cover
Contact Name
Agus Prayitno
Contact Email
agussprayitno09@sttimanuelpacet.ac.id
Phone
+6285259879525
Journal Mail Official
agussprayitno09@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sumberan No.3 Des. Sajen Kec. Pacet Kab. Mojokerto Jawa Timur
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Filadelfia : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Core Subject : Religion, Education,
Teologi dan Pendidikan Agama Kristen FILADELFIA merupakan wadah publikasi hasil penelitian di bidang teologi dan Pendidikan Agama Kristen bagi dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Imanuel Pacet, bahkan semua pihak yang berkompeten di bidang ini dari institusi mana pun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022): April 2022" : 6 Documents clear
KAJIAN TEOLOGIS PELAYANAN TUHAN YESUS BERDASARKAN MATIUS 4:23-25 DAN IMPLEMENTASINYA BAGI PELAYANAN GURU PAK DALAM MEMBERITAKAN INJIL KEPADA SISWA SD Rita M.Th; Vinus Zai M.Th
FILADELFIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 3, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Imauel Pacet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.345 KB) | DOI: 10.55772/filadelfia.v3i1.47

Abstract

Masa Pelayanan Tuhan Yesus di dalam dunia sangat singkat, yaitu sekitar tiga setengah tahun, tetapi dampaknya sangat luar biasa mempengaruhi hidup seluruh umat manusia di sepanjang sejarah. Di dalam pelayanan-Nya, Tuhan Yesus disebut sebagai Tuhan dan guru tidak hanya oleh murid-murid-Nya, tetapi juga oleh musuh-musuh-Nya. Tuhan Yesus bukan seorang guru biasa, IA adalah guru Agung karena IA tidak hanya mengajar melalui perkataan saja, tetapi IA melakukan apa yang dikatakan-Nya untuk menjadi teladan bagi murid-murid-Nya. Hal ini sangat menarik untuk diketahui oleh Guru Pendidikan Agama Kristen agar dapat mengajar murid-murid yang Tuhan percayakan dengan prinsip yang benar sehingga tepat sasaran dan efektif. Oleh karena itu untuk mengetahui prinsip Pelayanan Tuhan Yesus dalam Matius 4:23-25 dilakukan penelitian  dengan metode kualitatif deskriptif analisis, yaitu melalui eksegese Matius 4:23-25. Proses analisis ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu: Pelayanan Tuhan Yesus merupakan pelayanan holistic yang  dimulai oleh Allah, berdasarkan kasih Allah kepada manusia dan disertai oleh kuasa Allah untuk memberikan keselamatan kepada manusia seutuhnya. Temuan ini dapat diimplementasikan kepada Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) sehingga dapat menggenapi panggilan Tuhan dengan sukacita dan berpengharapan.
MENCERMATI PENGGUNAAN METODE KUALITATIF DI LINGKUNGAN SEKOLAH TINGGI TEOLOGI Kosma Manurung
FILADELFIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 3, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Imauel Pacet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.546 KB) | DOI: 10.55772/filadelfia.v3i1.48

Abstract

Research methods are an integral part of science. The research method has an important meaning in terms of helping to understand, work on, assess, and the basis of the validity of a scientific work. The purpose of this study is to describe the use of qualitative research methods among theological colleges. This article uses descriptive methods and literature review. Based on the results of the discussion of this article, it can be concluded that the use of qualitative methods in theological high school environment is generally used in two types of research, namely based on field research and based on literature research. Qualitative methods based on field research can use phenomenology, grounded theory, ethnography, and case studies. While the qualitative methods used in theological high school environment based on literature research can be in the form of narrative, description, literature review, and exegesis. Metode penelitian adalah bagian yang tak terpisahkan dari ilmu pengetahuan. Metode penelitian memiliki arti penting dalam hal untuk membantu memahami, mengerjakan, menilai, dan landasan keabsahan sebuah karya ilmiah. Maksud dari penelitian ini ingin mengambarkan penggunaan metode penelitian kualitatif di kalangan sekolah tinggi teologi. Artikel ini menggunakan metode deskriptif dan kajian literatur.  Berdasarkan hasil pembahasan artikel ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kualitatif di lingkungan sekolah tinggi teologi secara umum digunakan dalam dua macam penelitian yaitu berdasarkan penelitian lapangan dan berdasarkan penelitian literatur. Metode kualitatif berdasarkan penelitian lapangan bisa menggunakan fenomenologi,  grounded theory, etnografi, dan studi kasus. Sedangkan metode kualitatif yang digunakan di lingkungan sekolah tinggi teologi berdasarkan penelitian literatur bisa berupa narasi, deskripsi, kajian literatur, dan eksigesa.
GAYA KEPEMIMPINAN OTORITER DAN KEPEMIMPINAN KRISTEN TERHADAP KARIAWAN Berlina Lumban Gaol
FILADELFIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 3, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Imauel Pacet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.332 KB) | DOI: 10.55772/filadelfia.v3i1.49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan gaya kepemimpinan otoriter dan kepemimpinan kristen terhadap kesejahteraan, dimana seorang pemimpin memiliki tanggung jawab yang besar untuk mencapai tujuan bersama bukan demi kepentingan pribadi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan merupakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data-data lewat kajian literatur dan wawancara. Kepemimpinan otoriter akan menekan bawahan dan memaksakan kehendaknya untuk mencapai tujuan. Sedangkan kepemimpinan kristen melayani para bawahnya dengan tulus, mengayomi serta membangun hubungan yang baik dengan Tuhan. Dengan belajar kepemimpinan Kristen maka para pemimpin diajarkan untuk menjadi pemimpin yang dapat memimpin seperti Kristus memimpin dengan tulus. Pemimpin meniliki tugas untuk membimbing dan bukan mengatur orang. Perlu diketahui pemimpin Kristen merupakan seorang dipilih berdasarkan inisiatif Allah sendiri. Apabila Allah yang memulai segala sesuatu, maka Dia pula yang menjamin, memperlengkapi, memampukan dan memakai seorang pemimpin untuk tujuan-tujuan-Nya yang agung. Oleh sebab itu seorang pemimpin sangat besar dampaknya bagi yang dipimpinnya, dan alangkah lebih baik jika kepemimpinan kristen ini yang dipakai dalam memimpin sebuah organisasi.
Pengaruh Stres Mahasiswa Teologi Terhadap Pengenalan Akan Allah Menurut 2 Petrus 1:1-2 di Sekolah Tinggi Teologi Imanuel Pacet naumi kadarsi
FILADELFIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 3, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Imauel Pacet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.773 KB) | DOI: 10.55772/filadelfia.v3i1.50

