cover
Contact Name
Tety Nur Cholifah
Contact Email
tetynurcholifah@gmail.com
Phone
+6285735620790
Journal Mail Official
jurnalprimed@uniramalang.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Mojosari No.2, Dawuhan, Jatirejoyoso, Kec. Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65163
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
ISSN : 27761703     EISSN : 27764796     DOI : https://doi.org/10.33379/primed.v2i1
Core Subject : Education, Social,
Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. Jurnal PRIMED diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan Agustus
Articles 23 Documents
PENGEMBANGAN PRISMA KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR Indri Indah Safitri; Wuli Oktiningrum
Primary Education Journals Vol 1 No 1 (2021): April 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (959.364 KB) | DOI: 10.33379/primed.v1i1.690

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran prisma kata bergambar yang valid digunakan dalam pembelajaran materi Bahasa Indonesia, serta untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui implementasi media pembelajaran prisma kata bergambar. Agar pembelajaran semakin efektif dan efisien serta mampu meningkatkan antusias dalam proses belajar mengajar, dan tidak membuat siswa bosan saat proses pembelajaran dengan adanya media pembelajaran ini dapat mendukung pembelajaran. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian jenis RnD (Research and Development). Produk yang dikembangkan adalah benda hidup dan tak hidup di sekitarku. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg & Gall yang memiliki 10 tahapan akan tetapi diseminasi tidak dilakukan karena keterbatasan biaya dan waktu. Kemampuan membaca diukur dengan hasil pretest dan posttest sedangkan respon siswa diukur melalui data hasil wawancara kepada siswa kelas I di SD Negeri 1 Randugading. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran PRISKABAR valid diperoleh persentase 95%. Respon siswa juga meningkat, hal ini dilihat dari hasil wawancara terhadap siswa terkait penggunaan media PRISKABAR. Serta untuk hasil pretest dan posttest diperoleh persentase 84% yang menunjukkan kemampuan membaca siswa meningkat dengan materi benda hidup dan tak hidup. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi pihak sekolah maupun guru untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran sebagai media pendukung proses belajar mengajar.
PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR BUDAYA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Sifa’ul Khoir; Tety Nur Cholifah
Primary Education Journals Vol 1 No 1 (2021): April 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.069 KB) | DOI: 10.33379/primed.v1i1.691

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) menjelaskan proses pengembangan media miniatur budaya pada pembelajaran tematik subtema keberagaman budaya bangsaku untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV, (2) menjelaskan kemenarikan media miniatur budaya dilihat dari fungsinya sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD, (3) menjelaskan keefektifan penggunaan media miniatur budaya digunakan sebagai media meningkatkan hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku siswa kelas IV SD. Pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) mengikuti prosedur dari Borg and Gall untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model penelitian dan pengembangan ini terdapat sepuluh langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangannya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses pengembangan media miniatur budaya pada pembelajaran tematik subtema keberagaman budaya bangsaku untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV ini dilakukan mengikuti teori Borg and Gall, (2) media miniatur budaya terbukti memiliki ketertarikan yang sangat baik bagi siswa (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media miniatur budaya pada proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS NILAI KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 7 SUBTEMA 3 Khoirotul Ifa; Adzimatnur Muslihasari
Primary Education Journals Vol 1 No 1 (2021): April 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (863.785 KB) | DOI: 10.33379/primed.v1i1.692

