cover
Contact Name
Fansuri Munawar
Contact Email
jbme@widyatama.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jbme@widyatama.ac.id
Editorial Address
Editorial Office: Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi 2nd Floor C, Faculty of Business and Management, Universitas Widyatama Street of Cikutra No. 204A, Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi
Published by Universitas Widyatama
ISSN : 16938305     EISSN : 27975444     DOI : https://doi.org/10.33197/jbme
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi (JBME) diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama. Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi (JBME) merupakan wadah untuk publikasi artikel yang memuat tentang ide, gagasan, hasil penelitian, kegiatan pengabdian kepada masayarakat, kajian pustaka dan inovasi lainnya yang berkaitan pada bidang ilmu manajemen bisnis, manajemen sumber daya manusia, kewirausahaan dan sains lainnya
Articles 69 Documents
ANALISA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PENGIRIMAN SURAT POS BIASA DI PT POS INDONESIA BANDUNG Aditia Sovia Pramudita
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 17 No. 2 (2019): Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.808 KB)

Abstract

PT Pos Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) salah satu bisnis usaha yang dijalankan yaitu dalam bidang jasa pengiriman baik itu barang, dokumen, surat maupun uang. Saat ini PT Pos Indonesia (Persero) telah memiliki 11 kantor regional yang tersebar diseluruh indonesia, salah satunya yaitu Bandung, kantor Pos Asia Afrika Bandung merupakan Kantor Pemeriksa Bandung, pendapatan yang diperoleh oleh kantor Pos Asia Afrika Bandung tidak mencapai target yang telah ditetapkan diliat dari data transaksi 2 tahun kebelakang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penyebab keputusan pembelian pada produk surat pos biasa di Kantor Asia Afrika Bandung. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel brand image dan keputusan pembelian, pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner pada para pengguna jasa Pos Asia Afrika Bandung. Untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji validitas, dan reliabilitas, uji multikolinear serta uji regresi logistik.
IMPLEMENTASI PENYALURAN KREDIT MIKRO DALAM POJK NOMOR 19/POJK.03/2014 TENTANG LAYANAN KEUANGAN TANPA KANTOR (LAKU PANDAI) DI SEKTOR PERBANKAN GUNA MEWUJUDKAN KEUANGAN INKLUSIF Cut Sabina Anasya Zulkarnain; Lastuti Abubakar; Tri Handayani
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 17 No. 2 (2019): Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.085 KB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang lebih dikenal dengan UMKM mempunyai peranan yang strategis dalam pembangunan ekonomi domestik, karena terbukti berhasil menyumbang angka yang besar terhadap PDB. Menyerap banyak tenaga kerja dan berperan dalam pertumbuhan ekonomi daerah karena lokasinya yang tersebar hingga ke pelosok daerah. POJK Nomor 19/POJK.03/2014 tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor telah disahkan sejak tahun 2014 untuk salahs atunya mendukung perkembangan UMKM dari segi permodalan yang merupakan salah satu kendala perkembangan UMKM di pelosok daerah saat ini, namun hingga saat ini tahun kelima POJK Laku Pandai berjalan, OJK mengklaim penyaluran kredit mikro ini belum optimal. Hal ini berimplikasi kepada belum terpenuhinya target Keuangan Inklusif di Indonesia yang menetapkan UMKM menjadi salah satu sasaran utama dalam Strategi Nasional Keuangan Inklusif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi POJK Nomor 19/POJK.03/2014 tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam hal penyaluran kredit mikro sehingga diharapkan dapat mengubah pandangan masyarakat bahwa Laku Pandai bukan hanya sebatas layanan simpanan, pembayaran atau bertransaksi namun lebih dari itu, Laku Pandai jika dikelola dengan tepat juga mampu menjadi pionir keuangan inklusif bagi UMKM di Indonesia dan masyarakat secara umum. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah yuridis normatif. Hasil penelitian adalah minimnya penyaluran kredit mikro Laku Pandai disebabkan oleh minimnya edukasi Agen dan UMKM masih belum memenuhi kriteria penilaian pengajuan kredit, karena Bank tetap harus memperhatikan prinsip kehati-hatian sebagaimana amanat Pasal 8 Undang-Undang Perbankan.
PENGARUH ADVERTISING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP BUYING INTEREST (STUDI PADA HOTEL DAUN HIJAU SUKABUMI) Budhy Darmawan; Gita Nurfitrianti
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 17 No. 2 (2019): Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1299.524 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Advertising (X1) dan Service Quality (X2) terhadap Buying Interest (Y) di Hotel Daun Hijau Sukabumi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari membagikan kuesioner tentang Advertising, Service Quality, dan Buying Interest kepada 109 responden. Teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel Advertising (X1) berpengaruh signifikan terhadap Buying Interest (Y), sedangkan variabel Service Quality (X2) berpengaruh signifikan terhadap Buying Interest (Y).
IDENTIFIKASI POTENSI EVENT VENUE DALAM MENDUKUNG KEGIATAN MICE DI KOTA BANDUNG Desy Oktaviani
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 17 No. 2 (2019): Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.883 KB)

