cover
Contact Name
Zul Anwar
Contact Email
zulanwar17@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal Transformation of Mandalika
ISSN : -     EISSN : 27455882     DOI : -
Journal Transformation Of Mandalika (JTM) e-ISSN 2745-5882 is a scientific journal that accepts articles for publication in all scientific fields. Published every month since September 2020.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 321 Documents
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) GUSTINA DEWI
JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM) e-ISSN 2745-5882 p-ISSN 2962-2956 Vol. 1 No. 1 (2020): JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk Peningkatan Prestasi Belajar Matematika yang dilaksanakan pada siswa kelas VII.D SMPN 1 Terara dengan menggunakan model Group Investigation (GI). Peneliti melakukan penelitian tindakan dengan tujuan untuk untuk mengetahui peningkatan prestasi Matematika pada siswa kelas VII.D SMPN 1 Terara melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan model pembelajaran GI dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi Matematika siswa kelas VII.D SMP Negeri 1 Terara pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai skor aktivitas siswa, aktivitas guru dan nilai rata-rata kelas serta tingkat ketuntasan secara klasikal pada tiap siklus mengalami peningkatan baik pada siklus I maupun siklus II. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,84 dan aktivitas siswa pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 3,62 sedangkan ketuntasan secara klasikal diperoleh pada siklus 1 sebesar 63% dan meningkat pada siklus 2 sebesar 91%
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIAMELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION H. RENEP
JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM) e-ISSN 2745-5882 p-ISSN 2962-2956 Vol. 1 No. 1 (2020): JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading compositiondalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-A di SMP Negeri 1 Suralaga yang berjumlah 22 orang.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes evaluasi.Analisis data menggunakan teknik aktivasi data dan teknik tes hasil belajar. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajarancooperative integraed reading composition dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa.
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE HARIYATI
JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM) e-ISSN 2745-5882 p-ISSN 2962-2956 Vol. 1 No. 1 (2020): JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) dengan subyek penelitian siswa kelas IX-A di SMP Negeri 1 Montong Gading yang berjumlah 29 orang. Metode pengumpul data menggunakan test hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan rata-rata. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER HARMAIN
JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM) e-ISSN 2745-5882 p-ISSN 2962-2956 Vol. 1 No. 1 (2020): JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar siswapada mata pelajaran matematika melalui metode numbered heads together. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Terara yang berjumlah 32 orang. Metode pengumpul data menggunakan test hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan rata-rata.Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapanmetode numbered heads together dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH HARUM ISWANTI
JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM) e-ISSN 2745-5882 p-ISSN 2962-2956 Vol. 1 No. 1 (2020): JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 di SMP Negeri 1 Masbagik sebanyak 32 orang.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes evaluasi.Analisis data menggunakan teknik aktivasi data dan teknik tes hasil belajar. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris..
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MODEL DRILL PADA MATERI INTEGRAL DI MAN 1 ACEH TIMUR Anisah
JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM) e-ISSN 2745-5882 p-ISSN 2962-2956 Vol. 1 No. 2 (2020): JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Integral melalui penerapan pembelajaran cooperative learning model drill pada siswa kelas XII IPA MAN 1 Aceh Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) sebanyak 2 siklus dengan 8 kali pertemuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dan hasil pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode cooperative learning model drill dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa tentang materi integral
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ZAT DAN KARAKTERISTIKNYA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI MTsN 1 BANTUL Asih Budiati
JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM) e-ISSN 2745-5882 p-ISSN 2962-2956 Vol. 1 No. 2 (2020): JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA materi zat dan karakteristiknya di MTsN 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang tujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas dengan menerapkan model pembelajaran snowball throwing, kemudian melakukan refleksi terhadap hasil tindakan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan, setiap siklus dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan , dan tahap pelaporan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII D di MTsN 1 Bantul yang berjumlah 31 siswa yang terdiri 14 siswa putri dan 17 siswa putra . