cover
Contact Name
Resti Amalia
Contact Email
dosen00850@unpam.ac.id
Phone
+6281386274001
Journal Mail Official
kommas@unpam.ac.id
Editorial Address
Jalan Raya Puspitek No. 46 Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia Telp./Fax. (021) 7412566
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 27210235     EISSN : 27234517     DOI : -
KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menerbitkan semua artikel multidisiplin ilmu tentang pengabdian kepada masyarakat khususnya dibidang teknik informatika atau Ilmu Komputer
Articles 189 Documents
PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI BUDAYA LELE DAN SAYURAN DALAM EMBER BAGI WARGA RW 05 TJ. DUREN UTARA JAKARTA BARAT Didin Hikmah Perkasa; Ryani Dhyan Parashakti; Encik Latifah Hanum
KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2021): KOMMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.267 KB)

Abstract

Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini untuk berbagi ilmu dengan masyarakat di sekitar kampus universitas dian nusantara. Peserta dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah warga RW 05 Kelurahan Tanjung Duren Utara Jakarta Utara sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini memberikan pengetahuan berbisnis dengan teori-teori yang relevan dan langsung praktek cara berbisnis, bagaimana menyiapkan sarana dan prasarana. Kegiatan ini memiliki beberapa tahapan antara lain mengajukan permohonan kerjasama dengan pimpinan wilayah sekitar, membuat surat izin kegiatan pada koramil untuk membantu mengawasi kegiatan karena waktunya bersamaan dengan pembatasan sosial dan masih dalam kondisi pandemic Covid 19, dan terakhir tahap pelaksanaan. Hasilnya desa tersebut melakukan strategy melalui program yang dikembangkan  yaitu budidaya ikan lele dan sayuran menggunakan ember.
PENERAPAN FORMULA MS. EXCELL UNTUK MENINGKATKAN BEKAL HARD SKILL SISWA SMA PESANTREN AL-ADZKAR TANGERANG SELATAN DALAM KEHIDUPAN MANAGEMENT DI MASA DEPAN Anis Mirza; Resmi Resmi; Sri Wahyuni; Muhammad Rosyid Ridlo; Khaerul Ma'mur
KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 3 (2021): KOMMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4411.665 KB)

Abstract

Pendidikan yang baik adalah yang dapat menyiapkan objek didiknya manjadi orang yang siap menghadapi kompetisi kerja dan kebaikan moral didikannya karena mereka akan menghadapi permasalahan hidup yang tidak sama dengan generasi sebelumnya.       Softskill sangat penting dalam membentuk jati diri siswa sedangkan tidak kala pentingnya hardskill untuk membentuk keahlian penunjang yang banyak dimanfaatkan kehidupan bisnis dewasa ini semisal pembekalan Ms. Excell yang dibutuhkan pengelolaan data meniitikberatkan bagaimana menyajikan data sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan.
PELATIHAN WOLFRAM CDF PLAYER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SD Nugroho Arif Sudibyo; Ardymulya Iswardani
KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): KOMMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.449 KB)

Abstract

Tujuan dari kegiatan  pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam memanfaatkan teknologi IT dalam pembelajaran matematika dalam hal ini memanfaatkan Wolfram CDF Player dan mengembangkan alat peraga matematika berbasis komputer yang sesuai dengan model pembelajaran matematika, sampai diperoleh suatu produk alat peraga. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode demonstrasi, tanya jawab dan diskusi. Peserta pelatihan adalah 20 siswa-siswi SD N 1 Sawahan. Analisis data hasil pelatihan ini di analisis menggunakan uji t sampel berpasangan dengan software SPSS. Hasil pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pelatihan Wolfram CDF Player, dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi bilangan bulat.
PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ZIPGRADE SEBAGAI PENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP ISLAM RAUDLATUL HIKMAH Sartika Lina Mulani Sitio; M. Bagoes Satria Junianto; Nardiono Nardiono; Fajar Agung Nugroho; Teti Desyani
KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 3 (2020): KOMMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (894.578 KB)

