cover
Contact Name
Muhammad Amin
Contact Email
aminunimed@unimed.ac.id
Phone
+6285290366919
Journal Mail Official
jevte2021@gmail.com
Editorial Address
Gedung Labolatorium Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Meda Jalan Willem Iskandar, Pasar V - Medan 20221
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal of Electrical Vocational Teacher Education
ISSN : 27977846     EISSN : 27973360     DOI : https://doi.org/10.24114/jevte
Core Subject : Engineering,
JEVTE - Journal of Electrical Vocational Teacher Education merupakan jurnal dengan ISSN-ongoing (online), pertama kali diterbitkan secara online pada Mei 2021 oleh Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Univeritas Negeri Medan (Unimed) dan sejak itu secara teratur diterbitkan dua kali setiap tahun pada bulan Mei dan November. Fokus JEVTE adalah memberikan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan vokasi umumnya dan vokasi kelistrikan khususnya, tinjauan literatur dan teknologi teknik serta informasi yang berkaitan dengan bidang pendidikan vokasi kelistrikan. Lingkup JEVTE meliputi namun tidak terbatas pada hal-hal sebagai berikut: 1. Pengembangan media dan model pembelajaran, khususnya pada pendidikan vokasi 2. Evaluasi dan penilaian pendidikan vokasi 3. Pendidikan kejuruan 4. Pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan 5. Teknik elektro (sistem daya listrik, sistem telekomunikasi, elektronik, sistem kontrol, sistem komputer, medan elektromagnetik, dan robotika)
Articles 45 Documents
PENGEMBANGAN TRAINER MIKROKONTROLER BERBASIS ARDUINO NANO PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN, MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER KELAS XI Kardo Simanjuntak; Panahatan Sitorus
JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education Vol 1, No 2 (2021): November 2021
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.394 KB) | DOI: 10.24114/jevte.v1i2.29251

Abstract

Abstract This study aims to determine how the process of developing a Microcontroller Trainer as a learning medium and producing a Microcontroller trainer that has been developed is feasible as a learning medium. This research uses research and development methods. The steps for developing the Arduino Nano trainer include: (1) Potential and Problems; (2) Data Collection; (3) Product Design; (4) Design Validation; (5) Design Revision; (6) Product Trial; (7) Product Revision; (8) Trial of Use; (9) Product Revision; (10) Determination of Trainer Eligibility. The object of this research is the Arduino Nano Microcontroller Trainer. The data collection method in this study used a trainer requirements test validation questionnaire and a trainer validation test. The trainer requirement test was conducted on the Expert Practitioners and the trainer validation test was conducted on the Media Expert. Technical analysis of the data used in this study is descriptive qualitative, quantitative and descriptive statistics. The result of this research is the Arduino Nano Microcontroller Trainer which consists of IR sensor input devices, light sensors and output devices such as LEDs, LCD Matrix, Dot Matrix, Seven Segment Displays, Relays, DC Motors and Buzzers. The results of the trainer requirements test by Expert Practitioners are 92.5% (very feasible) and the results of the trainer validation test by Media Experts are 91.25% (very feasible). Based on the total scores of the trainer requirements test results and the results of the media validation test, it was concluded that the Arduino Nano-Based Microcontroller Trainer was very suitable to be used as a learning medium for class XI TAV at SMK N.1 Lubuk Pakam. Keywords: Learning Media Trainer, Arduino Nano, AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan Trainer Mikrokontroler sebagai media pembelajaran dan Menghasilkan trainer Mikrokontroler yang telah dikembangkan layak sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development). Langkah-langkah pengembangan trainer Arduino Nano ini meliputi : (1) Potensi Dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian; (9) Revisi Produk; (10) Penetapan Kelayakan Trainer. Objek pada penelitian ini adalah Trainer Mikrokontroler Arduino Nano. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi uji persyaratan trainer dan uji validasi Trainer. Uji persyaratan trainer dilakukan terhadap Ahli Praktisi dan uji validasi trainer dilakukan terhadap Ahli Media. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian in adalah Trainer Mikrokontroler Arduino Nano yang terdiri dari piranti input sensor IR, Sensor cahaya dan piranti output seperti LED, LCD Matriks, Dot Matriks, Peragah Seven Segmen, Relay, Motor DC dan Buzzer. Hasil uji persyaratan trainer oleh Ahli Praktisi sebesar 92,5% (sangat layak) dan hasil uji validasi trainer oleh Ahli Media sebesar 91,25% (sangat layak). Berdasarkan jumlah skor hasil uji persyaratan trainer dan hasil uji validasi media disimpulkan bahwa Trainer Mikrokontroler Berbasis Arduino Nano sangat layak digunakansebagai media pembelajaran untuk kelas XI TAV di SMK N.1 Lubuk Pakam. Kata Kunci : Media Pembelajaran Trainer, Arduino Nano
PENGARUH MODEL BELAJAR PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK SISWA XI DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TA.2019/2020 Arif Sahron; Baharuddin .
JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education Vol 1, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.854 KB) | DOI: 10.24114/jevte.v1i1.25043