Abstract

Mahasiswa mengalami tekanan akademik karena adanya tuntutan yang harus dijalani diantaranya bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan melakukan kegiatan baik akademik maupun non akademik. Mahasiswa teologi merupakan orang-orang yang terpanggil dan terpilih untuk memfokuskan hidupnya meresponi panggilan Tuhan. Pembelajaran utamanya dalam sekolah tinggi teologi adalah Alkitab atau Firman Tuhan dan kehidupan berasrama berlandaskan Firman Tuhan.Kategori stress yang dihadapi oleh mahasiswa termasuk dalam daily hassles. Daily hassle adalah jenis stressor yang membutuhkan sedikit penyesuaian sepanjang hari atau setiap hari oleh yang bersangkutan. Kasih karunia dan kedamaian tidak dapat ditemukan di luar "Pengetahuan penuh" (ἐπίγνωσις) dapat dianggap sebagai catatan kunci dari Surat 2 Petrus, karena kata (ἐπίγνωσις) atau pengetahuan penuh yang lebih kuat dari istilah pengetahuan atau gnosis γνωσις.Apakah mahasiswa STT Imanuel Pacet yang sehariannya belajar tentang Teologi, pengelanannya akan Tuhan dipengaruhi oleh stres sebagai mahasiswa? Dari hasil penelitian kuantitaif dan kualitatif didapat mahasiswa mengalami stress karena beberapa hal dan hal tersebut mempengaruhi pengenalannya akan Tuhan karena memberi dampak terhadap fisik, pikiran, emosi maupun tingkah lakunya. Padahal 2 Petrus 1:1-2 memberikan pembahasan iman yang diperoleh karena keadilan Allah melimpahi kasih karunia dan damai sejahtera oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus Tuhan.
SUKSESI KEPEMIMPINAN KRISTEN AGUS PRAYITNO
FILADELFIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 3, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Imauel Pacet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.667 KB) | DOI: 10.55772/filadelfia.v3i1.51

Abstract

Keterkaitan individu dengan individu yang lain tidak lepas, sebagai pribadi makluk sosial. Untuk itu dalam mencapai tujuannya maka masing-masing individu yang memiliki visi yang sama membentuk suatu koloni supaya tercapai tujuannya. Dalam organisasi atau koloni tersebut harus ada kepemimpinan yang akan mengarahkan anggota-anggota yang lain. Gaya kepemimpinan itupun berbeda-beda sesuai dengan karakter dan kebutuhan organisasi yang dipimpinnya. Gaya kepemimpinan ini tidak bisa dipaksakan jika tidak sesuai dengan pola yang dipimpinnya. Namun jika diperhatikan fungsi dari kepemimpinan itu memiliki tujuan yang sama yaitu bagaiman ia bisa memimimpin, merencanakan, mengorganisasi, menyusun staff dan mengendalikan organisasi dengan baik. Secara umum kepemimpinan yang baik haruslah bertanggungjawab, memberikan inspirasi kepada anggotanya, jujur dan berintegritas serta mudah berkomunikasi yang baik secara internal maupun eksternal. Adapun cara dalam memilih kepemimpinan bisa dilihat dari beberapa jalur berdasarkan kondisi yang ada. Misalnya jalur tradisional, kepribadian, pengangkatan atasan, situasional maupun pemilihan. Dari jalur kepemiminan masing-masing ada sisi positif dan negatifnya, tergantung kondisi organisasi yang dipimpinnya. Jika suksesi ditinjau dari sisi pemimpin kepemimpinan rohani dapat ditinjau dari sisi Alkitab. Maka dasar dari calon harus memiliki kriteria takut akan Tuhan, bijaksana dan peduli, serta adil jujur dan berintegritas.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE MEET DALAM PEMBELAJARAN DARING Yesnita nita
FILADELFIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol 3, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Imauel Pacet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.997 KB) | DOI: 10.55772/filadelfia.v3i1.52

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunkan Internet, sehingga dapat memberikan rangsangan, bimbingan, pengarahan dan dorongan kepada anak didik agar terjadi proses belajar. Untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan kemampuan dalam membimbing atau mengarahkan belajar peserta didik agar dapat mencapai tujuan pendidikan. Dalam mencapai tujuan pembelajaran dibantu dengan perantara dengan mengunakan aplikasi Google Meet supaya bisa mendukung efektifnya pembelajaran daring dengan tatap muka secara langsung ini lebih mudah dalam bergabung, memudahkan dalam menggunakan waktu yang tidak terbatas. Respon timbal balik menjadi kunci efektivitasnya pembelajaran daring.

Page 1 of 1 | Total Record : 6