cover
Contact Name
Suryadi
Contact Email
ijigaed@metrouniv.ac.id
Phone
+6285642442641
Journal Mail Official
ijigaed@metrouniv.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro Jl. Ki Hajar Dewantara No.15A, Iringmulyo, Kec. Metro Tim., Kota Metro, Lampung 34112
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
ISSN : 27462269     EISSN : 28279166     DOI : https://doi.org/10.32332/ijigaed
Core Subject : Education,
Focus dan Scope IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD, namun tidak terbatas pada bidang-bidang berikut ini: Pengembangan nilai moral dan agama pendidikan anak usia dini, Perkembangan motorik fisik anak usia dini, Perkembangan sosial emosional anak usia dini, Perkembangan kognitif anak usia dini, Perkembangan bahasa anak usia dini, Perkembangan artistik dan kreatif anak usia dini, Parenting untuk pendidikan anak usia dini, Lembaga pengelola pendidikan anak usia dini, Pengembang Kurikulum Anak Usia Dini, Asesmen perkembangan anak usia dini, Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini Bermain alat pendidikan pendidikan anak usia dini, Media pembelajaran PAUD, Inovasi dalam pendidikan anak usia dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 37 Documents
METODE PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PERSPEKTIF HADIS Muhammad Fauzhan 'Azima; Fitri Sari
IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education Vol 2 No 1 (2021): IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.53 KB) | DOI: 10.32332/ijigaed.v2i1.3800

Abstract

ABSTRAK Pendidikan memiliki saham besar dalam pembangunan peradaban suatu bangsa. Sementara itu, usaha membangun peradaban suatu bangsa harus dimulai dari pembentukan karakter kelompok anak usia dini, karena generasi inilah yang akan banyak berperan dalam menentukan arah perjalanan bangsa tersebut ke depannya. Berdasarkan tesis ini, pendidikan anak usia dini menjadi diskursus yang penting dalam dunia pendidikan. Disebabkan urgensinya itu juga, agama (khususnya Islam) banyak membincangkan soal-soal pendidikan anak usia dini. Hadis Nabi saw., sebagai salah satu sumber ajaran Islam, juga tidak sepi dari pembahasan terkait pendidikan anak usia dini, termasuk pembahasan tentang metode mendidik anak usia dini tersebut. Tulisan ini mencoba memberikan informasi mengenai metode pendidikan anak usia dini dari hadis-hadis Nabi saw. yang dieksplorasi dengan metode pemahaman hadis substantif filosofis. Sebagai hasilnya, metode pendidikan anak usia dini ala Nabi yakni: metode ceramah, metode dialog atau diskusi, metode kisah, metode demonstrasi, serta metode reward dan punishment. Kata Kunci: metode, pendidikan, anak, dini, hadis ABSTRACT Education has a great stake in the building of a nation's civilization. Meanwhile, efforts to build a nation's civilization must start from the formation of the character of early childhood groups, because this generation will play a lot of role in determining the direction of the nation's journey in the future. Based on this thesis, early childhood education becomes an important discourse in the world of education. Because of the urgency, religion (especially Islam) discusses many issues of early childhood education. The Hadith of the Prophet (peace be upon him), as one of the sources of Islamic teachings, is also not quiet from discussions related to early childhood education, including discussions about the method of educating early childhood. This paper attempts to provide information about the methods of early childhood education of the Hadiths of the Prophet (peace be upon him) which are explored by methods of understanding substantive philosophical hadith. As a result, the prophet's method of early childhood education is a method of preaching, a method of dialogue or discussion, a method of story, a method of demonstration, as well as a method of reward and punishment.
PENGELOLAAN KELAS EFEKTIF DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Bagus Mahardika; Anas Rangga Buana
IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education Vol 2 No 2 (2022): IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.841 KB) | DOI: 10.32332/ijigaed.v2i2.5108

