cover
Contact Name
Lita Rahmasari
Contact Email
jurnal_jmpf@mail.uns.ac.id
Phone
+62271648939
Journal Mail Official
jurnal_jmpf@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Physics Education Department Building D Floor 2, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami 36A, Surakarta, 57126
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
ISSN : 20896158     EISSN : 26203944     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The scope of the articles published in Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) deal with a broad range of topics in the fields of physics learning education, learning technologies, assesment of physics education and another section related method of learning in physics education. Physics Learning and Education : an area of pedagogical research that seeks to improve those methods. Significant innovative findings related to physics education, with related research objects: the application of learning innovations with the latest learning models, methods and technologies, analysis of misconceptions, analysis of learning tools, and analysis of the implementation of school programs related to learning physics in high school environments Learning Technologies : Innovative development with research objects: teaching materials/media, teaching aids and learning tools based on technological pedagogical content knowledge (TPACK) for physics learning or extracurricular activities in high school environments. Assessment of Physics Education : Development of assessment instruments and analysis of the results of their application in physics learning in secondary schools, assessment for learning using classical test theory (CTT), and item response theory (IRT) and multidimensional item response theory (MIRT).
Articles 94 Documents
Penggunaan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share (SSCS) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta Maya Afifah; Nonoh Siti Aminah; Yohanes Radiyono
Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.771 KB) | DOI: 10.20961/jmpf.v9i2.38629

Abstract

Pengembangan E-Modul Praktikum Listrik Magnet pada LMS Moodle di Laman Spada UNS dengan Model Inkuiri Terbimbing Nur Wijayanti; Daru Wahyuningsih; Dwi Teguh Rahardjo
Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2292.326 KB) | DOI: 10.20961/jmpf.v10i2.54347

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menunjukkan desain produk e-modul praktikum Listrik Magnet pada LMS Moodle di laman Spada UNS melalui model inkuiri terbimbing untuk mahasiswa Pendidikan Fisika (2) produk e-modul praktikum yang layak digunakan pada mata kuliah Listrik Magnet. Prosedur pengembangan e-modul praktikum ini menggunakan ADDIE, tetapi pengembangan ini dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga dari lima tahapan yaitu (1) analysis, (2) design, dan (3) development. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif dan analisis kelayakan e-modul berdasarkan skor kriteria. Hasil penelitian disimpulkan bahwa : 1) e-modul praktikum Listrik Magnet dengan model inkuiri terbimbing dibuat untuk menunjang kegiatan praktikum Listrik Magnet mahasiswa Pendidikan Fisika yang disusun di LMS Moodle pada laman Spada UNS. Activity yang digunakan untuk menginput jawaban hasil diskusi mahasiswa di Spada UNS adalah Forum, sedangkan pada Google Sites adalah Google Sheet dan Google Form, sehingga modul yang digunakan dapat menerima umpan balik dari mahasiswa. 2) e-modul ini telah divalidasi oleh ahli media, materi dan bahasa dengan memperoleh hasil kategori sangat baik, dan telah dilakukan tiga kali uji coba, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan memperoleh hasil kategori sangat baik, sehingga media layak untuk digunakan sebagai e-modul dalam praktikum.
Pengembangan Alat Peraga Fisika dengan Waterflow Sensor pada Materi Asas Kontinuitas untuk Siswa SMA Kelas XI Khairunnisa Arief Nurfajrihana; Daru Wahyuningsih; Ahmad Fauzi
Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2294.698 KB) | DOI: 10.20961/jmpf.v12i1.60299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan alat peraga asas kontinuitas dengan sensor waterflow untuk siswa SMA yang memenuhi kriteria baik, (2) menjelaskan spesifikasi alat peraga asas kontinuitas dengan sensor waterflow untuk siswa SMA yang telah dikembangkan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang hanya dilakukan hingga tahap ketiga (tahap pengembangan). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) penelitian ini telah berhasil mengembangkan alat peraga fisika menggunakan sensor waterflow pada materi asas kontinuitas untuk siswa SMA kelas XI yang memenuhi kriteria sangat baik, dengan rata-rata penilaian validasi 89% dan uji coba lapang 91%, (2) spesifikasi alat peraga yang dikembangkan antara lain: (a) memiliki ukuran sebelum dirangkai (48*30*28) cm dan ukuran (90* 30*70) cm setelah dirangkai, (b) menggunakan bahan yang aman bagi peserta didik, (c) alat peraga menggunakan 2 buah sensor waterflow YF-S201 serta venturimeter dengan 2 jenis luas pipa penampang, (d) berguna untuk pembuktian asas kontinuitas berdasarkan pengukuran debit air oleh waterflow sensor dan dilengkapi dengan venturimeter, (e) alat peraga ini ditujukan sebagai pendukung pembelajaran dalam rangka memperoleh pengalaman belajar langsung pada materi asas kontinuitas Fisika SMA kelas XI.
Remediasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) pada Materi Usaha dan Energi Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Sri Yuliatun; Sukarmin Sukarmin; Surantoro Surantoro
Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.306 KB) | DOI: 10.20961/jmpf.v8i2.28444

