cover
Contact Name
Ejen Jenal Mutaqin
Contact Email
caxra@institutpendidikan.ac.id
Phone
+6285222293501
Journal Mail Official
caxra@institutpendidikan.ac.id
Editorial Address
https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/caxra/about/editorialTeam
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
ISSN : 27984028     EISSN : 27982036     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar Teori Belajar Kurikulum dan Teknologi dalam Pendidikan Manajemen dan Sekolah Kebijakan Sekolah Siswa Meta Kognitif di Sekolah Dasar Literasi Sekolah Dasar Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar (belajar dan pembelajaran, strategi, model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, evaluasi pembelajaran, psikologi pembelajaran, dan atau pedagogy, sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021)" : 5 Documents clear
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menulis Puisi Naratif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV (Studi Deskriptif Kualitatif Di Kelas Iv SDN 2 Sukagalih) Tiara Indah Sri Wahyuni
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.64 KB)

Abstract

Fokus dalam penelitian ini yakni untuk menganalisis bagaimana hasil menulis puisi naratif siswa serta kesulitan yang dialami oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana subjeknya yaitu guru dan siswa kelas IV. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan metode tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) hasil menulis puisi naratif siswa kelas IV yang terdiri dari tema, amanat, diksi dan rima masih tergolong sederhana. Dari 24 siswa terdapat 10 siswa yang termasuk kriteria “Baik”, 3 siswa termasuk kriteria “Cukup”, dan 11 siswa termasuk kedalam kriteria “Kurang”. 2) Kesulitan yang dialami siswa yaitu dalam menentukan judul dan isi puisi sesuai dengan tema, kesulitan dalam menentukan amanat, kesulitan dalam menentukan diksi dan rima. Kesulitan yang tergolong paling kuat pada unsur diksi dan rima, dan kesulitan yang paling ringan yaitu dalam menentukan amanat.Menulis puisi naratif, kesulitan
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR IPA (Studi Eksperimen terhadap Siswa kelas V SDN 1 Cibunar) Nia Alfiyanti
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.87 KB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pop-up book terhadap minat belajar IPA siswa kelas V . Jenis penelitian ini aalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, peneliti menggunakan sampel dua kelas yaitu kelas VA berjumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 16 orang sebagai kelompok control. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji homogenitas dan Uji t. Hasil posttest siswa kelas VA yang menggunakan media pop-up book yaitu memiliki skor tertinggi dengan rata-rata 80,00 sedangkan kelas VB yang tidak menggunakan media pop-up book. Dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu terdapat lower bernilai positif dengan skor  2.578 dan upper bernilai positif serta memiliki nilai 10.172 atau nilai Sig(2-tailed) = 0,002. Karena lower bernilai positif dan upper bernilai positif atau Sig.(2-tailed) = 0,002 <  α = 0,05 yang berarti Terdapat pengaruh signifikan media pop-up book terhadap minat belajar IPA siswa kelas V.Media Pop-up Book, Minat belajar
Analisis Pembelajaran Jarak Jauh Ditinjau dari Pengalaman Mengajar Guru Selama Pandemi Covid-19 Shendy Avina Julifahni
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.856 KB)

Abstract

 Fokus dalam penelitian ini yakni berusaha untuk memaparkan 1) pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ditinjau dari pengalaman mengajar guru 2) efektivitas pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, dimana subjeknya adalah guru kelas tinggi yaitu guru kelas IV, guru kelas V, dan guru kelas VI. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan metode wawancara dan dokumentasi kepada narasumber. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum maksimal, hal ini dikarenakan perencanaan terkait tujuan pembelajaran, serta pemahaman dan pengaplikasian dari model, metode, teknik, media dan alat evaluasi yang dilaksanakan masih terasa konvensional tanpa ada inovasi terkait pembelajaran jarak jauh 2) efektivitas pembelajaran dikatakan belum efektif pelaksanaanya karena beberapa hal seperti a) belum siapnya siswa dalam melaksanakan pembelajaran, b) kurang maksimal penyampaian materi c) faktor ekomomi siswa yang mempengaruhi pada media pembelajaran yang digunakan, serta d) kurangnya respon siswa dan orang tua terkait penyampaian dari guru.
ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 SUKAGALIH Riska Sarika
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.953 KB)

Abstract

Abstrak: Kemampuan membaca pemahaman penting bagi penguasaan, peningkatan, dan pengetahuan siswa. Tujuan dari penelitian ini 1) bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V SD Negeri 1 Sukagalih 2) bagaimana hambatan yang dialami siswa dalam membaca pemahaman 3) bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana subjeknya adalah siswa kelas V. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 1 Sukagalih memperoleh nilai rata-rata 67 termasuk ke dalam kategori cukup. 2) dari hasil wawancara faktor yang menjadi penghambat dalam kemampuan membaca pemahaman yaitu motivasi dan minat, kebiasaan, keadaan diri siswa, pengaruh lingkungan, dan bahan bacaan. 3) Dari hasil wawancara upaya yang dilakukan yaitu memotivasi siswa dalam membaca, menentukan tujuan membaca, kepekaan guru terhadap siswa yang sulit dalam membaca, penggunaan metode dan media dalam mengajar, penggunaan sarana dan prasarana.Kata Kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman
Meningkatkan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 11 Kota Kulon Garut Melalui Media Flashcard Sri Rani Kartini
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.617 KB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 11 KOTA KULON GARUT MELALUI MEDIA FLASHCARD”. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan peningkatan membaca permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar melalui media flashcard. Metode yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas . Peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa B kemampuan awal 67,50% menjadi 76,44% di siklus I dan 86,35% di siklus II, jadi peningkatan yang telah diperoleh siswa B yakni 18,85%. Siswa R kemampuan awal 66,73% menjadi 76,44% di siklus I dan 86,15% di siklus II, jadi peningkatan yang telah diperoleh siswa R yakni 19,42%. Siswa F kemampuan awal 50,00% menjadi 76,44% di siklus I dan 78,46% di siklus II jadi peningkatan yang telah diperoleh siswa F yakni 28,46%. bisa disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard bisa meningkatkan proses serta hasil kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 11 Kota Kulon Garut, dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan.Membaca Permulaan dan Flashcard

Page 1 of 1 | Total Record : 5