cover
Contact Name
Ejen Jenal Mutaqin
Contact Email
caxra@institutpendidikan.ac.id
Phone
+6285222293501
Journal Mail Official
caxra@institutpendidikan.ac.id
Editorial Address
https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/caxra/about/editorialTeam
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
ISSN : 27984028     EISSN : 27982036     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar Teori Belajar Kurikulum dan Teknologi dalam Pendidikan Manajemen dan Sekolah Kebijakan Sekolah Siswa Meta Kognitif di Sekolah Dasar Literasi Sekolah Dasar Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar (belajar dan pembelajaran, strategi, model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, evaluasi pembelajaran, psikologi pembelajaran, dan atau pedagogy, sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan)
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2022)" : 10 Documents clear
Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi dan Kesiapan Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Surabaya Kec. Limbangan Kab. Garut Abdul Hakim; Indriyanti Karmila
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.149 KB)

Abstract

This study uses the correlational method to determine the relationship between parental attention and learning motivation and learning readiness of fifth grade students at SDN 2 Surabaya. Based on the results of the study showed that: (1) there is a relationship between parental attention and student learning motivation with a significance value for the effect of parental attention on motivation is 0.013 < 0.05 and for the tcount value is 2.681 > 2.055, (2) there is a relationship between people's attention parents with student learning readiness, this is evidenced by the significance value for the effect of parental attention on learning readiness is 0.000 < 0.05 and for the t count value is 4.684 > 2.055, (3) parental attention has an influence on learning motivation and student readiness to learn by see a percentage of 22.3% parental attention has an influence on student motivation. Meanwhile, 46.78% of parents' attention has an influence on the learning readiness of fifth grade students at SDN 2 Surabaya.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN CIKONDANG 5 CISOMPET KABUPATEN GARUT Rivan Syahrul Falah
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.563 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbantuan multimedia terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan bentuk desain penelitian yaitu one group pretest dan post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 di SDN Cikondang 5 Kabupaten Garut tahun ajaran 2021/2022 sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas 4 yang berjumlah 30 orang siswa dengan teknik sampling population. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data menggunakan analisis ststistik deskriptif dan uji Gain Ternormalisasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kemampuan awal siswa sebelum memperoleh pembelajaran IPA berbantuan multimedia sebesar 40.83. 2) Hasil belajar siswa kelas IV setelah memperoleh pembelajaran IPA berbantuan multimedia sebesar 84.50. 3) Pembelajaran IPA berbantuan multimedia efektif terhadap hasil belajar siswa.Kata Kunci: Pembelajaran IPA Berbantuan Multimedia. Hasil Belajar
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Studi Korelasional terhadap Siswa Kelas V SDN 3 Lebakagung) Rajji Koswara Adiredja; Silfany Andina
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.06 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena masih terdapat siswa yang kurang mampu dalam menyusun sebuah kata menjadi sebuah karangan/cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN 3 Lebakagung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jumlah populasi yang terdiri dari 24 orang siswa, dimana teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, kecerdasan linguistik dan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN 3 Lebakagung keduanya berkategori sedang dengan frekuensi yang sama yaitu sebesar 66.6%.Pengujian korelasi kecerdasan linguistik dan keterampilan menulis karangan narasi diperoleh sebesar 0.630, yang termasuk dalam kategori “Kuat”, dengan koefisien determinasi sebesar 0.630 atau 36.69% pada taraf koefisien 5%.Sehingga terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 3 Lebakagung.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Neng Elsa Novianti Ruhiat
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.009 KB)

Abstract

The results of observations of science learning in class show that there are still many students who seem to have difficulty reading and understanding what the teacher is saying. Likewise, teachers have not used media that can help students understand learning more easily. Thus, there is a need for innovative changes in learning that are able to help students learn science more easily and interestingly. This study aims to determine: 1) the effect of student learning outcomes in science lessons; and 2) The effect of student learning outcomes in learning using Scrapbook learning media. Experimental method with quantitative and quasi-experimental approach in the form of One Group Pretest-Posttest Design. The research was conducted in the fourth grade of SDN 3 Mekarbakti Garut. The results of the study are as follows: 1) There is an effect of student learning outcomes in science lessons 2) The effect of student learning outcomes after using Scrapbook learning media. The conclusion in this study is that there is a significant effect of learning outcomes on science subjects after using Scrapbook learning media
Penggunaan Multimedia Presentasi pada Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Peserta Didik (Studi Kasus Pada Tema Ekosistem di Kelas 5 SDN 6 Cikondang) De Budi Irwan Taofik; Aceng Ahmad Rodian Susila
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.104 KB)

