Indonesia Sport Journal
Indonesia Sport Journal (ISJ) merupakan jurnal yang dikelola oleh Prodi Ilmu Keolahragaan (IKOR) Pascasarjana Universitas Negeri Medan, Jurnal ini membahas ilmu dibidang Keolahragaan, meliputi: Olahraga Pendidikan, Olahraga Prestasi, Olahraga Rekreasi, Olahraga Berkebutuhan Khusus, Olahraga Kebugaran, Olahraga Penyembuhan (Rehabilitas), Manajemen Olahraga. Indonesia Sport Journal (ISJ) terbit 2 kali 1 tahun yaitu bulan Juni dan bulan Desember, terbitan pertama bulan Desember 2017
Articles
57 Documents
PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS VII SMP SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN
Sabaruddin Yunis Bangun;
Nurul Annisa
Indonesia Sport Journal Vol 3, No 1 (2020): Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (368.867 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi tentang untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar lari sprint siswa kelas VII SMP Swasta Amir Hamzah melalui pembelajaran pendekatan bermain. maka Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian kuantitatif dengan subjeck penelitian sebanyak 26 siswa dan siswi dan objek penelitian pada pendekatan bermain. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh deskripsi data peningkatan kemampuan lari sprint dengan ketuntasan belajar mencapai 74%. Data menunjukan kemajuan dari data awal observasi hasil materi lari sprint pada kelas VII SMP Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Melalui observasi pada siklus II diperoleh deskripsi data peningkatan kemampuan lari sprint dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 84,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penelitian ini menunjukkan bahwa pendektan bermain dapat meningkatkan pembelajaran lari Sprint siswa tersebut. Pada data awal Pra siklus terdapat 11 siswa yang tuntas sedangkan 15 siswa dikategorikan tidak tuntas. Siklus I terdapat 19 siswa yang tuntas dan 7 tidak tuntas, siklus II 22 siswa yang tuntas dan 4 siswa yg tidak tuntas. Peningkatan hasil belajar kondisi awal pra siklus hingga akhir siklus II sebesar (42%) siswa kelas VII SMP Swasta Amir Hamzah Medan.
PENGARUH METODE LATIHAN POWER TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN DOLLYO CHAGI PADA ANGGOTA TAEKWONDO SIPJIN KABUPATEN SUKABUMI TAHUN 2019
Hamad Fauzi;
Firman Septiadi;
Firman Maulana
Indonesia Sport Journal Vol 1, No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (182.685 KB)
|
DOI: 10.24114/isj.v1i2.16237
This study aims to determine the effect of power training on the speed of the Dolly Chagi kick in the Sipjin taekwondo member Sukabumi Regency. The importance of the role of the power training method to the speed of the Dolly Chagi kick in taekwondo kicks. This research uses quantitative methods (pre-experimental, pretest-posttest control group design). This study population is a member of the Sipab taekwondo Sukabumi Regency, a population of 25 people taken by 20 people. The sample of this study was all members of taekwondo with purposive sampling technique, which is the technique of determining the sample with certain considerations. The instruments used in this study include: (1) training program, (2) dollyo chagi kick speed test. Based on the results of calculations using the normality test, F-test and T-test analysis techniques. the F count result is greater than the F table, i.e. F count (2.39) and F table (2.98). and T arithmetic greater than T table that is T arithmetic (2,934) and T table (1,812). based on a significance level of 0.05, Ha was accepted, meaning that there was an influence of the power training method on the speed of the Dolly Chagi kick on members of the Sipjin Taekwondo Sukabumi Regency in 2019
Kontribusi Tingkat Kebugaran Jasmani dan Motivasi Berolahraga Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi
Ilham Ilham;
Alek Oktadinata;
Wawan Junreti Daya
Indonesia Sport Journal Vol 1, No 1 (2019): Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (602.032 KB)
|
DOI: 10.24114/isj.v1i1.12360
Penelitian ini secara umum untuk mengetahui kontribusi tingkat kebugaran jasmani dan motivasi berolahraga terhadap hasil belajar penjasorkes siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi, secara khusus penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Kontribusi tingkat kebugaran jasmani (TKJI) terhadap hasil belajar penjasorkessiswa SMP Negeri 9 Kota Jambi. (2) Kontribusi motivasi berolahrag terhadap hasil belajar penjasorkessiswa SMP Negeri 9 Kota Jambi. (3) Kontribusi TKJI dan motivasi berolahraga secara bersama-sama terhadap hasil belajar penjasorkessiswa SMP Negeri 9 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei. Variabel penelitian ini yaitu hasil belasjar penjasorkes sebagai variabel terikat dan tingkat kebugaran jasmani dan motivasi berolahraga variabel bebas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi sebanyak 60 orang siswa. Data di peroleh melalui tes TKJI untuk tingkat kebugaran jasmani, kuisioner motivasi berolahraga dan nilai semester mata pelajaran penjasorkes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknis analisis korelasi namun sebelumnya dilakukan uji normalitas, regresi dan lineritas. Hipotesis dari penelitian ini adalah: (1). Terdapat kontribusi antara tingkat kebugaran jasmani terhadap hasil belajar penjasorkes siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi sebesar 39,4%, (2). Terdapat kontribusi antara motivasi berolahraga terhadap hasil belajar penjasorkes siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi sebesar 43,2%, (3). Terdapat kontribusi antara tingkat kebugaran jasmani dan motivasi berolahraga secara bersama-sama terhadap hasil belajar penjasorkes siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi sebesar 53,5%.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS SEPULUH ATPH (PERTANIAN) SMK NEGERI 2 SOMOLO-MOLO TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Erick Mulyadi Simanjuntak
