cover
Contact Name
Dwi Rohman Soleh
Contact Email
wewarah@unipma.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wewarah@unipma.ac.id
Editorial Address
Jl. Setiabudi No.85 Kota Madiun Jawa TImur, Indonesia 63118
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner
ISSN : 28281322     EISSN : 28279875     DOI : -
Core Subject : Education,
“Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner” (WJPM) is a multidisciplinary educational scientific journal published by the Postgraduate Program, Universitas PGRI Madiun. WJPM comes out three times a year, in January, May, and September. WJPM is a platform for lecturers, teachers, researchers, and other education stakeholders to share cutting-edge papers based on conceptual studies and research in the field of education, which includes: Counseling and Guidance Curriculum Education Management and Leadership Educational Problems and Policies Primary Education Multicultural Education Values and Character Education Non-formal education Vocational Education Early Childhood Education Teaching and Learning Educational Assessment and Evaluation Educational Psychology Education technology
Articles 46 Documents
Penerapan Strategi Kesopanan Berbahasa di WhatsApp Group Kelas 5 SDN Sumberbening 1 Kabupaten Ngawi Pada Masa Pandemi Covid-19 Yetik Mayasari; V. Teguh Suharto; Sigit Ricahyono
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.593 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11815

Abstract

Pada masa pandemi komunikasi dilakukan menggunakan media sosial karena pembelajaran dilakukan secara online. Meskipun melalui media sosial diharapkan kesopanan dalam berkomunikasi bisa diterapkan dengan baik. Oleh sebab itu dalam Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang Penerapan Strategi Kesopanan Berbahasa di WhatsApp Group Kelas 5 SDN Sumberbening 1 Kabupaten Ngawi pada Masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah dokumen. Peristiwa dalam penelitian ini adalah segala bentuk komunikasi di group chat WhatsApp antara murid dan guru, wali murid dan guru, murid dan murid. Dokumen penelitian ini adalah tangkapan layar WhatsApp. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase dan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kesopanan dalam pembelajaran masih dilakukan dengan baik yang berarti strategi kesopanan sesuai dengan taxonomi Scollon dan Scollon.
Pengembangan Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) Sebagai Destinasi Wisata Di Kabupaten Ngawi Windarti Windarti; Parji Parji
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.051 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11773

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) sebagai destinasi wisata di Kabupaten Ngawi. Lokasi penelitian ini berada di Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) dan sekitarnya Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan induktif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpul data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validasi yang digunakan untuk menguji kebenaran dan keabsahan data adalah triangulasi sumber. Sedangkan analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles dan Hubbermain. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Benteng Van Den Bosch merupakan salah satu jejak peninggalan Kolonialisme Belanda di Kabupaten Ngawi. Benteng Van Den Bosch dibangun pada tahun 1839-1845 dibawah pimpinan Gubernur Jenderal Van Den Bosch pada waktu menjajah daerah Ngawi. Benteng Van Den Bosch ini sering disebut dengan sebutan Benteng Pendem. Hal ini dikarenakan bangunan Benteng Van Den Bosch dikelilingi gundukan tanah yang tingginya hampir sampai menutupi bangunan. Benteng Van Den Bosch dibangun dengan tujuan untuk menguasai jalur transportasi air Bengawan Solo dan Bengawan Madiun, serta untuk menghambat serangan lanjutan dari perang Diponegoro. Setelah Indonesia merdeka Benteng Van Den Bosch ditempati dan dikelola oleh satuan Yon Armed Kostrad 12 Ngawi sampai saat ini. Dengan kebijakan pimpinan, setelah lebaran tahun 2011 diadakanlah kerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk membuka Benteng Van Den Bosch ini sebagai sarana wisata edukasi. Rencana ke depan Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) ini akan dijadikan sebagai tempat pariwisata, karena sudah masuk event Nasional dan satu-satunya yang ada di Jawa Timur.Tahap pengembangan yang lain terlihat dari berbagai event-event Pemerintah Kabupaten Ngawi ataupun dari pihak luar menggunakan Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) sebagai tempat pelaksanaannya seperti: pelantikan ratusan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ngawi, road race dari berbagai daerah seluruh Indonesia, sebagai tempat favorit untuk berbagai event pemotretan serta diharapkan Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) bisa menunjang Tahun Kunjungan Wisata 2017 kota Ngawi.
Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Penulisan Cerita Pendek Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas 5 SDN Se Gugus Suryo Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2021/2022 Lucia Siswantini; V. Teguh Suharto; Dwi Rohman Soleh
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.494 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11902

