cover
Contact Name
Choiri
Contact Email
choiri@stienugresik.ac.id
Phone
+6285731919494
Journal Mail Official
jurnal@stienugresik.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Abdul Karim No.60, Karangpoh, Kemuteran, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61114
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
JEKK
ISSN : 25488015     EISSN : 28098021     DOI : https://doi.org/
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif ISSN: 2548-8015 adalah sebuah jurnal yang di terbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik, terbit 2 (dua) kali (Juni - Desember) setahun. Misi Jurnal ekonomi dan kewirausahaan adalah untuk menerbitkan, menyebarluaskan berbagai tulisan ilmiah mengenai ilmu ekonomi, ilmu manajemen dan kewirausahaan atau bisnis. Jurnal ini digunakan sebagai media komunikasi bagi pemerhati ilmu ekonomi, pemerhati ilmu manajemen, pemerhati bisnis a baik pengajar atau dosen, maupun Mahasiswa serta peneliti dan praktisi di bidang ekonomi, manajemen dan kewirausahaan atau bisnis. Jurnal ini berisi tentang artikel artikel hasil penelitian yang berkaitan dengan ekonomi, manajemen, dan kewirausahaan atau bisnis dan permasalahan yang relevan dengan ilmu ekonomi, ilmu manajemen dan kewirausahaan atau bisnis.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2017): Juni" : 6 Documents clear
PENGARUH PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU INTERNET SIMPATI PADA MAHASISWA STIENU TRATE GRESIK Susilo Aji
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.264 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris tentang Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi terhadap Keputusan PembelianKartu Internet Simpati pada Mahasiswa STIE NU Trate Gresik. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner yang berasal dari sumber primer. Dimana hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel Promosi, dan Saluran Distribusi dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial variable Promosi dan variabel Saluran Distribusi dinyatakan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
PENGARUH POLA PENGGAJIAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA UNIT ANGKUTAN PT VARIA USAHA GRESIK Muchsin Zuhad Al'asqolaini
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.253 KB)

Abstract

SDM merupakan faktor penggerak utama dalam sebuah perusahaan. Perlakuan yang seimbang terhadap karyawan dalam masalah penggajian dan juga gaya kepemimpinan merupakan sebuah konsekuensi yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan untuk memperoleh hasil kerja yang optimal. Maraknya mogok kerja yang dilakukan karyawan banyak dipicu oleh gaji yang tidak sesuai dengan standart daerah (UMK) maupun oleh gaya kepemimpinan yang tidak memihak nasib karyawan. Ini adalah sebuah Penelitian yang menggunakan metode penelitian analitik kuantitatif dengan study populasi yang dilakukan pada Unit Angkutan PT. Varia Usaha (Persero), Tbk. yang berjumlah 39 orang. Observasi, wawancara dan kuesioner adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola penggajian dan gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja karyawan. Serta untuk mengetahui variabel manakah yang sangat dominan terhadap motivasi kerja karyawan. Hasil Analisis menunjukkan terdapat hubungan antara pola penggajian dan gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja diperoleh nilai R sebesar 0,760 atau 76% hal ini menunjukkan bahwa motivasi kerja yang dapat dijelaskan dengan persamaan regresi linier berganda sebesar 0,760 atau 76% sedangkan sisanya 0,240 atau 24% dipengaruhi oleh variabel lain seperti insentif, bonus dan lainnya.
PENGARUH IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING DAN TERHADAP CUSTOMER RELATIONSHIP PADA GIANT EKSPRESS GRESIK Reza Rifanda Dwi Candra Maulana
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1303.04 KB)

Abstract

Relationship marketing merupakan dasar pemikiran dalam praktek pemasaran ini yaitu membina hubungan yang lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan. Relationship marketing mampu memperdayakan kekuatan keinginan pelanggan dengan tekanan teknologi informasi untuk memberikan kepuasan pada pelanggan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari Understanding Customer Expectation, Building Service Partnership, Total Quality Management, Empowering Employee terhadap Customer Loyalty pada Giant Ekspress cabang Gresik. Obyek penelitian ini adalah Giant Ekspress Cabang Gresik. Sedangkan subyek dari penelitian ini adalah customer dari Giant Ekspress Cabang Gresik. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Giant Ekspress Cabang Gresik , maka populasi dalam penelitian ini digolongkan ke dalam populasi tak terbatas. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang akan di teliti sebanyak 100 responden. Teknik Pengambilan Sample dalam penelitian ini menggunakan Accidental sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan : Terdapat pengaruh positif Understanding Customer Expectation terhadap Customer Loyalty, hal ini dibuktikan sign (0,001) < 0,1 dengan demikian H1 diterima. Terdapat pengaruh negative Building Service Partnership Terhadap Customer Loyalty, hal ini dibuktikan (0,782) > 0,10 dengan demikian H2 ditolak. Terdapat pengaruh positif Total Quality management terhadap Customer Loyalty, hal ini dibuktikan (0,000) < 0,10 dengan demikian H3 diterima. Terdapat pengaruh negative Empowering Employee terhadap Customer Loyalty, hal ini dibuktikan (0,644) > 0,10 dengan demikian H4 ditolak. Koefisien determinasi ( Adjusted R Square) adalah sebesar 0.381 atau 38,1% berarti kontribusi variable Understanding Customer Expectation (X1), Building Service Partnership (X2), Total Quality Management (X3), Empowering Employee (X4) terhadap Customer Loyalty (Y) sebesar 38,1% dan sisanya 61,9% dipengaruhi oleh factor lain.
METODE TREND MOMENT DAN PENERAPANNYA DALAM FORECAST PENJUALAN MOTOR HONDA DI PT HD MOTOR 99 GRESIK Mohamad Syamsul Hudha
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.461 KB)

