cover
Contact Name
Dwi Rohman Soleh
Contact Email
wewarah@unipma.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wewarah@unipma.ac.id
Editorial Address
Jl. Setiabudi No.85 Kota Madiun Jawa TImur, Indonesia 63118
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner
ISSN : 28281322     EISSN : 28279875     DOI : -
Core Subject : Education,
“Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner” (WJPM) is a multidisciplinary educational scientific journal published by the Postgraduate Program, Universitas PGRI Madiun. WJPM comes out three times a year, in January, May, and September. WJPM is a platform for lecturers, teachers, researchers, and other education stakeholders to share cutting-edge papers based on conceptual studies and research in the field of education, which includes: Counseling and Guidance Curriculum Education Management and Leadership Educational Problems and Policies Primary Education Multicultural Education Values and Character Education Non-formal education Vocational Education Early Childhood Education Teaching and Learning Educational Assessment and Evaluation Educational Psychology Education technology
Articles 22 Documents
Pengembangan Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) Sebagai Destinasi Wisata Di Kabupaten Ngawi Windarti Windarti; Parji Parji
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.051 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11773

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) sebagai destinasi wisata di Kabupaten Ngawi. Lokasi penelitian ini berada di Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) dan sekitarnya Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan induktif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpul data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validasi yang digunakan untuk menguji kebenaran dan keabsahan data adalah triangulasi sumber. Sedangkan analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles dan Hubbermain. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Benteng Van Den Bosch merupakan salah satu jejak peninggalan Kolonialisme Belanda di Kabupaten Ngawi. Benteng Van Den Bosch dibangun pada tahun 1839-1845 dibawah pimpinan Gubernur Jenderal Van Den Bosch pada waktu menjajah daerah Ngawi. Benteng Van Den Bosch ini sering disebut dengan sebutan Benteng Pendem. Hal ini dikarenakan bangunan Benteng Van Den Bosch dikelilingi gundukan tanah yang tingginya hampir sampai menutupi bangunan. Benteng Van Den Bosch dibangun dengan tujuan untuk menguasai jalur transportasi air Bengawan Solo dan Bengawan Madiun, serta untuk menghambat serangan lanjutan dari perang Diponegoro. Setelah Indonesia merdeka Benteng Van Den Bosch ditempati dan dikelola oleh satuan Yon Armed Kostrad 12 Ngawi sampai saat ini. Dengan kebijakan pimpinan, setelah lebaran tahun 2011 diadakanlah kerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk membuka Benteng Van Den Bosch ini sebagai sarana wisata edukasi. Rencana ke depan Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) ini akan dijadikan sebagai tempat pariwisata, karena sudah masuk event Nasional dan satu-satunya yang ada di Jawa Timur.Tahap pengembangan yang lain terlihat dari berbagai event-event Pemerintah Kabupaten Ngawi ataupun dari pihak luar menggunakan Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) sebagai tempat pelaksanaannya seperti: pelantikan ratusan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ngawi, road race dari berbagai daerah seluruh Indonesia, sebagai tempat favorit untuk berbagai event pemotretan serta diharapkan Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) bisa menunjang Tahun Kunjungan Wisata 2017 kota Ngawi.
Pengembangan Media Sosialisasi Nilai Kesenian Dongkrek Berbasis Multimedia Powerpoint Dhimas Ardian Priambodo; Muhammad Hanif
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.176 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11775

Abstract

: Sosialisasi diperlukan sebagai peranan menanam atau mentransfer nilai kebiasaan dari satu generasi ke generasi lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media sosialisasi nilai kesenian Dongkrek melalui Komik Multimedia Power Point yang cocok untuk membentuk sikap berperilaku yang sesuai dengan perilaku dan kebudayaan yang dijunjung tinggi pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama Sembilan bulan dengan menggunakan metode Research and Development R&D. Uji teori menggunakan penilaian ahli dan praktisi. Media komik berbasis multimedia dengan subtantif dan fleksibilitas struktur desain model berkategori tinggi, valid, dan layak digunakan menurut para ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, dengan persentase kelayakan komponen isi 97,5% termasuk kriteria sangat layak, komponen kebahasaan 80% dengan kriteria layak dan komponen penyajian 90% dengan kriteria sangat layak. Persentase aktivitas siswa pertemuan I sebesar 82.5% dan sebesar 85.5% termasuk kriteria sangat baik. Pengujian juga menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Simpulan penelitian ini yaitu media komik berbasis multimedia dengan powerpoint layak digunakan pada pengenalan kesenian dongkrek efektif untuk digunakan pada pembelajaran siswa.
Penerapan E-Learning dalam Pembelajaran Membaca Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Margomulyo 1 Ngawi Tahun Pelajaran 2021/2022 Takiyatul Aminin; Dwi Setyadi; Sigit Ricahyono
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.673 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11777

