cover
Contact Name
Fansuri Munawar
Contact Email
jbme@widyatama.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jbme@widyatama.ac.id
Editorial Address
Editorial Office: Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi 2nd Floor C, Faculty of Business and Management, Universitas Widyatama Street of Cikutra No. 204A, Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi
Published by Universitas Widyatama
ISSN : 16938305     EISSN : 27975444     DOI : https://doi.org/10.33197/jbme
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi (JBME) diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama. Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi (JBME) merupakan wadah untuk publikasi artikel yang memuat tentang ide, gagasan, hasil penelitian, kegiatan pengabdian kepada masayarakat, kajian pustaka dan inovasi lainnya yang berkaitan pada bidang ilmu manajemen bisnis, manajemen sumber daya manusia, kewirausahaan dan sains lainnya
Articles 69 Documents
PENGARUH DIKLAT, PEMBELAJARAN ORGANISASI DAN PENEMPATAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Sensus pada Anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Tasikmalaya) Pictor Hasudungan Sitorus; H. Kartawan; Dedi Rudiana
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 21 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.745 KB) | DOI: 10.33197/jbme.vol21.iss1.2023.1048

Abstract

The objective of this research was to describe and analyze the influence of training, organizational learning, and placement toward performance. The method used was survey method with quantitative approach. The sample size was 71 Respondents that were an officer of Satreskrim Polres Tasikmalaya with the saturated sampling technique that gived an opportunity to all member of population as a sampel member. The data was collected by observation technique and questioner. Data Analysis technique used was path analysis. The result indicated that training, organizational learning and placement has significant effect on employee’s performances partially and simultaneously.
LITERATURE REVIEW : PENGARUH BIAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTOR DALAM BERINVESTASI SAHAM Dennis Alexander Joedono; Evelyn
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 21 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.805 KB) | DOI: 10.33197/jbme.vol21.iss1.2023.1049

Abstract

Bias is a tendency for prediction errors (Shefrin, 2007). Investment decision bias is a deviation from the right and optimal decision making process because some investors do not study their own psychology (Halofina, 2021). This study aims to determine what biases are the most frequently studied and the most influential on stock investment decisions in Indonesia. The method used in this research is literature review. There are 50 studies published in the range of 2017 - 2022 that are reviewed in this study. The results showed that in general, the most frequently studied biases were overconfidence bias (significance 84%), herding bias (significance 65%), representativeness bias (56%). If devided by the age of the respondends, the biases that most frequently studied among young investors are herding bias (significance 50%), overconfidence bias (significance 83%) and regret aversion bias (significance 60%). Among student investors, the most frequently studied biases are overconfidence bias (significance 75%), herding bias (significance 63%), and representativeness bias (significance 80%). The results of this study are expected to be a reference for further research that discusses stock investment decision bias.
PENGARUH BEBAN KERJA DAN TURNOVER TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN LINE 2 G2RN PT OMRON MANUFACTURING OF INDONESIA Syntiya Ameliya
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 20 No. 1 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.265 KB) | DOI: 10.33197/jbme.vol20.iss1.2022.1050

Abstract

Produktivitas kerja merupakan suatu kemampuan untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan suatu output atau hasil kerja sesuai dengan mutu yang ditetapkan, namun sering kali terdapat hambatan yang menyebabkan tujuan perusahaan kurang tercapai. Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda terhadap sumber daya manusianya agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh beban kerja dan turnover tehadap produktivitas karyawan line 2 G2RN PT Omron Manufacturing of Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan jumlah populasi 35 responden, penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer meliputi wawancara, observasi dan kuesioner dan juga data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji parsial nilai t hitung 8,165 > t tabel 2869, maka dapat disimpulkan bahwa beban kerja berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas sedangkan turnover berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas dibuktikan dengan t hitung 2,909 > t tabel 2869.
PENGARUH KEPUASAAN KONSUMEN ATAS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MNC PLAY KOTA BANDUNG) Reza Satria Hadikusuma; Deden Novan Setiawan Nugraha
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 20 No. 1 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.881 KB) | DOI: 10.33197/jbme.vol20.iss1.2022.1051

