cover
Contact Name
Santika Lya Diah Pramesti
Contact Email
circle@iainpekalongan.ac.id
Phone
+6285848378756
Journal Mail Official
circle@iainpekalongan.ac.id
Editorial Address
Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan. Jl. Pahlawan Km 5, Rowolaku, Kajen, Kabupaten Pekalongan, Indonesia.
Location
Kota pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 27766268     EISSN : 27771008     DOI : https://doi.org/10.28918/circle.v2i01
Core Subject : Education,
Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even student. We recommend a qualitative research, an action research, research and development (RnD), experiment and quantitative research. This journal managed and published by Mathematic Education Department (Tadris Matematika), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Indonesia.
Articles 24 Documents
Pemahaman Konsep Matematis Dilihat dari Minat Belajar dengan Strategi Pembelajaran Genius Learning Berbantu Lagu Edukasi Ladika Anathiya; Netriwati Netriwati; Siska Andriani
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 01 (2021): March 2021
Publisher : CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (857.988 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i1.3500

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Genius Learning berbantu Lagu Edukasi terhadap pemahaman konsep matematis , untuk mengetahui pengaruh antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan redah terhadap pemahaman konsep matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan jenis True Eksperiment Design. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukau, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random sampling dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan menerapkan strategi pembelajaran Genius Learning berbantu lagu edukasi, kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2 dengan menerapkan strategi pembelajaran Genius Learning dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman konsep matemats dan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Anova dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil uji, untuk hipotesis pertama ditolak karena nilai strategi pembelajaran Genius Learning berbantu Lagu Edukasi= 0,000 kurang dari. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Genius Learning berbantu Lagu Edukasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
Newman's Error Analysis untuk Memetakan Tingkat Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika dan Penyebabnya Muhammad Sulaiman Salim; Umi Mahmudah
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 02 (2021): September 2021
Publisher : CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (936.646 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i02.3532

Abstract

Sebagian besar siswa di Indonesia menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini memetakan tingkat kesalahan yang dilakukan siswa dalam mencari pemecahan masalah matematika yang dituliskan dalam satu kalimat atau lebih pada materi bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan wawancara. Sebanyak delapan siswa di sekolah menengah pertama dianalisis. Metode Newman's Error Analysis (NEA) digunakan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan. Ada lima tahapan yang dianalisis, yaitu membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan kesimpulan akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kesalahan siswa paling tinggi adalah pada tahapan keterampilan proses dengan persentase 58,33%, yang mana sangat tinggi. Sedangkan, tingkat kesalahan paling rendah adalah tahapan membaca dengan 6,08%, yang mana sangat kecil. Kemudian, tingkat kesalahan pada tahapan memahami berada dalam kategori cukup, yaitu 25,58%. Baik tahapan transformasi maupun penarikan kesimpulan menghasilkan tingkat kesalahan dalam kategori tinggi, dimana masing-masing memiliki persentase sebesar 50,42% dan 47,92%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa antara lain kurangnya penguasaan materi, kurang mengerjakan soal latihan, kecerobohan mengerjakan soal, dan rendahnya motivasi sisw
Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Balo-Balo pada Prosesi Mantu Poci Tegal Firman Syafa'at; Khoirotunnisa Khoirotunnisa; Nurul Fadhilah; Alimatus Sholikhah
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 01 (2021): March 2021
Publisher : CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1071.869 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i1.3535

Abstract

Pembelajaran matematika secara terus menerus berinovasi agar dapat memberikan nuansa baru dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Etnomatematika merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran matematika. Etnomatematika menggabungkan konsep matematika dengan budaya daerah. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi konsep matematika dalam kesenian balo balo dalam budaya proses mantu poci Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian ekspolratif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian ini adalah terdapat konsep matematika dalam alat musik balo-balo yang meliputi bangun datar persegi panjang pada saron, lingkaran pada gong, tabung pada kendang. Pada tarian balo-balo terdapat konsep relfeksi, transalasi, rotasi, dan barisan bilangan. Konsep matematika tersebut dapat digunakan sebagai referensi untuk media pembelajaran matematika.
Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri Shela Jazilatul Izah; Putri Nur Malasari
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 01 (2021): March 2021
Publisher : CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1460.875 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i1.3597

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mencari unsur-unsur matematika pada bangunan Masjid Sunan Bonang. Penelitian ini dilakukan di Masjid Sunan Bonang, Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Proses observasi dan dokumentasi dilaksanakan untuk mengidentifikasi unsur-unsur matematika pada bangunan Masjid Sunan Bonang. Sedangkan proses wawancara dilaksanakan untuk mengkaji nilai-nilai budaya pada bangunan Masjid Sunan Bonang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya unsur geometri bidang datar dan geometri bidang ruang pada bangunan Masjid Sunan Bonang. Elemen geometri yang diidentifikasi adalah persegi, persegi panjang, belah ketupat, lingkaran, segitiga, kubus, balok, tabung, prisma, dan limas. Sehingga dalam pembelajaran geometri dapat menggunakan konteks Mesjid Sunan Bonang. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan memberi manfaat bagi pembelajaran kontekstual dan digunakan sebagai contoh penggunaan konsep matematika disekitar kita.
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Fera Afriani; Nalim Nalim
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 01 (2021): March 2021
Publisher : CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1158.319 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i1.3604

