cover
Contact Name
Choiri
Contact Email
choiri@stienugresik.ac.id
Phone
+6285731919494
Journal Mail Official
jurnal@stienugresik.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Abdul Karim No.60, Karangpoh, Kemuteran, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61114
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
JEKK
ISSN : 25488015     EISSN : 28098021     DOI : https://doi.org/
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif ISSN: 2548-8015 adalah sebuah jurnal yang di terbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik, terbit 2 (dua) kali (Juni - Desember) setahun. Misi Jurnal ekonomi dan kewirausahaan adalah untuk menerbitkan, menyebarluaskan berbagai tulisan ilmiah mengenai ilmu ekonomi, ilmu manajemen dan kewirausahaan atau bisnis. Jurnal ini digunakan sebagai media komunikasi bagi pemerhati ilmu ekonomi, pemerhati ilmu manajemen, pemerhati bisnis a baik pengajar atau dosen, maupun Mahasiswa serta peneliti dan praktisi di bidang ekonomi, manajemen dan kewirausahaan atau bisnis. Jurnal ini berisi tentang artikel artikel hasil penelitian yang berkaitan dengan ekonomi, manajemen, dan kewirausahaan atau bisnis dan permasalahan yang relevan dengan ilmu ekonomi, ilmu manajemen dan kewirausahaan atau bisnis.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2021): Desember" : 6 Documents clear
Analisis Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Tingkat Penjualan Susu Kedelai UD Pak Suroto Berastagi Latifah; Zuhrinal M Nawawi
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 6 No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.822 KB)

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mengevaluasi loyalitas dan harapan konsumen terhadap tingkat penjualan susu kedelai UD Pak Suroto. Tinjauan literatur dari penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang dilakukan dalam riset penelitian berupa kuisioner atau angket guna mengetahui pengetahuan responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa jika pelanggan merasa kurang puas terhadap produk yang mereka beli maka minat beli pelanggan berkurang sehingga pelanggan juga menjadi tidak loyal, dan hal tersebut tentunya akan berdampak pada tingkat penjualan. UD Pak Suroto membuat susu kedelai tidak hanya satu macam rasa saja, melainkan beberapa rasa dengan memberikan kombinasi seperti cokelat, buah terhadap susu kedelainya demi menarik selera pelanggan agar tidak bosan dengan susu kedelai yang mereka beli, hal tersebut dilakukan oleh Pak Suroto guna menjadikan pelanggan merasa puas dan terus membeli susu kedelai. Kepuasan pelanggan adalah tingkat daripada kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan yang terpenuhi, yang menyebabkan pembelian berulang dengan loyalitas secara berkelanjutan. Maka untuk itu demi memperhatikan tingkat penjualan, penting bagi UD Pak Suroto untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan dan menjadikan pelanggan loyal akan produk mereka.
Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Dan Pemasaran Bisnis Rumahan “ Buket Novi Sari ” Syofiah Harahap
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 6 No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.403 KB)

Abstract

Home business is one type of micro and small business (MSME) which is seen from its economic scale which is still low but is able to become one of the important parts in the economy of a country with the number of home businesses currently very large and dominant. The purpose of this study was to find out and analyze the use of social media as a promotion and marketing strategy by the "Novi Sari" bouquet home business located on Jl. Surapati lk. Lll Ps. Sibuhuan. This scientific article focuses on the Promotion and Distribution strategies employed by this home business. This analysis method is an interview observation research where the author collects and records data directly to the location of this business, and conducts direct interviews with sources. The results of the analysis of the use of social media as promotion and marketing by the bouquet home business "Novi Sari" located on Jl. Surapati lk. Lll Ps. This Sibuhuan. Based on the results of observations, it can be said that there are several stages that affect the success of promotion and marketing strategies through social media, namely (1) Creating a special account (2) Utilizing all social media features (3) Daily updates (4) Product descriptions (5) Utilizing hashtags from buyers (6) Fast and friendly service (7) Make discounts or discounts (8) Give bonuses for every purchase (9) Make honest ads (10) On testimonials from customers. Keywords: social media, promotion, marketing, Usaha rumahan merupakan salah satu jenis usaha mikro kecil menengah ( UMKM ) yang yang jika dilihat dari skala ekonominya yang masih termasuk rendah tetapi mampu menjadi di satu diantara bagian penting dalam perekonomian suatu negara dengan jumlah usaha rumahan saat ini sudah sangat besar dan dominan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seputar pemanfaatan media sosial sebagai strategi promosi dan pemasaran oleh bisnis rumahan buket ”Novi Sari” yang berlokasi di Jl. Surapati lk. Ill Ps. Sibuhuan. Artikel ilmiah ini terfokus kepada strategi promosi dan Pemasaran yang dipakai oleh bisnis rumahan ini. Metode analisis ini adalah menggunakan penelitian observasi wawancara dimana penulis melakukan pengumpulan dan pencatatan data dengan tinjauan langsung ke lokasi bisnis ini, dan melakukan wawancara secara langsung dengan narasumber. Hasil dari analisis pemanfaatan media sosial sebagai strategi promosi dan pemasaran oleh bisnis rumahan buket “Novi Sari” yang berlokasi di Jl. Surapati lk. Ill Ps. Sibuhuan ini. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa ada beberapa tahapan-tahapan yang mempengaruhi berhasilnya strategi promosi dan pemasaran melalui media sosial yaitu (1) Membuat akun khusus bisnis (2) Memanfaatkan semua fitur medsos (3) Update setiap hari (4) Description product (5) Memanfaatkan hashtag dari pembeli (6)Pelayanan yang cepat dan ramah (7) Melakukan diskon atau potongan harga (8) Memberikan bonus setiap pembelian (9) Buat iklan yang jujur (10) Tunjukkan testimoni dari pelanggan. Kata kunci : media social, promosi, pemasasaran
Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Dan Pemasaran Produk Lettering In The House “Asa Letters” qorry prananda aulia qorry
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 6 No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.455 KB)

