cover
Contact Name
Dhiona Ayu Nani
Contact Email
dhiona.a@teknokrat.ac.id
Phone
+6282221477652
Journal Mail Official
dhiona.a@teknokrat.ac.id
Editorial Address
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
COMMENT: Journal of Community Empowerment
ISSN : -     EISSN : 28279964     DOI : https://doi.org/10.33365/comment.v1i1
Comment: Journal of Community Empowerment is a scientific journal published by Faculty of Economy and Business, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to publish conceptual thinking and ideas based on community services activities. This journal contains the publication of various activities for handling and managing various potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in the community. The implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. The service activities are arranged in an activity that aims to improve the welfare of the community. Comment: Journal of Community Empowerment has a focus on developing science in the field of community service. The scope includes training, marketing, local food security, appropriate technology, community empowerment, social access, border areas, less developed areas, and education for sustainable development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING DAN MERAIH PELUANG MELALUI SOSIAL MEDIA DI UMKM KERIPIK LATEB JAYA BANDAR LAMPUNG Dian Novita
COMMENT: Journal of Community Empowerment Vol 1, No 1 (2021): DECEMBER
Publisher : COMMENT: Journal of Community Empowerment

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.637 KB) | DOI: 10.33365/comment.v1i1.49

Abstract

Awal tahun 2020 menjadi tahun yang berat bagi seluruh warga dunia, karena dunia dilanda oleh pandemi Covid-19 yang melumpuhkan segala bentuk aspek kehidupan. Korban jiwa berjatuhan, tatanan hidup berubah serta runtuhnya perekonomian makro maupun mikro. Hal ini menyebabkan banyak perubahan pada sistem tata kelola. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang terkena imbas dari pandemic COVID-19. Walaupun terkena imbas dari COVID-19, UMKM harus tetap berkembang. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membahas masalah strategi pemasaran di Lateb Jaya. PKM ini ditulis berdasarkan pengalaman, penelitian dan keadaan di Lateb Jaya Bandar Lampung. Permasalahan dan solusi berdasarkan keadaan UMKM juga dibahas pada artikel ini.
PENINGKATAN PENJUALAN DENGAN MAKSIMALISASI STRATEGI PEMASARAN lucyana paradigma mega
COMMENT: Journal of Community Empowerment Vol 1, No 1 (2021): DECEMBER
Publisher : COMMENT: Journal of Community Empowerment

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.719 KB) | DOI: 10.33365/comment.v1i1.50

Abstract

UMKM adalah salah satu kegiatan bisnis yang mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, seperti PDB Nasional serta penyerapan tenaga kerja. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu pertumbuhan UMKM juga dengan cara membantu UMKM dapat mengembangkan bisnisnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukkan untuk membantu UMKM dalam menjalankan bisnisnya dengan baik dengan menerapkan strategi pemasaran, pengelolaan dan manajemen operasional dasar dengan baik. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di salah satu UMKM yang ada di Bandar Lampung yaitu Café Moody_in.Hasil pengabdian ini telah membuktikan terdapat peningkatan kinerja keuangan dan pemasaran pada café moody in.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DALAM PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN USAHA KECIL MENENGAH AJIE FS Clara Verandita
COMMENT: Journal of Community Empowerment Vol 1, No 1 (2021): DECEMBER
Publisher : COMMENT: Journal of Community Empowerment

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.451 KB) | DOI: 10.33365/comment.v1i1.54

Abstract

Abstract             Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are economic business activities carried out by individuals, households or business entities in accordance with applicable regulations. This study aims to discuss financial issues, especially regarding the preparation of financial reports based on SAK EMKM (Financial Accounting Standards for Micro, Small and Medium Entities) for individual companies or Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). This Independent Study Report is written based on experience, research, and field conditions obtained during the Independent Study activity carried out at the Ajie FS Store Bandar Lampung for two months starting from February 11, 2021 to April 12, 2021. The problems faced by MSMEs are: there are some MSMEs who are not familiar with how to prepare financial reports in accordance with applicable regulations. Thus the author will help SMEs in solving the problem by helping the preparation of financial statements. Keywords: UMKM, Financial Reports, SAK EMKM.
PENDAMINGAN DAN PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DI GARAGE AWAN CARBON BANDAR LAMPUNG Lia f Lina; Dian Novita; Ari Setiawan
COMMENT: Journal of Community Empowerment Vol 1, No 1 (2021): DECEMBER
Publisher : COMMENT: Journal of Community Empowerment

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.113 KB) | DOI: 10.33365/comment.v1i1.55