Abstract

: Kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek masih rendah, karena guru belum menerapkan pembelajaran inovativ sesuai kecerdasan emosional siswa. Rumusan penelitian ini yaitu 1) apakah ada perbedaan kemampuan menulis cerita pendek  siswa dengan model pembelajaran peta konsep dengan model pembelajaran langsung? 2) Apakah ada perbedaan kemampuan menulis cerita pendek  siswa yang kecerdasan emosionalnya tinggi dengan siswa yang kecerdasan emosionalnya rendah? 3) Apakah ada interaksi model pembelajaran dan kecerdasan emosional dalam mempengaruhi kemampuan menulis cerita pendek? Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian yaitu siswa SD di Gugus 1 Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi. Penelitian dilakukan mulai bulan Juli-Desember 2021. Sampel penelitian diambil sebanyak 4 SD dengan teknik sampling ialah multyple stage purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis varians klasifikasi ganda. Pengujian hipotesis diperoleh Fh model pembelajaran sebesar 42,08 dengan signifikansi 0,00. Fh kecerdasan emosi sebesar 118,73 dengan signifikansi 0,00. Fh interaksi model pembelajaran dan kecerdasan emosi sebesar 8,27 dengan signifikansi 0,00. Penelitian menyimpulkan bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara model Pembelajaran Peta Konsep dan Pembelajaran Langsung. 2) ada perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Kecerdasan Emosinya tinggi dan rendah. 3) ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kecerdasan emosi dalam mempengaruhi hasil belajar.
Nilai-Nilai Moral dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy Aris Wibowo; Aris Wuryantoro; Sigit Ricahyono
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.721 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11806

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai adalah mendekripsilan dan menganalisis nilai-nilai moral dalam novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy.  Hasil análisis data menunjukkan nilai moral dalam Novel Ayat-Ayat Cinta meliputi nilai kejujuran, menjadi diri sendiri, sikap bertanggung jawab, nilai kemandirian, nilai kerendahan hati, dan nilai atau sikap kritis. Nilai-nilai tersbut menunjukkan adanya pesan moral yang sangat tinggi sehingga menjadikan novel tersebut menjadi novel yang sangat dinikmati pembacanya. Selain itu, masih ada beberapa nilai moral yang ada dalam novel AAC karya Habiburrahman El Shirasy tersebut.  Nilai-nilai moral tersebut (1)) bermunajad (berdoa), (2) sikap berhati-hati, (3) ketentuan allah (takdir), (4) bertasbih, (5) bersyukur kepada allah, (6) bersikap sabar, (7) taqdir. Nilai nilai dalam novel AAC dalam bahasan ini mengacu pada baik-buruknya sebagai manusia.
Tutor Sebaya Dalam Penerapan Integrated Curriculum Bagi Siswa Kelas V SDN Banjaransari 2 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi Endah Retno Purwantini; Dwi Setiyadi; Aris Wuryantoro
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.151 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i2.12711