Abstract

Tingginya permintaan konsumen akan kendaraan, khususnya motor membuat dealer atau perusahaan yang bergerak dibidang otomotif bersaing dengan ketat.Permasalahan yang sering terjadi pada dealer atau perusahaan yaitu sering terjadi fluktuasi penjualan motor yang dipengaruhi oleh banyak factor, untuk mengantisipasi perkembangan perminta -an pasar dan mengetahui penjualan pada masa yang akan datang, maka diperlukan peramalan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Penerapan Metode Trend Moment dalam Forecast Penjualan Motor Honda di PT. HD MOTOR 99 Gresik.Jenis penelitian kuantitaif ini menggunakan termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan peramalan kuantitatif.Metode peramalan (forecasting) dilakukan berdasarkan pendapat (judgment method) tanpa metode statistik.Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan menggunakan kuesioner, metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil ramalan penjualan motor honda pada bulan April 2017 dengan metode trend moment menggunakan POM For Windows yaitu 669 motor. Dengan tingkat kesalahan MAD 111,04 dan MSE 17688,37 sehingga metode trend moment dengan peng gunaan aplikasi atau program ini dapat diterapkan untuk meramalkan penjualan motor yang mengalami fluktuasi, sebaiknya data yang digunakan dalam peramalan adalah data penjualan setiap jenis sepeda motor, sehingga per usahaan menampilkan ramalan penjualan motor dalam berbagai jenis yang akan memudahkan perusahaan dalam menentukan suplai barang.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH LANTABUR TEBUIRENG CABANG GRESIK Sugiandono Mujiarsih
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.461 KB)

Abstract

Kualitas pelayanan adalah seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan para pelanggan atas layanan yang mereka terima. Kualitas pelayanan yang baik dan memadai yang telah diterapkan maka perusahaan memerlukan citra perusahaan yang baik, agar konsumen mengetahui lebih banyak mengenai kualitas jasa yang dilakukan. Citra perusahaan dipandang sebagai salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi efektivitas pemasaran. Oleh karena itu sangat layak kalau citra perusahaan dipandang sebagai salah satu asset penting yang dimiliki oleh perusahaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan, citra perusahaan terhadapa Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah Lantabur Cabang Gresik. Dalam penelitian ini menggunnakan metode penelitian Kuantitatif. Dengan variabel penelitian kualitas pelayanan (X1) dan citra perusahaan (X2) terhadap kepuasan nasabah (Y). Untuk itu menganalisis kedua variabel diatas dengan menyebarkan kuisioner kepada 285 orang responden yang menjadi nasabah Bank Syariah Lantabur. Kemudian hasil penelitian tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Yang diperoleh persamaan sebagai berikut : Y =2.443 + 0.011 X1 + 0.438 X2. Artinya dimana kualitas pelayanan dan citra perusahaan dianggap konstan, maka kepuasan konsumen akan meningkat sebesar 2,443 satuan. Hasil dari koefisien korelasi yaitu koefisien korelasi berganda (R) adalah sebesar 0.434. Hasil uji F sebesar 32,712 yang mempunyai arti bahwa ada pengaruh secara simultan antar variabel Kualitas pelayanan dan Citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah . Sedangkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh Besarnya angka Adjusted R square ( ) adalah 18,3% yang mempunyai arti bahwa pengaruh kualitas pelayanan ,citra perusahaan secara simultan terhadap kepuasan nasabah
PENGARUH EFEKTIVITAS SAFETY INDUCTION TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PT SMELTING GRESIK Awliya Rohmah
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.026 KB)

Abstract

Persaingan dunia usaha saat ini semakin kompetitif, oleh karena itu setiap perusahaan harus mampu mengatur dan mengolah sumber daya yang dimiliki dengan efektif dan efisien.Oleh karena itu perusahaan harus berusaha melakukan upaya peningkatan produktivitas kerja karyawan, salah satunya melalui pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh efektivitas safety induction terhadap produktivitas karyawan pada PT Smelting Gresik. Penelitian menggunakan metode analisis regresi linear sederhana dengan variabel bebas Efektivitas Safety Induction, variabel terikat Produktivitas Karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan / tenaga kerja subkontrak PT Smelting Gresik yang mengikuti safety induction. Teknik penarikan sampel menggunakan proportional cluster random sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Safety Induction secara parsial berpengaruh terhadap Produktivitas Karyawan dengan thitung lebih besar dari ttabel sehingga perlu upaya peningkatan produktivitas kerja guna mendukung kelancaran operasi perusahaan melalui Program Safety induction yang diberikan untuk karyawan baru, kontraktor, tamu, supplier atau pihak lain yang berkepentingan dan berada di area PT Smelting , diperlukan upaya perbaikan atau pembaharuan sistem dalam pelaksanaan program safety induction, dan diperlukan analisis faktor lain yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan PT Smelting Gresik seperti Upah kerja, Etos kerja, Lingkungan atau sarana kerja,promosi dan perkembangan diri.

Page 1 of 1 | Total Record : 6