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini untuk membantu UMKM menganalisis aspek pasar menggunakan metode SWOT yang diharapkan mampu memberikan gambaran kelayakan pengembangan bisnis serta memberikan pendampingan pada UMKM dibidang penjualan produk dan jasa di Garage Awan carbon. Bisnis dengan jenis usaha membuat dan memasarkan aksesoris motor, penyediaan bahan baku water transfer printing serta melakukan penerimaan jasa wood panel interior kendaraan. Hasil kegiatan ini memberikan pemahaman dan pelatihan tentang maksimalisasi media digital dan menganalisis masalah serta memberikan solusi untu pengambilan keputusan UMKM agar kinerja bisnis meningkat
ANALISIS DAMPAK PERMASALAHAN PANDEMI COVID-19 PADA UMKM LISA COLLECTION Defia Riski Anggarini
COMMENT: Journal of Community Empowerment Vol 1, No 1 (2021): DECEMBER
Publisher : COMMENT: Journal of Community Empowerment

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.237 KB) | DOI: 10.33365/comment.v1i1.56

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM dalam menumbuhkan semangat bangkit dari keterpurukan dampak pandemi Covid-19 melalui berbagai upaya manajemen pemasaran yang baik. Pengabdian ini dilakukan pada mitra UMKM Lisa Collection yang beralokasi di Mall Boemi Kedaton Jl. Sultan Agung No.1, Kedaton, Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah metode survey ke lokasi usaha dan penyampaian solusi dari permasalahan yang terjadi terkait dengan penurunan penjualan dimasa pandemi, berhentinya permintaan dari pelanggan, sulit mengakses pasar, dan belum memaksimalkan pemasaran online serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, pengelolaan keuangan, pemasaran produk dan penerapan program promosi yang berdampak pada kesejahraan UMKM. Solusi permasalahan yang ditawarkan terkait dengan penurunan penjualan adalah melakukan penjualan melalui media sosial, peningkatan pelayanan, dan kualitas produk juga dapat dilakukan terkait masalah berhentinya permintaan dari pelanggan. Kata kunci: Covid-19, Media Sosial, Peningkatan Pelayanan, Kualitas Produk
IMPLEMENTASI KEWIRAUSAHAAN: PENGOLAHAN PRODUK HASIL PERTANIAN DI DESA KRANGGAN KECAMATAN NGAJUM KABUPATEN MALANG JAWA TIMUR Kristina Sedyastuti
COMMENT: Journal of Community Empowerment Vol 2, No 1 (2022): JUNE
Publisher : COMMENT: Journal of Community Empowerment

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (942.246 KB) | DOI: 10.33365/comment.v2i1.100

Abstract

Kranggan Village is one of the villages in Ngajum District, Malang Regency, East Java Province., There are still a small number of MSMEs and there are still many housewives who have unproductive time. So that this makes one of the good potentials for developing MSME entrepreneurs. Empowerment of Housewives to Improve the Family Economy, most of whom are also farmers with various agricultural products spread across the region.Basically, the purpose of implementing Community Service is to be able to provide new ideas about Entrepreneurship and to motivate housewives who are coordinated as PKK members and youths who are coordinated in the Karang Taruna group in order to open their horizons to carry out entrepreneurial activities.The target to be achieved is to become a creative community and be able to make processed products made from agricultural products such as bananas, cassava, corn, and other products to be used as an idea to become an opportunity for entrepreneurship so that it can increase family income and can use it for entrepreneurship in making food. light.The method of implementing community service is to offer counseling and training and discussions about the process of making snacks. While the implementation of community service in November 2021.The results and outputs targeted by the service are with training to make appropriate products in the form of snacks, the people who take part in the training will become entrepreneurs, especially making snacks so that they can increase their understanding and knowledge about entrepreneurship in making snacks and can improve the family economy. There are 2 mothers who have started a business, namely catering and sewing services through can be used as an example and can motivate other mothers and youth organizations, especially through SMEs using social media as a marketing tool where every training participant has a cellphone/android. Hopefully, this community service can provide new enthusiasm after experiencing the Covid-19 Pandemic and bring the Kranggan village community to be more advanced and prosperous. Meanwhile, the results of the service will also be submitted to the journal of the Community Empowerment Tehnokrat Indonesia University. Keywords: : 1,entrepreneurship,2, processed products, 3,agricultural products, 4,Kranggan Village.
Pemahaman Peluang dan Tantangan Karir di Era digital Bagi Generasi Z di SMA Negeri 1 Natar Lia Febria Lina; Nicky Dwi Puspaningtyas; Putri sukma Dewi
COMMENT: Journal of Community Empowerment Vol 2, No 1 (2022): JUNE
Publisher : COMMENT: Journal of Community Empowerment

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3327.83 KB) | DOI: 10.33365/comment.v2i1.101

