cover
Contact Name
Yosef Abdul Ghani
Contact Email
yosef.ghani@ars.ac.id
Phone
+6287739022302
Journal Mail Official
redaksi@ars.ac.id
Editorial Address
ARS University Jl. Sekolah Internasional 1-2 Antapani Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Service Management Triangle : Jurnal Manajemen Jasa
ISSN : -     EISSN : 27148866     DOI : https://doi.org/10.51977/jsj
Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup penelitian pada: Manajemen Pemasaran Manajemen Pemasaran Jasa Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Operasional Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.
Articles 44 Documents
MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, SEMANGAT KERJA DAN MOTIVASI Purwi Miasih
Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa Vol 1 No 1 (2019): Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.991 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, semangat kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai Bank Bukopin bagian marketing cabang Bandung. Jumlah populasi sebanyak 42 orang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan jumlah 42 orang responden. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tabel silang, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, uji korelasi dan uji F serta kegunaan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS 20. Dari perhitungan statistik persamaan regresi linier sederhana diketahui ada pengaruh positif secara parsial antar variabel-variabel X terhadap variabel Y. sedangkan dari perhitungan statistik persamaan regresi linier berganda diketahui bahwa secara simultan ketiga variabel X memiliki pengaruh positif terhadap variabel Y. berdasarkan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan trasnformasional, semangat kerja dan motivasi pegawai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pegawai baik secara parsial maupun secara simultan. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya thitung semua variabel lebih besar dari ttabel (2.02) dan Fhitung (16.315) lebih besar dari Ftabel (2.85) dimana semua variabel tersebut diuji pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian hipotesa yang diajukan diterima. Kesimpulan yang diperoleh adalah responden berpendapat kepemimpinan transformasional, semangat kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai sudah baik. Untuk meningkatkan kinerja karyawan Bank Bukopin bagian marketing cabang Bandung, Pimpinan Cabang perlu meningkatkan fasilitas belajar pegawai untuk pengembangan keahlian dan peka terhadap kebutuhan pegawai. Pegawai belum optimal dalam memberikan saran dan kritik untuk kemajuan perusahaan, pegawai belum optimal dalam menetapkan target pekerjaan yang dijalani, dan masih belum optimalnya pegawai dalam memberikan ide positif untuk kebaikan bersama. Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, Semangat Kerja, Motivasi dan Kinerja Pegawai ABSTRACT This study aims to determine the effect of transformational leadership, morale and motivation on the performance of Bank Bukopin's employee marketing section of the Bandung branch. Total population of 42 people. The method used is descriptive analysis method with 42 respondents. The data obtained were analyzed qualitatively and quantitatively using validity tests, reliability tests, cross tables, simple linear regression, multiple linear regression, correlation tests and F tests as well as the use of the coefficient of determination with the help of the SPSS 20. The statistical calculations from simple linear regression equations are known there is a partial positive effect between the X variables on the Y variable. While from the statistical calculations of the multiple linear regression equation it is known that the three variables X simultaneously have a positive effect on the Y variable. Based on hypothesis testing, it shows that the transformational leadership variable, morale and employee motivation has a positive and significant effect on employee performance variables both partially and simultaneously. This is indicated by the acquisition of all variables greater than t table (2.02) and F count (16,315) greater than F table (2.85) where all the variables are tested at a significance level of 5%. Thus the proposed hypothesis is accepted. The conclusion obtained is that respondents are of the opinion that transformational leadership, morale and motivation towards employee performance are good. To improve the performance of Bank Bukopin's Bandung branch marketing employees, the Branch Manager needs to improve employee learning facilities to develop skills and be sensitive to employee needs. Employees are not optimal in providing suggestions and criticisms for the progress of the company, employees are not optimal in setting targets for the work undertaken, and employees are still not optimal in providing positive ideas for the common good. Keywords: Transformational Leadership, Work Spirit, Motivation and Employee Performance
MEMBANGUN KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA Gilar Perdana Putra; Purwadhi
Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa Vol 1 No 1 (2019): Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157 KB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan dalam perusahaan adalah salah satu faktor yang menentukan langkah maju perusahaan. Selain kepemimpinan yang baik dan mampu mengarahkan bawahannya, kinerja karyawan juga dipengaruhi oleh motivasi karyawan yang ada di perusahaan. Tanpa motivasi karyawan yang tinggi, tujuan perusahaan yang mustahil akan tercapai. Untuk pencapaian tujuan perusahaan, antara lain tergantung pada motivasi kerja yang tinggi dari semua karyawan di perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pada PT. Mitra Dana Putra Utama Keuangan Cabang Majalaya. Penelitian ini dapat diklasifikasikan menjadi penelitian deskriptif dan kausal. Peneliti mengambil sampel lengkap yang artinya seluruh populasi menjadi objek penelitian, sebanyak 60 (sembilan puluh) orang, metode pengambilan sampel adalah dengan cara sensus dan metode survei. Peneliti menggunakan studi dokumentasi dan studi observasi (observasi, wawancara, dan kuesioner) untuk mengumpulkan data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pada PT. Mitra Dana Putra Utama Keuangan Cabang Majalaya, 2) terdapat pengaruh motivasi terhadap kinerja pada PT. Mitra Dana Putra Utama Keuangan Cabang Majalaya, 3) terdapat pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pada PT. Mitra Dana Putra Utama Keuangan Cabang Majalaya. Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja ABSTRACT Leadership in the company is one of the factors that determines a firm step forward. In addition to the good leadership and is abel to direct his subordinates, employee performance is also influenced by the motivation of existing employees in the company. Without high employee motivation, impossible corporate objectives will be achieved. For the achievement of corporate objectives, among others, depend on high work motivation of all employees in the company. The objective of this research are to find out influence of leadership and motivation to performance on PT. Mitra Dana Putra Utama Finance Cabang Majalaya. This research could be classified into descriptive and causal research. Researcher takes full sample that means the entire population becomes object of research, as much as 60 (ninety) persons, method of taking sample is by census and survey method. Researcher uses documentation study and observation study (observation, interview, and questionnaire) to collect data. Conclusion of this research are: 1) there are influence of leadership toward performance on PT. Mitra Dana Putra Utama Finance Cabang Majalaya, 2) there are influence of motivation to performance on PT. Mitra Dana Putra Utama Finance Cabang Majalaya, 3) there are influence of leadership and motivation to performance on PT. Mitra Dana Putra Utama Finance Cabang Majalaya. Keywords: Leadership, Motivation, Performance
THE SERVICE MANAGEMENT TRIANGLE Acep Rohendi
Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa Vol 1 No 1 (2019): Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.547 KB)