Abstract

Kota Bandung mempunyai keragaman potensi daya tarik dan aktivitas wisata baik alam, budaya maupun kegiatan khusus (special event) sehingga menjadi destinasi wisata MICE yang cukup prospektif. Pengembangan potensi event venue mempunyai peran besar dalam mendukung kegiatan MICE di kota Bandung. Adapun fokus penelitian ini adalah kegiatan wisata MICE, elemen pariwisata pendukung dan kebijakan terkait pengembangan kegiatan MICE di kota Bandung. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengindentifikasi potensi event venue dalam mendukung kegiatan MICE di kota Bandung. Pengumpulan data premier diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap pengelola hotel bintang 3, 4 dan 5 serta Exhibition Hall. Selanjutnya wawancara mendalam terhadap pemerintah dan stakeholder untuk mengetahui sejauhmana kebijakan dan pengelolaan kegiatan MICE termasuk kendala-kendala yang dihadapai. Penelitian ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas terkait potensi kegiatan MICE serta dapat berkontribusi dari segi ekonomi maupun penyediaan lapangan kerja yang sangat besar bagi masyarakat. Selain itu, penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan masukan bagi pihak-pihak terkait terutama para pengambil kebijakan yang akan mengembangakan kegiatan MICE. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kota Bandung memenuhi kriteria destinasi kegiatan MICE skala ukuran kecil dan menengah dengan kisaran peserta 20 hingga 200 orang. Dari sisi elemen penunjang pariwisata, kota Bandung sudah siap untuk penyelenggaraan kegiatan MICE yang didukung oleh pemerintah melalui pengembangan destinasi wilayah Bandung Timur.
PENGARUH LEVERAGE, SIZE, DAN GROWTH TERHADAP RETURN ON EQUITY (STUDI KASUS PADA INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DALAM BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2014-2018) Gita Genia Fatihat
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 17 No. 2 (2019): Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (982.546 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, size dan growth terhadap kinerja keuangan. Kinerja keuangan yang digunakan yaitu metode ROE dengan sistem dupont. Populasi penelitian yaitu perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar untuk periode 2014 sampai 2018. Sampel penelitian yaitu 15 perusahaan makanan dan minuman yang memenuhi kriteria pemilihan. Metode penulisan ini adalah deskriptif dan verifikatif, metode untuk mendeskripsikan variabel penelitian dan menjelaskan pengaruh antara variabel Dengan pengujian hipotesis. Teknik analisis data adalah model data panel, menggunakan uji F dan uji T. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa DER, size dan growth berpengaruh secara simultan terhadap ROE sebesar 69,73%. Leverage tidak memiliki berpengaruh signifikan terhadap ROE, size berpengaruh signifikan terhadap ROE, dan growth berpengaruh tidak signifikan terhadap ROE. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel lainnya, seperti kebijakan pendanaan, struktur kepemilikan, modal intelektual dan good corporate governance. Penelitian selanjutnya dapat mengambil sampel di sektor lain, seperti sektor keuangan dan asuransi, sektor jasa, sektor properti, atau sektor industri. Penelitian ini membantu perusahaan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan, dan untuk para investor yang ingin menanamkan modalnya di sebuah perusahaan. Beberapa penelitian terdahulu menghasilkan kesimpulan yang berbeda untuk setiap variabel, sehingga dengan melakukan penelitian ini dapat memperkuat hasil penelitian sebelumnya yang memiliki variabel yang sama
PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN NON PERFORMING FINANCING TERHADAP PEMBIAYAAN PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2011-2017 Nur Halimah; Francisca Kristiastuti; Utari Kartika Sari
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 17 No. 2 (2019): Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (784.898 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Non Performing Finance terhadap pembiayaan Bank Umum Syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan bersifat asosiatif dengan menggunakan menggunakan data time series tahun 2011 hingga 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dana Pihak Ketiga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan, sedangkan Non Performing Finance berpengaruh secara tidak signifikan terhadap pembiayaan. Pengaruh secara simultan menunjukkan bahwa Dana Pihak Ketiga dan Non Performing Finance berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan.
PENGARUH MAKRO EKONOMI TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN PERIODE 2016 ? 2018 Reva Yuliani
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 17 No. 2 (2019): Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.045 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor makro ekonomi yaitu Inflas, Kurs, SBI dan Jumlah Uang Beredar terhadap IHSG. Pada tahun 2017 tingkat inflasi meningkat seharusya IHSG cenderung turun pada kenyataannya IHSG meningkat. Jenis penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini data time series periode 2016-2018. Hasil penelitian menunjukkan Variabel inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap IHSG. Variabel Jumlah Uang Beredar berpengaruh positif dan signifikan terhadap IHSG. Variabel kurs sebesar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IHSG. Variabel SBI berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IHSG. Variabel Inflasi, Kurs, SBI dan Jumlah Uang Beredar berpengaruh secara Simultan terhadap IHSG. Variabel makro ekonomi yang digunakan di dalam penelitian ini dapat menjelaskan IHSG sebesar 91% sedangkan sisa nya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Sebaiknya investor sebelum meutuskan untuk berinvestasi harus mempertimbangkan juga variabel makro ekonominya. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya menambahkan variabel Jumlah Saham yang Beredar karena merupakan faktor makro ekonomi.
STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM KEGIATAN REHABILITASI DAN REKONSTRUKSI SEKTOR PERMUKIMAN PASCA BENCANA BANJIR (Studi Deskriptif Masyarakat Korban Banjir Di Sepanjang DAS Cimanuk Kabupaten Garut) Santy Sriharyati; Meli Siagawati; Dewi Reniawaty
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 17 No. 2 (2019): Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (821.38 KB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan strategi komunikasi persuasif dalam pendampingan masyarakat korban bencana banjir Sungai Cimanuk Kabupaten Garut. Keberhasilan dari penelitian ini diharapkan berguna untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif dalam pendampingan masyarakat banjir dan pihak stakeholder mengetahui bagaimana komunikasi persuasif yang efektif supaya masyarakat siap dipindahkan dari lokasi lama ke lokasi permukiman baru. Penelitian ini studi memfokuskan tentang strategi komunikasi persuasif pada pendampingan masyarakat korban bencana banjir Sungai Cimanuk Kabupaten Garut dengan lokasi penelitian di Masyarakat Korban Banjir Daerah Aliran Sungai Cimanuk Kabupaten Garut yang termasuk dalam Surat Keputusan Bupati Nomor 360/Kep.729.Disperkim/2017. Populasi penelitian ini, difokuskan kepada masyarakat korban bencana banjir di sepanjang Cimanuk.Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara terstruktur menggunakan kuesioner. Pada tahap pengolahan data menggunakan SPSS.Hasil penelitian menunjukan bahwa peran tim pendamping mempunyai peran penting dalam strategi komunikasi persuasif.
PENGENDALIAN KUALITAS STARTER CLUTH DALAM UPAYA MENGURANGI PRODUK DEFECT DI PT XYZ :PENDEKATAN DMAIC Somadi .; Usnandi .
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 17 No. 2 (2019): Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1117.327 KB)

