cover
Contact Name
Arif Maulana Yusuf
Contact Email
arif@rosma.ac.id
Phone
+6285777006828
Journal Mail Official
lppm@rosma.ac.id
Editorial Address
Jl. Kertabumi No.62, Karawang Kulon, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat 41311
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
INOTEK
ISSN : -     EISSN : 28097165     DOI : -
Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) merupakan kumpulan makalah yang telah disampaikan dalam Seminar Nasional yang diikuti oleh para peserta yang berasal dari Instansi Pemerintah, Institusi Swasta, Perguruan Tinggi, Pakar, Pemerhati Lingkungan dan para mahasiswa, yang terlibat dalam penelitian bidang ilmu Teknik, Komputer, Sistem Informasi, Manajemen, Akuntansi. Seminar nasional ini bertujuan untuk mememberikan wawasan secara umum mengenai bidang keilmuan yang diimplementasikan pada proses bisnis operasional organisasi pada umumnya. Dengan seminar ini, peserta dapat memahami konteks implementasi, serta strategi yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan pada proses operasional organisasi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 68 Documents
Perancangan Sistem Informasi Quality Control Pada PT Sanly Industries Berbasis Web Muhammad Rizki; Rini Malfiany
Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK)
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (883.773 KB)

Abstract

Pengelolaan data di PT Sanly Industries masih menggunakan sistem konvensional, yaitu menggunakan formulir manual untuk mencatat hasil laporan hasil quality control. Cara ini dinilai kurang efektif, karena quality control bekerja dalam menggabungkan data dari hasil laporan setiap dapartement, serta membuat presentase bahwa produk OK dan not good (NG). Maka dari itu, diperlukan sebuah sistem yang dapat mempermudah dan mempercepat dalam melakukan pengelolaan maupun pencarian data produk dilaporan tersebut. Metode yang digunakan dalam penyusunan penelitain ini adalah metode pengembangan sistem menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) model waterfall. Dalam model tersebut mencakup tahapan analisis kebutuhan perangkat lunak yang terdiri dari observasi, wawancara/interview, studi pustaka, dan studi dokumentasi atas sistem yang berjalan. Tahapan selanjutnya adalah desain perangkat lunak dalam Tugas Akhir ini menggunakan MySQL, Flowchart, kamus data, Entity Relationship Diagram (ERD) dan Data Flow Diagram (DFD) untuk merancang suatu sistem yang diusulkan. Adapun hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah informasi lengkap tentang data produk supplier, data laporan quality control, presentase produk OK dan not good (NG) yang berjalan selama ini. Sehingga dapat memberikan solusi dan penemuan masalah untuk merancang sebuah sistem informasi input data quality control pada PT Sanly Industries berbasis web. Dengan adanya sistem informasi input data quality control berbasis web ini diharapkan dapat membantu bagian quality control dalam memudahkan melakukan pencarian data produk, penjumlahan kuantiti produk serta presentase secara keseluruhan dengan cepat, tepat dan akurat.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan STMIK Rosma Karawang Yahya Suherman
Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK)
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.763 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di STMIK ROSMA Karawang dengan responden yang digunakan sebanyak 32 karyawan dengan menggunakan metode survey pada bulan September 2015, and pengambilan sampel penelitian menggunakan metode sampling jenuh.  Hasil penelitian menunjukkan Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian menunjukkan koefisien bahwa nilai positif determinasi signifikan dan memperlihatkan tanda yang positif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji regresi berganda yang menghasilkan nilai koefisien determinasi sebesar 66% dari Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan dengan signifikan sebesar 0,000 ( p < 0,0005).
Perancangan Alat Pendeteksi Suhu dalam Ruang Penyimpanan Obat menggunakan Metode Wireless Sensor Network pada Apotek Kencana Jaya Darmansyah Darmansyah; Rahmat Gunawan; Yati Supriyanti
Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK)
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.266 KB)

