Scriptura : Jurnal Ilmiah
Jurnal Ilmiah Scriptura is published biannually, in January and July, by Petra Christian University. Jurnal Ilmiah Scriptura aims to promote a comprehensive approach to communication incorporating viewpoints of different disciplines, strengthen academic exchange with other institutions, and encourage scientist, practicing engineers, and others to conduct research and other similar activities. Jurnal Ilmiah Scriptura welcomes papers with the above aims and scopes. The editorial board decides papers to be published in Scriptura after review by reviewers appointed by the board. Authors will be advised of reviewers comments and suggestions.
Articles
63 Documents
PELAKSANAAN PROGRAM INTERNSHIP DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI – UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA)
Dian Nugraheni;
Lina Sinatra Wijaya
Scriptura Vol. 7 No. 2 (2017): DECEMBER 2017
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (373.51 KB)
|
DOI: 10.9744/scriptura.7.2.47-56
Program Internship merupakan kegiatan yang dibuat bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmunya serta mendapatkan pengalaman kerja di dunia nyata. Program internship dapat diterapkan untuk meningkatkan citra pada sebuah lembaga pendidikan. Dengan pesatnya persaingan antar lembaga pendidikan, maka setiap lembaga pendidikan berupaya mendapatkan citra positif untuk meningkatkan eksistensi, serta nilai jual kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh program internship dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan yang bersangkutan, sehingga berdampak pada peningkatan jumlah mahasiswa yang melaksanakan internship di tempat terkait. Objek penelitian ini adalah melihat program internship yang dilakukan oleh Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara mendalam dan wawancara sistematik. Hasil penelitian ini menunjukan program internship dapat meningkatkan citra positif dari lembaga pendidikan. Citra terbentuk dari ketrampilan hard skill dan soft skill yang dimiliki oleh mahasiswa, dan juga dari tanggung jawab, kreatifitas, kerja secara professional, serta sikap inisiatif yang mengarah pada kepuasan kerja dan akan membentuk loyalitas kepada perusahaan. Citra positif pada program internship nantinya akan berpengaruh pada peningkatan jumlah mahasiswa yang diterima oleh instansi/lembaga untuk melaksanakan internship di tempat terkait. Citra positif juga berpengaruh kepada kepercayaan dari instansi/lembaga untuk melakukan kerja sama dalam program internship dengan lembaga pendidikan tersebut, serta menawarkan pekerjaan terhadap mahasiswa tersebut setelah lulus.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KRISTEN KOMUNIKATIF DI SEKOLAH DASAR KRISTEN: SEBUAH KAJIAN KONSEPTUAL
Romirio Torang Purba
Scriptura Vol. 7 No. 2 (2017): DECEMBER 2017
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (130.636 KB)
|
DOI: 10.9744/scriptura.7.2.57-62
Sekolah Kristen adalah lembaga yang menjunjung tinggi nilai-nilai alkitabiah dalam pelaksanaan aktivitas pendidikan. Ia tidak sama dengan sekolah sekular atau sekolah religius lainnya. Ia dipandang sebagai institusi yang berfokus pada pemberitaan Injil dan hidup dari Injil itu sendiri. Tapi persoalannya, beberapa kasus menunjukkan bahwa siswa kurang tertarik dengan dengan apa yang diimani guru. Penyelenggara pendidikan kelihatannya tidak menunjukkan komunikasi multi-arah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Pendidikan Kristen yang komunikatif di SD Kristen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup tiga langkah: tahap orientasi, tahap eksplorasi, dan tahap terfokus. