cover
Contact Name
Sigit Apriyanto
Contact Email
info@jcopublishing.com
Phone
+6281215263928
Journal Mail Official
info@jcopublishing.com
Editorial Address
Jl. R. Fatah, No. 50, RT3/4, Sidamulya, Kec. Wanareja, Kab. Cilacap
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan
Published by CV. Tripe Konsultan
Core Subject : Education, Social,
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan (JIC) adalah jurnal terbitan CV. Tripe Konsultan bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) guru kelas Kec. Wanareja yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2020. Jurnal Insan Cendekia menerima manuskrip baik dari artikel asli maupun literature review. Jurnal Insan Cendikia memiliki cakupan yang membahas tentang kajian Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Bahan Ajar, Manajemen Sekolah, dan hal yang bersentuhan dengan Sekolah Dasar.
Articles 31 Documents
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SDN PALUGON 01 Arif Herdyana
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): April
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.581 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i1.14

Abstract

Indikator keberhasilan suatu proses pembelajaran ditandai dengan ketercapaiaan nilai yang telah ditetapkan. Penggunaan metode belajar yang tepat dianggap penting guna meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran IPA pada materi Organ Pernapasan Manusia di SDN Palugon 01. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kooperatif tipe STAD Teknik penelitian ini dilakukan dengan memberikan lembar kerja siswa dan soal akhir siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi keaktivan siswa, dan lembar angket motivasi. Objek penelitian ini adalah organ pernapasan manusia kelas V semester I. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Palugon 01 Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap sebanyak 24 orang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa motivasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas V mengalami peningkatan. Dilihat dari segi persentase, kondisi awal dengan ketuntasan klasikal sebesar 33,33% meningkat menjadi 85,71% pada siklus I dan meningkat kembali sebesar 100% pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 85,24. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD, motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA pokok bahasan organ pernapasan manusia meningkat.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING DI KELAS V SEMESTER 2 SDN WANAREJA 01 Eko Riyadi
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): April
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.167 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan membandingkan nilai tes antar siklus dan indikator lainnya. Dengan teknik pengumpulan data, tes, observasi siswa, analisis data dengan metode persentase. Prosedur pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melaui model inkuiri terbimbing mengalami peningkatan persiklus pada pretes nilai rata-rata 53 meningkat menjadi 70 pada sikulus I, meningkat lagi pada sikulus II yaitu pretes 66 menjadi 85. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan pada prasiklus 2 siswa (5,4 %), meningkat menjadi 15 siswa (41%). Pada siklus 2 prasiklus 8 siswa (21,6%) meningkat menjadi 37 siswa (100%). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V.
PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI METODE DISCOVERY DI KELAS V SDN MADURA 05 Handa Suhanis
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): April
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.55 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i1.16

Abstract

Minat dan prestasi belajar merupakan dua hal yang saling bersinergi. Minat belajar adalah suatu proses kejiwaan yang bersifat abstrak yang dinyatakan oleh seluruh keadaan aktivitas, ada objek yang dianggap bernilai dan berorientasi pada prestasi agar terjadi perubahan sikap, tingkah laku, dan keilmuannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prstasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas V SDN Madura 05. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Discovery. Teknik penelitian ini dilakukan dengan memberikan lembar kerja siswa dan angket minat belajar kepada siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi keaktivan siswa, dan lembar angket minat belajar siswa. Objek penelitian ini adalah operasi hitung bilangan bulat kelas V semester I. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Madura 05 Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap sebanyak 24 orang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas V mengalami peningkatan. Minat belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 3 siswa minat tinggi dan menjadi sangat tinggi disiklus II. Dan dilihat dari segi persentase, kondisi awal dengan ketuntasan klasikal sebesar 70,83% meningkat menjadi 100% pada siklus I dan tetap sebesar 100% pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Discovery, minat dan prestasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat meningkat.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENENTUKAN VOLUME BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI MODEL THINK-PAIR-SHARE (TPS) DI KELAS V-A SDN WANAREJA 02 Heri Indarto
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): April
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.102 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i1.17