Abstract

Penggunaan E-learning di jenjang pendidikan Sekolah Dasar merupakan teknologi pembelajaran yang masih awam dan jarang digunakan. Akan tetapi, sekarang pendidik dan siswa harus mampu melaksanakan E-learning. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan E-Learning dalam Pembelajaran membaca bahasa Indonesia kelas IV di SDN Margomulyo I Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar kelas IV SDN Margomulyo I. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif melalui wawancara terhadap guru kelas IV SDN Margomulyo I. Hasil penelitian menemukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran e-learning di SDN Margomulyo I khususnya membaca dilakukan dengan menggunakan media online yang beragam yaitu google classroom, youtube, Zoom, whatsApp, google workspace for education, google meet, google slide dan google doc. Pengembangan sistem Pembelajaran berbasis internet di SDN Margomulyo I Mengunakan Web centric course atau penggunaan internet yang memadukan antara belajar jarak jauh dan tatap muka, fungsinya saling melengkapi, dalam model ini guru memberikan petunjuk pada siswa untuk mempelajari materi melalui web yang telah dibuat oleh guru.
Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas V SDN Rejomulyo 1 Agus Mustofa; Parji Parji; Dwi Rohman Soleh
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.792 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11799

Abstract

: Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk menumbuhkan minat baca siswa di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas V SDN Rejomulyo 1. (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan kendala yang dihadapi dalam Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk menumbuhkan minat baca siswa di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas V SDN Rejomulyo 1. (3) Mendeskripsikan dan menjelaskan faktor-faktor yang mendukung Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk menumbuhkan minat baca siswa di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas V SDN Rejomulyo 1. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Rejomulyo 1 menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Analisis Struktur Alur dalam Cerpen di Atas Sajadah Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy Abdul Goffar; Aris Wuryantoro; Sigit Ricahyono
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.744 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11805

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mendeskripsikan struktur alur yang terdapat dalam cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan pengimplementasian pembelajaran struktur alur terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP/MTs Kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, bentuk penelitian ini adalah kualitatif, dan menggunakan pendekatan struktural. Data berupa kalimat yang berhubungan dengan masalah yang diteliti yaitu unsur-unsur alur. Sumber data secara tidak langsung adalah penulis cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Teknik yang digunakan adalah teknik studi dokumenter. Analisis yang dilakukan peneliti adalah mengenai: pertama, pengenalan situasi cerita (situation). Kedua, pengungkapan peristiwa (generating circumtances). Ketiga, menuju pada adanya konflik (rising action). Keempat, puncak konflik (climax). Kelima, penyelesaian (denouement). Penelitian ini dapat diterapkan sebagai materi ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah tingkat SMP/MTs kelas IX semester satu.
Nilai-Nilai Moral dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy Aris Wibowo; Aris Wuryantoro; Sigit Ricahyono
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.721 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11806

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai adalah mendekripsilan dan menganalisis nilai-nilai moral dalam novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy.  Hasil análisis data menunjukkan nilai moral dalam Novel Ayat-Ayat Cinta meliputi nilai kejujuran, menjadi diri sendiri, sikap bertanggung jawab, nilai kemandirian, nilai kerendahan hati, dan nilai atau sikap kritis. Nilai-nilai tersbut menunjukkan adanya pesan moral yang sangat tinggi sehingga menjadikan novel tersebut menjadi novel yang sangat dinikmati pembacanya. Selain itu, masih ada beberapa nilai moral yang ada dalam novel AAC karya Habiburrahman El Shirasy tersebut.  Nilai-nilai moral tersebut (1)) bermunajad (berdoa), (2) sikap berhati-hati, (3) ketentuan allah (takdir), (4) bertasbih, (5) bersyukur kepada allah, (6) bersikap sabar, (7) taqdir. Nilai nilai dalam novel AAC dalam bahasan ini mengacu pada baik-buruknya sebagai manusia.
Pengaruh Kompensasi Non Finansial terhadap Kinerja Guru SDN Tinap 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan Intania Rahma Dewanti; Muhammad Hanif
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.928 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11807