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan kegiatan reduksi data, penyajian data, interpretatif data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Kristen komunikatif di SD Kristen mencakup hal-hal sebagai berikut: (1) setiap orang yang menjadi guru di SD Kristen harus mengalami “kelahiran kembali” sebagai prasyarat dalam menerapkan pendidikan Kristen yang komunikatif di sekolah dasar Kristen; (2) Menggunakan metode cerita (kisah Alkitab/inspirasional Kristen) yang dirangkai dengan kalimat-kalimat sistematis serta melibatkan unsur emosi/perasaan sebagai bagian dari perwujudan penghayatan kisah itu sendiri; (3) Menggunakan metode kelompok kecil sebagai ruang bagi setiap siswa untuk menceritakan kisahnya sendiri kepada guru atau siswa lainnya; (4) Menggunakan instrumen penilaian yang memberikan kepada masing-masing siswa kesempatan untuk mengonfirmasi pengalaman dirinya dengan Tuhan secara tertulis kepada guru sebagai pengomunikasian hasil belajar yang dicapainya setelah melewati pengalaman dari Pendidikan Kristen
DILEMA REPORTER TELEVISI SAAT MELAKUKAN KEGIATAN JURNALISTIK DALAM KEBERADAAN KONGLOMERASI MEDIA
Josua Reno N.S.R.;
Desi Yoanita;
Chory Angela Wijayanti
Scriptura Vol. 7 No. 2 (2017): DECEMBER 2017
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (246.409 KB)
|
DOI: 10.9744/scriptura.7.2.63-70
Dalam melakukan kegiatan jurnalistik, seorang reporter televisi diharuskan untuk memberitakan sesuatu yang bersifat objektif dan ia harus bersifat independen. Hal ini diatur dalam kode etik jurnalistik yang selama ini menjadi pedoman bagi jurnalis Indonesia dalam melaksanakan tugasnya. Namun peneliti menemukan, keberadaan konglomerasi media di Indonesia rupanya berdampak pada keobjektifan sebuah berita. Pada kenyataannya, ideologi perusahaan pers rupanya kadang-kadang tidak sama dengan ideologi jurnalis yang tertuang dalam kode etik jurnalistik. Hal ini cenderung membuat seorang seorang reporter televisi merasa bingung dengan posisinya. Kondisi seperti ini menimbulkan dilema dalam diri reporter. Untuk mengetahui pengalaman dilema tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi
ADAPTASI BUDAYA OLEH MAHASISWA INTERNASIONAL: PERSPEKTIF KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA
Titi Nur Vidyarini
Scriptura Vol. 7 No. 2 (2017): DECEMBER 2017
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (347.153 KB)
|
DOI: 10.9744/scriptura.7.2.71-79
Komunikasi lintas budaya berlangsung ketika terjadi interaksi antara seorang individu dengan latar belakang budaya tertentu dengan individu lain yang berasal dari budaya yang berbeda. Mahasiswa internasional yang menjalankan pendidikan di universitas di luar negaranya harus mengalami penyesuaian dengan kultur yang berbeda. Komunikasi lintas budaya menjadi salah satu kunci penting dalam proses penyesuaian. Penelitian ini mengeksplorasi pengalaman tiga mahasiswa internasional di Universitas Kristen Petra. Pendekatan kualitatif metode fenomenologi digunakan untuk mendalami sudut pandang mahasiswa dalam interaksi mereka dengan budaya Indonesia di Surabaya. Melalui penelitian ini, peneliti menemukan adanya beberapa elemen penting yang perlu dimiliki mahasiswa internasional yakni hasil didikan keluarga, motivasi saat berinteraksi, perilaku komunikasi dan strategi komunikasi lintas budaya. Selain itu, ada faktor yang memengaruhi kemampuan mahasiswa yakni motivasi mahasiswa sebelum berinteraksi, pengetahuan komunikasi, kesan pelaku dan interaksi dengan sistem sosial
EFEKTIVITAS IKLAN BRIGHTON DI JAWA POS PADA MASYARAKAT SURABAYA
Geraldina Kumala;
Felicia Goenawan;
Vita Monica
Scriptura Vol. 7 No. 2 (2017): DECEMBER 2017
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (326.732 KB)
|
DOI: 10.9744/scriptura.7.2.80-88
