cover
Contact Name
Choiri
Contact Email
choiri@stienugresik.ac.id
Phone
+6285731919494
Journal Mail Official
jurnal@stienugresik.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Abdul Karim No.60, Karangpoh, Kemuteran, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61114
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
JEKK
ISSN : 25488015     EISSN : 28098021     DOI : https://doi.org/
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif ISSN: 2548-8015 adalah sebuah jurnal yang di terbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik, terbit 2 (dua) kali (Juni - Desember) setahun. Misi Jurnal ekonomi dan kewirausahaan adalah untuk menerbitkan, menyebarluaskan berbagai tulisan ilmiah mengenai ilmu ekonomi, ilmu manajemen dan kewirausahaan atau bisnis. Jurnal ini digunakan sebagai media komunikasi bagi pemerhati ilmu ekonomi, pemerhati ilmu manajemen, pemerhati bisnis a baik pengajar atau dosen, maupun Mahasiswa serta peneliti dan praktisi di bidang ekonomi, manajemen dan kewirausahaan atau bisnis. Jurnal ini berisi tentang artikel artikel hasil penelitian yang berkaitan dengan ekonomi, manajemen, dan kewirausahaan atau bisnis dan permasalahan yang relevan dengan ilmu ekonomi, ilmu manajemen dan kewirausahaan atau bisnis.
Articles 56 Documents
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Gresik Muji Widodo
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 1 No 1 (2016): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.868 KB)

Abstract

Bisnis perbankan yang sangat kompetitif dewasa ini membuat beberapa bank berlomba-lomba membuat suatu pembeda. Peningkatan kualitas pelayanan diharapkan dapat mempertahankan nasabah yang sudah ada bahkan untuk mendapatkan nasabah baru. Begitu sangat pentingnya kualitas pelayanan bagi perbankan membuat perbankan selalu melakukan inovasi yang berkelanjutan untuk menjaga eksistensi bank tersebut. Kompleksitas persaingan jasa layanan perbankan inilah yang menyebabkan perusahaan harus berusaha meningkatkan kualitas produk dan layanannya agar kepuasan pelanggan dapat terwujud. Penelitian metode kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Bank Tabungan Negara (BTN) cabang Gresik. Populasi yang diambil adalah nasabah BTN Cabang Gresik yang mendapatkan fasilitas kredit dan produk tabungan batara dari PT. BTN dengan kriteria umur kredit kurang sama dengan 2 (dua) tahun, teknik sampling menggunakan accidental sampling, besar sampel sebanyak 100 orang. Data diambil menggunakan wawancara dan kuesioner dan di analisis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel (tangible, reliability, responsiveness, Assurancedan emphaty) berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Variabel bebas yang dominan adalah variabel tangible sebesar 0,370, sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,777 artinya 77,7% kepuasan nasabahdalam mendapatkan pelayanan di BTN KC Gresik dipengaruhi oleh variasi dari kelima variabel independen, yaitu bukti fisik (X1), kehandalan (X2), ketanggapan (X3), jaminan (X4), dan kepedulian (X5). Sedangkan sisanya sebesar 22,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Diharapkan dilakukan pengukuran tingkat kepuasan nasabah secara berkala melalui: penyebaran kuesioner berkala setip 6 (enam) bulan sekali, peningkatan kecepatan pelayanan dengan memperbaiki prosedur pelayanan kepada nasabah. Memberikan pelatihan, penyuluhan dan motivasi kepada karyawan untuk memberikan pelayanan yang baik, membangun karakter yang bertanggung jawab untuk meningkatkan profesionalisme.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik Muchsin Zuhad Al'asqolaini; Susanto Sukiman
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 1 No 1 (2016): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (817.458 KB)

Abstract

Studi ini menganilisis tentang gaya kepemimpinan situasional didasarkan pada model paul hersey dan K.Blanchard sedangkan motivasinya didasarkan pada model Mc Clelland dan kinerja pegawai didasarkan pada model agus dharma. Penelitian ini menetapkan seluruh pegawai yang berjumlah 38 pegawai sebagai populasi penelitian. Adapun data yang sudah dikumpulkan diolah dengan regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data dengan persamaan Regresi Linier Berganda: Y= 0.018+0.702X1+0.317X2+0.714e menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (19,246 > 3,267) dengan dukungan signifikansi 0.000 (p) < 0,05 atau dengan kata lain membuktikan bahwa secara bersama-sama variable bebas dalam penelitian ini yang terdiri dari gaya kepemimpinan situasional (X1) dan motivasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu kinerja pegawai (Y). Sedangkan uji hipotesis secara parsial (Uji t) diperoleh thitung dari variabel gaya kepemimpinan situasional (X1) sebesar 3.710 dimana thitung> ttabel (3.710>1.690) dengan signifikansi 0.001 dan thitung dari variabel motivasi (X2) sebesar 2.353 dimana thitung > ttabel (2.353>1.690) dengan signifikansi 0.024. Hasil Analisis Koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai adjust R square sebesar 0.497 hal ini berarti bahwa 49.7% kinerja pegawai dipengaruhi oleh kolaborasi dari kedua variabel bebas (X1) dan (X2) sedangkan sisanya 50,3% dipengaruhi variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
PENGARUH DISPLAY PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO RAHAYU GRESIK Nur Mufarokhah; Husnul Khuluq
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 1 No 1 (2016): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.963 KB)