Abstract

-
MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI Purwadhi
Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa Vol 1 No 1 (2019): Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.376 KB)

Abstract

ABSTRAK Masalah penelitian berasal dari penelitian sebelumnya yang dilakukan Neeru Malhotra dan Avinandan Mukherjee (2004). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis dan untuk menguji hubungan Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi pada kualitas layanan Karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan pengujian hipotesis. Sampel diambil berdasarkan prosedur survei. Akhirnya, data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif (rata-rata, standar deviasi, dan pengujian hipotesis (Pearson Product Moment Correlation dan Determinative Coefficient) .Hasil uji hipotesis menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Karyawan. kualitas layanan. Untuk penelitian di masa depan, faktor-faktor apa yang telah mempengaruhi kualitas pelayanan karyawan, selain kepuasan kerja dan komitmen organisasi. ABSTRACT The research problem originates from previous research done Neeru Malhotra and Avinandan Mukherjee (2004). The objective of this research is to test the hypothesis and to examine The relationship Job Satisfaction and Organizational Commitment on Employee service quality. The research constitutes descriptive research and hypothesis testing. The sample was taken based on the survey procedure. Finally, the data were analyzed by making use of descriptive statistics ( mean, standard deviation, and hypothesis testing (Pearson Product Moment Correlation and Determinative Coefficient ). The result of the hypothesis test shows there is significant The relationship Job Satisfaction and Organizational Commitment on Employee service quality.For Future research, what factors that have been relationship on Employee service quality, besides job satisfaction and organizational commitment.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KETERIKATAN KARYAWAN DENGAN LINGKUNGAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Nova Mardiana; I Ketut R Sudiarditha
Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa Vol 1 No 1 (2019): Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.381 KB)

