cover
Contact Name
Febrika Yogie Hermanto
Contact Email
joaep@unesa.ac.id
Phone
+6281332148735
Journal Mail Official
joaep@unesa.ac.id
Editorial Address
Education of Office Administration, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya Ketintang Street, Ketintang, Gayungan, Surabaya City, East Java 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Office Administration : Education and Practice
ISSN : -     EISSN : 27971139     DOI : https://doi.org/10.26740/joaep.v2n1
Core Subject : Education, Social,
Journal of Office Administration: Education and Practice, published in May, August, and November, is a peer-reviewed journal that is managed by the Department of Education of Office Administration, Faculty of Economics, Universitas Negeri Surabaya. This Journal aims to help researchers publish their papers, from their study, for a wider audience. This journal focuses on office administration research, in education and practice, by all approaches that can be responsible for their study. The scope and focus of this journal are related to the research in the office administration studies, in education and practice, such as Office Administration, Management, Communication, Organization, Technology, Simulation, and Innovation, also in Curriculum, Learning, Educational Policies, and Learning Material of Office Administration.
Articles 52 Documents
Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Muhammad Havis Alfin Maulana; Siti Sri Wulandari
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 1 (2021): May
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.956 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n1.p1-13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian HOTS, di mana di dalamnya terdapat proses pengembangan instrumen penilaian HOTS, dan mendeskripsikan keterampilan high level thinking peserta didik yang diukur berdasarkan pengerjaan instrumen penilaian HOTS. Subjek penelitian berjumlah 34 peserta didik kelas XI OTKP 3 SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D, model pengembangan diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono yang dimodifikasi menjadi 7 langkah, yang terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan instrumen penilaian HOTS terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Kualitas instrumen penilaian HOTS berdasarkan validasi materi, validasi evaluasi, dan validasi bahasa mendapat nilai dengan rata-rata 96% yang artinya memiliki kategori sangat layak. Berdasarkan uji kuantitatif menggunakan aplikasi iteman terdapat 25 butir soal valid dan distraktor berfungsi baik dari jumlah keseluruhan 30 butir soal. Keterampilan high level thinking peserta didik memiliki nilai rata-rata 63 dengan kategori cukup.
Efektifitas Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Kearsipan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Intan Nikhlatul Umroh; Siti Sri Wulandari
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 1 (2021): May
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.332 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n1.p14-27

Abstract

Di awal tahun 2020, virus corona atau yang dikenal dengan (Covid-19) telah ditemukan. Sehingga sekolah-sekolah melakukan pembelajaran daring. Dari sini lah timbul beberapa kendala-kendala dalam pembelajaran. Salah satu cara mengatasinya dengan menggunakan aplikasi google classroom. Adapun tujuan untuk mengetahui motivasi siswa, efektivitas dan faktor-faktor pendukung motivasi siswa pada saat pembelajaran kearsipan di masa pandemi dengan menggunakan google classroom. Adapun metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif penentuan narasumber menggunakan purposive sampling yaitu pada waka kurikulum, guru mata pelajaran dan siswa kelas X OTKP SMKN 1 Sooko. Hasil penelitian didapatkan bahwa dalam pembelajaran menggunakan google classroom guru dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran kearsipan selama pandemi hal ini dapat ditunjukkan dengan respon positif siswa. Selain itu dengan menggunakan google classroom pembelajaran menjadi efektif. Dalam hal ini faktor-faktor pendukung motivasi siswa pada pembelajaran kearsipan masing-masing siswa memiliki cara sendiri-sendiri misalnya dengan belajar kelompok dengan memanfaatkan teknologi yang ada, adanya dukungan dari orang tua sebagai penyemangat dan mencari gaya belajar yang sesuai.
Respon Siswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan Amalia Eka Pratiwi; Novi Trisnawati
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 1 (2021): May
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.684 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n1.p28-41