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk dapat memberikan pemahaman bagi generasi Z dalam mengahadapi permasalahan dan pemanfaatan sosial media untuk membangun karir di era digital. Kegiatan ini dilakukan di SMA 1 Natar, Lampung selatan. Hasil pengabdian ini para siswa-siswi yang masuk kedalam generasi Z, telah memiliki pemahaman tentang pemanfaatan media sosial dan juga tantangan karir yang dihadapi di era digital. Generasi Z juga telah memahami bahwa mereka perlu belajar bagaimana menjadi kreativitas, inovatif, berpikir kritis, mampu memecahkan masalah dan mampu mengambil keputusan. Hal ini dapat dicapai dengan mengikuti berbagai pelatihan dan organisasi di dalam sekolah.
PENINGKATAN KOMPETENSI GEN Z DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL MELALUI SOSIALISASI LITERASI KEUANGAN DAN PENGGUNAAN BIG DATA ANALISIS Defia Riski Anggarini; Larasati Ahluwalia; Ahmad Ari Aldino
COMMENT: Journal of Community Empowerment Vol 2, No 1 (2022): JUNE
Publisher : COMMENT: Journal of Community Empowerment

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2320.36 KB) | DOI: 10.33365/comment.v2i1.104

Abstract

Pengetahuan mengenai literasi keuangan serta analisis big data merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh semua siswa/siswi yang ada di Indonesia khususnya yang ada di Lampung. Dengan memiliki pengetahuan tersebut di harapkan siswa/siswi dapat memiliki bekal untuk bersaing dalam menghadapi persaingan global. Peningkatan kompetensi yang dimiliki oleh siswa/siswi akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di daerah serta meningkatkan daya saing global. Melalui kegiatan PKM ini, telah terjadi peningkatan kompetensi siswa/siswi SMK Islam Adiluwih Pringsewu yang menjadi sasaran mitra kegiatan ini.
TRAINING AND MENTORING IN PREPARING FINANCIAL STATEMENTS AT BUMDES MERTA SARI Nur Khamisah; Yusnaini Yusnaini; Asfeni Nurullah; Nilam Kesuma; Muhammad Hidayat; Abdul Rohman
COMMENT: Journal of Community Empowerment Vol 2, No 1 (2022): JUNE
Publisher : COMMENT: Journal of Community Empowerment

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4289.833 KB) | DOI: 10.33365/comment.v2i1.72

Abstract

BUMDes is a form of village institution which has activities to carry out economic activities or business to obtain useful benefits for the welfare of the community. The existence of BUMDes is expected to improve the living standards of the surrounding village communities. For that, it is necessary to carry out a good management in its financial management. Meanwhile, the majority of BUMDes BUMDes Merta Sari managements are still not very familiar with Accounting and Financial Statements. Therefore, this activity to the community is carried out with the aim of providing training and mentoring to the BUMDes Merta Sari managements in Banyu Urip Village. After the activity is completed, the managements of the BUMDes Merta Sari’s business unit in Banyu Urip Village have the ability to preparing financial Statements as a form of accountability to members who had invested in the business unit of the BUMDes Merta Sari, and to the managements of Banyu Urip Village.Keywords: BUMDES, Accounting, Financial statement
PENGENALAN DATA DAN LOGIKA: KECERMATAN BERBISNIS JANGKA PANJANG BAGI SISWA/I SMK YADIKA BANDARLAMPUNG Dian Novita; Almira Devita Putri; Sugama Maskar
COMMENT: Journal of Community Empowerment Vol 2, No 1 (2022): JUNE
Publisher : COMMENT: Journal of Community Empowerment

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.418 KB) | DOI: 10.33365/comment.v2i1.89

Abstract

Generasi Z adalah generasi anak-anak dari orang tua yang merupakan Gen millenial , mereka membawa beberapa sifat bawaan Millenial antara lain setia, tegas, bertanggungjawab dan perduli namun bedanya GEN Z lebih memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi serta cenderung untuk berjuang keras demi memperoleh identitas dirinya dan mendapatkan pengakuan dari orang lain (Chillakuri Mahanandia, 2018) dan  Gen Z  juga berkontribusi 85% dari total transaksi (KIC-Kredivo, 2020). Lebih lanjut, pemerintah saat ini tengah fokus dalam pemulihan ekonomi nasional yang turun karena pandemik Covid-19 yang belum mereda. Generasi Z yang diharapkan menjadi bonus demografi tenaga kerja beberapa tahun kedepan, sebaiknya sebagaimana dalam penelitian Mahanandia yang menyarankan bahwa bakat GEN Z perlu dikembangkan, oleh karena itu sangat tepat untuk membekali siswa/I SMK yang faktanya merupakan GEN Z dengan motivasi pengembangan potensi diri untuk menjalankan bisnis  di era digital dan  juga mengasah logika berfikirnya dengan statistik sebagai alat analisis bisnis.  Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan membuka wawasan siswa/i untuk mengenali potensi diri, membangun bisnis yang berawal dari hobi sendiri, serta memperkenalkan siswa pada data statistic. Tidak hanya itu saja, melalui kegiatan ini siswa juga akan  diajarkan bagaimana cara membangun bisnis di era digital, dengan demikian diharapkan siswa memiliki daya saing yang baik serta mampu berkontribusi tidak hanya  untuk diri sendiri dan keluarga, namun masyarakat sekitarnya

Page 1 of 2 | Total Record : 14