Abstract

Dalam setiap pembelajaran, pendidik harus berusaha mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang ia lakukan. Hasil yang dimaksud adalah baik, tidak baik, bermanfaat, atau tidak bermanfaat, dll. Pentingnya diketahui hasil ini karena ia dapat menjadi salah satu patron bagi pendidik untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang dia lakukan dapat mengembangkan potensi peserta didik. Artinya, apabila pembelajaran yang dilakukannya mencapai hasil yang baik, pendidik tentu dapat dikatakan berhasil dalam proses pembelajaran dan demikian pula sebaliknya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi. Evaluasi yang dilakukan oleh pendidik ini dapat berupa evaluasi hasil belajar dan evaluasi pembelajaran. Dengan berkembangnya teknologi, hal ini bisa kita tidak lakukan, karena dengan android yang ada dalam genggaman kita, menilai hasil ulangan yang dikerjakan oleh siswa dalam bentuk pilihan ganda bisa kita lakukan dengan waktu yang sangat singkat dengan hasil yang sangat akurat dan lengkap. Kemungkinan untuk mengkoreksi siswa satu kelas dengan jumlah siswa kurang lebih 40 orang cukup dengan 5 menit saja hasil sudah bisa kita lihat bahkan kita cetak secara lengkap dan jelas. Zipgrade adalah sebuah aplikasi untuk penilaian berbentuk pilihan ganda dengan menggunakan android untuk menscan lembar jawab peserta penilaian. Jadi dengan aplikasi zipgrade ini seorang penilai tidak perlu lagi mcnggunakan alat scanner kusus seperti scantron ataupun yang lainnya. Dengan zipgrade ini peserta penilaian bisa langsung mendapatkan umpan balik dan dapat tahu hasil scor setelah selesai mengikuti penilaian. Kata kunci: Pembelajaran; Aplikasi; Zipgrade; Android.
MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN MEMANFAATKAN KOMPUTER DI MASA PANDEMI COVID-19 Chairul Rizal; Supiyandi Supiyandi; Muhammad Zen
KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2021): KOMMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.463 KB)

Abstract

Modal dasar dalam proses pengembangan dan pembangunan adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Atas dasar tersebut kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) harus selalu dikembangkan dan diarahkan agar mencapai tujuan yang diharapkan, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melatih Sumber Daya Manusia (SDM) agar dapat berpartisipasi dalam Industri 4.0 yaitu dengan cara mengadakan pelatihan-pelatihan, kursus, ataupun workshop mengenai teknologi. Dengan terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas, baik secara fisik maupun mental, akan berdampak positif terhadap peningkatan daya saing dan juga dapat mendukung pembangunan Nasional. Pada masa pandemi COVID-19, banyak kegiatan yang dilakukan secara daring. Maka dari itu kepekaan masyarakat terhadap teknologi, menjadi kunci untuk menyukseskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara daring pada masa pandemi COVID-19.Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, Industri 4.0, Teknologi
MEMADUKAN CLASSROOM DENGAN QUIZIZZ SEBAGAI METODE UJIAN ONLINE YANG MENARIK BAGI SISWA SMP AL-ULUM TERPADU Chairul Rizal
KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2022): KOMMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (838.74 KB)

Abstract

Modal dasar dalam proses pengembangan dan pembangunan adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Atas dasar tersebut kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) harus selalu dikembangkan dan diarahkan agar mencapai tujuan yang diharapkan, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melatih Sumber Daya Manusia (SDM) agar dapat berpartisipasi dalam Industri 4.0 yaitu dengan cara mengadakan pelatihan-pelatihan, kursus, ataupun workshop mengenai teknologi. Permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan tingkat sekolah adalah sulitnya mengembangkan suatu cara dalam pelaksanaan ujian online agar menarik bagi siswa. Dikarenakan hal tersebut maka solusi untuk memecahkan masalah yang terjadi yaitu perlu dibuat metode baru untuk memadukan antara metode classroom learning dengan metode quizizz. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar proses kegiatan belajar mengajar tetap berjalan efektif, inovatif, efisien dan menyenangkan. Manfaat yang didapat bertambahnya ilmu pengetahuan dan kemampuan penerapan teknologi dalam pembelajaran daring dan ujian online. Dengan kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan minat ketertarikan siswa akan ujian online serta pembelajaran dan juga minat guru dalam mengembangkan bahan ajar secara kreatif dan inovatif.Kata Kunci: Google Classroom, Quizizz, Ujian Online
SOSIALISASI DAN PELATIHAN FRAMEWORK CODELGNITER UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS SYEKH YUSUF TANGERANG Susanna Dwi Yulianti K; Sartika Lina Mulani Sitio; Hidayatullah Al Islami; Bima Guntara
KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): KOMMAS:JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.547 KB)