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas iklan Brighton pada masyarakat Surabaya. Brighton sebagai salah satu perusahaan agen properti terkemuka di Surabaya, memasang iklan pada Iklan Jitu Jawa Pos sejak tahun 2011. Iklan tersebut adalah iklan kartu nama agen Brighton dan iklan daftar properti Brighton. Efektivitas kedua iklan ini diukur dengan metode Customer Response Index (CRI). Untuk mengetahui bagaimana efektivitas kedua iklan tersebut, peneliti melakukan penelitian kuantitatif deskriptif, dan menggunakan metode survei dengan membagikan kuesioner. Iklan dikatakan efektif jika memenuhi tahapan komunikasi dan tujuan perusahaan. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa baik iklan kartu nama agen maupun iklan daftar properti efektif
PENELITIAN SEJARAH RELASI PUBLIK: KONSEP DAN METODOLOGI
Astri Yogatama
Scriptura Vol. 8 No. 1 (2018): JULY 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (341.213 KB)
|
DOI: 10.9744/scriptura.8.1.1-6
Para sejarawan menggunakan penelitian sejarah untuk merekam praktik relasi publik yang pernah terjadi dalam berbagai konteks dari masa ke masa atau fokus pada kejadian tertentu. Namun demikian jumlah penelitian sejarah relasi publik tidak berkembang sepesat kebutuhan akan pengembangan konsep relasi publik maupun strategi komunikasinya, maupun jika dibandingkan dengan perkembangan ilmu sosial lainnya. Untuk itu dipandang perlu penelitian sejarah diaktifkan dalam ranah relasi publik, melalui beberapa tahapan dalam metodologinya. Tahapan itu meliputi penetapan fenomena relasi publik, perumusan masalah, penetapan hipotesa, penentuan metode penelitian, pengumpulan data, uji validitas dan reliabilitas, analisa data dan penyusunan laporan. Di balik keterbatasan penelitian sejarah dalam hal pengumpulan data primer dan subyektivitas sejarawan, diharapkan penelitian sejarah akan memberikan dasar pengembangan konsep baru dalam dunia relasi publik dan strategi komunikasi yang lebih komprehensif
REPRESENTASI ORIENTALISME DALAM VIDEO MUSIK THIRTY SECONDS TO MARS FROM YESTERDAY
Dibba Nugroho;
Judy Djoko Wahjono Tjahjo;
Megawati Wahjudianata
Scriptura Vol. 8 No. 1 (2018): JULY 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (513.678 KB)
|
DOI: 10.9744/scriptura.8.1.7-13
From Yesterday merupakan video musik milik grup band asal Amerika, Thirty Seconds to Mars. Video musik ini merupakan video musik dari Amerika pertama yang melakukan proses shooting di hadapan rakyat Republik Cina dan mengambil lokasi di Forbidden City. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana orientalisme digambarkan dalam video musik “From Yesterday”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika John Fiske dengan 3 level, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan tanda dan lambang dalam video musik tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa bangsa Timur digambarkan sebagai sosok yang inferior dalam video musik ini. Hal tersebut terlihat dari bagaimana tanda dan lambang yang ada dalam video menunjukkan adanya pertanda: 1) Dominasi Barat terhadap Timur, 2) Stereotype Timur dari pandangan Barat yang semakin dikokohkan, dan 3) Pengabaian sejarah dari budaya-budaya Timur yang ada. Ideologi yang ditemukan peneliti dalam penelitian ini adalah ideologi ras
STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA DI KABUPATEN BANYUMAS
Prabawati Yusandra Maudyakasih;
Reni Nuraeni
Scriptura Vol. 8 No. 1 (2018): JULY 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (234.722 KB)
|
DOI: 10.9744/scriptura.8.1.14-21