Abstract

Kegiatan mengelola kelas merupakan hal wajib yang harus dilakukan guru dalam berkegiatan belajar mengajar di Sekolah. Selain berguna dalam mencapai terwujudnya pembelajaran yang ideal, mengelola reuang kelas juga bertujuan untuk membantu siswa dalam menerima materi yang disampaikan guru. Pemetaan dan penataan ruang belajar yang mengedepankan nilai-nilai estetis/ keindahan juga menjadi ruang terapiutik bagi siswa dalam mengenyam pembelajaran dikelas. Diera pendidikan 5.0 para guru berkwajiban dalam membangun iklim pembelajaran yang edutaimen, hal ini memberikan dampak yang luar biasa bagi peserta didknya, selain memberi kesegaran kesehatan psikologi siswa juga dapat terkontrol bahkan mental healty dalam proses pembelajaran menjadi spirit bagai siswa dalam mewujudkan prestasi dan menumbuh kembangakan bakat minatnya. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Situasi Belajar, Psikologi
PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL AL-HIDAYAH GUNUNG TERANG LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR Arif Andriyani; Eca Gesang Mentari
IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education Vol 2 No 1 (2021): IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.725 KB) | DOI: 10.32332/ijigaed.v2i1.3811

Abstract

Early childhood is a very appropriate period to introduce an educational game tool, this age is very sensitive to environmental stimuli, children have a high curiosity. Cognitive abilities develop when children play, children can grow their attention and focus. Children are always active, enthusiastic and curious. Therefore, the research that has been carried out by researchers has a research focus, namely the use of educational game tools in developing cognitive abilities of early childhood in RA AL-Hidayah Gunung Terang Labuhan Ratu, East Lampung. The research questions in this study are: 1) How is the use of educational game tools in developing cognitive abilities of early childhood in RA AL-Hidayah Gunung Terang Labuhan Ratu, East Lampung?, 2) What are the supporting and inhibiting factors of educational game tools in RA AL-Hidayah Mount Bright Labuhan Ratu, East Lampung?. The objectives of this study are: 1) To determine the extent to which the use of educational game tools in developing early childhood cognitive abilities at RA AL-Hidayah Gunung Terang, 2) To determine the supporting and inhibiting factors of the use of educational game tools in developing cognitive abilities of young children. early at RA AL-Hidayah Gunung Terang Labuhan Ratu, East Lampung. This type of research is a qualitative descriptive field, which takes place in RA AL-Hidayah Gunung Terang Labuhan Ratu, East Lampung. The data sources used are primary data and secondary data sources. The data collection method used in this research is to use the method of observation, interviews, and documentation. Based on the results of research and analysis, it can be concluded that the use of educational game tools in developing cognitive abilities of early childhood in RA AL-Hidayah Gunung Terang Labuha Ratu, East Lampung has been realized well. The results of the teacher's achievement in developing cognitive abilities of early childhood group B at RA AL-Hidayah Gunung Terang Labuhan Ratu, East Lampung are the ability to recognize numbers, say numbers 1-20, count simple numbers, arrange number puzzles and sort numbers, recognize shapes and colors.
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGUNAKAN MEDIA KOLASE DI KELOMPOK B TK AISYIYAH KAUMAN METRO Siti Nur Azizah; Isti Fatonah; Nindia Yuliwulandana; Revina Rizqiyani; Vina Erviani
IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education Vol 2 No 2 (2022): IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.899 KB) | DOI: 10.32332/ijigaed.v2i2.4743

Abstract

Kreativitas anak kelompok B TK Aisyiyah Kauman Metro belum berkembang secara optimal, dari 21 anak di kelas ada 14 anak yang kreativitasnya belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan kolase. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 21 anak. Obyek yang diteliti adalah kreativitas anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas anak mengalami peningkaan pada kriteria berkembang sangat baik (BSB) sebesar 85,71% setelah diberikan tindakan melalui kegiatan kolase menggunakan bahan kertas dan bahan buatan yang memberikan kebebasan anak untuk bereksplorasi, memilih bahan dan warna yang cocok, bebas menggunting, menyobek, memotong dan menggulung bahan sesuai keinginan serta menggunakan alat-alat yang disediakan sesuai dengan kebutuhan anak. Peningkatan tersebut berupa anak mampu membuat bentuk tempelan dari bahan kolase dengan bervariasi dan menjawab pertanyaan dari guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas anak kelompok B TK Aisyiyah Kauman Metro dapat ditingkatkan melalui kegiatan kolase.
PENGGUNAAN MEDIA PLASTISIN DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS DI KB NURUL ARIF Sasha Oktaviani; Dian Eka Priyantoro; Uswatun Hasanah
IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education Vol 2 No 1 (2021): IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.933 KB) | DOI: 10.32332/ijigaed.v2i1.3781