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design yang berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Uji hipotesis yang digunakan adalah Independent Sample T-Test, dan memberikan kesimpulan bahwa dengan perolehan hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,033 0,05 maka diterima yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan pendekatan kontekstual.
Pengaruh Kemandirian dan Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring Pratidina Puspita Sari; Nurina Hidayah; Muhammad Najibufahmi
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 01 (2021): March 2021
Publisher : CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.19 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i1.3610

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh wabah virus korona (Covid-19) yang berdampak pada sistem pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang pada umumnya dilakukan secara tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran daring. Hal tersebut berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa, sebab karakter siswa yang masih bergantung pada guru dalam menerima materi sepenuhnya. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemandirian belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar matematika dalam pembelajaran daring kelas VII SMP Muhammadiyah Pekajangan tahun ajaran 2020/2021. Data diperoleh melalui angket kemandirian belajar, angket kreativitas belajar dan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh (1) ada pengaruh signifikan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan besarnya pengaruh adalah 33,3%, (2) ada pengaruh signifikan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan besar pengaruh 14,0%, dan (3) ada pengaruh signifikan kemandirian belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan pengaruh sebesar 33,4%.
Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Pola Asuh Anak dalam Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Ardian Shafry Albar; Santika Lya Diah Pramesti
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 01 (2021): March 2021
Publisher : CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.007 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i1.3620

Abstract

Hasil belajar adalah sebuah pencapaian yang dihasilkan siswa melalui suatu proses pembelajaran. Hasil belajar bisa dipengaruhi beberapa faktor yaitu gaya belajar siswa dan pola asuhnya didalam keluarga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar gaya belajar dan pola asuh siswa mempengaruhi hasil belajar matematika siswa di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil uji penelitian didapatkan koefisien determinasi R2 variabel gaya belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 29,1%. Kemudian hasil uji koefisien determinasi R2 variabel pola asuh anak dalam keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 19,4%. Serta hasil uji koefisien determinasi R2 variabel gaya belajar siswa dan pola asuh anak dalam keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,7%.
Implementasi Tradisi Syawalan pada Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Nailatusy Syifa; Salafudin Salafudin
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 01 (2021): March 2021
Publisher : CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1283.106 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i1.3623

Abstract

Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika seringkali bersifat monoton dan teoritis serta kesamaan soal untuk siswa dari tahun ke tahun. Masyarakat pun tidak menyadari bahwa budaya mengandung konsep matematika dalam konstruksinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi tradisi syawalan dan kaitannya dengan materi pembelajaran dan aplikasinya dalam persoalan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa gambar dan deskripsi hasil perolehan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi syawalan “lopis raksasa” dan “balon udara panas” mengandung beberapa konsep matematika berupa berupa ruang dan konstruksinya juga menggunakan matematika seperti konse pengukuran yang juga berkaitan dengan materi pelajaran matematika. Materi pelajaran matematika yang berkaitan dengan tradisi lopis raksasa yaitu perbandingan, teorema Pythagoras, bangun datar dan bangun ruang sisi lengkung. Sedangkan balon udara panas mengandung konsep persamaan fungsi kuadrat, perbandingan, teorema Pythagoras dan bangun datar. Oleh karena itu, ini dapat diimplementasikan dalam soal latihan siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran matematika yang inovatif dan kontekstual. Ini juga akan memudahkan peneliti dalam menggunakan konse matematika dalam lopis dan konstruksi balon udara.
Pengembagan Media Pembelajaran Board Game Go-Metra untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Transformasi Geometri Dyan Falasifa Tsani; Saminanto Saminanto; Wahid Rasyid Saputra
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 01 (2021): March 2021
Publisher : CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (994.342 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i1.3676

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis perlu dikembangkan untuk membantu peserta didik beradaptasi dengan dunia yang terus berubah dan menuntut mereka bekerja secara fleksibel. Disamping itu, permainan edukasi yang memberikan berbagai strategi dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa permainan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan model pengembangan ADDIE. Pengujian media pembelajaran ini dilakukan dengan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefetifan secara teoritik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata akhir 4,43. Kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran jika ditinjau secara teoritik masuk dalam kategori sangat praktis dan sangat efektif dengan rata-rata akhir masing-masing 4,55 dan 4,82.
Pengembangan LKPD Geometri Bangun Datar Berbasis Arsitektur Rumah Gadang Minangkabau Putri Indah Sari; Nola Nari
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 02 (2021): September 2021
Publisher : CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.424 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i02.3850

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD Geometri bangun datar berbasis arsitektur Rumah Gadang Minangkabau yang valid dan praktis. Ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and development). Dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Prosedur penerapan model pengembangan yang peneliti lakukan hanya tiga tahap, yaitu tahap define (mendefinisikan), design (desain), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validitas dan lembar kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas dan analisis kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Geometri berbasis arsitektur rumah gadang minangkabau yang dirancang adalah valid dan praktis. Hasil uji validitas sebesar 83,63% dengan kategori sangat valid, dan hasil uji kepraktisan sebesar 95,11% dikategorikan sangat praktis

Page 1 of 3 | Total Record : 24