cover
Contact Name
Laily Agustina Rahmawati
Contact Email
laily.tiyangalit@gmail.com
Phone
+6281235810901
Journal Mail Official
lppm@unigoro.ac.id
Editorial Address
Jl. Lettu Suyitno No. 2, Kalirejo, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial (JEMeS)
Published by Universitas Bojonegoro
ISSN : -     EISSN : 26226898     DOI : https://doi.org/10.56071/jemes
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial ini diterbitkan berkala oleh Fakultas Ekonomi Universitas Bojonegoro sebagai media pengembangan ilmu khususnya dibidang Ekonomi dan Manajemen. Tujuan dari jurnal ini adalah: a. Registration, Mempublikasikan ilmu pengetahuan dalam bentuk artikel ilmiah; b. Dissemination, Menyediakan akses yang mengkomunikasikan penemuan/ide kepada khalayak yang mencari Informasi; c. Certification, Memberikan sertifikasi kepada artikel yang dimuat karena telah melalui peer review; d. Archive Records, menjaga catatan ilmu pengetahuan secara permanent agar dapat diakses dimasa depan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial" : 6 Documents clear
KEHADIRAN OJEK ONLINE (GRAB) TERHADAP EKSISTENSI OJEK KONVENSIONAL DI KABUPATEN BOJONEGORO: THE PRESENCE OF ONLINE OJEK (GRAB) TO THE EXISTENCE OF CONVENTIONAL OJEK IN BOJONEGORO DISTRICT Oky Diana Putri; Retno Muslinawati
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.084 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak kehadiran ojek online grab berpengaruh terhadap eksistensi ojek konvensional. Hipotesis penelitian Diduga kehadiran ojek online grab mempengaruhi eksistensi ojek konvensional di Bojonegoro. Metode pengambilan sampel, karena besarnya populasi tidak diketahui maka menggunakan rumus kesalahan pada populasi dan sampel sehingga diperoleh jumlah sampel adalah 96 dan dibulatkan menjadi 100 responden. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Regresi linier sederhana. Untuk memperoleh hasil yang valid maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil Penelitian diketahui nilai t hitung sebesar 18.388. Karena nilai t hitung sudah ditemukan, maka langkah selanjunya kita akan mencari nilai t tabel. Adapun rumus dalam mencari t tabel adalah: Nilai a / 2 = 0,05 / 2 = 0,025 Derajad kebebasan (df) = n – k = 100 – 2 = 98 Nilai 0,025 ; 98 kemudian kita lihat pada distribusi nilai t tabel , maka di dapat nilai t tabel sebesar 1,984.Karena nilai t hitung sebesar 41.694 lebih besar dari > 1,984, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, yang berarti bahwa “Ada Pengaruh negatif Kehadiran Ojek Online Grab (X) terhadap Eksistensi Ojek Konvensional (Y). Pearson correlation moment produk dalam perhitungan dengan membandingkan r hitung dan r tabel adalah sebesar 0,881 > r tabel 0,196. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak ada pengaruh negatif kehadiran ojek online grab (X) terhadap Eksistensi Ojek Konvensional (Y) diketahui R Square sebesar 0,775. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh negatif Kehadiran Ojek Online Grab (X) terhadap Eksistensi Ojek Konvensional (Y) adalah sebesar 77,5% sedangkan 22,5 % Eksistensi Ojek Konvensional dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WANITA BEKERJA PADA PERUSAHAAN USAHA SARANG BURUNG WALET: FACTORS AFFECTING THE DECISIONS OF WOMEN WORKING AT Swallow's Nest BUSINESS COMPANIES Sitin Mazza Yuda; Retno Muslinawati
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.48 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan, jumlah tanggungan keluarga dan gaji terhadap keputusan wanita bekerja pada perusahaan usaha sarang burung wallet di Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampling purposive. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik kuesioner dan wawancara ketika dibutuhkan hal-hal yang bersifat penting dan berhubungan dengan perihal penelitian. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan analisis regresi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas yaitu pendidikan, jumlah tanggungan keluarga dan gaji bertanda positif yang berarti mempunyai pengaruh yang signifikan dengan variabel terikat yaitu keputusan wanita bekerja pada perusahaan usaha sarang burung wallet di Kecamatan Bojoneoro Kabupaten Bojonegoro.
EVALUASI KINERJA PERUM BULOG DALAM PENGENDALIAN HARGA BERAS DI KABUPATEN BOJONERGORO TAHUN 2019: PERUM BULOG PERFORMANCE EVALUATION IN CONTROLLING RICE PRICES IN BOJONERGORO DISTRICT IN 2019 Suci Wahyuningsih; moehadi moehadi
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.589 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari langkah-langkah Perum Bulog dalam menghadapi kenaikan harga beras dan penurunan harga beras pada saat panen raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah stakeholder Perum Bulog Cabang Bojonegoro dan Kantor Pembicara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode reduksi data dan analisis SWOT. Hasil penelitian terdiri dari hasil perhitungan SWOT dengan nilai faktor internal sebesar 3,32 dan nilai faktor eksternal sebesar 2,97 sesuai dengan kuadran I yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan dan keuntungan guna meningkatkan apa yang dapat dihasilkan dengan meningkatkan pasar, pengembangan Produk, dan menyetujui fasilitas dan teknologi produksi jika memungkinkan.
ANALISIS KELAYAKAN USAHA TERNAK KELINCI DI KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO: FEASIBILITY ANALYSIS OF RABBIT LIVESTOCK BUSINESS IN KAPAS DISTRICT, BOJONEGORO REGENCY Yalva Yonglis Wiradhana; Hartiningsih Astuti
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.842 KB)