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh di lapangan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Hal itu ditunjukkan dengan keaktifan siswa selama guru menyampaikan materi, seperti memperhatikan guru menjelaskan, mencatat, bertanya, dan menjawab rata-rata meningkat 38,7 %. Keaktifan siswa selama diskusi kelompok, seperti bertanya , menjawab , dan membaca jika ada kesulitan materi rata rata meningkat 47,3 %. Keaktifan siswa berupa kegiatan mengerjakan soal dengan serius mengalami peningkatan 32,3 %. Keaktifan siswa yang negatif selama pembelajaran seperti mengobrol, melakukan kegiatan lain, mengantuk, menyontek, bingung, dan ijin keluar kelas , mengalami penurunan rata-rata 11,3%. Dimana pada akhir tindakan semua kegiatan tersebut 0% kecuali bingung masih ada 3,2 % atau 1 siswa. Hasil belajar , mengalami peningkatan, yaitu ketuntasan individu mencapai 93,5 %, atau 29 siswa dari 31 siswa. Hasil belajar rata-rata meningkat 13,74 point,dari rata-rata 66,29 pada pembelajaran konvensional menjadi 80,03 pada akhir tindakan. Nilai tertinggi mengalami peningkatan, yaitu 85 pada pembelajaran konvensional, menjadi 86 dan 90 pada siklus I dan II.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA SMP NEGERI 2 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Badelah
JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM) e-ISSN 2745-5882 p-ISSN 2962-2956 Vol. 1 No. 2 (2020): JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode wawancara dan sobservasi. Observasi dilakukan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung.Jenis data dalam penelitian ini, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap siklus dilakukan mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari hasil analisis data kemampuan menulis teks berita dengan pengembangan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Sakra, ini dapat dilihat dari keberhasilan siswa dengan nilai ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I 63%, dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Aktivitas siswa pada siklus I nilai rata-rata 61%, dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata menjadi 73%. Aktivitas mengajar guru pada siklus I 46% dan meningkat pada siklus II menjadi 92%. Dari perolehan nilai tersebut membuktikan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Sakra dalam menulis teks berita setelah menggunakan model pengembangan Contextual Teaching and Learning (CTL).
MENINGKATAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PUZZLE JKW PADA SISWA KELAS VI UPT SDN 43 GRESIK Eny Pudjiati
JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM) e-ISSN 2745-5882 p-ISSN 2962-2956 Vol. 1 No. 2 (2020): JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa kelas VI UPT SDN 43 Gresik dalam pelajaran matematika dengan menggunakan Puzzle JKW. Permasalahannya yaitu apakah dengan Puzzule JKW dalam pembelajaran Matematika dapat meninngkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa kelas VI UPT SDN 43 Gresik? Untuk jawabannya yaitu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Rancangan yang dilakukan dalam setiap siklusnya yaitu 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Matematika materi hitung jarak kecepatan waktu. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil tes dan lembar pengamatan. 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI UPT SDN 43 Gresik yang berjumlah 36 siswa, yang terdiri 19 siswa laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian ini menggunakan media Permainan Puzzle JKW pada saat pembelajaran Matematika. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan Permainan Puzzle JKW dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa. Ini dapat dilihat dari hasil tes evaluasi pada setiap siklus yaitu pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 41,67% dengan nilai rata-rata 63,89. Pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa atau 83,33% dengan nilai rata-rata 81,67. Nilai akhir hasil belajar siswa siklus I dan siklus II memberi bukti bahwa penggunaan Permainan Pzzle JKW pada mata pelajaran Matematika materi operasi hitung jarak kecepatan waktu pada siswa kelas VI UPT SDN 43 Gresik mengalami peningkatan.
PENGGUNAAN STRATEGI INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII B SMPN I SURALAGA Seniati
JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM) e-ISSN 2745-5882 p-ISSN 2962-2956 Vol. 1 No. 2 (2020): JOURNAL TRANSFORMATION OF MANDALIKA (JTM)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk Peningkatan Prestasi Belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Suralaga dengan penggunaan strategi pembelajaran inkuiri pada materi relasi dan fungsi Tahun pelajara 2019/2020. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP N 1 Suralaga kecamatan Suralaga kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 26 siswa dan terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Hasil analisis data menggunakan analisis ketuntasan hasil belajar secara klasikal minimal 85% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai KKM. Dari hasil analisis pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata sebesar 2,63 dengan kategori Cukup Aktif dan pertemuan 2 diperoleh rata-rata sebesar 3 kategori Cukup Aktif. Berdasarkan analisis hasil observasi pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas secara klasikal sebesar 69 % berarti masih dibawah standar ketuntasan klasikal yang ditentukan. Oleh karena itu peneliti melanjutkan ke siklus berikutnya. Dalam siklus I ini terdapat kekurangan/kelemahan yang perlu untuk diperhatikan dan diperbaiki. Hasil belajar pada siklus II pertemuan 1 diperoleh rata-rata sebesar 3,6 dengan kategori Aktif dan pertemuan 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,6 kategori Sangat Aktif. Berdasarkan analisis hasil observasi pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas secara klasikal sebesar 92 % berarti memenuhi standar ketuntasan klasikal yang ditentukan. Oleh karena itu peneliti tidak perlu melanjukan kesiklus berikutnya.

Page 1 of 33 | Total Record : 321