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar, (4) motivasi belajar memiliki efek positif langsung terhadap kecerdasan kedisiplinan siswa, (5) motivasi belajar memiliki efek positif langsung terhadap kecerdasan emosional, (6) kedisplinan siswa memiliki efek positif langsung terhadap kecerdasan emosional, dan (7) motivasi belajar, kedisiplinan siswa, kecerdasan emosional secara bersama-sama memiliki efek positif langsung terhadap prestasi belajar PAI siiswa. Oleh karena itu, dalam meningkatkan prestasi belajar, motivasi belajar, kedisplinan siswa dan kecerdasan emosional harus dimasukkan kedalam perencanaan pertimbangan strategis di SMAN 2 PagarAlam; namun variabel lain perlu diperhitungkan oleh penelitian prestasi belajar selanjutnya.
PROPOSISI PENGARUH KEADILAN DISTRIBUTIF DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PADA SEKTOR UMKM Gigih Tegar Tyofyan
JCOMENT (Journal of Community Empowerment) Vol. 2 No. 1 (2020): DECEMBER-MARET 2021
Publisher : The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.375 KB)

Abstract

Masalah sumberdaya manusia saat ini masih tetap menjadi pusat perhatian dan tumpuhan bagi suatu organisasi atau instansi untuk dapat bertahan diera globalisasi yang diiringi dengan tingkat persaingan yang semakin ketat. Salah satu yang menyerap beberapa sumberdaya manusia ialah usaha mikro kecil menengah atau yang biasa disebut UMKM. Industri mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu faktor pendukung dalam mendukung perekonomian di Indonesia yang saat ini sedang gencar digalakkan sehingga program-programnya banyak digalakkan baik oleh pemerintah maupun swasta. Banyak penelitian yang mengemukakan tentang hal-hal yang memengaruhi kinerja karyawan. Namun beberapa hasil menunjukkan adanya ketidak konsistensian. Hal ini membuat penelitian ini semakin menarik dilakukan. Di era pandemi ini, banyak UMKM di Indonesia yang mengalami dampak yang cukup serius, tak terkecuali di provinsi D.I. Yogyakarta. Menurut ketua dewan kerajinan daerah Yogyakarta, sekitar 70% UMKM di Yogyakarta terdampak pandemi covid-19. Karena menurunnya jumlah permintaan atas produknya. penurunan pendapatan membuat UMKM merasa kesulitan dalam hal pemberian gaji terhadap para karyawannya. Karyawan juga bisa merasa ada ketidakpastian dalam dirinya untuk memotivasi diri supaya bekerja lebih baik lagi. Adanya rasa tidak nyaman dalam bekerja karena kondisi pandemi covid-19 ini membuat para karyawan merasa ragu dalam bekerja. Hal-hal tersebut akan mengganggu tugas-tugas dan pekerjaan mereka.
PERAN MEDIASI KOMITMEN AFEKTIF PADA PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP PERILAKU INOVATIF Hariani Hariani
JCOMENT (Journal of Community Empowerment) Vol. 2 No. 1 (2020): DECEMBER-MARET 2021
Publisher : The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.498 KB)

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang strategis dalam mengupayakan peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu, memiliki kemampuan untuk memanfaatkan, mengembangkan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Sekolah menjadi instrumen penting untuk mampu menyiapkan SDM yang handal, kreatif, produktif, dan inovatif, yaitu manusia yang mampu menerima, mengolah, menyesuaikan, dan mengembangkan segala hal yang diperoleh melalui informasi. Upaya untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang beragam untuk mengembangkan kemampuan kognitif maupun sosialnya dalam ruang belajar, seorang pendidik perlu melakukan rekonstruksi metode pengajaran yang akan membuat ruang belajar menjadi lebih menarik dan meningkatkan keterlibatan peserta didik. Hal tersebut dapat dicapai dengan menerapkan pengajaran inovatif yang berbeda dan strategi serta metode mengajar yang berbeda pula. Banyak peneliti yang telah mempelajari berbagai faktor pendorong perilaku inovatif pegawai seperti keadilan organisasi, dan komitmen afektif. Namun masih terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan hasil yang tidak konsisten sehingga menimbulkan gap penelitian. Perilaku inovatif karyawan perlu diperhatikan pada lembaga pemerintah seperti sekolahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan strategi survey. Data yang diperoleh berdasarkan dari pengamatan langsung pada Sekolah SMK Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil survey diolah dan dianalisis menggunakan software statistik PLS. Bagi pegawai yang memiliki perilaku inovatif tinggi, pada tingkat konsekuensinya dapat mengembangkan sikap komitmen afektif terhadap organisasi. Sikap tersebut dapat memastikan keberlanjutan dari perilaku inovatif di masa depan.
MENINGKATAN PEMAHAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI METODE CERITA Ratna Mareta
JCOMENT (Journal of Community Empowerment) Vol. 2 No. 1 (2020): DECEMBER-MARET 2021
Publisher : The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.08 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Meningkatkan Pemahaman Sikap Sosial Melalui Metode Cerita di Kelompok B di TK Negeri 1 Toboali Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemahaman sikap sosial mau meyapa, bersosialisasi dan peduli pada anak melalui kegiatan bercerita dalam metode cerita di TK Negeri 1 Toboali Bangka Selatan. Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitannya menyimpulkan bahwa Kelompok B TK Negeri 1 Toboali Bangka Selatan, setelah mengunakan metode bercerita saat proses pembelajaran ternyata dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah penelitian di bidang pendidikan dan memberikan sumbangan teori untuk mengembangkan teori dalam meningkatkan kemampuan sikap sosial anak pada khususnya dan teori pembelajaran anak usia dini pada umumnya.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TGT Ishamia Kurniawati
JCOMENT (Journal of Community Empowerment) Vol. 2 No. 1 (2020): DECEMBER-MARET 2021
Publisher : The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.054 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TGT Pada Siswa XI SMA Negeri 1 Muara Payang Kabupaten Lahat  Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, mengetahui, serta pengaruh pembelajaran kooperatid model TGT dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui observasi dan evaluasi. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa setelah menggunakan metode pembelajaran kooperaatif model TGT dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa pada materi giving opinion. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan penelitian di bidang pendidikan dan memberi sumbangan teori untuk menggembangkan teori dalam meningkatkan kemampuan siswa pada materi giving opinion.
PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MATERI BAHASA INGGRIS Doraimon
JCOMENT (Journal of Community Empowerment) Vol. 1 No. 3 (2020): AUGUST-NOVEMBER 2020
Publisher : The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.79 KB)