Abstract

Ruang Penyimpanan obat merupakan ruangan yang sangat berpengaruh terhadap jenis-jenis obat, selain menjaga mutu khasiat obat juga dapat mengurangi kerusakan pada obat-obatan. Suhu ruangan yang berubah-rubah karena iklim tropis membuat sering ditemukannya obat-obatan yang rusak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat pendeteksi suhu merupakan yang dapat membantu menjaga suhu pada ruang penyimpanan obat tetap stabil menggunakan wireless sensor network pada Apotek Kencana Jaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Design Science Research (DSR). Metode DSR dalam penelitian ini digunakan sebagai metode dalam penyelesaian masalah yang berupaya menciptakan inovasi berdasarkan ide, praktik, kemampuan teknis, design analisis, implementasi, manajemen dan penggunaan sistem informasi atau alat secara efektif dan efisien. Hasil pengujian alat yang telah dilakukan, menunjukan bahwa suhu pada ruang penyimpanan obat yang lebih dari 25°C, kipas angin menyala secara otomatis, dan alat mengirim notifikasi via telegram ketika terjadi kenaikan suhu sesuai dengan hasil yang diharapkan. Alat ini dirancang dengan harapan dapat mempermudah staf Apotek Kencana Jaya gudang memantau suhu ruang penyimpanan obat dengan bantuan Telegram. Adanya kipas angin yang hidup secara otomatis jika suhu melampui batas yang ditentukan untuk menjaga suhu ruang penyimpanan obat agar tetap stabil.
Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Kas Kecil dengan Metode Fluktuatif Pada CV Focus Etania Zashika Karawang Menggunakan Visual Basic.Net Indaryono Indaryono; Arif Maulana Yusuf; Castika Pebrianti
Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK)
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.851 KB)

Abstract

Kas Merupakan elemen aktiva yang paling likuid dan hampir semua transaksi pada akhirnya akan berhubungan dengan kas. Pada prinsipnya kas merupakan aktiva lancar yang mempunyai sifat mudah dipindah tangankan sehingga kas sangat mudah diselewengkan. Pada CV. Focus Etania Zashika Karawang masih terdapat kekurangan dalam sistem pengelolaan pencatatan kas kecil sehingga membutuhkan suatu program aplikasi dalam pengelolaan pencatatan kas kecil untuk membantu kelancaran dalam pengolahan data-data laporan pengelolaan pencatatan kas kecil. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pengelolaan pencatatan kas kecil. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fuktuatif, sedangkan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) model waterfall. Sistem ini dirancang dengan menggunakan aplikasi Microsoft Visual Basic.Net dengan Microsoft SQL Server sebagai database atau tempat penyimpanan data, dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam pengelolaan data dan pencatatan laporan keuangaan pada CV. Focus Etania Zashika Karawang.
Penggunaan Google Trends Dalam Perencanaan Strategi Content Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Bisnis di Dunia Internet Femmy Effendy; Ratih Huriyati; Disman Disman; Mokh Adib Sultan
Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK)
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.532 KB)