Abstract

Permasalahan penelitian ini beranjak dari data penelitian yang menunjukkan materi pembelajaran tematik masih sangat terbatas. Bahan ajar berupa modul belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran karena masih menggunakan buku paket tematik siswa serta materi pembelajaran dan konten bacaan dalam buku paket terkesan monoton. Dalam penelitian ini, mengembangkan bahan ajar berupa modul tematik berbasis nilai- nilai karakter yang layak dan valid untuk digunakan sebagai bahan ajar dan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: (1)analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation; (5) Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok terbatas dari siswa kelas IV SDN Pronojiwo 04 yang berjumlah 10 siswa. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan angket atau kuesioner dan pengukuran hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian Pengembangan Modul Tematik Berbasis Nilai- Nilai Karakter menunjukkan layak digunakan sebagai bahan ajar. Hal ini didasarkan pada skor penilaian yang diperoleh melalui skor penilaian dari ahli materi memperoleh persentase 81% dengan kriteria sangat layak, skor penilaian dari wali kelas IV memperoleh persentase 83% dengan kriteria sangat layak dan hasil dari respon siswa terhadap bahan ajar modul berbasis nilai- nilai karakter 91% dengan kriteria sangat layak. Hal ini dapat dikatakan bahwa media sangat layak dan valid digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan persentase peningkatan hasil belajar mencapai 80%.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ROPI (RODA PINTAR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SD Anna Triyana Larasati; Suryaman Suryaman
Primary Education Journals Vol 1 No 1 (2021): April 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (961.792 KB) | DOI: 10.33379/primed.v1i1.693

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang prestasi belajar siswa pada kelas II materi merawat hewan dan tumbuhan melalui media pembelajaran ROPI (Roda Pintar). Tujuan penelitian ini mengembangkan produk media pembelajaran ROPI (Roda Pintar) serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran ROPI terhadap prestasi belajar siswa kelas II. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri II Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang menggunakan siswa sebanyak 36 siswa kelas II SD Tahun ajaran 2019-2020. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes, unjuk kerja, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan (1) media dan materi pembelajaran ROPI (Roda Pintar) dinyatakan dapat digunakan dan dijicobakan di lapangan tanpa revisi setelah melewati tahap validasi media, (2) untuk mengukur prestasi belajar kognitif dibuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, (3) untuk mengukur prestasi belajar aspek psikomotor ditunjukkan dengan nilai keterampilan.
ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SD DI KECAMATAN TUREN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Vivi Yulianti; Diana Kusumaningrum
Primary Education Journals Vol 1 No 1 (2021): April 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (851.435 KB) | DOI: 10.33379/primed.v1i1.694

Abstract

Salah satu jenis literasi yang penting untuk dikuasai di sekolah dasar adalah literasi lingkungan. Membudayanya kegiatan literasi lingkungan dapat membentuk karakter siswa secara maksimal sehingga dapat meningkatkan sikap, kepribadian dan moral bukan hanya meningkatkan kemampuan intelektual saja. Guna mencapai tujuan tersebut maka keterampilan literasi lingkungan di sekolah harus diajarkan dengan memperhatikan empat komponen literasi lingkungan yang meliputi (1) pengetahuan lingkungan, (2) sikap terhadap lingkungan, (3) keterampilan kognitif, dan (4) perilaku siswa terhadap lingkungan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan literasi lingkungan siswa SD di Kecamatan Turen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 di 8 SD Kecamatan Turen yang terakreditasi A dan B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan penyebaran angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yang artinya menggambarkan, menguraikan, serta menginterpretasikan seluruh data yang terkumpul sehingga mampu memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh mengenai keterampilan literasi lingkungan siswa sekolah dasar di Kecamatan Turen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan literasi lingkungan siswa SD di Kecamatan Turen yang diukur menggunakan empat komponen literasi lingkungan dengan menggunakan soal tes, angket penilaian diri dan penilaian teman sejawat perlu ditingkatkan pada aspek pengetahuan dan keterampilan kognitif. Hasil penilaian literasi lingkungan pada aspek pengetahuan lingkungan dan keterampilan kognitif menunjukkan hasil rendah dengan persentase 62,5% sedangkan hasil penilaian pada aspek sikap dan perilaku terhadap lingkungan menunjukkan hasil baik dengan persentase 75%.
INOVASI KOMIK AKHLAK KEARIFAN LOKAL DIGITAL UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA MALANG Andi Wibowo; Yayuk Ratna Indah Sari; Aisyatul Masruro; Galih Ilham Saputro
Primary Education Journals Vol 1 No 1 (2021): April 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.007 KB) | DOI: 10.33379/primed.v1i1.698