Abstract

Abstract This study aims to determine the effect of the project based learning (PJBL) learning model on the learning outcomes of electric power installation in class XI TITL at SMK. This study used a quasi-experimental method with a Posttest Only Control Group Design model. The number of research subjects was 62 students, consisting of 32 students of class XI TITL 1 as the experimental class and 32 students of class XI TITL 2 as the control class. The data collection technique used was a multiple choice written test which had been tested for validity, reliability, difficulty level, and differentiation power. The results showed that the learning outcomes of the project based learning model showed that the students' average score in the experimental class was 77.33 while the control class was 71.16. From the results of the calculation of the hypothesis test, it is obtained tcount 3.261 and ttable is 1.670, then tcount> ttable or 3.261> 1.670, so it can be concluded that the alternative hypothesis (Ha) in this study is accepted while rejecting the null hypothesis (Ho) in other words the learning outcomes of class XI students. Electrical Power Installation Techniques on the competence of understanding the installation and measurement of earth systems with a project based learning (PPA) learning model are higher than student learning outcomes using conventional learning models..Key Words: Project based learning model, learning outcomes AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap hasil belajar instalasi tenaga listrik kelas XI TITL di SMK. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan model Posttes Only Control Group Design. Jumlah subjek penelitian 62 orang peserta didik, yang terdiri dari 32 peserta didik kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas XI TITL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang telah terlebih dahulu diuji Validitas,reliabilitas,tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar model belajar project based learning diperoleh nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen yaitu 77,33 sedangkan kelas kontrol 71,16. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 3,261 dan ttabel adalah 1,670, maka thitung  > ttabel atau 3,261 > 1,670, sehingga dapat disimpulkan  bahwa hipotesis alternative (Ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus menolak hipotesis nihil (Ho) dengan kata lain hasil belajar siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik pada kompetensi memahami instalasi dan pengukuran sistem pembumian dengan model belajar project based learning (PJBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model belajar konvensional. Kata Kunci: Model belajar project based learning, hasil belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK Fahmi Rifaldi; Panahatan .
JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education Vol 1, No 2 (2021): November 2021
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.961 KB) | DOI: 10.24114/jevte.v1i2.29384

