cover
Contact Name
Febrika Yogie Hermanto
Contact Email
joaep@unesa.ac.id
Phone
+6281332148735
Journal Mail Official
joaep@unesa.ac.id
Editorial Address
Education of Office Administration, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya Ketintang Street, Ketintang, Gayungan, Surabaya City, East Java 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Office Administration : Education and Practice
ISSN : -     EISSN : 27971139     DOI : https://doi.org/10.26740/joaep.v2n1
Core Subject : Education, Social,
Journal of Office Administration: Education and Practice, published in May, August, and November, is a peer-reviewed journal that is managed by the Department of Education of Office Administration, Faculty of Economics, Universitas Negeri Surabaya. This Journal aims to help researchers publish their papers, from their study, for a wider audience. This journal focuses on office administration research, in education and practice, by all approaches that can be responsible for their study. The scope and focus of this journal are related to the research in the office administration studies, in education and practice, such as Office Administration, Management, Communication, Organization, Technology, Simulation, and Innovation, also in Curriculum, Learning, Educational Policies, and Learning Material of Office Administration.
Articles 35 Documents
Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Muhammad Havis Alfin Maulana; Siti Sri Wulandari
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 1 (2021): May
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.956 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n1.p1-13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian HOTS, di mana di dalamnya terdapat proses pengembangan instrumen penilaian HOTS, dan mendeskripsikan keterampilan high level thinking peserta didik yang diukur berdasarkan pengerjaan instrumen penilaian HOTS. Subjek penelitian berjumlah 34 peserta didik kelas XI OTKP 3 SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D, model pengembangan diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono yang dimodifikasi menjadi 7 langkah, yang terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan instrumen penilaian HOTS terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Kualitas instrumen penilaian HOTS berdasarkan validasi materi, validasi evaluasi, dan validasi bahasa mendapat nilai dengan rata-rata 96% yang artinya memiliki kategori sangat layak. Berdasarkan uji kuantitatif menggunakan aplikasi iteman terdapat 25 butir soal valid dan distraktor berfungsi baik dari jumlah keseluruhan 30 butir soal. Keterampilan high level thinking peserta didik memiliki nilai rata-rata 63 dengan kategori cukup.
Efektifitas Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Kearsipan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Intan Nikhlatul Umroh; Siti Sri Wulandari
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 1 (2021): May
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.332 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n1.p14-27

Abstract

Di awal tahun 2020, virus corona atau yang dikenal dengan (Covid-19) telah ditemukan. Sehingga sekolah-sekolah melakukan pembelajaran daring. Dari sini lah timbul beberapa kendala-kendala dalam pembelajaran. Salah satu cara mengatasinya dengan menggunakan aplikasi google classroom. Adapun tujuan untuk mengetahui motivasi siswa, efektivitas dan faktor-faktor pendukung motivasi siswa pada saat pembelajaran kearsipan di masa pandemi dengan menggunakan google classroom. Adapun metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif penentuan narasumber menggunakan purposive sampling yaitu pada waka kurikulum, guru mata pelajaran dan siswa kelas X OTKP SMKN 1 Sooko. Hasil penelitian didapatkan bahwa dalam pembelajaran menggunakan google classroom guru dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran kearsipan selama pandemi hal ini dapat ditunjukkan dengan respon positif siswa. Selain itu dengan menggunakan google classroom pembelajaran menjadi efektif. Dalam hal ini faktor-faktor pendukung motivasi siswa pada pembelajaran kearsipan masing-masing siswa memiliki cara sendiri-sendiri misalnya dengan belajar kelompok dengan memanfaatkan teknologi yang ada, adanya dukungan dari orang tua sebagai penyemangat dan mencari gaya belajar yang sesuai.
Respon Siswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan Amalia Eka Pratiwi; Novi Trisnawati
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 1 (2021): May
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.684 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n1.p28-41