Abstract

ABSTRAK Kecanggihan teknologi dan penyebaran informasi yang begitu cepat pada saat ini menjadikan karyawan mudah memperoleh informasi akan kebutuhan tenaga kerja di pasar tenaga kerja. Akses yang mudah menjadikan banyak karyawan mudah untuk berpindah kerja dari satu organisasi ke organisasi lainnya, oleh karena itu dibutuhkan keterikatan karyawan yang kuat kepada organisasi tempat karjanya. Faktor kepemimpinan dan lingkungan kerja menjadi faktor yang berpengaruh terhadap keterikatan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kepemimpinan terhadap keterikatan karyawan dengan lingkungan kerja sebagai variabel mediasi pada perusahaan transportasi PO Puspa Jaya Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 276 karyawan, selanjutnya dianalisis data dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan program AMOS 20. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan karyawan, dan hasil analisis juga menunjukkan bahwa lingkungan kerja tidak mampu memediasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap keterikatan karyawan. Saran dari hasil penelitian adalah agar manajemen lebih memperhatikan kebutuhan karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja, Keterikatan karyawan. ABSTRACT The sophistication of technology and the rapid dissemination of information at this time makes it easy for employees to obtain the information needed in the labor market. Easy access for many employees to move from one organization to the others, therefore we need good employee engagement for the organization on which it belongs. Leadership and work environment factors become factors that affect employee engagement. This study aims to prove the relationship transformational leadership to employee engagement with work environment as a mediation variable at the transportation company PO Puspa Jaya Bandar Lampung. The sample in this study amounted to 276 employees, then analyzed the data by using SEM (Structural Equation Modeling) using AMOS 20 program. The results of this study conclude that transformational leadership and work environment are positive and significant to employee engagement, and the results of the analysis also show that work environment is unable to mediate transformational leadership towards employee engagement. Suggestion from this research is management must be gift attention to employees on their duty. Keywords: Transformational Leadership, Work environment, Employee Engagement.
HARGA SAHAM DAMPAK DARI EARNING PER SHARE DAN DEBT TO ASSET RATIO Dede Hertina; Sakina Ichsani; Devy Mawarnie; Vincentia Wahju Wijadatun
Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa Vol 1 No 1 (2019): Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.813 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh Earning Per Share dan Debt to Asset Ratio terhadap harga saham. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriftif kuantitatif dengan pendekatan explanatory, analisisnya menggunakan regresi data panel. Sampel penelitian adalah Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2016 yang berjumlah 18 perusahaan. Hasil penelitian secara partial menunjukkan Earning per Share berpengaruh positif terhadap harga saham, Debt to Asset Ratio berpengaruh positif terhadap harga saham. Hasil penelitian secara simultan Earnings per Share dan Debt to Asset Ratio berpengaruh positif terhadap harga saham, jadi semakin tinggi earning per share dan debt to asset ratio, maka semakin tinggi pula harga saham. ABSTRACT The purpose of this study is to obtain empirical evidence of the effect of Earning Per Share and Debt to Asset Ratio on stock prices. The research method used is quantitative descriptive with an explanatory approach, the analysis uses panel data regression. The research sample is the Coal Sub-Sector Mining Companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2012-2016, amounting to 18 companies. The research results partially showed Earning per Share has a positive effect on stock prices, Debt to Asset Ratio has a positive effect on stock prices. The results of simultaneous studies of Earnings per Share and Debt to Asset Ratio have a positive effect on stock prices, so the higher earning per share and debt to asset ratio, the higher the share price.
Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Gembala Sriwijaya Jakarta Entin Rostiana; Iis Iskandar
Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa Vol 2 No 1 (2020): Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.029 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa 1. Pengaruh Kompetensi terhadap kinerja karyawan PT Gembala Sriwijaya ; 2 Pengaruh Kompensasi terhadap kinerja karyawan PT Gembala Sriwijaya : 3 Pengaruh kompetensi dan kompensasi secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan PT Gembala Sriwijaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik sampling menggunakan sensus. Analisa yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka diperoleh : 1. Terdapat pengaruh signifikan variabel Kompetensi terhadap Kinerja karyawan yang ditunjukkkan oleh hasil uji t yaitu t hitung 2,006 > t tabel 1,6702 dan nilai sig. 0,049 < 0,05. Ini berarti semakin baik kompetensi, maka akan meningkatkan kinerja karyawan PT Gembala Sriwijaya. 2. Terdapat pengaruh signifikan variabel kompensasi terhadap kinerja yang ditunjukkan oleh hasil uji t yaitu t hitung 2,936 > t tabel 1,6702, nilai sig.0,005 < 0,05 . Ini berarti semakin tinggi kompensasi, maka akan meningkatkan kinerja karyawan PT Gembala Sriwijaya. 3. Terdapat pengaruh signifikan variabel kompetensi dan Variabel kompensasiTerhadap Kinerja karyawan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F yaitu F hitung 11,148 > F tabel 3,15, nilai sig = 0,000 < 0.05, yang berarti kompetensi dan kompensasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT Gembala Sriwijaya.
Peningkatan Loyalitas Wisatawan Hotel Melalui Online Reviews dan Online Booking Intention Kiki Ermawati
Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa Vol 2 No 1 (2020): Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.494 KB)