Abstract

Perkembangan teknologi di Era Modern saat ini memiliki dampak yang sangat besar bagi suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.pasar yang akan semakin terbuka luas, tetapi persaingan akan semakin kentar antar sama lain dan akan sulit untuk diprediksi. Di Era Modern saat ini teknologi khususnya internet sudah menjadi kebutuhan bagi umat manusia saat ini bagi setiap kalangan masyarakat menggunakan terbukti dengan Tingginya penggunaan internet di saja Pada tahun 2021 penggunaan banyaknya pemakai internet di Indonesia berjumlah 202,6 juta. Penelitian ini memiliki sebesar 149 responden yang diambil dari konsumen yang sedang berlangganan MNC Play Bandung khususnya untuk Kota Bandung TImur. Jenis penelitian yang akan digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih.Sebuah Kualitas Pelayanan adalah tingkat kelebihan diharapkan atas pengendalian tingkat keunggulan tersebut memenuhi keinginan konsumen Dan juga mengatasi variabel di peneliti ini digunakannya uji validasi, uji linear berganda, uji F, UJi T dan Uji koefisien determinasi Berdasarkan dari hasil dari analisis Linear berganda dalam penelitian ini penulis untuk judul “ Pengaruh Kepuasaan Konsumen atas Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen MNC Play Bandung” variabel Kepuasaan Konsumen (X1) & kepuasaan konsumen ( X2) terhadap loyalitas konsumen (Y) memiliki nilai persamaan Y= 1,155 + 0,423X1 + 0,415 X2. Dan Hasil Pengujian Hipotesis Uji F memiliki hasil Fhitung 41,087 > Ftabel 3,94, Maka dapat disimpulkan Kepuasaan Konsumen (X1) dan Kualitas Pelayanan (X20 itu berpengaruh terhadap Loyalitas konsumen (Y) untuk sebuah untuk perusahaan MNC Play Bandung
PENGARUH KOMPENSASI LANGSUNG DAN PEMELIHARAAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN ET CETERA RESTAURANT BANDUNG SELAMA PERIODE 2021-2022 Iqvan Yumuda; Darwis Agustriana
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 20 No. 1 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.251 KB) | DOI: 10.33197/jbme.vol20.iss1.2022.1052

Abstract

Selama pandemi Covid-19 tercatat lebih dari 500 restaurant dan café di kota bandung tutup yang disebabkan penurunan pendapatan yang sangat drastic sebanyak 90%. Penelitian ini mengenai pemberian kompensasi, pemeliharaan yang dilakukan perusahaan, dan dampaknya terhadap kepuasan kerja yang dirasakan oleh karyawan Et Cetera Restaurant selama periode 2021-2022. Metode penelitian yaitu metode kuantitatif dan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan Et Cetera Restaurant. Teknik pegambilan sampel adalah teknik sampling total yaitu mengambil keseluruhan jumlah karyawan yang berjumlah 30 orang. Metode analisis datamenggunakan analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikansi sebesar 5% dengan analisis data pada menggunakan software SPSS ver.25. Hasil analisis deskriptif menjelaskan bahwa kompensasi langsung memiliki hasil rekapitulasi cukup baik, sedangkan pemeliaraan sumber daya manusia dan kepuasan kerja karyawan Et Cetera Restaurant sudah baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompensasi langsung berpengaruh terhadap variabel kepuasan kerja dengan memiliki thitung sebesar (2,362) > dari ttabel sebesar (2,052) dan nilai Sig. sebesar (0.026) < 0.05. Variabel pemeliharaan sumber daya manusia juga berpengaruh terhadap variabel kepuasan kerja dengan memiliki thitung sebesar (2,292) > dari ttabel sebesar (2,052) dan nilai Sig. sebesar (0.030) < 0.05. Selebihnya menunjukkan bahwa kompensasi langsung dan pemeliharaan sumber daya manusia berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja karyawan Et Cetera Restaurant dengan nilai fhitung sebesar (7,054) dan probabilitas sebesar (0.003) < 0.05. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kompensasi langsung dan pemeliharaan sumberdaya manusia berpengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 34.3%.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS TERTANGGUNG ASURANSI KENDARAAN (PADA PT. ASURANSI JASA INDONESIA KANTOR CABANG BANDUNG) Yuli Setiani
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 20 No. 1 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.405 KB) | DOI: 10.33197/jbme.vol20.iss1.2022.1053

Abstract

Asuransi adalah sebuah perjanjian antara dua orang atau lebih di mana pihak tertanggung membayarkan iuran/kontribusi/premi untuk mendapat penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, atau kehilangan, yang dapat terjadi akibat peristiwa yang tidak terduga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Promosi dan loyalitas tertanggung Jasindo Bandung terhadap loyalitas tertanggung. Kualitas layanan (X1) Jasindo Bandung sudah dipandang baik oleh tertanggung, namun masih terdapat kekeurangan, begitu juga dengan Harga (X2) dan Promosi (X3). Hal tersebut tentu saja dapat mempengaruhi terhadap loyalitas (Y) tertanggung Jasindo di Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif. Sample yang digunakan adalah sebanyak 100 responden, sample tersebut diperoleh dengan menggunakan metode pengambilan sampel konvinien (Convenience Sampling). Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, wawancara, dan observasi langsung untuk mendapatkan data primer. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu melalui Skala Pengukuran sebagai alat yang digunakan untuk menganalisis data adalah Statistical Program for Social Science (SPSS) dan skala yang digunakan adalah skala likert yang berisi pernyataan yang sistematis untuk mengukur sikap responden terhadap kuisioner yang dibuat peneliti serta dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Koefisien Kolerasi, dan Analisis Koefiesien Determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah Loyalitas tertanggung Jasindo Bandung dipengaruhi oleh kualitas layanan, harga dan promosi. Variabel masing- masing variable yaitu kualitas layanan, harga dan promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas tertanggung Jasindo Bandung. Korelasi kualitas layanan, harga dan promosi dan loyalitas pelanggan tergolong cukup kuat
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK EASTWOOD BANDUNG Inoki Ikomatul Haq
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 20 No. 1 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.802 KB) | DOI: 10.33197/jbme.vol20.iss1.2022.1054