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 pemerintah mencanangkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang tercantum dalam Surat Edaran Kemendikbud No 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan. Salah satu platform pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran daring yaitu Google Classroom. Google Classroom merupakan layanan web gratis yang dikembangkan oleh Google untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa kelas XII OTKP SMKN 1 Lamongan terhadap penggunaan Google Classroom pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner yang disebarkan ke 70 siswa kelas XII OTKP melalui Google Form. Hasil dari penelitian ini menunjukkan respon Sangat Positif terhadap penggunaan Google Classroom pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan, yaitu sebanyak 52 siswa menunjukkan respon “Sangat Positif” dan 18 siswa menunjukkan respon Positif.
Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Kesiapan Belajar Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Hasil Belajar Siswa Anang Bayu Mustiko; Novi Trisnawati
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 1 (2021): May
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.275 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n1.p42-52

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui: 1) Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, 2) Pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, 4) Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, 5) Pengaruh kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa, 6) Pengaruh tidak langsung keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar, dan 7) Pengaruh tidak langsung kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan ketika sekolah menerapkan pembelajaran online atau jarak jauh yang mana merupakan kebijakan terbaru, sehingga situasi dan kondisi di sekolah berbeda dengan penelitian sebelumnya. Penelitian ini mengggunakan metode kuantitatif yang mana dilakukan di SMK Negeri 1 Jati pada kelas X OTKP dengan jumlah populasi 106 yang kemudian diambil 83 sampel melalui teknik simple random sampling. Data dari sampel diambil menggunakan kuisioner dan diolah dengan analisis jalur (path analysis) dengan hasil: 1) Tidak ada pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, 2) Ada pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar, 3) Tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, 4) Ada pengaruh keterampilian mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, 5) Ada pengaruh kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa, 6) Tidak ada pengaruh tidak langsung keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, dan 7) Ada pengaruh tidak langsung kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar.
Efektivitas Penggunaan Edulearning Untuk Menunjang Pembelajaran Siswa Di Smk Kompetensi Keahlian Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran Dwike Dea Clarissa; Siti Sri Wulandari
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 1 (2021): May
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.276 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n1.p53-65

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh Pandemi Covid-19 yang mewajibkan seluruh institusi pendidikan untuk melaksanakan pendidikan jarak jauh, hal ini juga dilakukan oleh kompetensi keahlian OTKP di SMK Ketintang Surabaya yang juga melaksanakan pendidikan jarak jauh dengan menggunakan Edulearning sebagai media pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan riset bertujuan untuk melihat efektifitas penggunaan Edulearning sebagai penunjang dalam pembelajaran siswa di kompetensi keahlian OTKP SMK Ketintang Surabaya. Jenis riset berupa penelitian deskriptif kualitatif, yang dilaksanan pada Kompetensi keahlian OTKP SMK Ketintang Surabaya. Dalam pengumpulan datanya menggunakan cara wawancara, penyebaran angket, lembar pengamatan serta dokumentasi. Sementara itu untuk teknik analisis data melalui beberapa tahapan yakni, mengumpulkan informasi, mereduksi informasi, menyajikan informasi, dan menarik kesimpulan (verifikasi). Hasil analisis riset yang telah dilakukan memperlihatkan beberapa kesimpulan, yaitu: 1) penggunaan Edulearning sebagai media pembelajaran mudah digunakan, dan sangat membantu siswa dan guru dengan pendidikan jarak jauh ini; 2) Edulearning efektif digunakan dalam menunjang pembelajaran siswa di kompetensi keahlian OTKP SMK Ketintang Surabaya, hal ini terlihat dari 3 indikator yakni hasil belajar, aktivitas belajar dan respon siswa yang ketiganya menunjukan hasil yang efektif; 3) Edulearning sangat bermanfaat bagi guru ataupun siswa, salah satunya adalah kegiatan pembelajaran tetap dapat terlaksana dengan baik dan lancar tanpa terhalang oleh batas, ruang dan waktu, sehingga tujuan pembelajaran tetap dapat terlaksana dengan baik
Analisis Efektivitas Kuliah Online pada Pembelajaran Kesekretarisan di Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Mega Nindy Ramdhani; Siti Sri Wulandari
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 1 (2021): May
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.912 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n1.p66-81