Abstract

Internet dalam dunia bisnis telah berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat penentu strategi dalam bisnis di dunia internet seperti pemasaran dan penjualan. Sehingga pelaku bisnis pada internet harus dapat memanfaatkan peluang yang ada. Salah satu cara yang dapat ditempuh dalam memasarkan produk yaitu penentuan strategi dalam pemilihan content marketing. Content memiliki peranan penting dalam memanfaatkan digital marketing sebagai media pemasaran. Hal itu dikarenakan, pemain digital marketing harus mendistribusikan content secara rutin kepada pelanggan.Strategi konten adalah sebuah perencanaan yang berisi pembuatan hingga pendistribusian content kepada pelanggan. Bisnis dengan strategi content yang terencana baik memiliki hasil yang lebih efektif dan maksimal. Pemilihan content dapat dilakukan menggunakan mesin pencari Google trends sebagai pencatat pencarian untuk menentukan content yang sering digunakan oleh pencari produk atau pengguna internet. Google trends merupakan salah satu instrumen big data yang paling sederhana untuk mencari data yang berbasis web sehingga tidak memerlukan survey. Dalam penelitian ini data diambil menggunakan google trends dengan kategori pada topik pada pencarian wilayah di Indonesia, data selama 12 bulan terakhir, semua kategori dan pencarian web serta youtube. Hasil penelitian diketahui bahwa Totenham adalah kata yang menjadi trending topic harian, dan UEFA menjadi trending topik tertinggi di tahun 2021 sedangkan Tiktok menjadi queries yang paling terkait. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran secara deskriptif tentang cara mencari content marketing dengan memanfaatkan Google Trends dan dapat menjadi rujukan pada penelitian selanjutnya.
Dukungan Sistem Informasi Geografis untuk Pendataan Bantuan Sosial Berbasis Masyarakat Chairuddin Chairuddin; Nana Suryana; Haryoso Wicaksono
Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK)
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (978.207 KB)

Abstract

Pemberian bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat bukan hal yang baru dilakukan Pemerintah, bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah ini bentuknya pun beragam, namun di masa pandemi COVID-19, pemerintah baik pusat dan daerah kesulitan dalam penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat agar lebih transparan dan tepat sasaran sehingga tidak memicu kesenjangan diantara masyarakat penerima batuan. Ikut serta masyarakat dalam memantau dan mengevaluasi penerima bantuan sangat diperlukan, oleh sebab itu diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat mengakomodir masyarakat untuk memberi data dan informasi bagi pengambil keputusan agar bantuan yang diberikan lebih transparan dan tepat sasaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan sebuah penelitian yang bertujuan merancang dan membangun suatu sistem informasi geografis berbasis web untuk memudahkan berbagai pihak terkait baik masyarakat maupun pemerintah dalam mengelola informasi penerima bantuan sosial di suatu daerah. Sistem Informasi Geografis ini dirancang untuk dapat memberikan informasi lokasi dari masyarakat untuk petugas yang berwenang berkaitan dengan status penyaluran bantuan sosial di suatu daerah agar informasi dapat ditindaklanjuti oleh berbagai pihak terkait.
Risiko Pemasaran Digital : Kajian Literatur Nur Hayati; Evan Jaelani
Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK)
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.086 KB)

Abstract

Kajian ini berangkat dari fenomena pemasaran digital yang semakin dipandang sebagai alat penting dalam kegiatan pemasaran di abad 21 saat ini. Perkembangan digital marketing tidak terlepas dari strategi pemasaran perusahaan dan media yang digunakan oleh masing-masing perusahaan untuk membangun digital marketing secara internal. Namun, sejauh mana pemasaran digital efektif dan risiko yang dihadapi konsumen perlu dipelajari lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut efektivitas pemasaran digital yang diklasifikasikan ke dalam empat kuadran beserta persepsi risiko yang dihadapi konsumen saat melakukan pembelian teoritis. Pendekatan studi literatur deskriptif dilakukan untuk mengungkap dua hal tersebut. Temuan konseptual menunjukkan bahwa dengan segala risiko yang harus dihadapi pemasar dan konsumen dalam penggunaan pemasaran digital, media ini dapat menjadi alternatif utama dalam mengembangkan kegiatan pemasaran saat ini.
Sistem Informasi Akuntansi Kas Kecil Dengan Sistem Fluktuatif Pada PT. Hunu Osias Padmada Eara Karawang Menggunakan Macro VBA Microsoft Excel Arif Maulana Yusuf; Yeny Rostiani; Latifah Dwi Lestari
Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK)
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.381 KB)

