cover
Contact Name
Nurjaya
Contact Email
nurjaya58023@gmail.com
Phone
+62816616825
Journal Mail Official
jubis@unsur.ac.id
Editorial Address
Jl. Pasirgede Raya, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur 43216
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis
ISSN : 27989275     EISSN : 27989348     DOI : https://doi.org/10.35194/jubis.v2i1
Core Subject : Economy, Science,
jurnal hasil penelitian yang berkaitang dnegan ilmu pengelolaan sumber daya manusia, logistik, operasional, pemasaran, hingga manajemen perusahaan. Adapun ruang lingkup jurnal sebagai berikut : Administration, Business Ethics, Consumer behavior, Digital Marketing, Entrepreneurship, Management, Leadership, Service marketing, Technology Business
Articles 25 Documents
PENGEMBANGAN MODEL QUALITY IMPROVEMENT PROGRAM (QIP) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DOSEN PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA Wati Irnawati
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 1, No 1 (2021): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.984 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v1i1.1499

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kualitas dan kuantitas kinerja dosen dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi, menganalisis program kinerja dosen yang telah dilakukan untuk mengetahui dampak dari program pengembangan tersebut dan merancang program pengembangan untuk meningkatkan kinerja dosen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Model pengembangan dalam penelitian ini melalui tahap model konseptual, model teoritik, model hipotetik  dan model final. Namun pada artikel ini hanya akan membahas sampai pada model teoritik. Temuan-temuan pada penelitian ini adalah masih rendahnya jumlah guru besar, masih banyak perguruan tinggi swasta yang di bawah standar pendidikan tinggi, kompetensi dosen masih belum optimal dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi terutama dalam bidang penelitian dalam hal ini masih rendahnya kapasitas dosen dalam publikasi ilmiah, masih ada dosen yang belum memiliki jabatan fungsional serta tuntutan stakeholder yang semakin kuat agar perguruan tinggi swasta melakukan perubahan-perubahan dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola perguruan tinggi sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas. Hasil pada penelitian ini berupa Program Pengembangan Kinerga Dosen Terpadu diharapkan mampu meningkatkan kinerja dosen dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi. Terutama dalam publikasi ilmiah, yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan produktivitas dosen sehingga dapat berkontribusi pada pengembangan perguruan tinggi swasta menuju good university governance Kata Kunci : Program Pengembangan Kinerja Dosen Terpadu
RED RICE CONSUMER PURCHASE DECISION WITH MARKETING MIX APPROACH AND CONSUMER BEHAVIOUR Rahmat Taufiq Dwi Jatmika; Nisa Anjani; Ismi Ajeng
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 2, No 1 (2022): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.697 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v2i1.2341

Abstract

Red rice is a product that has many benefits that are also sought after by the community. Red rice itself has good competitiveness if it is perfectly developed in the marketing mix used by the company. Consumer purchasing decisions are basically determined by how the organization or institution perfectly uses the marketing mix strategy. This article will examine how the Institute from the consumer's point of view of the use of the marketing mix that has been carried out and also its impact on purchasing decisions from consumers. The result of this article is the influence of the marketing mix which is influential but not significant on purchasing decisions. These results are because Red rice producers have not implemented the marketing mix perfectly. The conclusion and suggestion is that producers are more focused on developing the existing marketing mix in order to attract more consumers of Red rice in Cianjur Regency.
PENGARUH DEBT TO ASSET RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET PADA PT. ASURANSI SINAR MAS, TBK PERIODE TAHUN 2011-2020 Irma M Nawangwulan; Nurjaya Nurjaya; Rahmat Taufiq Dwi Jatmika
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 1, No 2 (2021): Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.874 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v1i2.1934

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Asset Ratio terhadap Return On Asset pada PT. Asuransi Sinar Mas, Tbk Periode Tahun 2011-2020. Metode yang digunakan adalah explanatory research. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel Debt to Asset Ratio diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,68%. Variabel Return On Asset diperoleh nilai rata-rata 1,075%. Debt to Asset Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Asset dengan nilai persamaan regresi Y = 17,889 - 0,190X, dan nilai koefisien korelasi -0,699 atau memiliki tingkat hubungan yang negatif kuat dengan nilai determinasi sebesar 48,8%. Uji  hipotesis diperoleh signifikansi 0,025 < 0,05.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PADA PT. GRAHA CURAH NIAGA DI TANGERANG Kosasih Kosasih; Heri Sapari Kahpi; Azhar Affandi; Denok Sunarsi
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 1, No 1 (2021): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.99 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v1i1.1436

