cover
Contact Name
Uki Yonda Asepta
Contact Email
uki.yonda@machung.ac.id
Phone
+6281555752004
Journal Mail Official
parsimonia@machung.ac.id
Editorial Address
Villa Puncak Tidar Blok N no. 1, Doro, Karangwidoro, Kec. Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65151
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Parsimonia: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis
Published by Universitas Ma Chung
Jurnal Parsimonia adalah jurnal ilmiah dalam bidang akuntansi, manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ma Chung Malang. Jurnal ini diterbitkan dengan tujuan menjadi media publikasi artikel berbasis riset bagi para mahasiswa, akademisi dan praktisi di bidang akuntansi, manajemen, bisnis dan bidang lain yang berkaitan erat dengan ketiga tema tersebut.Tulisan maupun pendapat yang dimuat dalam jurnal ini adalah berasal dari setiap penulis dan tidak mewakili editor maupun Universitas. Jurnal Parsimonia menerima karya asli yang belum pernah dipublikasikan di jurnal lain. Sesuai dengan arti namanya, Jurnal Parsimonia menerima karya yang sederhana namun memberikan dampak dan manfaat yang besar dalam pengembangan ilmu dan praktik akuntansi, manajemen dan pengembangan bisnis di Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2020): Parsimonia: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis" : 5 Documents clear
ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HAMPERS (STUDI EMPIRIS PADA KONSUMEN PRODUK HAMPERS DI SURABAYA) Dewi Mustikasari Immanuel; Sherin Brigitta Yuwono
Parsimonia - Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Parsimonia: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bisnis Kriya di Indonesia saat ini menjadi salah satu sektor Industri Kreatif yang marak digeluti oleh para pelaku usaha bisnis. Dengan adanya peningkatan dalam Industri Ekonomi Kreatif ini membuka peluang bisnis di bidang kriya salah staunya adalah Hampers merupakan kerajinan berupa wadah anyaman keranjang besar yang berguna untuk mengangkut barang atau makanan. Dan semakin banyaknya para pelaku bisnis Hampers yang menggunakan peluang ini untuk membuka usahanya maka persaingan akan semakin tinggi. Dan pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor pembentuk keputusan pembelian Hampers di Surabaya dan menganalisa faktor apa yang paling dominan pembentuk keputusan pembelian tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli Hampers di Surabaya. Sampel diambil dari 250 responden dengan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah confirmatory factor analysis (CFA) dengan program SmartPLS 3.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, promosi, budaya, pribadi, kualitas pelayanan, sosial dan lokasi merupakan faktor pembentuk keputusan pembelian. Selain itu dalam penelitian ini didapatkan faktor pembentuk keputusan pembelian yang terbesar dimulai dari faktor pribadi, faktor budaya, faktor sosial, promo, lokasi, harga, dan yang terakhir adalah kualitas pelayanan. Saran dari peneliti adalah untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen dapat dilakukan dengan cara mencocokkan harga dengan manfaat pembelian produk, meningkatkan keragaman produk, dan meningkatkan kualitas layanan ini.
PERBANDINGAN PERILAKU ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PENDIDIK (DOSEN) DAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS XYZ Ivan Mulya Saputra; Peter Remy Yosy Pasla
Parsimonia - Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Parsimonia: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada Organizational Citizenship Behavior (OCB) yang merupakan salah satu bidang yang paling banyak diteliti dalam psikologi industri / organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pendidik (dosen), dan tenaga kependidikan (administrasi) pada Universitas XYZ. Penelitian ini menggunakan kuesioner online dan offline. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Convenience Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah populasi karyawan pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (administrasi), terkecuali sopir, dan tenaga keamanan. Sampel yang digunakan berjumlah120 responden karyawan pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (administrasi). Pada hasil Uji Mann Whitney menunjukkan bahwa ada perbedaan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada pendidik (dosen), dan tenaga kependidikan (administrasi) XYZ.
PEMODERASIAN EFIKASI DIRI DALAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN DUKUNGAN RELASI TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMA DI SURABAYA Krismi Budi Sienatra
Parsimonia - Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Parsimonia: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kewirausahaan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi pengangguran di Indonesia, maka dari itu intensi berwirausaha harus dipupuk sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan kewirausahaan dan dukungan relasi terhadap intensi berwirausaha serta efek moderasi dari efikasi diri dalam hubungan antara pendidikan kewirausahaan, dukungan relasi dan intensi berwirausaha siswa SMA di Surabaya. Populasinya adalah siswa SMA yang telah diajarkan pendidikan entrepreneurship. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus, dengan jumlah populasi yaitu 32 siswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda pada aplikasi SPSS sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap intensi berwirausaha, akan tetapi dukungan relasi tidak berpengaruh terhadap intensi berwirausaha. Di sisi lain, efikasi diri dapat memoderasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan dukungan relasi terhadap intensi berwirausaha siswa.
ANALISIS PENGARUH WORK ENGAGEMENT DAN JOB STATISFACTION TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA GENERASI X DAN GENERASI Y DI KOTA MALANG Eduard Arnando Parengkuan
Parsimonia - Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Parsimonia: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawa di Kota Malang teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dari anggota populasi yang menjadi sampel penelitian dengan sample sebanyak 50 Generasi X dan 50 Generasi Y. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Uji Validitas dilakukan dengan mengkorelasikan setiap skor item dengan skor total menggunakan teknik kolerasi Pearson, sedangkan uji Reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach. Analisis prasyarat melibatkan tes normalitas dan tes multicolinearity dan heterokedastisity. Tes hipotesis berikutnya menggunakan regresi berganda. Hasil Penelitian Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara job statisfaction Gen X terhadap turnover intention, job statisfaction Gen Y tidak berpengaruh pada turnover intention, work engagement generasi x tidak berpengaruh terhadap turnover intention, work engagement generasi Y berpengaruh terhadap turnover intention.
ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI BRAND EQUITY DESTINASI WISATA BOROBUDUR PADA GENERASI X, Y DAN Z Fransisca Desiana Pranatasari; Maria Angela Diva
Parsimonia - Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Parsimonia: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : Ma Chung Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa sektor pariwisata Indonesia berperan penting dalam perekonomian Indonesia. Pertumbuhan pariwisata Indonesia ini dibuktikan dengan keberhasilan Pariwisata Indonesia menempati peringkat ke-9 di dunia, nomor tiga di Asia, dan nomor satu di kawasan Asia Tenggara tahun 2019 lalu. Melihat pentingnya sektor ini maka pariwisata Indonesia perlu mempertahankan brand equity mereka sehingga posisi pariwisata Indonesia dapat kuat secara internasional termasuk di dalamnya adalah destinasi wisata Candi Borobudur yang merupakan salah satu destinasi super prioritas pariwisata Indonesia versi kementrian pariwisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan persepsi brand equity destinasi wisata borobudur pada generasi X, Y dan Z. Penelitian ini menggunakan one way Anova untuk menguji perbedaan persepsi brand equity antara generasi X, Y dan Z. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi brand equity destinasi wisata borobudur pada generasi X, Y dan Z.

Page 1 of 1 | Total Record : 5