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang ditujukan bagi anak anak usia prasekolah dengan tujuan agar anak dapat mengembangkan potensi potensinya sejak dini melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan jasmani dan rohani anak sehingga mereka dapat berkembang secara wajar sebagai anak anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Motorik halus merupakan sebuah gerakan antara tubuh yang dapat melibatkan antara otot-otot kecil antara lain pergelangan tangan, otot jari tangan dan sebagainya. Plastisin merupakan salah satu media yang dapat mengembangakn motorik halus anak, plastisin sangat mudah digunakan karena merupakan barang lunak yang dapat diremas-remas, dipipihkan, ditarik-tarik, ditekan-tekan, gulung-gulung dan bias dibentuk sesuai dengan imajinasi dan keinginan anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang penggunaan media plastisin dalam mengembangkan motorik halus anak di KB Nurul Arif Metro Selatan menunjukan hasil yang baik. Dengan adanya penggunaan media plastisin dalam mengembangkan motorik halus seperti sudah dapat membentuk, mengekspresikan diri dalam berkreasi sesuai dengan tema pembelajaran dari berbagai kegiatan maka motorik halus anak bekerja dengan baik dan dapat terlatih secara maksimal. Kata Kunci: Anak usia Dini, Motorik Halus, Media Plastisin.
IMPROVING CHILDREN'S FINE MOTORCYCLE DEVELOPMENT THROUGH PLASTICINE MEDIA IN TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL TEMPURAN TRIMURJO Amirul Mukminin Al Anwari; Anis Fitriani; Aulia Rahma
IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education Vol 2 No 1 (2021): IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.113 KB) | DOI: 10.32332/ijigaed.v2i1.3814

Abstract

Every child is born with their own potential, children are small humans who have potential that must be developed. Children have certain characteristics that are unique and not the same as adults, they are always active, dynamic, enthusiastic and want to know what they see, feel and never stop exploring in learning. Media is a tool used to support the implementation of the learning process. Through the media can gain knowledge that can develop self-ability. Plasticine media is one of the construction media that is useful for children. plasticine consists of various colors that are liked by children. Based on the results of the study, it was shown that there were many children in TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tempuran Trimurjo whose fine motor development had not developed very well. This study aims to improve children's fine motor development through plasticine media in TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tempuran Trimurjo. This research method is Classroom Action Research (CAR). This research was conducted using two cycles and in each cycle three meetings were carried out. The subjects of this study were 16 Aisyiyah Bustanul Athfal Tempuran Trimurjo Kindergarten children, consisting of 9 boys and 7 girls. Methods of data collection is done through observation and documentation. The data analysis technique was carried out qualitatively. The improvement of fine motor development is said to be successful if 11 out of 16 children are able to achieve the criteria for Very Good Development (BSB) with a percentage of 69%. The results showed that the plasticine media could improve the fine motor development of children. Before the action was taken, no child had developed very well. After the action in the first cycle, the children's fine motor development increased by 4 children with a percentage of 25%, and in the second cycle it increased to 11 children with a percentage of 69% very well developed criteria (BSB). In the use of plasticine media, the teacher introduces how to form plasticine and print plasticine, then children can try to practice it, with their friends.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DI PAUD KARYA BERSAMA DESA DARAT KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Rau Dilah; Leny Marlina; Kurnia Dewi
IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education Vol 2 No 1 (2021): IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.825 KB) | DOI: 10.32332/ijigaed.v2i1.3707