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan software adobe flash cs6 pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik; (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development). Langkah-langkah pengembangan media pembelajaran interaktif ini meliputi : (1) Analisis (Analysis); (2) Perencanaan (Design); (3) Pengembangan (Development); dan (4) Validasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Validasi media melibatkan 4 orang ahli media dan 2 orang sebagai pengguna (uji coba awal). Hasil uji awal coba oleh  pengguna berdasarkan pada indikator Panduan, indikator Materi Multimedia, indikator Evaluasi, indikator Desain dan Fasilitas Media memperoleh skor rata-rata 4,75 (Sangat Layak). Hasil validasi ahli media berdasarkan panduan informasi, kinerja program,  dan sistematika memperoleh skor rata-rata 4,69 (Sangat Layak). Berdasarkan seluruh hasil yang penelitian yang disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMK Negeri 13 Medan. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash CS6 AbstractEnglish translation. English translation. This aims research to: (1) develop interactive learning media using adobe flash cs6 software on electrical lighting installation subjects; (2) to find out the feasibility of interactive learning media in the subjects of electrical lighting installations. This research uses research and development methods. The steps of developing this interactive learning medium include: (1) Analysis; (2) Planning (Design); (3) Development; and (4) Validation. The data collection method in this study uses questionnaires that contain questions. Media validation involves 4 media experts and 2 people as users (initial trial). The results of the initial trial by users based on the Guide indicator, Multimedia Materials indicator, Evaluation indicator, Design indicator and Media Facility obtained an average score of 4.75 (Very Feasible). Media expert validation results based on information guidance, program performance, and systematics earned an average score of 4.69 (Very Decent). Based on all the results of the research concluded that interactive learning media is very suitable to be used as a learning medium in the subjects of electric lighting installation in SMK Negeri 13 Medan.  Keywords: Interactive Learning Media, Adobe Flash CS6
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKASISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) DI SMKS IMELDA MEDAN Ita Maruli Simanjuntak; Arif Rahman
JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education Vol 1, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.025 KB) | DOI: 10.24114/jevte.v1i1.25048

Abstract

Abstract This study aims to find out the results of basic electrical and electronic learning taught using think pair share learning model and expository learning strategy in students of grade X SMKS  Imelda Medan. The method of selecting research samples  uses  random sampling. The process of collecting data using the test method, namely the collection of final test data (posttest) after treatment. The number of samples per class as many as  60  people. The results of the data analysis with an acceptance rate of 5% significance showed that the learning outcomes of students who were taught using the think pair share learning model were higher than the learning outcomes of students taught using the expository learning model, where thitung > ttabel, which is 4,050 > 1,677. From the calculation obtained so that the conclusion that the basic learning results of Electricity and Electronics students are taught using the learning model Think Pair Share higher than students who are taught by using the model of expository learning class X Electrical Installation Techniques Private Vocational School Imelda Medan.  Keywords: Think Pair Share (TPS) Learning Model, Learning outcomes Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dan strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X SMKS Imelda Medan. Metode pemilihan sampel penelitian menggunakan random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data tes akhir (posttest) setelah diberikan perlakuan (treatment). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 60 orang. Hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran think pair share lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model pembelajaran ekspositori, dimana thitung > ttabel, yaitu 4,050 > 1,677. Dari perhitungan diperoleh sehingga diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Imelda Medan. Kata kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil belajar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA (DLDE) KELAS X TITL SMK NEGERI 5 MEDAN Leo Saputra Sitanggang; Salman Bintang
JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education Vol 1, No 2 (2021): November 2021
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.136 KB) | DOI: 10.24114/jevte.v1i2.29252

Abstract

Abstract This study aims to determine: (1) student learning outcomes for DLDE subjects using the Flipped Classroom learning model (2) student learning outcomes for DLDE subjects using the Expository learning model (3) DLDE learning outcomes for students taught with the Flipped learning model. Classroom is higher than students who are taught using the expository learning model. The population in this study were 108 people. From the data obtained after the research, it was found that (1) student learning outcomes were much higher in the experimental class (classes taught using the Flipped Classroom learning model) which had an average of 85.93. (2) student learning outcomes in the control class (classes taught using the expository learning model) have an average of 73.55. (3) student learning outcomes are better (higher) using the Flipped Classroom learning model compared to the expository learning model. Keywords: Flipped Classroom, Expository, DLDE Learning Outcomes AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran DLDE dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom (2) hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran DLDE dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori (3) hasil belajar DLDE siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Flipped Classroom lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah 108 orang. Dari data yang diperoleh setelah dilakukan penelitian, diperoleh bahwa (1) hasil belajar siswa jauh lebih tinggi dikelas ekperimen (kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom)  yang memiliki rata-rata 85.93. (2) hasil belajar siswa dikelas kontrol (kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori) memiliki rata-rata 73.55. (3) hasil belajar siswa lebih baik (lebih tinggi) menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori. Kata Kunci: Flipped Classroom, Ekspositori, Hasil Belajar DLDE
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL BERBASIS ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN GARDU INDUK TENAGA LISTRIK KELAS XI DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM Fauzi H Sitorus Pane; Muhammad Amin
JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education Vol 1, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.489 KB) | DOI: 10.24114/jevte.v1i1.25044