Abstract

Kecamatan Kapas merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bojonegoro yang memiliki bibit unggulan Bojonegoro seperti sapi dan domba dalam bidang peternakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan usaha untuk kelayakan usaha peternakan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil 3 sampel peternak yang merupakan jumlah keseluruhan populasi yang ada di Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegor. Jenis sumber data yang digunakan adalah data primer melalui wawancara dan observasi dengan peternak kelinci. Analisis yang digunakan dalam mencari kelayakan usaha dibidang agribisnis adalah dengan menggunakan RC Ratio dimana RC Ratio = TR/TC dan dalam evaluasi proyek untuk menentukan kelayakan menggunakan Payback Period dimana (investasi awal)/(cash flow) x 1 tahun. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan rata-rata responden memiliki Total Revenue (TR) sebesar Rp63.266.666,7 dalam 1 tahun dan Total Cost (TC) sebesar Rp31.898.166,7 dalam 1 tahun, maka hasil yang diperoleh pada RC Rasionya adalah 1,98 , sehingga usaha ternak kelinci di Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro layak karena R/C ratio 1,2. Hasil lain dalam perhitungan Payback Period adalah 0,58 tahun, diharapkan penambahan modal lebih cepat atau kurang dari 1 tahun.
PERAN IBU RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA : Studi pada pekerja di pengolahan sarang burung walet “CV Perdana Jaya” Bojonegoro Santia Ayu Herlina; Slamet Kyswantoro
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.156 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ibu rumah tangga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah sebanyak 10 orang ibu rumah tangga yang bekerja di pengolahan sarang burung walet “CV Perdana Jaya” Bojonegoro. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Analisis data dengan teknik triangulasi yaitu reduksi data, penyajian data, dan Simpulan/verifikasi. Hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar ibu rumah tangga yang bekerja di Pengolahan Sarang Burung Walet “CV Perdana Jaya”, memiliki peran tinggi dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Peran tersebut meliputi peran domestik dan peran publik. Pada ibu rumah tangga yang bekerja di Pengolahan Sarang Burung Walet “CV Perdana Jaya”, memiliki tingkat kesejahteraan keluarga antara keluarga sejahtera II sampai keluarga sejahtera III. Bekerja pada ibu rumah tangga akan membawa dampak yang positif bagi kondisi ekonomi keluarga. Namun dengan bekerja menjadikan mereka tidak dapat berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Dari penghasilan yang diperoleh dapat menambah penghasilan keluarga yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membiayai sekolah anak dan memenuhi kebutuhan lainnya, serta dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan keluarga.
STRATEGI PEMASARAN USAHA HOME INDUSTRI ANEKA CAMILAN UD. SUMER RIZKI DI DESA SUKOREJO KECAMATAN BOJONEGORO: HOME BUSINESS MARKETING STRATEGY INDUSTRY VARIOUS Snacks UD. SUMER RIZKI IN SUKOREJO VILLAGE, BOJONEGORO DISTRICT Citra Meilinda Afianti; Edy Suhartono
Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sosial
Publisher : Universitas Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.864 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah mengggunkana snowball sampling yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah pemilik dan karyawan UD. Sumber Rizki. Analisis data menggunakan SWOT analisis. Berdasarkan hasil analisis SWOT diperoleh beberapa strategi pemasaran, yaitu (1) mempertahankan harga yang selama ini telah ditetapkan kepada konsumen dengan tetap menjaga atau meningkatkan kualitas produk untuk menjaga loyalitas konsumen dan meningkatkan kepuasan konsumen, (2) menjalin kerjasama dengan agen distributor yang potensial untuk memperluas wilayah pemasaran atau pendistribusian produk, sehingga akan menambah pangsa pasar, (3) memanfaatkan lokasi yang strategis untuk mempermudah kegiatan pemasaran, pendistribusian, dan promosi untuk menarik konsumen yang potensial, mengingat masih luasnya pangsa pasar yang ada, (4) dengan melakukan inovasi produk, menciptakan kreasi baru dari segi bentuk dan cita rasa untuk memenuhi minat konsumen yang semakin banyak, dan untuk menarik konsumen baru seingga dapat meningkatkan produksi dan volume penjualan produk, (5) dengan menjalankan sistem manajemen organisasi perusahaan untuk mempermudah dalam perencanaan, pengorganisasian dan pengontrolan kegiatan operasional perusahaan yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan dan perkembangan dunia usaha yang semakin modern(6) meningkatkan kegiatan promosi dengan metode yang lebih efektif dan efisien seperti brosur, spanduk, atau papan reklame dan (7) membangun dan mengembangkan usaha patungan (joint venture) dengan pihak yang menyediakan modal dan bahan baku untuk meningkatkan kapasitas produksi, memenuhi kebutuhan modal yang masih minim, terutama untuk penambahan sarana dan prasarana serta riset dan pengembangan produk. Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat memberikan beberapa saran untuk UD. Sumber Rizki, yaitu (1) penerapan online marketing pada usaha UD. Riski akan sangat membantu dalam meningkatkan jumlah produk yang terjual mengingat trend yang ada pada masa sekarang yakni semua yang berkenaan dengan internet, (2) penerapan inovasi produk UD. Sumber Rizki sesuai dengan berkembangnya ilmu pengolahan kuliner, (3) desain produk lebih dikembangkan lagi untuk menarik minat pembeli, dan (4) catatan keuangan UD. Sumber Rizki

Page 1 of 1 | Total Record : 6