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh penggunaan media kartu angka bergambar terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan di PAUD Karya Bersama Desa Darat Kabupaten Ogan Komering Ilir. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh penggunaan media kartu angka bergambar terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan di PAUD Karya Bersama Desa Darat Kabupaten Ogan Komering Ilir. Dalam penelitian ini menggunakan Pre- experimental dengan desain One Group Pre test - Post test.subjek penelitian iniadalah anak kelas A dengan jumlah 15 anak, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Setelah dilakukan teknik analisis data, maka diperoleh thitung=64.2260 > ttabel= 1.7011 maka dapat disimpulkan Ho di tolak artinya ada Pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Kelas A di PAUD Karya Bersama Desa Darat Kabupaten Ogan Komering Ilir.
PENINGKATAN DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PEMBIASAAN Nurfitri Sahidun
IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education Vol 2 No 2 (2022): IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.207 KB) | DOI: 10.32332/ijigaed.v2i2.3817

Abstract

The aims of this research are to describe the process of implementation by the habituation method activities and to analyze the increasing of children’s disciplines. Respondents of the research involved of 12 children 5-6 years old at TK Lestari, Lola Kecamatan Oba Tengah. The method of this research consists: (a) plan, (b) action and observation, (c) reflection. The score of data from children disciplines were analyzed by using quantitative and qualitative approach. The results shows that children could improve their discipline, they are like time discipline, discipline in learning, discipline in manners. Quantitative data shows that the children discipline cycles have increased. Based on the data results shows in the end of the first cycle, it shows that children discipline has increased about 10.37%, when pretest children discipline has significantly 41,33 or 46,96%, therefore in the first cycle be 46 or 57,33%. The mean score in second cycle has significantly 64,47 or 79,92.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN TEKNIK 3M (MELIPAT,MENGGUNTING DAN MENEMPEL) PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS AWAL Kisno .; Annisa Herlidasari; Miftahul Jannah; Ajeng Rizky Syafitri
IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education Vol 2 No 1 (2021): IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.864 KB) | DOI: 10.32332/ijigaed.v2i1.3536

Abstract

Pembelajaran keterampilan yang terkait dengan motorik halus siswa di Sekolah Dasar Negeri 8 Metro Timur kelas awal belum berjalan sesuai harapan, media yang digunakan masih kurang bervasiasi dan cenderung monoton. Subyek Penelitian ini adalah anak didik di SDN 8 Metro Timur sebanyak 14 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan menerapakan 2 Siklus pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil pembahasan penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan kegiatan menggunakan teknik 3M (melipat, menggunting, dan menempel) di SDN 8 Metro Timur sebanyak 6 Kali pertemuan dengan menggunakan bahan berupa kertas lipat, gunting, lem, gambar dan kertas hvs. 2) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui teknik 3M di SDN 8 Metro Timuradalah: Kemampuan motorik halus anak sebelum dilaksanakannya penelitian 3M masih rendah yaitu 21,42%, setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas terbukti adanya peningkatan dari pra siklus ke siklus I mencapai 28,57% dan peningkatan keseluruhan mencapai 57,15%. Dari observasi yang dilakukan pada pra tindakan, siklus I, dan siklus II tidak ada anak yang masuk dalam kriteria tidak baik. Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus: Melipat, Menggunting, Menempel.
MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI TK PKK DEWI SARTIKA JABUNG MALANG Dewi Anggraini; Dyah Ayu Lestari
IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education Vol 2 No 2 (2022): IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.552 KB) | DOI: 10.32332/ijigaed.v2i2.4734

Abstract

Salah satu keberhasilan sebuah proses pembelajaran dalam bidang Pendidikan adalah adanya sarana dan prasarana yang memadai, karena hal ini mencakup semua kebutuhan serta fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai kondisi manajemen sarana dan prasarana Pendidikan di TK PKK Dewi Sartika. Penelitian ini dilaksanakan di lokasi tujuan secara langsung dan termasuk penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif secara metodologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan dalam pengadaan sarana dan prasarana di sekolah TK PKK Dewi Sartika Jabung malang, hal ini dikarenakan keterbatasan lahan sehingga kurangnya fasilitas ruang yang ada.

Page 1 of 4 | Total Record : 37