Abstract

Manusia memiliki derajat potensi, latar belakang historis, serta harapan masa depan yang berbeda-beda. Karena adanya perbedaan, manusia dapat silih asah (saling mencerdaskan). Pembelajaran kooperatif secara sadar menciptakan interaksi yang silih asah, sehingga sumber belajar bagi siswa bukan hanya guru dan buku ajar tetapi juga sesama siswa. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Matematika dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share terhadap hasil belajar Matematika. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Matematika setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V-A SD Negeri Wanareja 02 Tahun Pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (57,69%), siklus II (76,92%), siklus III (92,31%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Think-Pair-Share dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas V-A SD Negeri Wanareja 02 Tahun Pelajaran 2018/2019, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative.
PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE TPS DI KELAS V SDN MAJINGKLAK 01 Kartum Kartum
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): April
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.021 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS pada materi Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia di kelas V SDN Majingklal 01. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kooperatif tipe TPS. Teknik penelitian ini dilakukan dengan memberikan lembar kerja siswa dan angket minat belajar kepada siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi keaktivan siswa, dan lembar angket minat belajar siswa. Objek penelitian ini adalah Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia kelas V semester I. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Majingklak 01 Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap sebanyak 24 orang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa minat dan prestasi belajar IPS siswa kelas V mengalami peningkatan. Minat belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dengan 1 siswa atau 4,17% yang kurang termotivasi dan menjadi 41,67% termotivasi dan 54,17% sangat termotivasi. Pada keaktivan siswa menunjukan peningkatan yaitu dari dari rata-rata siklus I pertemuan I 5,63 dengan kategori aktivitas sedang menjadi 6,75 pada pertemuan II, sedangkan pada siklus II dengan kategori aktivitas tinggi dengan rata-rata 10,71 pada pertemuan II. Dan dilihat dari segi nilai rata-rata siswa, kondisi awal dengan rata-rata 57,38 atau ketuntasan klasikal 41,67% meningkat menjadi rata-rata 60,23 atau ketuntasan klasikal 70,83% dan meningkat kembali menjadi 69,48 atau ketuntasan klasikal sebesar 100% pada akhir siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS, minat dan prestasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS pokok bahasan Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia meningkat.
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar IPA Materi Konsep Daur Air Pada Siswa Kelas VA Semester I Sekolah Dasar Negeri Wanareja 02 Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2019/2020 Heri Indarto
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.438 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i2.19

Abstract

Penelitian berjudul Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar IPA Materi Konsep Daur Air pada Siswa Kelas VA Semester I Sekolah Dasar Negeri Wanareja 02 Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan subjek penelitian berjumlah 29 anak terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar siswa rendah pada kondisi pra siklus dengan nilai rata-rata 65,69. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap-tiap siklus menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes, dan observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika 85% dari siswa tuntas belajar serta menunjukan peningkatan keaktifan belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu pada pra siklus mencapai 53,85% masuk pada ketegori cukup (kriteria agak aktif) meningkat pada siklus I mencapai 62,07% masuk pada ketegori tinggi (kriteria terkeaktifan) meningkat lagi menjadi 93,10% masuk pada kategori sangat tinggi (kriteria sangat terkeaktifan) pada siklus II. Hasil prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada pra siklus mencapai rata-rata 65,69 meningkat pada siklus I mencapai rata –rata 78,62 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,86. Dari hasil penelitian, ketuntasan belajar mengalami peningkatan pada siklus I (68,97%) dan pada siklus II (96,55%), terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar (27,58%). Penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik Di SD Negeri Panulisan 01 Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap Tardo Tardo
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.939 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i2.20