Indonesia Sport Journal Vol 3, No 1 (2020): Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (193.204 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar chest pass bola basket melalui media audiovisual dengan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas sepuluh SMK Negeri 2 Somolo-molo Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran chest pass bola basket melalui media audiovisual dengan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar chest pass bola basket pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I ) dan Siklus II dalam proses pembelajaran chest pass bola basket, ternyata telah diperoleh peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar chest pass bola basket pada tes awal 36% dengan nilai rata-rata siswa adalah 67,2 (Tidak Tuntas), pada tes siklus I persentase ketuntasan hasil belajar passing sepak bola 60% dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,8 (Tuntas), dan pada pelaksanaan tes siklus II persentase ketuntasan hasil belajar passing sepak bola 100% dengan nilai rata-rata siswa telah mencapai 98,4 (Tuntas).
Hubungan Kekuatan Otot Lengan, Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Passing Bawah Siswi Ekstrakurikuler MTS Negeri 1 Sukabumi
Muhamad Abdurrahman;
Firman Septiadi;
Rizky Adi Wijaya
Indonesia Sport Journal Vol 1, No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (195.269 KB)
|
DOI: 10.24114/isj.v1i2.16190
This study aims to determine the relationship between arm muscle strength and hand eye coordination on the passing ability of the extracurricular student volleyball game at MTs Negeri 1 Sukabumi. The method used in this study is a quantitative approach to the correlational method. The research sample was 18 volleyball extracurricular students at MTs Negeri 1 Sukabumi, with a sampling technique using saturated samples. The data obtained is then processed. The result is a significant relationship between arm muscle strength and hand eye coordination to the passing ability of the extracurricular student volleyball game at MTs Negeri 1 Sukabumi. The results of calculations using the multiple correlation technique obtained Fcount greater than Ftable, namely Fcount (149,153)> Ftable (4.49) with a significant level of 0.05 then H0 is rejected meaning that there is a significant relationship between arm muscle strength and hand eye coordination passing ability under the extracurricular student volleyball game MTs Negeri 1 Sukabumi. The conclusion of the study is that there is a significant relationship between arm muscle strength and hand eye coordination on the passing skills of volleyball in extracurricular MTs Negeri 1 Sukabumi
Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis KKNI Pada Mata Kuliah Pertumbuhan, Perkembangan Gerak
Amir Supriadi;
Rahma Dewi;
Nono Hardinoto;
Mahmudin Mahmudin
Indonesia Sport Journal Vol 1, No 1 (2019): Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (284.389 KB)
|
DOI: 10.24114/isj.v1i1.11933
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja berbasis KKNI mata kuliah pertumbuhan dan perkembangan belajar gerak berupa print-outt lembar kerja. Dengan produk ini diharapkan dapat memecahkan masalah pada mahasiswa yang kesulitan dalam menyelesaikan enam tugaas, yaitu tugas rutin, tugas projek, tugas mini research, tugas critical jurnal, tugas book report, dan tugas rekaya ide pada mata kuliah pertumbuhan dan perkembangan belajar gerak sebagai dasar peningkatan kompetensi mahasiswa Fakultas Ilmu keolahragaan khususnya jurusan Pendidikan KepelatihaN Olahraga yang berkompetensi dalam bidang kepelatihan dan pendidikan jasmani. Implikasi dari produk lembar kerja tersebut akan mempermudah mahasiswa dalam menjalankan proses belajar mata kuliah pertumbuhan dan perkembangan belajar gerak.Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan mengembangkan lembar kerja yang didasarkan pada standar kompetensi melalui analisis kebutuhan dari mahasiswa.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X AP-1 SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2017/2018
Haryatno Haryatno
Indonesia Sport Journal Vol 3, No 1 (2020): Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (180.898 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar penjaskes siswa pada pokok bahasan renang gaya dada dengan menerapkan gaya mengajar resiprokal di Kelas X AP-1 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP-1 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 24 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Berdasarkan pre-tes yang dilakukan terhadap 24 siswa terdapat 15 orang (62,5%) siswa yang mendapatkan hasil belajar rendah (belum tuntas) dan sebanyak 9 orang siswa (37,5%) yang termasuk dalam kategori tuntas. Kemudian pada saat siklus I terdapat 7 orang (29%) siswa yang termasuk kategori belum tuntas dan yang termasuk kategori tuntas adalah sebanyak 17 orang (71%). Selanjutnya pada saat siklus II siswa yang mendapatkan hasil belajar rendah adalah sebanyak 4 orang siswa (17%) dan yang termasuk kategori tuntas sebanyak 20 orang siswa (83%). Berdasarkan hasil penelitian mulai dari pre-tes, postes siklus I dan postes siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar penjaskes siswa di kelas X AP-1 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018.
PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK SISWA SMP NEGERI 7 KOTA SUKABUMI
Vingkan Ayu Aryati
Indonesia Sport Journal Vol 1, No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (393.026 KB)
|
DOI: 10.24114/isj.v1i2.16257
This study aims to determine the results of learning to run short distances through traditional game treatments at SMP Negeri 7 Sukabumi City in the academic year 2019/2020. This type of research used in this study is an experiment. The design in this study was one group pretest-posttest. The sample technique used in this research is purposive technique. The sample in this study amounted to 27 students. The instrument used was the test and measurement of short distance running, which is to find out the results of learning to run short distances. The data analysis technique used is the test for normality, homogeneity and hypothesis testing (t-test). Based on research and data analysis, there is an influence of traditional games on the results of learning to run short distances in class VIII students at SMP Negeri 7, Sukabumi City. This is evidenced by the t-test of 5,045> t-table (2,060) at the real level (∝) 0.05. Thus, Ho is accepted and Ha is rejected. The conclusion of this study is "There is a significant influence of traditional games on the learning outcomes of students of class VIII at SMP Negeri 7 Sukabumi in the 2019/2020 school year".
Evaluasi Program Manajemen Pembinaan Cabang Olahraga Unggulan Provinsi Jambi Tahun 2018
Boy Indrayana;
Iwan Budi Setiawan
Indonesia Sport Journal Vol 1, No 1 (2019): Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (443.836 KB)
|
DOI: 10.24114/isj.v1i1.12361
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang penyelenggaraan manajemen pembinaan Cabang Olahraga Unggulan Provinsi Jambi. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui perencanaan manajemen pembinaan Cabang Olahraga Unggulan Provinsi Jambi, Mengetahui sistem pengorganisasian manajemen pembinaan Cabang Olahraga Unggulan Provinsi Jambi, Mengetahui pelaksanaan pembinaan Cabang Olahraga Unggulan Provinsi Jambi, Mengetahui hasil program pembinaan Cabang Olahraga Unggulan Provinsi Jambi. Penelitian ini bertempat di KONI Provinsi Jambi. Waktu yang digunakan selama penelitian mulai dari rencana penelitian (proposal) hingga penyusunan dilakukan bulan Febuari 2018 sampai dengan bulan Agustus 2018. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kategori untuk aspek konteks pada Evaluasi program pembinaan cabang olahraga unggulan Provinsi Jambi tahun 2018 berada pada nilai sebesar 92.44 % pada kategori baik sekali, (2) Kategori untuk aspek input pada Evaluasi program pembinaan cabang olahraga unggulan Provinsi Jambi tahun 2018 berada pada nilai sebesar 79.24 pada kategori baik, (3) Kategori untuk aspek proses pada Evaluasi program pembinaan cabang olahraga unggulan Provinsi Jambi tahun 2018 berada pada nilai sebesar 91.39 % pada kategori baik sekali, (4) Kategori untuk aspek proses pada Evaluasi program pembinaan cabang olahraga unggulan Provinsi Jambi tahun 2018 berada pada nilai sebesar 79.35 % pada kategori baik.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI ALAT SISWA KELAS IV SD NEGERI 07 SARILAMAK
Egi Yandra
Indonesia Sport Journal Vol 3, No 1 (2020): Januari - Juni
Publisher : Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (227.078 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola melalui modifikasi alat pada siswa kelas IV SD Negeri 07 Sarilamak Tahun Pelajaran 2020/2021.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran passing sepak bola melalui modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I ) dan Siklus II dalam proses pembelajaran passing sepak bola, ternyata telah diperoleh peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar passing sepak bola pada tes awal 23,33% dengan nilai rata-rata siswa adalah 59,44 (Tidak Tuntas), pada tes siklus I persentase ketuntasan hasil belajar passing sepak bola 53,33% dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,44 (Tidak Tuntas), dan pada pelaksanaan tes siklus II persentase ketuntasan hasil belajar passing sepak bola 86,67% dengan nilai rata-rata siswa telah mencapai 78,89 (Tuntas).