Abstract

Tinjauan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa dan menganalisa, pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap minat beli konsumen yang diambil oleh responden. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu desain produk dan kualitas pelayanan. Variabel dependen penelitian ini adalah minat beli konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan transaksi dan walking consumer Eastwood. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 100 responden, diambil dengan purposive sample. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung ke responden. Metode statistik yang menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan pengujian hipotesis uji statistik F dan t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara statistik positif dan signifikan antara Kualitas Produk dan Harga secara parsial dan simultan terhadap minat beli konsumen pada produk yang ditawarka Eastwood
PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN E-COMMERCE BUKALAPAK PADA GENERASI Z KOTA BANDAR LAMPUNG Nisya Putri Agustia; Annisa Lisdayanti
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 20 No. 1 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.745 KB) | DOI: 10.33197/jbme.vol20.iss1.2022.1055

Abstract

Meningkatnya pengguna internet dipengaruhi oleh perkembangan teknologi digital, hal ini memberikan dampak pada kebiasaan masyarakat dalam berbelanja. Seperti yang kita ketahui diera sekarang ini bahwa berbelanja online lebih praktis daripada berbelanja secara offline. Meskipun menawarkan segala kemudahan dan kepraktisan, berbelanja online juga dapat menimbulkan berbagai resiko bagi konsumen. dimana konsumen tidak dapat memastikan kondisi produk yang ditampilkan dan tidak ada interaksi tatap muka antara penjual dan pembeli yang mengakibatkan kurangnya rasa percaya sehingga minat beli ulangpun berkurang. Oleh karena permasalahan tersebut, dilakukannya penelitian mengenai bagaimana pengaruh persepsi keamanan dan persepsi kemudahan terhadap minat beli ulang konsumen. Populasi pada penelitian ini merupakan generasi Z Kota Bandar Lampung yang pernah menggunakan e-commerce Bukalapak. Sampel dari penelitian berjumlah 100 responden yang diambil dengan non-probability sampling menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi keamanan dan variabel persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Secara simultan, variabel persepsi keamanan dan persepsi kemudahan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli ulang konsumen e-commerce Bukalapak.
PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MJRT GROUP Zaenal Wahidin; Rizal Ramdan Padmakusumah
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 20 No. 1 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.32 KB) | DOI: 10.33197/jbme.vol20.iss1.2022.1056

Abstract

Marketplace saat ini sangatlah membantu aktivitas semua orang, ketika seseorang membutuhkan sesuatu, maka dapat dilakukan pembelian secara online. Popularitas marketplace yang melonjak tinggi menjadi kesempatan bagi pengusaha untuk melakukan penjualan produk melalui marketplace dan menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di MJRT GROUP yang bisa dikatakan berkembang dengan pesat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengujian instrumen data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji normalitas dan uji multikolinearitas. Alat pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Software Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 26 for Windows.
PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE MASYARAKAT KOTA BANDUNG) Muhammad Zakariyya Yahya; Pipin Sukandi
Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi Vol. 20 No. 1 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.907 KB) | DOI: 10.33197/jbme.vol20.iss1.2022.1057

Abstract

Masyarakat tidak asing dengan istilah marketplace. Yaitu salah satu media belanja online yang banyak di digunakan oleh masyarakat Indonesia karena mudah digunakan dan jangkauannya yang luas, serta dapat mengefisienkan waktu tanpa perlu ke lokasi belanja. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ini adalah Shopee. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis linier berganda. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan pengambilan sampel menggunakan probability sampling yaitu teknik sampling simple random sampling. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel promosi tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan berdasarkan hasil uji simultan, maka dapat disimpulkan promosi, harga dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Pihak Shopee dapat memberikan promosi yang lebih menarik dan bervariasi bagi konsumen dengan memperbanyak diskon, cashback, gratis ongkir agar membuat konsumen melakukan keputusan pembelian