Abstract

Salah satu sektor yang strategis bagi perkembangan ekonomi Indonesia adalah usaha kuliner, perubahan gaya hidup konsumen yang semakin konsumtif merupakan salah satu dari beberapa hal guna mendorong para pengusaha kuliner mengembangkan ide-ide baru mengenai usaha kuliner modern untuk memenuhi keinginan konsumen. Display adalah salah satu komponen penting guna menarik perhatian dan minat konsumen, melalui daya tarik penglihatan langsung dan sangat beragam sehingga perlu untuk dilakukan identifikasi pengaruh pelaksanaan display produk dan penetapan harga terhadap keputusan pembelian. Penelitian kuantitatif ini menggunakan 100 responden sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan data primer dan data sekunder dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulannya. Data di analisis menggunakan regresi linier berganda dengan alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa display produk dan harga berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai koefisien korelasi 0,117, besarnya pengaruh variabel harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Rahayu Gresik sebesar 0,206 dengan nilai koefisien determinasi (R-Square) sebesar 0,506 yang artinya variabel display produk dan harga mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian konsumen pada Toko Rahayu Gresik sebesar 50,6%, sedangkan sisanya sebesar 49,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Adapun persamaan regresi linier berganda yaitu: KPK = 8,370 + 0,117DP + 0,206H. Sehingga perlu peningkatan pelaksanaan display produk melalui penataan atau perubahan display secara berkelanjutan setiap 3 bulan sekali, perancangan penataan display produk harus lebih menarik dan inovatif sesuai dengan selera konsumen, penawaran harga yang lebih murah dan menarik lewat program-program potongan harga untuk beberapa produk. Selain itu perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji variabel lain seperti kualitas produk, citra merk, kepercayaan merk, promosi dan variabel lainnya.
PENGARUH PENEMPATAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KANTOR PDAM KABUPATEN TUBAN Hetty Virgiany Suwito
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 1 No 1 (2016): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.02 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan PDAM Kabupaten Tuban. Faktor–faktor tersebut yaitu penempatan dan motivasi. Karyawan yang memiliki motivasi kerja yang tinggi akan memberikan dampak positif bagi organisasi, sehingga tujuan organisasi tercapai. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menyebar kuesioner sebanyak 55 karyawan PDAM Kabupaten Tuban. Analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis, dengan bantuan komputer program SPSS versi 20 menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda: Y =26.346 +0.117 X1+0.176 X2. Dengan menggunakan metode analisis regresi berganda, Hasil Hipotesis uji F menunjukkan F hitung = 3.325 dengan nilai signifikansi = 0,044< 0,05 yang berarti H2 yang berbunyi “Ada pengaruh penempatan dan motivasi terhadap kinerja karyawan PDAM Kabupaten Tuban” diterima. Sedangkan dari uji Hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh t hitung dari variabel penempatan sebesar 1.278 dengan nilai signifikan sebesar 0.207 dimana probabilitas lebih besar dari 0,05 maka hipotesis 1 untuk penempatan ditolak. Dan t hitung variabel motivasi sebanyak 2.334 dengan nilai signifikan 0.023 dimana probabilitas lebih kecil dari 0,05, maka hipotesis 1 motivasi diterima. Karena t hitung variabel penempatan lebih kecil dari variabel motivasi hipotesis 3 di tolak. Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,79, hal ini berarti 7,9% kinerja karyawan PDAM Kabupaten Tuban dipengaruhi oleh penempatan dan motivasi, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa penempatan dan motivasi memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan PDAM Kabupaten Tuban.
ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KREDIT PEMILIKAN RUMAH SEJAHTERA TAPAK (FLPP) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (Persero) Tbk. KANTOR CABANG GRESIK Choiri Choiri
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 1 No 1 (2016): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.304 KB)