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 pemerintah mencanangkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang tercantum dalam Surat Edaran Kemendikbud No 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan. Salah satu platform pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran daring yaitu Google Classroom. Google Classroom merupakan layanan web gratis yang dikembangkan oleh Google untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa kelas XII OTKP SMKN 1 Lamongan terhadap penggunaan Google Classroom pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner yang disebarkan ke 70 siswa kelas XII OTKP melalui Google Form. Hasil dari penelitian ini menunjukkan respon Sangat Positif terhadap penggunaan Google Classroom pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan, yaitu sebanyak 52 siswa menunjukkan respon “Sangat Positif” dan 18 siswa menunjukkan respon Positif.
Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Kesiapan Belajar Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Hasil Belajar Siswa Anang Bayu Mustiko; Novi Trisnawati
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 1 (2021): May
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.275 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n1.p42-52

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui: 1) Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, 2) Pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, 4) Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, 5) Pengaruh kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa, 6) Pengaruh tidak langsung keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar, dan 7) Pengaruh tidak langsung kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan ketika sekolah menerapkan pembelajaran online atau jarak jauh yang mana merupakan kebijakan terbaru, sehingga situasi dan kondisi di sekolah berbeda dengan penelitian sebelumnya. Penelitian ini mengggunakan metode kuantitatif yang mana dilakukan di SMK Negeri 1 Jati pada kelas X OTKP dengan jumlah populasi 106 yang kemudian diambil 83 sampel melalui teknik simple random sampling. Data dari sampel diambil menggunakan kuisioner dan diolah dengan analisis jalur (path analysis) dengan hasil: 1) Tidak ada pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, 2) Ada pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar, 3) Tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, 4) Ada pengaruh keterampilian mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, 5) Ada pengaruh kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa, 6) Tidak ada pengaruh tidak langsung keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, dan 7) Ada pengaruh tidak langsung kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar.
Efektivitas Penggunaan Edulearning Untuk Menunjang Pembelajaran Siswa Di Smk Kompetensi Keahlian Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran Dwike Dea Clarissa; Siti Sri Wulandari
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 1 (2021): May
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.276 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n1.p53-65

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh Pandemi Covid-19 yang mewajibkan seluruh institusi pendidikan untuk melaksanakan pendidikan jarak jauh, hal ini juga dilakukan oleh kompetensi keahlian OTKP di SMK Ketintang Surabaya yang juga melaksanakan pendidikan jarak jauh dengan menggunakan Edulearning sebagai media pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan riset bertujuan untuk melihat efektifitas penggunaan Edulearning sebagai penunjang dalam pembelajaran siswa di kompetensi keahlian OTKP SMK Ketintang Surabaya. Jenis riset berupa penelitian deskriptif kualitatif, yang dilaksanan pada Kompetensi keahlian OTKP SMK Ketintang Surabaya. Dalam pengumpulan datanya menggunakan cara wawancara, penyebaran angket, lembar pengamatan serta dokumentasi. Sementara itu untuk teknik analisis data melalui beberapa tahapan yakni, mengumpulkan informasi, mereduksi informasi, menyajikan informasi, dan menarik kesimpulan (verifikasi). Hasil analisis riset yang telah dilakukan memperlihatkan beberapa kesimpulan, yaitu: 1) penggunaan Edulearning sebagai media pembelajaran mudah digunakan, dan sangat membantu siswa dan guru dengan pendidikan jarak jauh ini; 2) Edulearning efektif digunakan dalam menunjang pembelajaran siswa di kompetensi keahlian OTKP SMK Ketintang Surabaya, hal ini terlihat dari 3 indikator yakni hasil belajar, aktivitas belajar dan respon siswa yang ketiganya menunjukan hasil yang efektif; 3) Edulearning sangat bermanfaat bagi guru ataupun siswa, salah satunya adalah kegiatan pembelajaran tetap dapat terlaksana dengan baik dan lancar tanpa terhalang oleh batas, ruang dan waktu, sehingga tujuan pembelajaran tetap dapat terlaksana dengan baik
Analisis Efektivitas Kuliah Online pada Pembelajaran Kesekretarisan di Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Mega Nindy Ramdhani; Siti Sri Wulandari
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 1 (2021): May
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.912 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n1.p66-81