Kabupaten Banyumas memiliki banyak potensi wisata untuk dibangun dan dikembangkan menjadi daerah wisata dan festival kebudayaan. Untuk itu diperlukan strategi komunikasi untuk merencanakan dan manajemen komunikasi agar masyarakat datang berwisata ke Kabupaten Banyumas. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi dalam meningkatkan pariwisata di Kabupaten Banyumas. Objek penelitian dilakukan pada DINPORABUDPAR Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan model strategi komunikasi menurut Cangara. Paradigma penelitian yang digunakan merupakan paradigma konstruktivis. Hasil penelitian menemukan bahwa DINPORABUDPAR Kabupaten Banyumas mencari fakta mengenai lingkungan atau latar belakang masyarakat kemudian melakukan riset bedasarkan teori-teori yang ada; membentuk tim PPID dan mengikutsertakan para Blogger lokal untuk ikut mempromosikan wisata yang ada melalui media online; memposting konten mengenai wisata yang ada di Kabupaten Banyumas; mengukur jumlah wisatawan yang datang disetiap objek wisata dan event; setiap objek wisata memberikan laporan untuk dilakukan perekapan data untuk laporan jumlah wisatawan di setiap tahunnya
PENGARUH CAUSE RELATED MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND TRUST PADA BIRO TRAVEL ONLINE
Surra Man Ra Ani
Scriptura Vol. 8 No. 1 (2018): JULY 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (444.396 KB)
|
DOI: 10.9744/scriptura.8.1.22-29
Penggunaan media online yang semakin meningkat membuat biro travel beralih menjadi biro travel online dengan menggunakan media online sebagai media pemasaran. Salah satu biro travel online yang diteliti dalam penelitian ini adalah biro travel online ranijourney.com yang menggunakan cause related marketing sebagai metode pemasaran paket wisata yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh cause related marketing terhadap brand image dan brand trust pada biro travel online ranijourney.com. Teori yang digunakan adalah Social Judgement Theory dengan konsep Cause Related Marketing, Brand, Brand Image dan Brand Trust. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data regresi dan analisis jalur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 orang yang telah mengikuti program “Journey For The Hope” ranijourney.com tahun 2017. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh cause related marketing terhadap brand image, cause related marketing terhadap brand trust, brand image terhadap brand trust dan cause related marketing terhadap brand trust melalui brand image pada sebuah biro travel online
POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PDI PERJUANGAN DALAM PROSES KADERISASI DI DPC KABUPATEN SIDOARJO
Ni Kadek Defvin Setyawati;
Gatut Prijowidodo;
Inri Inggrit
Scriptura Vol. 8 No. 1 (2018): JULY 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (408.228 KB)
|
DOI: 10.9744/scriptura.8.1.30-40
Kaderisasi merupakan kewajiban bagi setiap partai. DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sidoarjo menjalankan kaderisasinya tidak hanya pada kegiatan formal namun juga pada kegiatan informal yang membuat proses kaderisasinya semakin efektif dibandingkan dengan DPC lainnya. Melihat keefektivitasan kaderisasi tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi organisasi yang terjadi selama proses kaderisasi. Penelitian dilakukan dengan metode fenomenologi kualitatif. Data diperoleh melalui dokumen dan wawancara mendalam dengan tiga informan. Hasil penelitian menunjukkan DPC Kabupaten Sidoarjo melakukan tiga pola komunikasi organisasi yaitu, pola komunikasi formal, pola komunikasi informal dan pola komunikasi socialization mechanism. Penelitian ini juga menemukan hambatan yang ada dalam proses kaderisasi yaitu, kurangnya sarana dan prasarana yang diperlukan dalam komunikasi untuk mengatasi rentang usia yang jauh; penguasaan teknik dan metode komunikasi yang tidak sesuai, sehingga beberapa pengurus dan kader tidak menguasai media yang digunakan; kondisi fisik kader yang sudah berusia lanjut tidak memungkinkan untuk menerima informasi secara sempurna