Abstract

Terkait isu permasalahan mengenai Kurangnya penerapan metode pembelajaran kooperatif yang sesuai pada materi Bahasa Inggris. Oleh karena itu, Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sudah selayaknya pengajar menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk menarik minat dan bakat peserta didik yang belajar di rumah pada masa pandemi corona saat ini. Melalui metode ini, peserta didik akan terlibat secara aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran, perbedaan latar belakang, gaya belajar, pengalaman dan aspirasi akan sangat diterima bahkan diperlukan untuk meningkatkan mutu pencapaian hasil dalam proses belajar dan membangun makna yang diterima bersama. Berdasarkan pelaksanaan aktualisasi kegiatan yang telah dilakukan penulis di SMKN 1 Penukal Utara maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Melakukan kegiatan aktualisasi ini, penulis mengangkat isu mengenai Kurangnya penerapan metode pembelajaran  kooperatif tipe Student Teams Achievement  Division pada materi Bahasa Inggris. Dari isu tersebut, penulis membuat gagasan pemecahan isu penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division pada materi Bahasa Inggris. Dalam situasi pandemic corona seperti saat ini, guru harus lebih kreatif dan memahami teknologi. Melaksanakan proses pembelajaran dengan peserta didik di rumah, penulis menggunakan aplikasi Messenger Group. Dengan adanya metode pemebelajaran Student Teams Achivement Division, maka dapat membantu guru dalam meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik.
MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT: UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN LYDIA ROIDA SIHOMBING
JCOMENT (Journal of Community Empowerment) Vol. 2 No. 2 (2021): APRIL - JULI 2021
Publisher : The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.352 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Indonesia Membangun Taruna Belawan, pada semester genap TA. 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini peserta didik Kelas XI Akuntansi dengan jumlah 23 orang. Objek dalam penelitian adalah media pembelajaran Power Point untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. PTK yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan maka hasil belajar akuntansi peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran Power Point pada kompetensi dasar mengelola kartu persediaan mengalami peningkatan ketuntasan belajar sebesar 39,13 % yaitu dari 47,82% pada siklus I menjadi 86,95 % pada siklus II.
Re-Desain Arsitektur Sekolah SD Muhammadiyah Wonokromo, Pleret, Yogyakarta Aprodita Emma Yetti; Tika Ainnunisa Fitria
JCOMENT (Journal of Community Empowerment) Vol. 2 No. 3 (2021): AGUSTUS-NOVEMBER 2021
Publisher : The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (819.784 KB) | DOI: 10.55314/jcoment.v2i3.170

Abstract

Muhammadiyah-Aisyiyah memiliki rekam jejak histori yang panjang dalam upaya pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan di Indonesia. SD Muhammadiyah merupakan salah satu semangat Muhammadiyah untuk bergerak dan berkomitmen dalam upaya memeratakan pendidikan di Indonesia. Sejalan dengan tradisi Muhammadiyah sebagai manhaj Islam yang berkomitmen dalam mengupayakan pendidikan dan kesehatan, Muhammadiyah juga menerapkan upaya dan kontribusi positif untuk menyiapkan bangunan dengan kualitas arsitektur yang sehat dan aman di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Hal tersebut terwujud dengan adanya gagasan-gagasan re-desain yang diterapkan di SD Muhammadiyah Wonokromo, Pleret, Yogyakarta. Output hasil pengabdian berupa publikasi ilmiah dan hasil re-desain sekolah yang diharapkan dapat memberikan kontribusi teori, konsep, gagasan ide arsitektur, evaluasi dan bahan pertimbangan yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan arsitektural dari bangunan amal usaha Muhammadiyah maupun stakeholder terkait.
THE INFLUENCE OF DISTRIBUTIVE JUSTICE COMPENSATION AND TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP STYLE ON AFFECTIVE COMMITMENT EMPLOYEES Muhammad Maulana Darmawan
JCOMENT (Journal of Community Empowerment) Vol. 2 No. 3 (2021): AGUSTUS-NOVEMBER 2021
Publisher : The Journal Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.168 KB) | DOI: 10.55314/jcoment.v2i3.174

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of compensation distributive justice and transformational leadership on the affective commitment of employees of PT. Rizky Artha Mulia Bersujud, South Borneo. The subjects in this study were employees of PT. Rizky Artha Mulia Bersujud with a minimum of 1 year work for the company. This research was conducted with a total of 115 respondents who had been determined using non-probability sampling techniques and distributed questionnaires to respondents using offline questionnaires. The analytical tool used by the author is the multiple regression analysis techniques with SPSS 16 as the application program. Based on the results of the study, it shows that compensation distributive justice and transformational leadership have a significant positive effect on affective commitment.