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kuliah online pada Mata Kuliah Kesekretarisan di Prodi Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dengan melihat sistem perkuliahan online yang diterapkan pada Mata Kuliah Kesekretarisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menurut Milesans Huberman, subjek penelitian ini yaitu dua dosen pembimbing mata kuliah kesekretarisan sebagai sumber informasi utama dan lima mahasiswa pengampu mata kuliah kesekretariasan. Dengan instrumen penelitian berupa wawancara, angket, data nilai mahasiswa dan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan perkuliahan online pada Mata Kuliah Kesekretarisan terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian utama agar perkuliahan online dapat dikatakan efektif dan optimal dalam proses pembelajaran. Diantaranya adalah: sistem yang diterapkan dalam penyelenggaraan perkuliahan online, perangkat pembelajaran, dan strategi pelaksanaan perkuliahan online. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui kendala dan sistem perkuliahan online pada Mata Kuliah Kesekretarisan Program Studi Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Hasil penelitian dari perkuliahan online pada Mata Kuliah Kesekretarisan pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran dapat dikatakan efektif karena tercapainya 3 indikator efektivitas dalam kategori baik. Kendala perkuliahan online pada Mata Kuliah Kesekretarisan juga masih bisa diatasi dengan baik oleh dosen maupun mahasiswa. Peneliti menyarankan agar adanya penelitian dengan metode penelitian yang lain untuk mengukur efektivitas kuliah online pada Mata Kuliah Kesekretarisan.
Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Diah Ika Rahmawati; Brillian Rosy
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 2 (2021): August
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.966 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n2.p108-123

Abstract

Prestasi hasil belajar seorang siswa bukan hanya dipengaruhi faktor kecerdasan siswa tersebut melainkan ada faktor lain, diantaranya ialah motivasi juga fasilitas belajar. Jika fasilitas di sekolah memadai serta didukung dengan motivasi oleh siswa tinggi, dengan begitu diyakini hasil dari belajar yang didapat siswa akan memuaskan dan tentunya prestasi belajar akan meningkat. Penelitian ini memiliki tujuan melihat pengaruh fasilitas belajar juga motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada mapel teknologi perkantoran. Metode yang digunakan ialah kuantitatif serta instrumen penelitian menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Responden penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan teknik analisis data melalui uji analisis regresi linier berganda yang memeroleh hasil adanya pengaruh positif dan secara simultan antara fasilitas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa yang memperoleh nilai sig. 0,000 < αlpha (0,05). Fasilitas belajar memperoleh sig. 0,000 < αlpha (0,05) jadi, ada pengaruh secara parsial variabel fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. Selain itu motivasi belajar juga memperoleh sig. 0,000 < αlpha (0,05) sehingga ada pengaruh secara parsial variable motivasi dalam belajar siswa terhadap prestasi belajar.
Analisis Tata Ruang Kantor di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Ulfiana Elisa; Triesninda Pahlevi
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 2 (2021): August
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.466 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n2.p124-137

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tata ruang kantor di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 3 pegawai bagian Tata Usaha dan Kepegawaian & Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis model Miles dan Huberman dengan menggunakan triangulasi sumber dan instrumen penelitian berupa wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ruang Tata Usaha Dekan PDAM Suya Sembada Kota Surabaya belum menerapkan prinsip jarak terpendek dalam penataan ruangan. Hal ini ditunjukkan dengan penempatan lemari arsip dan lemari pengisi yang jauh dari tempat duduk pegawai sehingga harus berjalan kaki ketika akan mengambil arsip, dokumen atau arsip yang dibutuhkan pada saat bekerja. Dengan menempatkan lemari arsip dan filling cabinet yang jauh dari tempat duduk pegawai membuat pemborosan waktu dan tenaga, sehingga efisiensi kerja tidak dapat tercapai.(2) Penataan ruang kantor dekanat PDAM Surya Sembada Kota Surabaya telah menerapkan prinsip kerja. berantai, karena semua ruangan sudah diatur sesuai alur prosedur kerja masing-masing departemen.(3) Bagian Tata Usaha Dekan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya belum menerapkan prinsip penggunaan semua ruangan, karena berdasarkan pengamatan peneliti menemukan bahwa ada komposisi mereka dan lokasinya belum seimbang. Di suatu ruangan masih ada yang besar dan kosong, sedangkan di sisi lain ruangan itu ada penumpukan, baik penumpukan staf, peralatan atau perlengkapan. (4) Penataan ruang administrasi dekan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya belum menerapkan prinsip perubahan tata ruang kerja secara optimal. Walaupun sebenarnya setiap ruangan diatur dengan tipe terbuka yang memungkinkan perubahan penataan tempat kerja sesuai kebutuhan, namun penataannya sudah berpola, sehingga sulit diubah jika diperlukan.
Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Berbantuan Google form pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Jurusan OTKP SMKN 2 Kediri Rr. Agustina Hastary Putri; Triesninda Pahlevi
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 2 (2021): August
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.02 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n2.p138-152