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa melalui remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) pada materi Usaha dan Energi kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Surakarta semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan rancangan pre-test and post-test group. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, pre-test dan post-test. Validasi data menggunakan teknik validasi instrumen yang terdiri dari tingkat kesukaran, daya pembeda, uji validitas, uji reliabilitas, dan efektivitas distraktor. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Siswa yang mencapai KKM pada saat pre-test sebesar 3,125 %. Setelah dilakukan pembelajaran remediasi dengan model pembelajaran SAVI, siswa yang mencapai KKM pada saat post-test meningkat menjadi 90,625 %.Kata kunci : remediasi, SAVI, kognitif, Usaha dan Energi
Implementasi Kurikulum 2013 SMA Negeri 8 Surakarta Ditinjau Dari Standar Proses Fitriana Prihati; Sukarmin Sukarmin
Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.494 KB) | DOI: 10.20961/jmpf.v9i1.31512

Abstract

A study was c onducted to investigate the implementation of Curriculum 2013 especially in Physics in SMA Negeri 8 Surakarta. The objective of the research is to describe the implementation of Curriculum 2013 in SMA Negeri 8 Surakarta in terms of process standard including: preparation of RPP, learning activities, and implementation of assessment. The type of research is a survey with the object of research is a teacher of Physics SMA Negeri 8 Surakarta and students of SMA Negeri 8 Surakarta. Descriptive qualitative approach was used in this research. The techniques of data collection include observation, interviews, and documentation. The results showed that the implementation of Curriculum 2013 in SMA Negeri 8 Surakarta viewed from the standard process has not run well. This is shown from: (1) the syllabus and RPP that have not been prepared properly; (2) the learning process that has not used scientific approach; (3) and the assessment that has not been in accordance with Curriculum 2013.
Remediasi Pembelajaran Menggunakan Model Learning cycle7E pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Isa Abdullah Alqudsi; Nonoh Siti Aminah; Surantoro Surantoro
Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.418 KB) | DOI: 10.20961/jmpf.v10i2.44012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020 pada materi Fluida Statis melalui remediasi pembelajaran Fisika dengan menggunakan model pembelajaran Learning cycle7E. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Boyolali semester gasal Tahun Ajaran 2019/2020. Data utama dalam penelitian ini adalah hasil tes tertulis kemampuan kognitif siswa, sedangkan kajian dokumentasi merupakan sumber data pendukung. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam 3 teknik yaitu teknik observasi, teknik tes dan teknik kajian dokumentasi. Teknik validitas yang digunakan adalah triangulasi data dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan tercapainya target ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif materi Fluida Statis dari 39 % pada pra siklus dan 63,88 % pada siklus I menjadi 100 % pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah remediasi pembelajaran Fisika dengan model Learning cycle7E dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020 pada materi Fluida Statis.
Pengaruh Model SAVI dan VAK dengan Pendekatan Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau Gaya Belajar Ratih Kumala Dewi; Widha Sunarno; Sri Budiawanti
Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.16 KB) | DOI: 10.20961/jmpf.v11i2.49008