Abstract

Persaingan industri pariwisata khususnya perhotelan di kota Bandung telah mengalami persaingan yang sangat ketat. Hotel bintang 3 dan 4 yang bisa diasosiasikan dengan Midscale hotel, berlomba untuk mendaftarkan berbagai tipe kamarnya di Online Travel Agent agar dapat meningkatkan penjualan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh Online reviews kepada Online booking intention hingga Loyalitas Wisatawan di hotel tertentu dengan menggunakan model analisis SEM berbasis component based. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Online Review indikator yakni reviewer expertise terhadap online booking intention sebesar 0,740; Online review dengan indikator reviewer expertise berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan dengan indikator referal sebesar 0,783; dan Online booking intention dengan indikator payment berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan sebesar 0,425. Pengaruh online review terhadap loyalitas wisatawan melalui online booking intention sebesar 9,85 %.
Pengaruh Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus: Yayasan Nurul Iman Al-Islamy) Muhammad Badruzaman Syapi’i; Iis Iskandar
Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa Vol 2 No 1 (2020): Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.208 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan, kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja Pegawai. Populasi semua Pegawai Yayasan Pondok Pesantren Nurul Iman Al-Islamy Cibaduyut Kota Bandung sebesar 200 Pegawai. Dengan teknik sampling, diperoleh sampel sebanyak 60 pegawai. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. 2) Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. 3) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. 4). Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan motivasi memiliki pengaruh yang signifikan kinerja PegawaI. Hal yang penting adalah memberikan pujian dengan memberikan sertifikat sebagai pegawai berprestasi. Oleh karena itu diupayakan terus mendorong kinerja pegawai dengan pemberian salah satunya bonus, bagi karyawan yang berkinerja tinggi.
Pengaruh Physical Evidence dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum (Konferensi Asia Afrika) Putri Riva Somantri; Purwadhi
Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa Vol 2 No 1 (2020): Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.686 KB)

Abstract

Museum Konferensi Asia Afrika merupakan salah satu museum yang berada di Kota Bandung sebagai tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika. Seiring dengan berjalanannya waktu, sebagian orang menganggap bahwa museum merupakan tempat yang membosankan. Rata-rata pengunjung hanya datang ke museum untuk keperluan studi, penelitian dan datang hanya untuk melihat benda-benda koleksi. Oleh karena itu, museum mulai memperhatikan penampilannya dan melakukan segala perbaikan baik pelayanan dan fasilitasnya. Selain meningkatkan pelayanannya, museum menerapkan physical evidence sebagai salah satu cara yang digunakan untuk memberikan kepuasan bagi pengunjung dan memberikan pengalaman yang berkesan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis tentang physical evidence, customer experience dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan menyelidiki kondisi dan keadaan faktual yang terjadi di Museum Konferensi Asia Afrika. Hasil penelitian menunjukan bahwa Uji F adalah Fhitung > Ftabel Artinya, variabel independen berpengaruh signifikan pada variabel dependen secara simultan. Sedangkan variabel physical evidence dan customer experience memiliki pengaruh sebesar 43.50% terhadap kepuasan pengunjung. Sedangkan sisanya, yaitu 56.50% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan hasil penelitian tersebut, pihak pengelola dapat lebih meningkatkan physical evidence, customer experience dan kepuasan pengunjung sehingga berada pada kategori sangat baik.