cover
Contact Name
Niken Lestari
Contact Email
jurnal.labatila@gmail.com
Phone
+6282134075363
Journal Mail Official
jurnal.labatila@gmail.com
Editorial Address
Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen Jl. Tentara Pelajar No. 55 B Kebumen Jawa Tengah Email: iainufebi@gmail.com / jurnal.labatila@gmail.com Website: http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/lab 
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Labatila: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam
ISSN : 26146894     EISSN : 26213818     DOI : https://doi.org/10.33507/labatila
Core Subject : Economy,
Jurnal Labatila adalah jurnal kajian ekonomi syariah, lembaga keuangan syariah, dan bisnis syariah. Jurnal Labatila berusaha untuk menyajikan karya ilmiah dalam bentuk tulisan yang mengulas permasalahan perekonomian yang sesuai perspektif syariah. Kajian yang disampaikan dapat berupa kuantitatif maupun kualitatif. Ruang lingkup Labatila terbatas pada Ekonomi Islam, Perbankan dan Keuangan Islam, Manajemen Ekonomi Islam, Hukum Ekonomi Islam, Manajemen Zakat Infaq Shodaqoh dan Wakaf, Kewirausahaan dan Bisnis Islam, Pemasaran Islam, Akuntansi Islam, dll.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 02 (2022)" : 6 Documents clear
TRANSFORMASI AKAD MUDHARABAH DARI KONSEP FIKIH KE AKAD PERBANKAN Nufi Mu'tamar Almahmudi
LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam Vol 5 No 02 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/labatila.v5i02.127

Abstract

Indonesia Indonesia Syafrul Antoni; Ochi Aprila; Dafiar Syarif; Rezki Agrisa Ditama
LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam Vol 5 No 02 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/labatila.v5i02.310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan wanita karier dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penulis memakai analisis data Model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan/verifikasi di samping itu, data tersebut di olah dengan bantuan perangkat lunak (software) Nvivo 12 Plus.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa wanita karier mempunyai peranan yang relatif besar dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga, dengan adanya tambahan penghasilan dari wanita karier tersebut membuat segala pengeluaran keluarga bisa tertutupi serta segala kebutuhan primer hingga tersier bisa dipenuhi sehingga perlahan-lahan ekonomi keluarga meningkat. Selain itu, karena peningkatan ekonomi tersebut, banyak pula dari informan yang menyebutkan mereka bahkan bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan mereka untuk ditabung serta di dinvestasikan untuk masa depan. Dampak dari membaik serta meningkatnya ekonomi keluarga membuat keluarga semakin harmonis dan sejahtera.
ANALISIS KELAYAKAN BISNIS DITINJAU DARI ASPEK PEMASARAN DAN KEUANGAN PADA KEDAI OLAN’Z FOOD KEBUMEN Aniesatun Nurul Aliefah; Eka Arilia Nandasari
LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam Vol 5 No 02 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/labatila.v5i02.475

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan bisnis pada Kedai Olan’Z Food ditinjau dari aspek pemasaran dan keuangannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan secara kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian pada Kedai Olan’Z Food. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dengan narasumber yang berkaitan dengan Kedai Olan’Z Food, yaitu owner dan pelanggan. Hasil analisis kelayakan bisnis dari aspek pemasaran dikatakan layak yaitu produk yang telah memiliki merek, nama yang menarik, dan menciptakan kemasan. Harga yang terjangkau, memiliki lokasi strategis dan kemudahan distribusi, serta promosi yang menarik. Analisis kelayakan bisnis dari aspek keuangan menghasilkan bahwa modal berasal dari modal pemilik dan menghasilkan Payback Period (PP) selama 2 bulan 7 minggu.
KONSEP PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM IMAM AL GHAZALI Muhamad Faiz Arrafi; Marwini .; Cita Sary Dja'akun
LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam Vol 5 No 02 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/labatila.v5i02.490