Abstract

The research is aim to know raising student competence in writing using project based learning model based mutimedia presentation. This method research using experiment method with quantitative approach. Design is used experimental formed nonequivalence design group pretest-posttes. Research approach can summarised are:  1) Student writing competence  raise after learning using  projects based learning base mutimedia presentation in Bahasa Indonesia learning to student at  grade five SDN 6 Cikondang and 2) there are different result of writing study in bahasa indonesia at grade five SDN 6 Cikondang between student who use project based learning base mutimedia  presentation and student who don't use it.
PENGARUH MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Dea Asri Pujiasti; Yennie Indriati Widyaningsih; Mutiara Rahmayanti
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.489 KB)

Abstract

Fokus dalam penelitian ini yakni berusaha untuk memaparkan pengaruh penggunaan media kartu gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas 5 sekolah dasar.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitan eksperimen dengan desain penelitian yaitu pra eksperimen one group pretest-posttest, dimana partisipannya adalah siswa kelas 5 sekolah dasar. Teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media kartu gambar terhadap keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil skor rata-rata pretest yaitu 70,70 dan hasil skor rata-rata posttest yaitu 79,82. Dengan sig (2 tailed) = 2,037 dan p = 0,05 , t hitung > t tabel = (12,2073) > (2,037).Adapun skor gain siswa dari pretest ke posttest adalah sedang dengan skor rata-rata 0,31.Keterampilan Berbicara, Media Kartu Gambar, Media Pembelajaran
Keefektivan Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Media Audio Visual dalam Pembelajaran IPA di Kelas 4 SDN 3 Mekarbakti Garut Lisnawati Lisnawati
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.952 KB)

Abstract

This study aims to test the effectiveness of learning the flipped classroom learning model in grade 4 elementary school with the help of audio-visual media on the form and function of plants. The research method used is quantitative research. Data collection techniques include pre-test and post-test for all students. The t test was conducted to analyze the pre-test and post-test results. From the results of the study it can be concluded that there is an increase in student learning outcomes, which indicates that the online flipped classroom learning model using audio-visual media is effective. In addition, learning like this also adds new experiences for students that are considered effective in learning.
Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Tini Maryanti; Jamilah Jamilah; Hendra Permana
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (110.455 KB)

Abstract

Penanaman pendidikan karakter dilakukan melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah khususnya sekolah dasar menggunakan kurikulum 2013. Jenis penelitian kualitatif dan menggunakan deskriptif kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan tempatnya dan objeknya, peneliti menggambil objek penelitian guru kelas III dan keseluruhan siswa kelas III. proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter diambil dari 18 indikator presentasi yang nantinya indikator dengan proses penanaman nilai karakter di terapkan pada siswa kelas III di SDN 3 Cinunuk. Faktor yang mempengaruhi terhadap penanaman nilai karakter siswa ialah faktor internal dan faktor eksternal. Bentuk penanaman nilai-nilai karakter pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam pengintegrasian pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terdapat 5 indikator utama yang diamalkan.Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Pengaruh Metode Pembelajaran Synergetic Teaching Berbantuan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Teten Rohendi
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.623 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of us video-assisted Synergetic Teaching learning methods to improve student learning outcomes in science subjects. The method used in this research is pre-experiment with one group pretest and posttest design. The population and samples used were all students of class V SDN 3 Cangkuang, Leles District, Garut Regency as many as 28 people. The data collection method used a multiple choice test of 20 questions. Data analysis used paired sample test. The results of the study show that there is an effect of using the learning method using the Synergetic Teaching method with video assistance in improving science learning outcomes. This is indicated by the results of the paired samples test with the Asymp.Sig (2-tailed) value of 0.000 < from 0.05.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Digital Book Pada Mata Pelajaran PAI Aceng Ahmad Rodian Susila
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.12 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran digital book dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk one group time series design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri 2 Balewangi Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut yang berjumalah 1 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah seluruh kelas 4 yang berjumlah 32 ssiswa karena hanya terdapat satu kelas sehingga semuanya di jadikan sampel. .Dalam penelitian ini, teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik yang diambil yaitu sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian, dan pembahasan, diperoleh kesimpulan Penerapan media pembelajaran digital book dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI, dan Terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah memanfaatkan digital book pada pembelajaran PAI dengan kategori sedang. Abstrak: Digital Book. Hasil Belajar. Pendidikan Agama Islam 

Page 1 of 1 | Total Record : 10