Abstract

Abstract This study aims to: (1) Know how to develop Electric Power Substation Learning Media class XI majoring in Electrical Power Grid Engineering at SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, (2) Knowing the feasibility level of Electric Power Substation Learning Media class XI majoring in Electrical Power Network Engineering at SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.Abstract must reflect the overall substance of the article content and be able to help readers determine its relevance to their interests and decide whether to read the document in its entirety. This research is included in Research and Development (R&D). This media manufacturing procedure includes (1) Analysis of the product to be developed, (2) Developing the initial product, (3) Expert validation and revision, (4) Small-scale field test and product revision, (5) Large-scale field test and final produc. The development of this product uses Video Scribe software. Product data in the form of qualitative data obtained from the advice and input of media experts, material experts, teachers and students, as well as quantitative data derived from the assessment of media experts, material experts, teachers and students. The results of this study are: (1) making video media tutorial electric power substation steps include, making product design developed, collecting supporting materials for electric power substation materials, finishing, media assessment by media and material experts, revisions, small-scale trials and large-scale trials. (2) The feasibility result of video tutorial media based on animation using Video Scribe software as follows: media expert assessment obtained a score of 4.86 with a very decent category, material expert assessment gets a score of 4.46 with a very decent category, small-scale test assessment gets a score of 4.34  Key Words: Development of learning media, electric power substation. AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk : (1)  Mengetahui cara pengembangan Media Pembelajaran Gardu Induk Tenaga Listrik kelas XI jurusan Teknik Jaringan Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, (2) Mengetahui tingkat kelayakan Media Pembelajaran Gardu Induk Tenaga Listrik kelas XI jurusan Teknik Jaringan Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D)). Prosedur pembuatan media ini meliputi (1) Analisis produk yang akan dikembangkan, (2) Mengembangkan produk awal, (3) Validasi ahli dan revisi, (4) Uji lapangan skala kecil dan revisi produk, (5) Uji lapangan skala besar dan produk akhir. Pengembangan produk ini menggunakan software Video Scribe. Data produk berupa data kualitatif yang didapat dari saran dan masukan ahli media, ahli materi, guru dan siswa,serta berupa data kuantitatif yang berasal dari penilaian ahli media, ahli materi,guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalah : (1) pembuatan media video tutorial gardu induk tenaga listrik  langkah-langkahnya meliputi, membuat desain produk yang dikembangkan, mengumpulkan bahan-bahan pendukung untuk materi gardu induk tenaga listrik, finishing, penilaian media oleh ahli media dan materi, revisi, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. (2) Hasil kelayakan media video tutorial berbasis animasi dengan menggunakan software Video Scribe sebagai berikut : penilaian ahli media diperoleh nilai 4,86 dengan kategori sangat layak, penilaian ahli materi mendapatkan nilai sebesar 4,46 dengan kategori sangat layak, penilaian uji skala kecil mendapatkan nilai sebesar 4,34 dengan kategori sangat layak, penilaian uji skala besar mendapatkan nilai sebesar 4,17 dengan kategori sangat layak. Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, gardu induk tenaga listrik.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) Geneses Tarmizi Manalu; Uli Basa Sidabutar
JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education Vol 1, No 2 (2021): November 2021
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.386 KB) | DOI: 10.24114/jevte.v1i2.29385