Abstract

Fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah “Bagaimana dampak kegiatan supervisi akademik terhadap peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP?”. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan jenis kolaboratif partisipan. PTS merupakan jenis dari Action Research yang dilakukan dengan beberapa siklus penelitian yang berulang untuk meneliti tindakan terhadap masalah yang dihadapi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, pengukuran hasil belajar dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Dari tiga siklus yang diterapkan, disimpulkan bahwa kegiatan supervisi akademik terbukti dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun rencana pembelajaran berupa RPP. Hasil peningkatan keterampilan ini dapat terlihat dari data di lapangan yang menunjukkan hasil observasi guru dari tiap siklus yang selalu meningkat. Observasi sebelum tindakan rata-rata skor guru adalah 48,75, kemudian siklus 1 meningkat menjadi 54,25. Pada siklus 2 rata-rata skor guru menjadi 68,75 dan pada siklus 3 rata-rata skor guru mencapai 77,50. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran sebagai bahan pertimbangan kepada pihak lembaga pendidikan khususnya guru, untuk menggunakan kegiatan supervisi akademik untuk peningkatan kompetensi guru.
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Materi Penyajian Data Pada Siswa Kelas VI Semester II SD Negeri Jenang 02 Tahun Pelajaran 2019/2020 Iwan Rijal Winata
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.577 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i2.21

Abstract

Penelitian berjudul Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Materi Penyajian Data Pada Siswa Kelas VI Semester II SD Negeri Jenang 02 Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan subjek penelitian berjumlah 39 anak terdiri dari 16 laki-laki dan 23 perempuan. Penelitian ini dilakukan karena prestasi belajar siswa rendah pada kondisi pra siklus dengan nilai rata-rata 68,97. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap-tiap siklus menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes, dan observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika 85% dari siswa tuntas belajar serta menunjukan peningkatan motivasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu pada pra siklus mencapai 53,86% masuk pada ketegori cukup (kriteria agak termotivasi) meningkat pada siklus I mencapai 74,36% masuk pada ketegori tinggi (kriteria termotivasi) meningkat lagi menjadi 94,87% masuk pada kategori sangat tinggi (kriteria sangat termotivasi) pada siklus II. Hasil prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil prestasi belajar siswa pada pra siklus mencapai rata-rata 68,97 meningkat pada siklus I mencapai rata –rata 76,41 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 86,79. Dari hasil penelitian, ketuntasan belajar mengalami peningkatan pada siklus I (69,23%) dan pada siklus II (100%), terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar (30,77%). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Upaya Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Penerapan Reward and Punishment Di SD Negeri Purwasari 04 Tahun Pelajaran 2018/2019 Parijo Parijo
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.515 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i2.22

Abstract

Penelitian tindakan ini dilakukan terhadap Kepala sekolah, guru di SD Negeri Purwasari 04 Kecamatan Wanareja Semester II Tahun ajaran 2018/2019 . Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan sekolah yang alurnya, yaitu membuat siklus yaitu dari rencana tindakan, melaksanakan tindakan, observasi dan refleksi pelaksanaan tindakan selama dua siklus. Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai pedoman untuk pengambilan keputusan mengambil keputusan melanjutkan atau menghentikan penelitian. Penelitian dilakukan secara spiral dalam siklus-siklus sampai siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa penerapan Reward and Punishment selama dua siklus. Untuk meningkatkan disiplin para guru dapat diupayakan melalui bermacam-macam cara. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and Punishment untuk para guru di SD Negeri Purwasari 04 Kecamatan Wanareja. Hasil Penelitian menunjukkan pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and punishmen kepada guru.
Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Minat Baca Dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMPN 15 Kota Tasikmalaya). Tuti Heryati
Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober
Publisher : Journal Corner & Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.926 KB) | DOI: 10.54012/jurnalinsancendekia.v1i2.23

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang penulis lakukan diketahui bahwa minat baca dan prestasi belajar siswa belum optimal yang diduga disebabkan oleh implementasi gerakan literasi sain belum dilaksanakan secara optimal. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pembimbing literasi, guru bahasa Indonesia dan kepala perpustakaan di SMP N 15 Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh penulis menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Implementasi gerakan Literasi Sekolah (GLS) dapat meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa. 2) Adanya hambatan-hambatan dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa. 3) Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca siswa.

Page 1 of 4 | Total Record : 31