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kuliah online pada Mata Kuliah Kesekretarisan di Prodi Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dengan melihat sistem perkuliahan online yang diterapkan pada Mata Kuliah Kesekretarisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menurut Milesans Huberman, subjek penelitian ini yaitu dua dosen pembimbing mata kuliah kesekretarisan sebagai sumber informasi utama dan lima mahasiswa pengampu mata kuliah kesekretariasan. Dengan instrumen penelitian berupa wawancara, angket, data nilai mahasiswa dan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan perkuliahan online pada Mata Kuliah Kesekretarisan terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian utama agar perkuliahan online dapat dikatakan efektif dan optimal dalam proses pembelajaran. Diantaranya adalah: sistem yang diterapkan dalam penyelenggaraan perkuliahan online, perangkat pembelajaran, dan strategi pelaksanaan perkuliahan online. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui kendala dan sistem perkuliahan online pada Mata Kuliah Kesekretarisan Program Studi Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Hasil penelitian dari perkuliahan online pada Mata Kuliah Kesekretarisan pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran dapat dikatakan efektif karena tercapainya 3 indikator efektivitas dalam kategori baik. Kendala perkuliahan online pada Mata Kuliah Kesekretarisan juga masih bisa diatasi dengan baik oleh dosen maupun mahasiswa. Peneliti menyarankan agar adanya penelitian dengan metode penelitian yang lain untuk mengukur efektivitas kuliah online pada Mata Kuliah Kesekretarisan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Aditya Cholif Firmansyah; Brillian Rosy
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 2 (2021): August
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.312 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n2.p82-93

Abstract

Pelayanan publik adalah berbagai kegiatan suatu lembaga atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat guna mencapai kesejahteraan. Kualitas harus diawali mulai dari apa yang dibutuhkan konsumen dan berhenti pada apresiasi konsumen. Apresiasi konsumen mengenai seberapa bagus layanan itu sendiri yang akan menjadi penilaian keseluruhan dari keunggulan suatu pelayanan. Pelayanan yang diberikan oleh suatu lembaga kepada masyarakat di Indonesia saat ini masih kurang baik lembaga nasional maupun swasta, fenomena seperti pemerasan, orang miskin yang tidak bisa mendapatkan pelayanan secepat orang yang mempunyai biaya lebih merupakan beberapa contoh fenomena yang sering terjadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif yang mempunyai tujuan mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan yang diberikan, apabila ada, pengaruh yang diberikan oleh Kantor Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan ini memiliki dampak yang positif atau negative, serta memahami tingkat kepuasan yang dirasakan oleh masyarakat terkait administrasi pembuatan E-KTP di Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan. Nilai dari thitung 12,521 > t-tabel 1,989 maka dapat diputuskan hipotesis dapat diterima, dari hasil tersebut bisa dideskripsikan, kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan yang dirasakan oleh masyarakat, Hasil akhir analisis pada tabel 4, R2 (koefisien determinasi) adalah 0,620, dapat disimpulkan bahwa 62% kontribusi kepuasan masyarakat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, dan sisanya 38% kepuasan masyarakat dapat dimotivasi. Dengan bantuan menggunakan variabel berbeda yang tidak diperiksa.
Keefektifan Pembelajaran Daring dalam Mata Pelajaran Kearsipan pada Siswa Kelas X Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) Hafsah Rodliyah; Brillian Rosy
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 2 (2021): August
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (779.124 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n2.p94-107