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap produktivitas karyawan pada PT. Graha Curah Niaga di Tangerang. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini Lingkungan Kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan sebesar 43,6%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (11,425 > 1,974). Disiplin Kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan sebesar 41,1%, uji  hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (10,852 > 1,974). Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan dengan persamaan regresi Y = 10,259 + 0,387X1 + 0,355X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 52,0%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (18,770 > 2,660).
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PELAYANAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN DWIGIE TAUCO COOKIES KABUPATEN CIANJUR, JAWA BARAT Adang Suryana; Ahmad Nur Rizal; Variyan Ariadi
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 2, No 1 (2022): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.647 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v2i1.2367

Abstract

Perkembangan bisnis kuliner saat ini semakin pesat, cepat dan beraneka ragam seiring dengan tuntutan kebutuhan hidup masyarakat yang semakin komplek akibat perubahan gaya hidup. Berbagai macam konsep, bentuk serta cita rasa yang ditawarkan oleh para pelaku bisnis kuliner ini yang bertujuan untuk dapat memanjakan mata sekaligus lidah dari para penikmat kuliner salah satunya yaitu tauco cookies. Tauco cookies merupakan kue kering dari bahan dasar bumbu tauco yang memiliki khas dan cita rasa lezat. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan berbagai pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk Dwigie tauco cookies. Penelitian ini dilakukan populasi dan sampling 90 responden,  sedangkan metode analisis datanya yaitu menggunakan uji validasi dan uji reliabiltas. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan tersebut bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk dwigie tauco cookies karena thitung 2,732>ttabel 1,662 berarti hipotesis pertama diterima, atau dapat diartikan bahwa kualitas produk dapat mempengaruhi keputusan pembelian, kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dwigie tauco cookies karena thitung 3,104>1,662 berarti hipotesis kedua diterima, atau dapat diartikan kualitas pelayanan dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dwigie tauco cookies. Berarti hipotesis ketiga tidak diterima, karena menunjukkan thitung 0,721<1,662 ttabel, atau dapat diartikan promosi dapat mempengaruhi keputusan pembelian serta kolerasi kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk dwigie tauco cookies karena thitung< ttabel. Hal ini terjadi karena tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai F hitung sebesar 27,213. Dengan demikian secara bersama-sama variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOMAT DI PASAR MUKA CIANJUR Yuni Apriliani; Asep Saepul Alam; R Selfi Nendris Sulistiawan
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 1, No 2 (2021): Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.687 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v1i2.1935

Abstract

Tomat (Lycopersicon esculentum Mill) adalah salah satu komoditas unggulan hortikultura di Indonesia yang merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat berpotensi untuk dikembangkan, tomat banyak mengandung zat gizi yang baik dan kandungannya banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk memasak, mengobati berbagai penyakit seperti sariawan, beri-beri, radang saraf, dan untuk industri pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian tomat di Pasar Muka Cianjur. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan metode accidental sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan analisis koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa Kualitas Produk (X1) memiliki pengaruh yang signifikan (nyata) terhadap keputusan pembelian di Pasar Muka Cianjur. Hal ini ditunjukan dengan nilai thitung> ttabel yaitu 2.039 > 1.985, nilai signifikansi 0.004 < 0.05. Harga (X2) memiliki pengaruh yang signifikan (nyata) terhadap keputusan pembelian tomat di Pasar Muka Cianjur. Hal ini ditunjukan dengan nilai thitung> ttabel yaitu 4.540 > 1.985, nilai signifikansi 0.00 < 0.05. Variabel Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) memiliki pengaruh yang signifikan (nyata) terhadap keputusan pembelian hal ini ditunjukan dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 20.577 > 3.94, nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun uji koefisien determinasi menunjukan 29,8% pengaruh dari variabel kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sedangkan sisanya 70,2 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENERAPAN ETIKET BISNIS PERUSAHAAN JEPANG DI INDONESIA OLEH PEKERJA LOKAL Fadhila Arienda Humaira
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 1, No 1 (2021): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.19 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v1i1.1489

Abstract

Perusahaan-perusahaan Jepang yang berdiri di luar Jepang khususnya di Indonesia menerapkan nilai-nilai budaya negaranya termasuk etiket berbisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan etiket bisnis pekerja lokal yang bekerja di perusahaan Jepang di Indonesia. Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan studi kepustakaan dan pembagian kuesioner kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa penerapan etiket bisnis ala Jepang pekerja lokal di perusahaan Jepang memiliki intensitas yang berbeda-beda tergantung dari jenis pekerjaan yang dilakukan. Dalam hal aisatsu (salam), dan menelepon dengan etiket bisnis Jepang memiliki intensitas penerapan tinggi. Namun, intensitas penerapan rendah dalam hal bertukar kartu nama dengan ekspatriat Jepang. Kemudian, ojigi (membungkuk) diterapkan oleh pekerja lokal ketika bertemu, meminta maaf, berterimakasih, dan meminta tolong kepada ekspatriat Jepang.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK BAGLOG JAMUR TIRAM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CV.ASA AGRO CORPORATION Anwar Nugraha; Hanisa Sismaya Lestari; Nurjaya Nurjaya
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 2, No 1 (2022): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.92 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v2i1.2396