Abstract

Usaha rumahan saat ini mulai bergerak meranjak membantu perekonomian suatu negara yang saat ini sudah besar dan dominan dilakukan oleh pengusaha kecil In The House. Meskipun terbilang cukup rendah dari skala perekonomiannya namun usaha rumahan inilah juga termasuk jenis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Penulisan artikel ini pati memiliki tujuan,tujuannya yaitu untuk menganalisis dan mencari tahu secara rinci bagaimana pemanfaatan media sosial bagi strategi promosi dan pemasaran pada bisnis Lettering In The House “ASA LETTERS” yang berada di JLN. Tanjung Slamat Gg.Musholla No.26 Kec.Sunggal Kab,Deli Serdang. Metode analisis ini adalah adalah menggunakan penelitian observasi wawancara secara langsung untuk mengambil semua informasi pengumpulan data atau pencatatan data dengan tinjauan langsung ke lokasi serta penulis langsung mewawancarai pemilik usaha produk Lettering ini. Pada penulisan artikel ini,penulis lebih mendalami kepada strategi pemasaran produk serta promosi apa yanng dianut oleh bisnis rumahan ini. Kata kunci : promosi, pemasaran, strategi, media sosial.
Perancangan Usaha Kecil dan Menengah Melalui E-Marketplace Pada Generasi Z Muhammad Maulana Siregar Maulana
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 6 No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.827 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana merancang usaha kecil yang sesuai dengan peluang dengan memanfaatkan teknologi pada generasi Z. Perkembangan teknologi di saat sekarang ini telah mengalami kemajuan secara pesat. Dalam dunia bisnis perkembangan teknologi sangat membantu dalam berbagai hal. Generasi Z dituntut oleh zaman untuk dapat memanfaatkan kecanggilan teknologi dalam memulai usaha kecil. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dimana teknik pengumpulan data di dapat dari observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada berbagai peluang bagi generasi Z untuk merancang usaha melalui E-Commerce dengan melihat peluang pasar dan mengupgrade skill di bidang digitalisasi guna mendukung persaingan dengan para competitor yang ahli dibidangnya.
Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dealer Honda Daya Motor Tuban Fadhilah Eka Pravitasari; Husnul Khuluq
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 6 No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.649 KB)

Abstract

Berkembangnya industri kendaraan bermotor dan ketatnya persaingan usaha kendaraan bermotor roda dua membuat perusahaan kendaraan bermotor semakin besaing untuk meraih pelanggan. Kepuasan konsumen menjadi salah satu hal yang penting agar pelanggan mempercayai perusahaan dan dealer dalam penelitian ini yaitu Dealer Honda Daya Motor Tuban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variable kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Dealer Honda Daya Motor Tuban. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan menggunakan purposive sampling sehingga terkumpul 97 orang sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 55% kepuasan konsumen pada Dealer Honda Daya Motor Tuban dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel Kualitas Produk, Harga dan Kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya sebesar 45% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kemudian pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan yang diteliti terbukti meningkatkan kepuasan konsumen pada dealer Honda Daya Motor Tuban.
Laba Memprediksi Arus Kas Masa Depan Lebih baik Dibandingkan Arus Kas (Signalling Theory Study Before Pandemic Era) Uswatun Khasanah
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif Vol 6 No 2 (2021): Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah diantara arus kas dan laba yang memiliki kemampuan lebih baik dalam memprediksi arus kas masa depan pada dua tahun setelah periode penelitian. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016 – 2019 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dechow, Kothari, Watts (1997) menemukan bahwa Laba memiliki kemampuan lebih baik dalam memprediksi arus kas masa depan dibandingkan dengan arus kas operasi itu sendiri. Penelitian lain dilakukan oleh Dahler & Febrianto (2006) dengan menggunakan model regresi linier berganda menemukan bahwa Arus kas operasi tahun berjalan memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding laba dalam memprediksi arus kas operasi masa depan baik untuk kelompok perusahaan yang memiliki laba positif maupun laba negatif. Dengan model yang sama, penelitian ini menyimpulkan bahwa laba memiliki kemampuan lebih baik untuk memprediksi arus kas masa depan dibandingkan dengan arus kas itu sendiri. Tetapi, arus kas masih memiliki kemampuan yang signifikan untuk memprediksi arus kas masa depan. Selain itu, penelitian ini juga berhasil membuktikan bahwa laba memiliki kemampuan incremental dalam memprediksi arus kas masa depan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6