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang pemberian  kompensasi non finansial, jenis kompensasi non finansial serta pengaruhnya terhadap kinerja  Kompensasi non finansial terhadap kinerja guru di SDN Tinap 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN Tinap 2 mulai bulan Januari-Agustus 2019. Sumber data yang digunakan pada penelitian yakni data  primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengak teknik kualitatif model interaktif. Dari penelitian diperoleh hasil bhwa latar belakang diadakannya kompensasi non finansial karena adanya keinginan guru untuk mendapatkan sebuah motivasi atau dorongan untuk mendukung guru lebih giat dan semangat dalam bertugas. Sedangkan kompensasi non finansial memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru SDN Tinap 2. Kompensasi non finansial yang diberikan di SDN Tinap 2 berupa (1) pendidikan dan pelatihan (diklat), (2) Promosi, (3) lingkungan yang bersih dan nyaman, (4) Nyaman dalam bertugas, (5) Pujian.  Kompensasi non finansial juga memberikan pengaruh terhadap kinerja guru di SDN Tinap 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan.
Studi Komparatif Penerapan Model Pembelajaran Daring Media Whatsapp Group dengan Media Blogspot terhadap Hasil Belajar IPS Ahmad Amarudin; Muhammad Hanif; Sudarmiani Sudarmiani
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.847 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11812

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran daring menggunakan media whatsapp dan blogspot terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Somoroto. Metode penelitian yang digunakan adalah true-eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan posttest only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Somoroto yang berjumlah 54 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji beda atau uji-t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan hasil hitung statistik deskriptif menunjukkan di kelas PJJ menggunakan media whatsapp memperoleh nilai rata-rata sebesar 78 dan nilai standart deviasi sebesar 8,104 artinya rentangan sebasaran rata-rata nilai di kelas ini adalah antara 1-8 poin. Hasil hitung statistik deskriptif menunjukkan di kelas PJJ menggunakan media blogspot memperoleh nilai rata-rata sebesar 72 dan nilai standart deviasi sebesar 10,483 artinya rentangan sebasaran rata-rata nilai di kelas ini sangat besar yaitu antara 1-10 poin. Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran daring menggunakan media whatsapp dan blogspot terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Somoroto. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung dengan ttabel adalah 3,658 > 2,056.
Penerapan Model Discovery Learning berbantuan Video dalam Pembelajaran IPS guna meningkatkan HOTS Siswa Kelas VIIA SMPN 3 Sambit Mulin Mulin; Sudarmiani Sudarmiani; Muhammad Rifai
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.377 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11814

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan HOTS siswa melalui penerapan model Discovery Learning berbantuan Video. Subyek penelitain adalah siswa kelas VIIA SMPN 3 Sambit, berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat fase: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan HOTS secara signifikan. Tingkat pencapaian pada pra-siklus adalah 52,85%, pada siklus I meningkat menjadi 63,31%, dan pada siklus II menjadi 79,46%. Penelitian ini membuktikan bahwa model discovery learning berbantuan Video merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan HOTS siswa.
Penerapan Strategi Kesopanan Berbahasa di WhatsApp Group Kelas 5 SDN Sumberbening 1 Kabupaten Ngawi Pada Masa Pandemi Covid-19 Yetik Mayasari; V. Teguh Suharto; Sigit Ricahyono
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.593 KB) | DOI: 10.25273/wjpm.v1i1.11815

Abstract

Pada masa pandemi komunikasi dilakukan menggunakan media sosial karena pembelajaran dilakukan secara online. Meskipun melalui media sosial diharapkan kesopanan dalam berkomunikasi bisa diterapkan dengan baik. Oleh sebab itu dalam Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang Penerapan Strategi Kesopanan Berbahasa di WhatsApp Group Kelas 5 SDN Sumberbening 1 Kabupaten Ngawi pada Masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah dokumen. Peristiwa dalam penelitian ini adalah segala bentuk komunikasi di group chat WhatsApp antara murid dan guru, wali murid dan guru, murid dan murid. Dokumen penelitian ini adalah tangkapan layar WhatsApp. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase dan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kesopanan dalam pembelajaran masih dilakukan dengan baik yang berarti strategi kesopanan sesuai dengan taxonomi Scollon dan Scollon.

Page 1 of 3 | Total Record : 22


Filter by Year

2022 2022