Abstract

PT XYZ merupakan perusahaan di bidang manufaktur yang bergerak di sektor pembutan suku cadang, salah satunya adalah starter clutch. Dalam pembuatan starter clutch terdapat permasalahan yakni terjadinya defect. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya defect dan tindakan perbaikan guna meminimalisir defect yang terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan DMAIC (define, measure, analyze, improve, and control). Data yang digunakan yakni jumlah produksi dan jumlah defect yang terjadi pada bulan Januari 2018 sampai Juni 2018. Pada tahap define menggunakan diagram SIPOC, tahap measure menggunakan critical to quality dan diagram pareto, tahap analyze menggunakan diagram fishbone, tahap improve memberikan rekomendasi tindakan perbaikan untuk mengurangi defect, dan tahap control yakni tata cara melakukan control. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh informasi bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya defect yakni terdapat burry di mesin, machine trouble, penempatan material pada mesin tidak pas, ukuran plate terlalu besar, ketidaktelitian karyawan, serta drop parts akibat kesalahan handling dan box yang rusak. Sementara itu upaya perbaikan yang dapat dilakukan antara lain melakukan pemeriksaan dan pembersihan mesin sebelum memulai produksi, memperbaharui jadwal pergantian untuk spare parts yang mengalami aus pada saat produksi, melakukan training tentang prosedur proses produksi, melakukan inspeksi terhadap ukuran plate yang diterima dari supplier, melakukan monitoring terhadap jam kerja operator produksi starter clutch, menyediakan alat bantu untuk membawa parts dalam jumlah yang sedikit, serta melakukan pengecekan terhadap box material. sebelum diisi material dan mengisi material sesuai dengan jumlah yang ditentukan
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SMARTPHONE ADVAN DI CIKARANG, BEKASI TAHUN 2019 Wiji Safitri; Surya Bintarti; Roy Adam Kafabih
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 17 No. 2 (2019): Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1002.79 KB)

Abstract

Kebutuhan komunikasi pada perkembangan dunia modern dan globalisasi saat ini adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat. Salah satu Smartphone yang ikut andil dalam dunia komunikasi adalah Advan yang merupakan merek lokal. Dalam beberapa kuartal, market share Advan mengalami penurunan sebesar 3%, dari kuartal kedua 2017 ke kuartal kedua 2018. Menurut data, Citra merek Advan tidak masuk ke dalam Top Brand Index tahun 2018, kemudian dari segi kualitas dan harga apabila dibandingkan dengan kompetitor sejenis, tidak masuk dalam daftar smartphone dengan kualitas terbaik dan harga murah. Selain itu, penjulan smartphone Advan turun pada tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli Advan khususnya untuk Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan teori Keputusan pembelian, Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan jenis penelitian verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang memakai smartphone Advan di Cikarang Bekasi. Penentuan jumlah sampel dengan rumus Cochran sehingga diperoleh sampel sejumlah 96 responden. Data disebarkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik sampling yang dipergunakan adalah nonprobability sampling