Abstract

Artikel ini memaparkan pemikiran Al-Ghazali dalam bidang ekonomi lewat karya beliau yang monumental kitab Ihya ‘Ulum Al-Adin. Al-Ghazali memaparkan secara tuntas aspek-aspek substansi dalam ekonomi Islam. Al-Ghazali hidup pada era dimana para penguasa berusaha mencari pembenaran atas tindakan mereka dengan meminta fatwa kepada pemuka agama dengan maksud untuk membenarkan tindakan tersebut. Al-Ghazali masuk pada fase kedua dalam alur sejarah pemikiran ekonomi Islam. Fase kedua dimuali pada abad ke 11 sampai dengan abad ke 15. Dimana pada fase kedua ini banyak menghadapi realitas politik dengan ditandai adanya banyaknya tindak korupsi dikalangan penguasa dan diiringi adanya dekadensi moral yang mengakibatkan kesenjangan yang semakin luas antara di kaya dan si miskin. Al-Ghazali menerapkan sistem ekonomi Islam menggunakan pendekatan tasawuf, karena pada masa hidupnya orang-orang kaya, berkuasa, dan sarat prestise sulit menerima pendekatan fiqih dan filosofis dalam mempercayai Yaum al-Hisab (hari pembalasan).
PERBANDINGAN KUALITAS AUDIT DI PERBANKAN SYARIAH MALAYSIA DAN INDONESIA Zakiyyatun Naqiah
LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam Vol 5 No 02 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/labatila.v5i02.540

Abstract

Abstract - This study aims to compare audit quality in Islamic banking in Indonesia and Malaysia by using Audit Quality Indicators (AQIF), such as Good Corporate Governance which increases the size of the board, sharia supervisory board, audit commiteee, frequency of audit meeting, audit tenure, auditor industry specialization and audit firm reputation used to obtain audit quality in sharia banking during the 2014-2017 period. The sample in this study used Purposive Sampling and obtained a sample of 12 Islamic banks in Indonesia and 11 Islamic banks in Malaysia. The data used is secondary data from financial or annual reports issued through the official website of Islamic banks. In comparing these two banks, the analysis used is a different test from the Independent Sample t-test. The results showed significant differences with a significance level of 0,000 on the size of the board, sharia supervisory board, audit tenure, auditor of industry specialization and audit firm reputation And there is no significant difference in the size of the audit committee with a significance level of 0.513, the frequency of the audit board with a significance level of 0.090, the audit tenure with a significance level of 0.124.
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMZET RUMAH MAKAN PELANGI KABUPATEN WAKATOBI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH Rizki Nur Wakhid Hidayatullah; Sitti Rahma Guruddin
LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam Vol 5 No 02 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/labatila.v5i02.568

Abstract

Kegiatan pemasaran wajib dilakukan oleh semua perusahaan terutama perusahaan yang mencari omset atau laba seperti halnya perusahaan Rumah Makan. Nabi Muhammad mengajarkan umatnya bagaimana berdagang dan melakukan pemasaran yang benar. Persaingan merupakan hal yang lazim ada di setiap bisnis yang dilakukan. Rumah Makan Pelangi juga mempunyai pesaing yang sesuai dengan bidangnya. Rumah Makan Pelangi membutuhkan beberapa strategi agar tetap bisa bersaing dengan rumah makan lain dengan menerapkan pedoman-pedoman persaingan secara sehat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran rumah Makan Pelangi kabupaten Wakatobi. (2) Untuk mengetahui peningkatan omzet Rumah Makan Pelangi kabupaten Wakatobi. (3) Untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan omzet Rumah Makan Pelangi kabupaten Wakatobi Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode (field research) yaitu penelitian yang berlangsung berhubungan dengan obyek yang diteliti. Dalam hal ini analisa data yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kulitatif, yaitu analisa yang menggambarkan keadaan atau status fenomena dengan kata-kata atau kalimat, kemudian dipisahkan menurut kategorinya untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian : (1) Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Rumah Makan Pelangi Kabupaten Wakatobi menerapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix). (2) Strategi pemasaran bauran (marketing mix), didapati hal penunjang dan penghambat dalam upaya peningkatan omzet di Rumah Makan Pelangi. (3) Strategi pemasaran dalam meningkatkan omzet Rumah Makan Pelangi menunjukan hasil yang baik karena menerapkan unsur Ekonomi Syariah (Rabbaniyah) yang menganggap bahwa setiap gerak-gerik manusia selalu diawasi oleh Allah SWT.

Page 1 of 1 | Total Record : 6