Abstract

Pada salah satu Kecamatan yang menjadi sentra produksi baglog jamur tiram adalaah Desa Benjot Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur. Penelitian dilakukan di perusahaan CV. Asa Agro Corporation Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Penelitian dimulai pada bulan Juli sampai dengan bulan September 2021 dengan tujuan :  1. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di CV. Asa Agro Corporation. 2. Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di CV. Asa Agro Corporation. 3. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di CV. Asa Agro Corporation. Penelitian ini menggunakan teknik probability  dalam penentuan responden. 1. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara parsial. 2. Kualitas produk baglog jamur tiram berpengaruh signifikan  secara parsial terhadap kepuasan konsumen 3. Kualitas pelayanan dan baglog jamur tiram berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen di CV. Asa Agro Corporation.
ANALISIS KEPUASAN KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (KPM-PKH) TERHADAP PENYALURAN BANTUAN SOSIAL BERAS (BSB) OLEH PERUM BULOG KANTOR CABANG CIANJUR Maryanti Maryanti; Endah Lisa Rini; Hanisa Sismaya Lestari
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 1, No 2 (2021): Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.833 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v1i2.1936

Abstract

Bantuan sosial beras (BSB) merupakan program bantuan sosial yang diluncurkan Kementrian Sosial bersama Perum BULOG untuk menyalurkan bantuan berupa beras kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat-Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) di seluruh Indonesia, termasuk keluarga pertani yang terkena dampak Pandemi Covid-19 selama jangka waktu 3 bulan dimulai bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu beras, jumlah beras, dan ketepatan waktu terhadap kepuasan KPM-PKH baik secara simultan maupun secara parsial. Metode pengumpulan data primer yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner berskala ordinal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh KPM-PKH penerima BSB di Kec. Cugenang Kab. Cianjur, dan sampel penelitian sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah mutu beras berpengaruh signifikan terhadap kepuasan KPM-PKH, jumlah beras berpengaruh signifikan terhadap kepuasan KPM-PKH, ketepatan waktu berpengaruh signifikan terhadap kepuasan KPM-PKH, dan mutu beras, jumlah beras, dengan ketepatan waktu secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan KPM-PKH.
PENGARUH KOMPENSASI DAN FLEKSIBILITAS DRIVER GOJEK TERHADAP KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT GOJEK INDONESIA CABANG SAMARINDA Luis Preselliya Siregar; Adietya Arie Hetami; Wira Bharata
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 1, No 1 (2021): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.032 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v1i1.1518

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yang terdiri dari Kompensasi (X1) dan fleksibilitas (X2) terhadap Kinerja (Y1), dan menggunakan Kepuasan Kerja (Y2) sebagai bagian dari variabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Driver Gojek asal Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling. Hasil perhitungan uji t (parsial) menunjukkan bahwa Kompensasi(X1) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Kerja (Y2), dan Fleksibilitas (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja (Y2), Kompensasi (X1 ) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Kerja, Kinerja (Y1) dan Fleksibilitas (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja (Y1), Kepuasan Kerja (Y2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja (Y1). ABSTRACT: The effect of gojek driver compensation and flexibility on performance with job satisfaction as intervening variable at pt gojek indonesia samarinda branch. This study aims to determine the effect of independent variables consisting of compensation (X1) and flexibility (X2) on performance (Y1), and use Job Satisfaction (Y2) as part of the intervening variable. The type of research used is the type of quantitative research. The population in this study were Gojek drivers from Samarinda. The sampling technique used is incidental sampling. The results of the t-test calculation (partial) show that Compensation (X1) has a negative and insignificant effect on Job Satisfaction (Y2), and Flexibility (X2) has a positive and significant effect on Job Satisfaction (Y2), Compensation (X1 ) has a negative and insignificant effect on Job Satisfaction, Performance (Y1) and Flexibility (X2) have a positive and insignificant effect on Performance (Y1), Job Satisfaction (Y2) has a positive and insignificant effect on Performance (Y1). 

Page 1 of 3 | Total Record : 25