cover
Contact Name
Muhammad Nurul Mubin
Contact Email
mnmubin96@gmail.com
Phone
+6285740118326
Journal Mail Official
fkmpsfitk@gmail.com
Editorial Address
Faculty of Tarbiyah and Education, 2nd floor, House of Journal, State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia. Marsda Adisucipto Street Yogyakarta 55281 Indonesia.
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education
ISSN : 28097769     EISSN : 27983579     DOI : https://doi.org/10.14421/hjie
Aims and Scope The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and theoretical research covering all aspects of Islamic Education. Deradicalization of Islamic Education Philosophy of Islamic Education Islamic Education Policy Gender and Islamic Education Comparison of Islamic Education Islamic Education and Science Nusantara Islamic Education Pesantren Education Islamic Education and Social Transformation Leadership of Islamic Education Figure of Islamic Education Islamic Education Management Curriculum of Islamic Education Innovation of Islamic Education Madrasah Education
Articles 51 Documents
Implementasi Paradigma Heutagogi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Perguruan Tinggi: Sebuah Sistematis Review Muhammad Sya'dullah Fauzi
HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/hjie.2021.11-01

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari paradigma hetuagogi dalam pembelajaran jarak jauh di perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif sedangkan teknik yang digunakan adalah studi kepustakaan (Literature Study). Hasil dari kajian ini mengungkapkan bahwa paradigma heutagogi dalam pembelajaran jarak jauh di perguruan tinggi dapat diimplementasikan dengan pertama, penyusunan RPS yang disepakati bersama mahasiswa, kedua, pembiasaan menulis artikel jurnal dengan cara mengorientasikan tugas-tugas kuliah untuk diterbitkan di jurnal, dan ketiga, self monitoring baik bagi dosen maupun mahasiswa. Dengan penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih terhadap paradigma pembelajaran di perguruan tinggi agar tetap berjalan secara optimal walaupun dilaksanakan secara jarak jauh.
Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Sederajat Muhammad Nurul Mubin
HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/hjie.2021.11-02

Abstract

Penelitian ini mengkaji seperti apa bagainana konsep pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di sekolah menengah sederajat. penelitian ini menggunakan metode penelitian kulaitatif dalam gaya eksplorasi kepustakaan kontekstual dimana mengkorelasikan berbagai literature. Pengumpulan data mengumpulkan buku, jurnal yang relevan , validasi data yang dipercaya bisa diambil serta disimpulkan menjadi semua temuan baru tentang konsep bagaimana pembelajaran daring pendidikan agama islam di masa pandemi covid-19 di sekolah menengah sederajat. Beberapa metode pembelajaran yang dapat dilakukan pada kondisi pandemi ini diantaranya diskusi dan penugasan berbasis online, project based learning, blended learning. Adapun beberapa aplikasi meanstream yang bisa digunakan untuk pembelajaran daring di antaranya whatsapp, google classroom, zoom, edmodo, dan sebagainya. Kerja sama orang tua dan guru merupakan persyaratan mutlak untuk pembelajaran Daring. Oleh karena itu, sinergitas keseluruh staekholder, sekolah dan orang tua harus komperhensif.
Analisis Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Belajar Mengajar di SD Negeri 7 Kayuagung Muhammad Dhori
HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/hjie.2021.11-09

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pentingnya analisis dan penerapan teori behavioristik dalam proses belajar mengajar di sekolah. Dalam hal ini, teori belajar behavioristik sangat menekankan dalam perkembangan perilaku anak tersebut. Pelatihan dan pengulangan perlu dilaksanakan agar perilaku siswa tersebut menjadi kebiasaannya. Hasil dan pembahasan yang diterapkan pada sekolah dengan menggunakan teori behaviorisme ialah terwujudnya suatu perilaku yang dicapai. Berdasarkan dari penelitian ditemukan bahwasannya analisis penerapan teori belajar behavioristik dalam proses belajar mengajar di sekolah menggunakan penguatan, latihan, stimulus, serta motivasi. Sedangkan perubahan perilaku siswa mengarah positif ialah termotivasi dengan baik dalam pembelajaran, sangat interaktif dan aktif, serta daya ingat yang kuat. Berdasarkan komponen tersebut, teori behavioristik sangat akurat dilaksanakan dalam proses pembelajaran saat ini. Di dalam implementasi teori belajar behavioristik sangat mudah dilaksanakan di lingkungan sekolah.
Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Kelas II SD Veni Veronica Siregar; Lesta Septia Sari
HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/hjie.2021.11-04