Abstract

PT Hunu Osias Padmada Eara merupakan usaha micro kecil menengah (UMKM) yang bergerak pada bidang laporan keuangan dan Perpajakan baik pembimbingan, kontrol, konsultasi, dan Analisa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem kerja kas kecil yang terjadi pada perusahaan dengan melalui penyusunan laporan keuangan yang terfokus pada laporan keuangan kas kecil yang membantu para usaha micro kecil menengah (UMKM) dalam proses penyusunan laporan keuangan kas kecil yang benar. Metode penelitian dengan cara pengumpulan data dan analisis data, jenis data yang digunakan yaitu data primer. Data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, analisis data dan studi literature. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Hunu Osias Padmada Eara (1) Laporan keuangan sudah sesuai berdasarkan ketentuan yang berlaku (2) Pencatatan yang masih menggunakan manual book/ metode sederhana (3) Laporan keuangan kas kecil menggunakan VBA Microsoft Excel dalam proses pencatatan dan penyusunan laporan keuangan dengan mudah, cepat dan akurat.
Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Persediaan Barang Berbasis Web Pada LKP Prisma Computer Rahmat Gunawan; Rini Malfiany; Dwi Listiawati
Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK)
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.336 KB)

Abstract

Lembaga Keterampilan dan Pendidikan (LKP) juga merupakan salah satu cara untuk mendidik dan menghasilkan SDM yang merupakan salah satu unsur pendukung sistem pendidikan nasional. Selain Lembaga Keterampilan dan Pendidikan (LKP), Di LKP Prisma Computer pun menyediakan penjualan accessories dan perlengkapan computer dalam bentuk Hardware. Dalam proses pemasaran produk di Prisma Computer, ada beberapa keluhan dalam proses pemasaran produk terhambat oleh waktu untuk pengecekan persediaan data stock barang  yang tidak efektif dan efisien, sehingga menyulitkan bagi karyawan tersebut dalam pengecekan data stock barang, serta tidak tersedia nya rak-rak barang penjualan. Dan barang yang keluar tidak berdasarkan metode FIFO (First in First Out), barang yang dikeluarkan tidak berdasarkan barang yang terakhir disimpan dalam rak.   Perancangan serta analisis sistem yang dilakukan dalam laporan ini menggunakan metode SDLC waterfall. Hasil perancangan sistem ini diharapkan dapat membantu memfalisitasi pelanggan dalam proses pembelian produk serta dapat meningkatkan penjualan perusahaan, serta dengan perancangan dan pembuatan website ini dapat diimplentasikan dengan baik di perusahaan dan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Diagnosis Kanker Payudara Menggunakan Machine Learning Dengan Algoritma K-Nearest Neighbor Chalifa Chazar; Indra Nursyamsi; Patah Herwanto
Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK)
Publisher : LPPM STMIK Rosma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.707 KB)

Abstract

Banyak anggapan bahwa kanker payudara sama seperti tumor, pada kenyataanya tumor yang muncul tidak berarti kanker payudara. Penyakit ini sulit didiagnosis pada tahap awal, hal ini menyebabkan banyak penderita baru mengetahui kondisinya setelah memasuki tahapan yang sulit disembuhkan. Biopsi adalah teknik pemeriksaan dengan mengambil cairan di payudara dengan menggunakan Fine Needle Aspiration (FNA), selanjutnya akan dilakukan diagnosis untuk mengetahui jenis kanker apakah termasuk pada kelompok jinak atau ganas. Diagnosis ini membutuhkan waktu yang relative lama. Machine Learning (ML) memiliki kemampuan untuk dapat meniru kecerdasan manusia dan terus melakukan pembelajaran berdasarkan data atau pengalaman di masa lalu. Semakin sering digunakan Machine Learning (ML) akan menghasilkan tingkat akurasi yang lebih tinggi. Untuk meningkatkan hasil akurasi dari predisksi yang dihasilkan digunakan algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN). Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi Machine Learning (ML) untuk mendiagnosis jenis kanker payudara dengan menggunkan algoritma K-Nearest Neighbor. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) dapat menentukan jenis kanker payudara dengan menggunkan sedikit data atau pengalaman dengan hasil akhir yang mudah dipahami.