Abstract

PT.Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk bekerjasama dengan Kementrian Perumahan Rakyat Republik Indonesia menawarkan produk yang bernama Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera Tapak (FLPP). Program ini di sediakan untuk masyarakat berpenghasilan rendah dengan suku bunga rendah dan tetap serta cicilan yang ringan. Kondisi ini merupakan tantangan bagi bank untuk memastikan ketepatan sasaran masyarakat berpenghasilan rendah, kelengkapan dokumen dan verifikasi kebenaran dokumen karena ketidaktepatan sasaran atas penyaluran/realisasi Kredit FLPP akan berpotensi merugikan Negara. Sehingga diperlukan Sistem Informasi Akuntansi yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sistem informasi akuntansi kredit FLPP dengan desain penelitian deskriptifkualitatif, instrumen penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan pengambilan kesimpulan/verifikasi (conclision drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan prosedur FLPP yang dilaksanakan oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk, sudah baik, sudah melalui tahapan meliputi: tahap pengajuan, tahap analisa, tahap persetujuan, dan tahap akad kredit. Sistem informasi akuntansi FLPP juga sudah memenuhi unsur-unsur sistem informasi akuntansi.Namun pelaksanaan Lingkungan Pengendalian dan aktivitas pengendalian intern FLPP belum efektif karena unit yang memiliki peran sangat penting dalam perusahaan ditiadakan dalam struktural perusahaan, selain itu ada beberapa kegiatan yang kurang sesuai seperti pemisahan tugas yang tidak dapat berjalan dengan baik.Disarankan proses wawancara dilakukan setelah unit loan service menerima berkas persyaratan pengajuan kredit dari calon debitur untuk menghindari ketidaksesuaian data identitas debitur dengan data yang disampaikan pada saat wawancara, perlu perbaikan aktivitas pengendalian intern oleh bank dengan melakukan pemisahan fungsi setiap unit agar dapat melakukan pekerjaannya sesuai dengan job disk masing-masing unit dan unit internal control diadakan kembali mengingat sangat penting keberadaannya dalam sebuah perusahaan serta dilakukan penambahan personel untuk mengisi kekosongan di unit tersebut sesuai dengan kemampuan dan keahliannya, sehingga tugas dan tanggung jawab masing-masing personel dapat dijalankan dengan baik.
PENGARUH PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU INTERNET SIMPATI PADA MAHASISWA STIENU TRATE GRESIK Susilo Aji
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.264 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris tentang Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi terhadap Keputusan PembelianKartu Internet Simpati pada Mahasiswa STIE NU Trate Gresik. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner yang berasal dari sumber primer. Dimana hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel Promosi, dan Saluran Distribusi dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial variable Promosi dan variabel Saluran Distribusi dinyatakan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
PENGARUH POLA PENGGAJIAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA UNIT ANGKUTAN PT VARIA USAHA GRESIK Muchsin Zuhad Al'asqolaini
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.253 KB)

Abstract

SDM merupakan faktor penggerak utama dalam sebuah perusahaan. Perlakuan yang seimbang terhadap karyawan dalam masalah penggajian dan juga gaya kepemimpinan merupakan sebuah konsekuensi yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan untuk memperoleh hasil kerja yang optimal. Maraknya mogok kerja yang dilakukan karyawan banyak dipicu oleh gaji yang tidak sesuai dengan standart daerah (UMK) maupun oleh gaya kepemimpinan yang tidak memihak nasib karyawan. Ini adalah sebuah Penelitian yang menggunakan metode penelitian analitik kuantitatif dengan study populasi yang dilakukan pada Unit Angkutan PT. Varia Usaha (Persero), Tbk. yang berjumlah 39 orang. Observasi, wawancara dan kuesioner adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola penggajian dan gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja karyawan. Serta untuk mengetahui variabel manakah yang sangat dominan terhadap motivasi kerja karyawan. Hasil Analisis menunjukkan terdapat hubungan antara pola penggajian dan gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja diperoleh nilai R sebesar 0,760 atau 76% hal ini menunjukkan bahwa motivasi kerja yang dapat dijelaskan dengan persamaan regresi linier berganda sebesar 0,760 atau 76% sedangkan sisanya 0,240 atau 24% dipengaruhi oleh variabel lain seperti insentif, bonus dan lainnya.
Perilaku Konsumen dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Helm INK Pada Mahasiswa Prodi Manajemen STIENU Trate Gresik Muchsin Zuhad Al'asqolaini; Awliya Rohmah
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 3 No 2 (2018): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.457 KB)