Abstract

AbstrakPenelitian ini secara umum merupakan penelitian yang  bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran. Multimedia pembelajaran termasuk hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, multimedia pembelajaran yang baik sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Peneliti mencoba mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam bentuk CD interaktif, menggunakan beberapa software yang terdiri dari Lectora Inspire, Adobe Photoshop CS5, Bandycam, dan EKTS. Bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran dan juga memudahkan pendidik dalam menyampaikan pelajaran. Multimedia pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model desain Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono.Sasaran penelitian ini adalah Dosen Ahli Universitas Negeri Medan. Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh validator media dan validator materi menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dihasilkan baik pada validasi materi dengan skor rata-rata 4,6 dan untuk validasi media dengan skor rata-rata 4,3. Maka diperoleh kesimpulan media yang dikembangkan layak untuk digunakan. Kata Kunci : Pengembangan  Media Interaktif, Software Lectora, Instalasi Penerangan Listrik  Abstract This research is generally a study that aims to develop multimedia learning. Multimedia learning is very important in the learning process, good learning multimedia is very effectively used in the teaching and learning process. Researchers are trying to develop interactive learning multimedia that can be used in the form of interactive CDs, using several software consisting of Lectora Inspire, Adobe Photoshop CS5, Bandycam, and EKTS. It aims to facilitate learners in understanding the lessons and also facilitate educators in delivering lessons. Multimedia learning in this study uses borg and gall design model adapted by Sugiyono.The target of this research is Expert Lecturer of Medan State University. Testing of interactive multimedia by media validators and material validators showed that multimedia learning was generated both on material validation with an average score of 4.6 and for media validation with an average score of 4.3. Then the conclusion of the developed media is worth using.  Keywords: Interactive Media Development, Lectora Software, Electrical Lighting Installation
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK SWASTA IMELDA MEDAN Tommi Daniel Hutajulu; Sriadhi .
JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education Vol 1, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.532 KB) | DOI: 10.24114/jevte.v1i1.25049

Abstract

Abstract This development research generally aims to (1) develop interactive multimedia-based learning media for Private Vocational School Imelda Medan, (2) to know the assessment of media experts and material experts on learning media, and (3) to know the feasibility of learning media based on the assessment of media experts and material experts. The method used in this research is Research and Development. This research was conducted at Imelda Private Vocational School Medan. Research and Development Results: (1) This development research process is carried out with several stages adapted from the borg and gall version development research model simplified into 4D. There are stages such as: Define, Design, Development, and Disseminate. Define stage includes definition, design stage includes storyboarding, development stage includes development of interactive multimedia-based learning media, validation of media experts and material experts, as well as revision of learning media from media experts and material experts and disseminate stage covering the trial stage. The target of this research is the Expert Lecturer of Medan State University. Testing of interactive multimedia by material validators showed that multimedia learning resulted both in material validation with an average score of 4.52 and for media validation with an average score of 4.59. Then obtained the conclusion that developed media is worth to use. Keywords : Interactive Media, Interactive Multimedia Abstrak Penelitian pengembangan ini secara umum bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk SMK Swasta Imelda Medan, (2) mengetahui penilaian ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran, dan (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi . Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development ) . Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Imelda Medan. Hasil Penelitian  dan Pengembangan : (1) Proses Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi borg and gall yang disederhanakan menjadi 4D. Adapaun tahapan tersebut yaitu : Define, Design, Development, dan Disseminate. Tahap define meliputi pendefenisian , tahap design meliputi pembuatan storyboard, tahap development meliputi pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ,validasi ahli media dan ahli materi, serta revisi media pembelajaran dari ahli media dan ahli materi dan tahap disseminate meliputi tahap uji coba. Sasaran penelitian ini adalah Dosen Ahli Universitas Negeri Medan. Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh validator materi menunjukan bahwa multimedia pembelajaran  yang dihasilkan baik pada validasi materi dengan skor rata-rata 4.52 dan untuk validasi media dengan skor rata-rata 4.59. Maka diperoleh kesimpulan media yang dikembangkan layak untuk digunakan. Kata kunci : Media Interaktif, Multimedia Interaktif
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PRODUK TERHADAP PENINGKATAN MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA Mega Silfia Dewy; Muhammad Isnaini
JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education Vol 1, No 2 (2021): November 2021
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.746 KB) | DOI: 10.24114/jevte.v1i2.29253