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan penerapan tutor sebaya dalam integrated curriculum  sebagai upaya meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Banjaransari 2, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. Pembelajaran saat ini lebih banyak menggunakan metode daring, dikarenakan jumlah positif covid19 yang tinggi. Demi keselamatan anak didik kita sebagai tulang punggung bangsa kita, maka pembelajaran daring lebih diutamakan. Namun tentunya banyak sekali kendala yang dihadapi, karena tidak semua siswa memiliki HP. Semisal mereka memiliki HP, kuota internet mereka tidak punya. Atau data seluler yang mereka miliki jumlahnya sangat terbatas, atau provider jaringan data dalam keadaan down. Hal ini tentunya merupakan polemik yang tidak bisa kita hindarkan. Ada beberapa pihak yang memaksa pembelajaran tatap muka dengan kuota terbatas, ada yang tetap berkomitmen belajar daring lebih aman bagi siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan integrated curriculum dengan tutor sebaya merupakan solusi untuk pembelajaran di era pandemi. Karena siswa dibentuk menjadi kelompok-kelompok kecil, ada siswa yang memimpin dalam pembelajaran itu sehingga tercipta belajar berdasarkan zona aman nyaman bagi lingkungan mereka. Selain kelompok kecil diperlukan tutor sebaya sebagai perwakilan guru dalam menugaskan materi kepada siswa. Bisa dipastikan siswa belajar lebih konsentrasi, karena ketika mereka mengalami kesulitan mereka tidak akan malu bertanya kepada temannya. 
Peningkatan Kompetensi Pedagogik dalam Melaksanakan Melaksanakan Blended Learning pada Guru SDN 1 Tugu Mlarak Ponorogo Sutrisni Sutrisni; Sudarmiani Sudarmiani; Nurhaji Nugraha
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.626 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi pedagogik dalam melaksanakan blended learning mupel IPS melalui supervisi edukatif kolaboratif secara periodik guru SDN 1 Tugu Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) partisipan. Subyek peneltian ini adalah guru kelas 1 sampai dengan kelas 6 di SDN 1 Tugu. Teknik pengupulan data pada peneltian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan menggunakan reduksi data, data display dan conclusion drawing. Secara individu guru dinyatakan mampu apabila memperoleh hasil monitoring 71-85 dan dinyatakan sangat mampu apabila mendapatkan hasil monitoring sebesar 86-100.  Sedangkankan ketuntasan secara klasikal kompetensi pedagogik dalam melaksanakan blended learning mupel IPS pada pra siklus dari enam guru tidak ada guru dengan kriteria tuntas (0%), pada siklus 1 ada dua guru kriteria tuntas dan empat guru belum tuntas (33%), dan pada siklus 2 semua guru tuntas (100%). Hasil monitoring dan evaluasi pembelajaran luring, daring, tatap muka terbatas dan pengamatan pedagogik pada siklus 2 sudah di atas skor/ hasil monitoring ≥80 sehingga penelitian ini cukup sampai dua siklus.
Pengembangan Media Sosialisasi Nilai Kesenian Dongkrek Berbasis Multimedia Powerpoint Dhimas Ardian Priambodo; Muhammad Hanif
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.176 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11775

Abstract

: Sosialisasi diperlukan sebagai peranan menanam atau mentransfer nilai kebiasaan dari satu generasi ke generasi lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media sosialisasi nilai kesenian Dongkrek melalui Komik Multimedia Power Point yang cocok untuk membentuk sikap berperilaku yang sesuai dengan perilaku dan kebudayaan yang dijunjung tinggi pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama Sembilan bulan dengan menggunakan metode Research and Development R&D. Uji teori menggunakan penilaian ahli dan praktisi. Media komik berbasis multimedia dengan subtantif dan fleksibilitas struktur desain model berkategori tinggi, valid, dan layak digunakan menurut para ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, dengan persentase kelayakan komponen isi 97,5% termasuk kriteria sangat layak, komponen kebahasaan 80% dengan kriteria layak dan komponen penyajian 90% dengan kriteria sangat layak. Persentase aktivitas siswa pertemuan I sebesar 82.5% dan sebesar 85.5% termasuk kriteria sangat baik. Pengujian juga menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Simpulan penelitian ini yaitu media komik berbasis multimedia dengan powerpoint layak digunakan pada pengenalan kesenian dongkrek efektif untuk digunakan pada pembelajaran siswa.
Pengaruh Penggunaan Metode Picture And Picture Dan Kemampuan Berpikir Logis, Terhadap Ketrampilan Menulis Cerita Siswa Kelas V SDN Segugus 02 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Pada Masa Pandemi 2021/2022 Dwi Rini; V. Teguh Suharto; Dwi Setiyadi
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.977 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i2.12704