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi sangat perlu dimiliki di abad 21. Pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS mata pelajaran Kearsipan berbantuan google form memiliki tujuan untuk menciptakan instrumen penilaian HOTS, mengetahui kualitas instrumen penilaian berbasis HOTS, mengetahui keterampilan HOTS siswa serta mengetahui respon siswa terhadap penggunaan google form sebagai media evaluasi. Jenis penelitian ini adalah R&D, dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Penelitian ini baru mencapai tahap pengembangan karena subjek penelitian terbatas pada siswa kelas X jurusan OTKP di SMKN 2 Kediri. Hasil penelitian menunjukan bahwa 40 butir soal pilihan ganda yang dikembangkan dinyatakan layak digunakam. Hasil uji kualitatif berupa validasi dari validator materi, evaluasi dan bahasa menunjukan bahwa memperoleh persentase nilai rata-rata 96,67% dengan kreteria “sangat kuat”. Selanjutnya hasil uji kuantitatif yang berupa validitas, yang menunjukan bahwa 35 soal “valid”, serta 5 soal “tidak valid”, reliabilitas memperoleh nilai 0,89 dengan katagori “sangat tinggi”, tingkat kesukaran soal menunjukan bahwa terdapat 1 soal katagori “sangat mudah”, 9 soal katagori “mudah”, 26 soal katagori “sedang” dan 4 soal katagori “sukar”, daya pembeda soal menunjukan bahwa terdapat 32 soal katagori “sangat baik”, 3 butir soal katagori “baik”, 3 butir soal katagori “cukup”, 2 butir soal katagori “buruk”, serta distractor soal yang berfungsi dengan baik. Kemampuan HOTS siswa rata-rata dalam katagori “baik” juga siswa memberikan umpan balik sangat positif untuk penggunaan google form sebagai media evaluasi sebesar 92,61%.
Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di SMKN 2 Buduran Firly Maulinda Jovenka; Brillian Rosy
Journal of Office Administration : Education and Practice Vol 1 No 2 (2021): August
Publisher : Study Program of Office Administration Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.85 KB) | DOI: 10.26740/joaep.v1n2.p153-163

Abstract

Definisi lingkungan kerja ialah sebagai seluruh hal yang ada dalam lingkup pekerja dan menjadi faktor yang berpengaruh untuk melaksanakan tanggung jawab maupun tugas yang berikan. Setiap lembaga lingkungan kerja sudah banyak memberikan bukti dari berbagai riset telah memberikan pengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan, sebagaimana yang diteliti pada jurnal artikel ini. Bentuk riset berupa penelitian kuantitatif dengan analisis regresi dengan tujuan dapat melakukan analisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Data penelitian didapatkan dengan metode survei ekspanasi dengan cara memberikan kuisioner dengan penambahan modul skala likert. Responden penelitian adalah karyawan di SMKN 2 Buduran sejumlah 20 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana serta uji T sebagai uji hipotesis. Hasil analisa penelitian yaitu lingkungan kerja berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan hasil uji T mendapatankan nilai taraf kepercayaan sebersar 5% yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan di SMKN 2 Buduran.

Page 1 of 4 | Total Record : 35