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk (1) mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan model SAVI dan VAK dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan kognitif fisika peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta pada materi Usaha dan Energi. (2) Mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara gaya belajar peserta didik auditorial, visual, dan kinestetik terhadap kemampuan kognitif fisika peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta pada materi Usaha dan Energi. (3) Mengetahui ada atau tidak adanya interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan kognitif fisika peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta ditinjau gaya belajar peserta didik pada materi Usaha dan Energi. Penelitian kuantitatif ini dengan metode eksperimen dua kelas dengan desain faktorial 2x3. Teknik analisis data menggunakan analsis variansi dua jalan. Sehingga diperoleh hasil dan dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada perbedaan antara penggunaan model SAVI dan VAK dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan kongitif peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta pada materi Usaha dan Energi (Fobservasi = 5,373 > Ftabel = F0,05;1;60= 4,00). (2) Ada perbedaan antara gaya belajar  auditorial, visual, dan kinestetik terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta pada materi Usaha dan Energi  (Fobservasi = 3,651 > Ftabel = F0,05;2;60 = 3,15). (3) Tidak ada interaksi pengaruh penggunaan model SAVI dan model VAK dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan kognitif peserta didik  kelas X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta pada materi Usaha dan Energi ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik (Fobservasi = 1,335 < Ftabel = F0,05;2;60 = 3,15). 
Pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari self esteem dan kecerdasan intelektual Miftah Nur Solikh; Dwi Sulisworo; Guntur Maruto
Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.627 KB) | DOI: 10.20961/jmpf.v8i2.28434

Abstract

terhadap hasil kemampuan berpikir kritis ditinjau dari self esteem dan kecerdasan intelektual. Serta mendeskripsikan sumbangan variabel self esteem dan kecerdasan intelektual terhadap hasil kemampuan berpikir kritis. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMA Negeri 1 Srandakan. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes. Kuisioner digunakan untuk mengetahui gaya belajar dan self esteem. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Sedangkan data kecerdasan intelektual diperoleh dari data sekolah. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu dilakukan uji validitas oleh ahli dan uji coba ke peserta didik. Setelah data diperoleh dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan SPSS 23. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA) perhitungan menggunakan Microsoft excel dan SPSS 23. Diperoleh nilai Fhitung sebesar 0,2295 sedangkan Ftabel untuk taraf signifikan 0,05 adalah 3,24. Karena Fhitung kurang dari Ftabel sehingga tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil kemampuan berpikir kritis ditinjau dari self esteem dan kecerdasan intelektual. Terdapat sumbangan kedua variabel kovariat dengan nilai R2y(1,2) sebesar 0,22 untuk kecerdasan intelektual memberikan sumbangan efektif sebesar 0,2% dan self esteem memberikan sumbangan efektif sebesar 0,01%.Kata kunci : blended learning, google classroom, gaya belajar, self esteem, kemampuan berpikir kritis.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Meyke Hetiningsih; Widha Sunarno; Surantoro Surantoro
Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.284 KB) | DOI: 10.20961/jmpf.v7i2.31466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas X dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk-Write) pada materi Alat-Alat Optik di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2016/2017.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, hasil pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-12 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan model analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran Fisika materi Alat-alat Optik siswa kelas X-12 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Peningkatan kemampuan kerjasama dapat dilihat dari kenaikan presentase kemampuan kerjasama siswa sebesar 62,19 % pada Siklus I dan meningkat menjadi 84 % pada Siklus II. Sedangkan untuk kemampuan kognitif siswa sejumlah 50 % siswa yang telah memenuhi KKM meningkat menjadi 91,30 % siswayang telah memenuhi KKM pada Siklus II.
Penerapan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6 Kunthi Ratna Kawuri; Rini Budiharti; Ahmad Fauzi
Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.637 KB) | DOI: 10.20961/jmpf.v9i2.38623

Abstract

Page 1 of 10 | Total Record : 94