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui agar penulis dapat mengetahui dengan pasti, fenomena dan fakta apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Dalam hal ini, penulis terjun di SD 17 Kepahiang, dengan subjek dan objek penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini disebut dengan penelitian lapangan karena menurut, penelitian lapangan berarti penulis terjun langsung kelapangan dan terlibat langsung dengan masyarakat setempat. Adapun hasil yang penulis temukan adalah integrasi kurikulum pendidikan agama karena dalam kurikulum pendidikan juga memiliki nilai-nilai pendidikan agama Islam pada kurikulum 2013 di mana dalam pembelajaran agama terdapat pembelajaran yang mengajarkan siswa memiliki karakter yang baik seperti tolong menolong antar individu maupun kelompok, menghormati orang tua dengan berturur kata yang baik, memiliki rasa amanah ketika diberikan kepercayaan, misalnya pada saat siswa diperintahkan untuk menjaga buku pembelajaran dengan baik yang diberikan oleh pihak sekolah, mampu membiasakan siswa melaksanakan kewajiban beribadah dengan baik. hal ini menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan agama pada kurikulum 2013 dapat diterapkan bagi peserta didik dalam kehidupannya.
Metodologi David Hume (Empirisme) dalam Pemikiran Pendidikan Islam Nurazila Sari; Sangkot Sirait
HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/hjie.2021.11-06

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metodologi David Hume (empirisme) dalam pemikiran pendidikan Islam. Teknik pengumpulan data ini dengan cara analisis deskriptif, content analisys atau analisis isi, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang dihasilkan dari penarikan kesimpulan melalui metode yang bersifat literatur dengan jenis penelitian pustaka (library research) yaitu teori David Hume dalam pemikiran pendidikan Islam, ada pembenaran teori dengan kejadian yang telah terjadi berkaitan dengan mukjizat. Tetapi, juga ada pembantahan dari semua teori David Hume tersebut dengan melandaskannya pada Al-Qur’an. Tidak ada yang salah dari teori pemikiran David Hume, tetapi tidak semua bisa kita jadikan sebagai landasan. Salah satunya kritik Hume yang difokuskan pada agama, ini lebih banyak pemikiran Hume yang bertolak belakang dengan pendidikan Islam. Karena sesungguhnya dalam pendidikan Islam itu berlandaskan Al-Qur’an dan Hadist.
Pengembangan Media Pembelajaran Historical Heritage Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas IV Muhammadiyah Karangploso Jonata Jonata; Laila Fatmawati
HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/hjie.2021.11-03

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu, mengembangkan, mengetahui kelayakan serta efektivitas pengembangan media pembelajaran Historical Heritage berbasis STEM untuk meningkatkan literasi dasar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan (RnD) dengan model ADDIE (Robert Maribe Brach). Menghasilkan bahwa pertama, Media pembelajaran Historical Heritage memperoleh hasil 88,19 (sangat baik) oleh ahli media, penilaian guru kelas IV 98,43 (sangat baik), Penilaian siswa uji lapangan utama dan operasional adalah 90,90 (sangat baik) . Hasil rata-rata media mendapat skor 88,19 (sangat baik). Kedua, pengembangan media Historical Heritage layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dikelas IV SD. Ketiga, media Historical Heritage dapat dilihat dari uji t-test (13,910) > ttabel (2,045) p0,000<0,05 sehingga sig.0,000<0,05,tolak H0, Maka produk dikembangkan efektif.
Desain Pembelajaran Pendidikan Islam Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin Fitria Wulandari
HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/hjie.2021.11-10

Abstract

Pendidik merupakan salah satu elemen penting dalam dunia pendidikan. Pendidik dituntut untuk profesional dalam menjalankan perannya sebagai pengajar, keterampilan merancang pembelajaran adalah salah satu kemampuan pembentuk kompetensi pedagogis seorang pendidik. Kegiatan merancang dan mengembangkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik merujuk kepada desain pembelajaran yang mengandung pengertian membuat pola atau rancangan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan desain pembelajaran pada mata pelajaran PJOK di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, desain pembelajaran pada mata pelajaran PJOK di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin sudah berjalan dengan baik, model yang digunakan adalah model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan metode demonstrasi, ceramah, dan praktik. Pendekatan yang dilakukan bersifat indvidu dan kelompok. Evaluasi yang dilakukan guru juga sudah dengan baik dilakukan yakni penilaian yang dilakukan pada aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif peserta didik.
Belajar Efektif dan Efisien untuk Problem Belajar Siswa yang Berprestasi Rendah Iffah Khoiriyatul Muyassaroh
HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/hjie.2021.11-08