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat inovasi komik digital yang mengintegrasikan kearifan lokal budaya Malang. Inovasi budaya ini sebagai wujud pelestarian budaya Malang yang bernilai luhur. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall dengan prosedur (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf awal produk, (4) validasi produk, (5) uji coba produk, (6) revisi produk, (7) produk akhir, (8) diseminasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes tertulis. Subjek penelitian siswa SDN Ngasem 3. Analisis menggunakan teknik analisis persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mendapatkan penilaian sangat baik (A). Respon siswa terhadap produk sangat baik dengan persentase 94,53%. Terdapat peningkatan karakter siswa sebanyak 18,06 % yang diketahui dari hasil pretes sebesar 76,81% dan hasil postes 89,83%. Hasil analisis isi peran tokoh atau pesan-pesan dalam komik dengan hasil 83,77% termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian, Inovasi Komik Akhlak Kearifan Lokal dapat digunakan sebagai upaya internalisasi akhlak mulia dan meningkatkan pemahaman terhadap budaya dan keadaan alam Malang.
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN EKO (KEGIATAN EKONOMI) PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KELOMPOK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Sindy Muthia Putri Pratama; Yulia Eka Yanti
Primary Education Journals Vol 1 No 1 (2021): April 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.237 KB) | DOI: 10.33379/primed.v1i1.704

Abstract

Pengembangan media Papan EKO (Kegiatan Ekonomi) ini dilakukan karena siswa masih kesulitan dalam mengurutkan proses terjadinya kegiatan ekonomi dan masih kurangnya media yang digunakan dalam pembelajaran yang menyebabkan aktivitas belajar kelompok siswa pada kelas IV SD masih cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Papan EKO (Kegiatan Ekonomi) yang layak dan valid digunakan dalam pembelajaran materi IPS, serta untuk meningkatkan aktivitas belajar kelompok siswa melalui implementasi media pembelajaran Papan EKO (Kegiatan Ekonomi). Pada penelitian dan pengembangan ini, peneliti menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Aktifitas belajar kelompok siswa diukur dengan angket aktivitas belajar kelompok siswa, sedangkan kevalidan produk diukur dengan lembar validasi produk ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Papan EKO (Kegiatan Ekonomi) layak dan valid digunakan dengan dengan perolehan tingkat kevalidan dari ahli media sebesar 94%, dari ahli materi sebesar 85%. Aktivitas belajar kelompok siswa juga meningkat, hal ini dapat dilihat dari hasil angket aktivitas belajar kelompok siswa pada uji lapangan utama sebelum menggunakan media diperoleh 52%, sesudah menggunakan media Papan EKO (Kegiatan Ekonomi) siswa memperoleh 89%. Hal ini dikatakan bahwa aktivitas belajar kelompok siswa tinggi dan meningkat sebesar 37% setelah diberikan media Papan EKO (Kegiatan Ekonomi). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi pihak sekolah dan guru untuk mengoptimalkan penggunaan media agar siswa semakin meningkat aktivitas belajar kelompok dalam belajar.
MANAJEMEN SEKOLAH DALAM UPAYA MEMPERSIAPKAN PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER (STUDI DI SEKOLAH DASAR ANAK SALEH MALANG): MANAJEMEN SEKOLAH DALAM UPAYA MEMPERSIAPKAN PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER (STUDI DI SEKOLAH DASAR ANAK SALEH MALANG) Arif Nur Rahman
Primary Education Journals Vol 1 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.64 KB) | DOI: 10.33379/primed.v1i2.724