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Besarnya pengaruh metode picture and picture terhadap kemampuan menulis cerita siswa kelas V SDN segugus 02 Paron pada pembelajaran dimasa pandemi covid-19 tahun 2021/2022. 2) Besarnya pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap kemampuan menulis cerita siswa kelas V SDN segugus 02 Paron pada pembelajaran dimasa pandemi covid-19 tahun 2021/2022. 3) Besarnya pengaruh interaksi antara penggunaan metode picture and picture dan kemampuan berpikir logis terhadap kemampuan menulis cerita siswa kelas V SDN segugus 02 Paron pada pembelajaran dimasa pandemi covid-19 tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SDN segugus 02 Paron Kabupaten Ngawi. Penelitian dilakukan pada bulan Juni sampai dengan September 2021. Sampel diambil sebanyak 3 SD sejumlah 13 siswa dengan teknik sampling ialah multyple stage purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis varians dua jalan. Pengujian hipotesis diperoleh Fh model pembelajaran sebesar 7,71 dengan signifikansi 0,01. Fh kemampuan berpikir logis sebesar 125,12 dengan signifikansi 0,00. Fh interaksi model pembelajaran dan kemampuan berpikir logis sebesar 5,51 dengan signifikansi 0,02. Penelitian menyimpulkan bahwa: 1)  Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Picture And Picture  terhadap keterampilan menulis cerita siswa Kelas V. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Kemampuan Berpikir Logis terhadap keterampilan menulis cerita siswa Kelas V. 3) Terdapat interaksi antara metode picture and picture dan kemampuan berpikir logis dalam mempengaruhi keterampilan menulis cerita kelas V SDN se gugus 02 Pada Masa Pandemi Covid 19 Tahun Pelajaran 2021/2022
Pengaruh Kompensasi Non Finansial terhadap Kinerja Guru SDN Tinap 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan Intania Rahma Dewanti; Muhammad Hanif
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.928 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11807

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang pemberian  kompensasi non finansial, jenis kompensasi non finansial serta pengaruhnya terhadap kinerja  Kompensasi non finansial terhadap kinerja guru di SDN Tinap 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN Tinap 2 mulai bulan Januari-Agustus 2019. Sumber data yang digunakan pada penelitian yakni data  primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengak teknik kualitatif model interaktif. Dari penelitian diperoleh hasil bhwa latar belakang diadakannya kompensasi non finansial karena adanya keinginan guru untuk mendapatkan sebuah motivasi atau dorongan untuk mendukung guru lebih giat dan semangat dalam bertugas. Sedangkan kompensasi non finansial memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru SDN Tinap 2. Kompensasi non finansial yang diberikan di SDN Tinap 2 berupa (1) pendidikan dan pelatihan (diklat), (2) Promosi, (3) lingkungan yang bersih dan nyaman, (4) Nyaman dalam bertugas, (5) Pujian.  Kompensasi non finansial juga memberikan pengaruh terhadap kinerja guru di SDN Tinap 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan.
Penerapan Metode Cooperative Script Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN 3 Karangan Badegan Ponorogo Miftahul Mujib; Muhammad Hanif
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.185 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i2.12801

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tepat tidaknya penerapan metode Cooperatif Script berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 3 Karangan Badegan Ponorogo mulai bulan April sampai Juni 2021 menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan catatan lapangan. Instrumen penilaian berupa lembar observasi aktivitas guru, siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen penilaian meliputi soal evaluasi, lembar observasi penilaian sikap siswa dan penilaian keterampilan siswa. Teknis analisis data adalah data collection, data reduction, data display, dan conslussion. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa. Hal itu berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan rata-rata ketuntasan belajar tahap pratindakan 30%, siklus I 75%, siklus II 98%. Kesimpulan, penerapan metode cooperative script berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.