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendesktripsikan dan mengevaluasi efektivitas dari penerapan model pembelejaran bebasis produk untuk meningkatkan minat wirausaha mahasiswa. Dalam penerapan pembelajaran berbasis produk, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan keaktifannya, sehingga proses pembelajaran yang diikuti menjadi lebih bermakna. Melalui pembelajaran berbasis produk ini mahasiswa difasilitasi untuk mengembangkan minat wirausahanya dengan merencankan peluang-peluang usaha yang bisa dikembangkan dari produk yang dihasilkan dalam pembelajaran. Tujuan akhir pembelajaran dengan menerapakan model pembelajaran berbasis produk adalah menghasilkan mahasiswa yang aktif serta kreatif dalam proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan sebuah produk yang memiliki nilai jual sehingga bisa menciptakan peluang usaha. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi langsung, dokumentasi dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran berbasis produk efektif dalam meningkatkan minat wirausaha mahasiswa dengan terus menciptakan peluang berwirausaha melalui pembelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Berbasis Produk, Minat Wirausaha AbstractThis study aims to describe and evaluate the effectiveness of the application of product-based learning models to increase student entrepreneurial interest. In the application of product-based learning, students are expected to increase their activeness, so that the learning process that is followed becomes more meaningful. Through product-based learning, students are facilitated to develop their entrepreneurial interests by planning business opportunities that can be developed from the products produced in learning. The ultimate goal of learning by applying a product-based learning model is to produce students who are active and creative in the learning process so that they can produce a product that has a selling value so that it can create business opportunities. This study uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques used are through interviews, direct observation, documentation and questionnaires. The results showed that the application of product-based learning models was effective in increasing student entrepreneurial interest by continuing to create entrepreneurial opportunities through learning.  Keywords: Learning Model, Product Based Learning Model, Entrepreneurial Interest
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE BERBASIS E-MODUL PADA PEMBELAJARAN INTALASI PENERANGAN LISTRIK UNTUK KELAS XI TITL SMK SWASTA IMELDA MEDAN Feber Dhika Purba; Hamonangan Tambunan
JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education Vol 1, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.703 KB) | DOI: 10.24114/jevte.v1i1.25045

Abstract

Abstract This study aims to know the feasibility of media, as well as to know the response to the development of e-learning media using moodle-based e-modules on the learning of electrical lighting installations at SMKS Imelda Medan. This e-learning development uses addie development model adapted from Mollenda and Reiser (2003). namely: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. E-learning feasibility assessment is conducted by material experts, media experts, and teachers as respondents. Data collection techniques used are questionnaire techniques to obtain quantitative data as primary data and qualitative data in the form of suggestions or comments as data for e-learning improvements. Quantitative data obtained is then converted into qualitative data using ideal assessment criteria. The results showed that: e-learning has "feasible" criteria from material experts with an average assessment of 4.00, from e-learning media experts have "feasible" criteria with an average rating of 4.13; e-learning trial results to respondents showed that e-learning has a "high acceptance" criteria with an average rating of 4.05. Based on the results of the development research obtained, it can be concluded that the development of e-learning using moodle-based e-modules in SMKS Imelda Medan is feasible to be developed. Key Words: E-Learning Moodle, learning media, E-module AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media, serta mengetahui respon terhadap pengembangan media e-learning menggunakan moodle berbasis e-modul pada pembelajaran instalasi penerangan listrik di SMKS Imelda Medan. Pengembangan e-learning ini menggunakan model pengembangan ADDIE diadaptasi dari Mollenda dan Reiser (2003). yakni: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Penilaian kelayakan e-learning dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket untuk memperoleh data kuantitatif sebagai data primer dan data kualitatif berupa saran atau komentar sebagai data untuk perbaikan e-learning. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dikonversi menjadi data kualitatif menggunakan kriteria penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: e-learning memiliki kriteria “layak” dari ahli materi dengan rerata penilaian 4.00, dari ahli media e-learning memiliki kriteria “layak” dengan rerata penilaian 4.13; hasil uji coba e-learning kepada responden menunjukkan bahwa e-learning memiliki kriteria “akseptansi tinggi” dengan rerata penilaian 4.05. Berdasarkan hasil dari penelitian pengembangan yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-learning menggunakan moodle berbasis e-modul di SMKS Imelda Medan layak untuk dikembangkan. Kata Kunci: E-Learning Moodle, Media Pembelajaran, E-Modul