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari adanya Pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua lembaga pendidikan dalam pembelajarannya dilaksanakan secara daring, hal tersebut pun juga dilaksanakan oleh jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Ketintang Surabaya yang pembelajarannya dilaksanakan secara daring dengan mempergunakan Zoom, WhatsApp dan Edulearning menjadi media pendukung dalam melaksanakan belajar mengajar. Tujuan adanya penelitian untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring dalam mata pelajaran kearsipan siswa kelas X Jurusan OTKP. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan dalam menganalisis datanya meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu uji validitas datanya dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian pembelajaran daring di Jurusan OTKP SMK Ketintang Surabaya pada mata pelajaran kearsipan dikatakan efektif. Hal tersebut terlihat dari pernyataan positif yang dipaparkan oleh siswa dan guru mengenai keefektifan pembelajaran daring melalui empat indikator yakni kecermatan penguasaan, kecepatan unjuk kerja, tingkat alih belajar, dan tingkat retensi. Serta hasil belajar siswa yang menunjukkan 52% siswa memperoleh kategori rata-rata nilai sangat tinggi dan 33% siswa memperoleh kategori rata-rata nilai tinggi.
Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Diah Ika Rahmawati; Brillian Rosy
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 2 (2021): August
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.966 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n2.p108-123

Abstract

Prestasi hasil belajar seorang siswa bukan hanya dipengaruhi faktor kecerdasan siswa tersebut melainkan ada faktor lain, diantaranya ialah motivasi juga fasilitas belajar. Jika fasilitas di sekolah memadai serta didukung dengan motivasi oleh siswa tinggi, dengan begitu diyakini hasil dari belajar yang didapat siswa akan memuaskan dan tentunya prestasi belajar akan meningkat. Penelitian ini memiliki tujuan melihat pengaruh fasilitas belajar juga motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada mapel teknologi perkantoran. Metode yang digunakan ialah kuantitatif serta instrumen penelitian menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Responden penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan teknik analisis data melalui uji analisis regresi linier berganda yang memeroleh hasil adanya pengaruh positif dan secara simultan antara fasilitas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa yang memperoleh nilai sig. 0,000 < αlpha (0,05). Fasilitas belajar memperoleh sig. 0,000 < αlpha (0,05) jadi, ada pengaruh secara parsial variabel fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. Selain itu motivasi belajar juga memperoleh sig. 0,000 < αlpha (0,05) sehingga ada pengaruh secara parsial variable motivasi dalam belajar siswa terhadap prestasi belajar.
Analisis Tata Ruang Kantor di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Ulfiana Elisa; Triesninda Pahlevi
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 2 (2021): August
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.466 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n2.p124-137

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tata ruang kantor di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 3 pegawai bagian Tata Usaha dan Kepegawaian & Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis model Miles dan Huberman dengan menggunakan triangulasi sumber dan instrumen penelitian berupa wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ruang Tata Usaha Dekan PDAM Suya Sembada Kota Surabaya belum menerapkan prinsip jarak terpendek dalam penataan ruangan. Hal ini ditunjukkan dengan penempatan lemari arsip dan lemari pengisi yang jauh dari tempat duduk pegawai sehingga harus berjalan kaki ketika akan mengambil arsip, dokumen atau arsip yang dibutuhkan pada saat bekerja. Dengan menempatkan lemari arsip dan filling cabinet yang jauh dari tempat duduk pegawai membuat pemborosan waktu dan tenaga, sehingga efisiensi kerja tidak dapat tercapai.(2) Penataan ruang kantor dekanat PDAM Surya Sembada Kota Surabaya telah menerapkan prinsip kerja. berantai, karena semua ruangan sudah diatur sesuai alur prosedur kerja masing-masing departemen.(3) Bagian Tata Usaha Dekan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya belum menerapkan prinsip penggunaan semua ruangan, karena berdasarkan pengamatan peneliti menemukan bahwa ada komposisi mereka dan lokasinya belum seimbang. Di suatu ruangan masih ada yang besar dan kosong, sedangkan di sisi lain ruangan itu ada penumpukan, baik penumpukan staf, peralatan atau perlengkapan. (4) Penataan ruang administrasi dekan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya belum menerapkan prinsip perubahan tata ruang kerja secara optimal. Walaupun sebenarnya setiap ruangan diatur dengan tipe terbuka yang memungkinkan perubahan penataan tempat kerja sesuai kebutuhan, namun penataannya sudah berpola, sehingga sulit diubah jika diperlukan.