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap permasalahan yang dialami siswa SD, SMP dan SMA. Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan, dengan pendekatan dokumentasi. Di sisi lain, informasi yang diperoleh dari tulisan, jurnal, artikel, buku kemudian dianalisis. Dari hasil analisis tersebut, peneliti mendeskripsikan beberapa keterampilan untuk metode pembelajaran yang efektif dan efisien untuk diterapkan pada siswa SD, SMP dan SMA. Efektif adalah mampu mencapai tujuan yang maksimal dari yang diharapkan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata efektif berarti ada efek (akibatnya efek, kesan); Pengertian kata efektif adalah pencapaian tujuan secara tepat atau pemilihan tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan metode dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lain. efisien adalah menghemat tenaga dan biaya waktu, memperoleh hasil yang maksimal tanpa mengeluarkan banyak. "tidak menyia-nyiakan waktu, tenaga, biaya), mampu melaksanakan tugas dengan tepat dan hati-hati, efisien , efisien. Cara pembelajaran yang efektif dan efisien adalah 1) mengatur waktu belajar, 2) memilih tempat belajar, 3) menggunakan sarana dan prasarana belajar, 4) membuat review materi, 5) mengadakan diskusi, 6) dan membuat kesimpulan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan untuk mengubah cara belajar dengan hasil yang maksimal.
Paradigma Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali Khoirotul Niamah
HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/hjie.2021.11-05

Abstract

Tawaran paradigma pendidika Islam al-Ghazali menjadi rujukan utama dalam mengembangkan bagaimana landasan konseptual mengenai ilmu, pendidikan, dan religiusitas dikonstruksi dalam bangunan epistemologis pendidikan Islam. Dalam tulisan ini akan menguak tawaran konseptual dan paradigma tentang pendidikan Islam dari perspektif al-Ghazali. Lokus utama dari paradigma pendidikan Islam al-Ghazali adalah menyoal hubungan antara pendidikan dan semangat spiritual. Paradigma ini digunakan sebagai langkah metodologis pembelajaran dengan harapan pendidikan Islam mampu mengelaborasi dan menyesuaikan diri dengan hamparan globalisasi. Akhirnya, fokus kritik dari paradigma ini menjadi sebuah fondasi dasar dalam membangun tradisi akademik dalam pendidikan Islam.
Solusi Terhadap Problematika PAI di Sekolah: Proses Pembelajaran Yunita Permatasari Binti Uswatun Chasanah
HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/hjie.2021.11-07

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya berbagai macam problematika pendidikan agama Islam di sekolah dalam mencetak pembelajaran yang bermutu. Untuk itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan problematika pendidikan agama Islam di sekolah dan solusi terhadap problematika tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan meode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: Problematika yang dialami dalam proses pembelajaran di SMK PGRI 2 Ponorogo yaitu: kurangnya pemahaman peserta didik mengenai materi yang diajarkan, kurangnya dorongan belajar peserta didik, terdapat banyak peserta didik belum mahir membaca Al-Qur’an dengan fasih sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, malas melaksanakan sholat fardlu dengan rutin, guru pendidikan agama Islam kurang kreatif dalam penggunaan berbagai macam metode, kurang cakap dalam menentukan dan menggunakan media pelajaran, dan kurangnya motivasi dari orang tua. Sedangkan Solusi terhadap problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK PGRI 2 Ponorogo yaitu: guru harus menciptakan kelas yang aktif, kreatif, serta  bisa membawa peserta didiknya untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan penuh semangat. Selain guru, orang tua juga harus memotivasi anak-anaknya agar pemberantasan masalah tersebut segera terselesaikan. Dengan adanya riset ini dapat memberikan pemahaman bahwa setiap sekolah masih terdapat berbagai problematika pembelajaran PAI dan diharapkan riset ini dilanjutkan karena riset ini belum bisa memberantas seluruh problematika serta perlu dikaji kembali agar problematika-problematika PAI di sekolah segera terselesaikan.