Abstract

Pada penelitian ini diungkap dan dideskripsikan sistem manajemen dan implikasi manajemen sekolah dalam upaya mempersiapkan peserta didik yang berkarakter di Sekolah Dasar Anak Saleh Malang Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus tunggal holistik. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, dibuat analisis Value Chain untuk memberikan kerangka, mengidentifikasi, dan menginventarisasikan area-area sistem manajemen sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan karakter khususnya yaitu berdasarkan Kurikulum 2013. Manajamen sekolah yang dimaksud pada penelitian ini meliputi manajemen kurikulum, manajemen tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, manajemen sarana prasarana, dan manajemen keuangan. Pada Sekolah Dasar Anak Saleh keseluruhan aspek manajemen tersebut terikat dengan lima inti pendidikan karakter atau disebut panca karakter, yaitu kesalehan personal, kesalehan sosial, kesalehan kecendikiaan, kesalehan kebangsaan serta kesalehan kealamiahan. Diketahui bahwa, perencanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam upaya mempersiapkan peserta didik yang berkarakter diawali dengan melakukan identifikasi berdasarkan analisis SWOT. Pengorganisasian sumberdaya manusia berdasarkan kapasitas dan profesionalitas personil. Pelaksanaan MSBK melibatkan setiap unsur-unsur sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, khususnya pendidikan karakter. Secara umum evaluasi MSBK dilakukan oleh Kepala Sekolah di bantu oleh Wakil Kepala Sekolah beserta para guru dan staf. Kebijakan pengawasan MSBK dilakukan dengan memakai sistem internal dan eksternal. Hasil pengawasan dan evaluasi eksternal digunakan untuk rewards system terhadap individu sekolah, meningkatkatkan iklim kompetisi antar sekolah, memperbaiki sistem yang ada secara keseluruhan, dan membantu sekolah dalam mengembangkan diri. Pada akhirnya, implikasi sistem manajemen dan manajemen sekolah di Sekolah Dasar Anak Saleh adalah peserta didik memiliki panca karakter yang unggul di tengah-tengah meriahnya pengaruh lingkungan yang tidak bernafaskan islami dan kemajuan teknologi, budaya dan kemasyarakatan saat ini.
PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN DIAGRAM BATANG MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Rani Astika; Dyah Ayu Pramoda Wardhani
Primary Education Journals Vol 1 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.257 KB) | DOI: 10.33379/primed.v1i2.851

Abstract

Pembelajaran yang cenderung konvensional dan kurangnya pemanfaatan media pada materi diagram batang matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar pop-up book pada materi diagram batang matematika kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model Borg & Gall dengan menggunakan 4 tahapan, yaitu: tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, serta tahap validasi dan uji coba. Instrumen yang digunakan merupakan lembar validasi kelayakan media, angket motivasi belajar siswa, dan angket respon siswa. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi 76,47% kualifikasi valid dan tidak revisi, ahli media mencapai 98,46% kualifikasi sangat valid dan tidak revisi. Angket motivasi belajar kelompok kecil mendapatkan persentase 78,5% dengan kategori Tinggi. Kelompok terbatas sebelum penggunaan media memperoleh persentase 46,25% dengan kategori Sedang, setelah penggunaan media memperoleh persentase 78,5% dengan kategori Tinggi. Adapun hasil tanggapan angket respon siswa terhadap media pada kelompok kecil mendapatkan persentase 86% kategori sangat baik, tanggapan angket respon siswa kelompok terbatas mendapatkan persentase 89,5% kategori sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop-up book materi diagram batang matematika yang telah dikembangkan layak dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Media Pop-Up Book, Diagram Batang, Motivasi Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL KABUPATEN MALANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Shera Rizka Primadhani; Andi Wibowo
Primary Education Journals Vol 1 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.951 KB) | DOI: 10.33379/primed.v1i2.882

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran gambar seri yang valid digunakan dalam pembelajaran matei IPA, serta untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui implementasi media pembelajaran gambar seri. Pada penelitian kali ini, peneliti menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development). Produk yang dikembangkan yakni bagian-bagian tumbuhan keunggulan lokal Kabupaten Malang. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Uji coba produk terdapat 2 kelompok, yakni uji coba produk kelompok terbatas dengan 6 orang responden, dan uji coba produk kelompok utama dengan 35 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran gambar seri valid diperoleh presentase 96,2%. Motivasi belajar siswa juga meningkat, hal ini dapat dilihat pada hasil pretest postest dan angket motivasi siswa 79%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi pihak sekolah dan guru untuk mengoptimalkan penggunaan media agar siswa semakin termotivasi dalam belajar.

Page 1 of 3 | Total Record : 23