Abstract

Tujuan dilakukannya Penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris tentang Perilaku Konsumen dalam Memutuskan Membeli Helm Merk Ink Pada Mahasiswa Prodi Manjemen STIENU Trate Gresik. Ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan 50 mahasiswa sebagai sampel. Adapun data yang terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan bantuan SPSS. Hasil linier regresi berganda adalah Y= 1,496 + 0,057X1 + 0,261X2 + 0,599X3 + e. Dengan demikian dapat diketahui bahwa secara Parsial Uji t untuk Variabel Budaya X1 diperoleh hasil t hitung sebesar 0.491 dengan signifikansi 0.626, untuk variabel personal X2 diperoleh hasil t hitung sebesar 2.175 dengan signifikansi 0.035 dan variabel Psikologi X3 diperoleh hasil t hitung sebesar 5.982 dengan signifikansi 0.000. Adapun hasil uji koefisen determinasi menunjukkan nilai adjust R square sebesar 0.530 hal ini berarti bahwa sebesar 53% Keputusan Pembelian Helm INK Pada Mahasiswa Prodi Manajemen STIENU Trate Gresik dipengaruhi oleh variasi dari variabel bebas, Adapun sisanya sebanyak 47% itu dipengaruh variabel - variabel selain dalam penelitian ini
PENGARUH IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING DAN TERHADAP CUSTOMER RELATIONSHIP PADA GIANT EKSPRESS GRESIK Reza Rifanda Dwi Candra Maulana
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1303.04 KB)

Abstract

Relationship marketing merupakan dasar pemikiran dalam praktek pemasaran ini yaitu membina hubungan yang lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan. Relationship marketing mampu memperdayakan kekuatan keinginan pelanggan dengan tekanan teknologi informasi untuk memberikan kepuasan pada pelanggan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari Understanding Customer Expectation, Building Service Partnership, Total Quality Management, Empowering Employee terhadap Customer Loyalty pada Giant Ekspress cabang Gresik. Obyek penelitian ini adalah Giant Ekspress Cabang Gresik. Sedangkan subyek dari penelitian ini adalah customer dari Giant Ekspress Cabang Gresik. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Giant Ekspress Cabang Gresik , maka populasi dalam penelitian ini digolongkan ke dalam populasi tak terbatas. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang akan di teliti sebanyak 100 responden. Teknik Pengambilan Sample dalam penelitian ini menggunakan Accidental sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan : Terdapat pengaruh positif Understanding Customer Expectation terhadap Customer Loyalty, hal ini dibuktikan sign (0,001) < 0,1 dengan demikian H1 diterima. Terdapat pengaruh negative Building Service Partnership Terhadap Customer Loyalty, hal ini dibuktikan (0,782) > 0,10 dengan demikian H2 ditolak. Terdapat pengaruh positif Total Quality management terhadap Customer Loyalty, hal ini dibuktikan (0,000) < 0,10 dengan demikian H3 diterima. Terdapat pengaruh negative Empowering Employee terhadap Customer Loyalty, hal ini dibuktikan (0,644) > 0,10 dengan demikian H4 ditolak. Koefisien determinasi ( Adjusted R Square) adalah sebesar 0.381 atau 38,1% berarti kontribusi variable Understanding Customer Expectation (X1), Building Service Partnership (X2), Total Quality Management (X3), Empowering Employee (X4) terhadap Customer Loyalty (Y) sebesar 38,1% dan sisanya 61,9% dipengaruhi oleh factor lain.
Audit Berbasis Risiko Pada PT SP Muji Widodo
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 3 No 2 (2018): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.338 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengethui tentang penerapan metode Audit Berbasis Risiko yang diterapkan oleh sebuah perusahaan pupuk yaitu PT. SP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu survey pendahuluan dan survey lapangan (Wawancara, Dokumentasi, Observasi). Perusahaan memiliki berbagai macam risiko. Audit Internal akan berperan sebagai pihak yang mempergunakan hasil identifikasi risiko (profil risiko) dan membantu dalam pengendalian risiko-risiko yang telah diidentifikasi. PT. SP menerapkan metode Audit Berbasis Risiko dan dijalankan oleh audit internalnya guna meminimalkan risiko-risiko yang ada. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan audit berbasis risiko, risiko-risiko apa saja yang ada, dimana terjadi dan penyebab risiko pada perusahaan, serta peran audit berbasis risiko dalam pengendalian risiko. Sumber data diambil dari dokumen- dokumen perusahaan dan melalui wawancara. Dari hasil penelitian diketahui proses, tahap-tahap, siapa saja yang berperan, kelemahan dan kelebihan serta pelaksanaan audit berbasis risiko dan dibandingkan dengan teori yang ada. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan menilai pelaksanaan Audit Berbasis Risiko pada PT. SP. Dengan audit berbasis risiko, maka risiko-risiko yang ada pada perusahaan bisa diperkirakan dan ditekan tingkat terjadinya sebelum risiko tersebut terjadi, dan juga risiko yang belum diketahui dapat diketahui oleh perusahaan.