Abstract

Perkembangan Internet dan Web berkembang begitu cepat pada saat ini, yang mana dapat memunculkan cabang baru sains seperti teknologi rekayasa web. Rekayasa Web merupakan cabang ilmu baru yang termasuk kedalam studi evolusi atau web yang menggunakan Framework (kerangka kerja). Salah satu framework yang banyak digunakan saat ini adalah CodeIgniter. CodeIgniter merupakan aplikasi sumber terbuka yang berupa kerangka kerja dari PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) dalam membangun website yang lebih dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan pengembang web untuk membuat aplikasi web dengan cepat dibandingkan dengan membuatnya dari awal. CodeIgniter memiliki dokumentasi yang super lengkap disertai dengan contoh implementasi kodenya. Dokumentasi yang lengkap inilah yang menjadi salah satu alasan kuat mengapa banyak orang memilih CodeIgniter sebagai framework pilihannya. Dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh CodeIgniter ini, masih banyak yang belum memanfaatkannya dikarenakan kurangtaunya tentang framework CodeIgniter. Sama seperti di Sekolah Menengah Atas Syekh Yusuf Tangerang, siswa-siswinya belum mengetahui tentang framework CodeIgniter. Ketidaktauan siswa terhadap framework CodeIgniter dikarenakan keterbatasan guru dalam mengajar, yaitu sempitnya waktu guru untuk mengajar atau keterbatasan waktu. Sehingga, guru bidang komputer mengajarkan hanya sebatas materi sesuai dengan silabus yang ditetapkan, belum dapat mengajarkan materi-materi diluar dari itu, seperti: materi tentang framework CodeIgniter. Dengan adanya masalah tersebut maka kami bermaksud untuk mengadakan pelatihan kepada siswa-siswa Sekolah Menengah Atas Syekh Yusuf Tangerang tentang perkembang web dan pembuatan web dengan framework CodeIgniter. Dimana dengan adanya pelatihan tersebut siswa-siswa dapat mengetahui tentang sejarah web, perkembang web, arti dari framework, yang terpenting adalah siswa dapat membuat web sendiri dengan framework CodeIgniter.
PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE DI PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ISHLAH CIPUTAT Maulana Muhamad Mulaiman; Muhamad Arief Yulianto; Romi Andrianto; Iwan Giri Waluyo; Sahlan Sahlan
KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2021): KOMMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1280.458 KB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan sekolah Islam berasrama dimana para pelajarnya biasa disebut santri belajar sekaligus tinggal di asrama. Hal ini bertujuan untuk membangun kemandirian bagi para santri. Pondok Pesantren tumbuh secara swadaya dan berkembang di kalangan masyarakat Islam di Indonesia. Salah satunya adalah Pondok pesantren Raudhatul Ishlah yang berlokasi di Jl. Kemuning bukit nusa indah, Serua, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Pondok pesantren Raudhatul Ishlah adalah pondok pesantren tradisional yang didirikan sekitar pada tahun 2015, pondok pesantren ini masih bersifat tradisional, artinya pendidikan yang diselenggarakan di pondok pesantren ini hanya pendidikan yang bersifat keagamaan saja dan belum memiliki program pendidikan atau pengajaran materi formal khususnya Pendidikan di bidang teknologi informasi. Untuk itu pengusul berinisiasi memberikan pendidikan bidang teknologi informasi kepada para santri pondok pesantren Raudhatul ishlah berupa pelatihan pembuatan website yang berfungsi sebagai sarana informasi sehingga membantu mereka untuk mendapatkan pendidikan dan keterampilan menghadapi kehidupan di masa depan serta mempermudah segala bentuk kegiatan di dalam lingkup Pondok Pesantren Raudhatul Ishlah.Kata kunci: Pelatihan, Pesantren, Teknologi Informasi, Website
SOSIALISASI APLIKASI ZOOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI SMP IT AL-MUSTOFA Nur Rofiq; Shandi Noris; Nurjaya Nurjaya; Maulana Ardhiansyah; Samsoni Samsoni
KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2022): KOMMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.626 KB)

Abstract

Sekolah dan kampus dipaksa untuk melakukan kegiatan belajar dan mengajar secara daring. Pemaparan diatas mengindikasikan bahwa SMP IT AL Mustofa merupakan salah satu sekolah yang terkena dampak langsung pandemi Covid-19. Pada era teknologi informasi seperti saat ini, maka sudah menjadi keharusan sekolah untuk mampu menerapkan media elearning sebagai alternatif dalam menghadapi kondisi-kondisi tertentu yang mengharuskan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan walaupun tidak diruang kelas. Karena belum seluruh guru dan siswa melakukan proses elearning yang sesuai dengan ketentuan yang ada. Maka diperlukan suatu pelatihan yang terjadwal dan guna meningkatkan produktifitan kegiatan elearning tersebut. Agar tujuan dari pembelajaran yang ada dapat tersampaikan dengan baik walaupun menggunakan media online. Tim pengusul yang terdiri dari dosen dan mahasiswa teknik informatika universitas pamulang bermaksud memberikan pelatihan menggunakan media Aplikasi Zoom sebagai pembelajran online akibat pandemi Covid-19 untuk mampu melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring di smp it al mustofa. 
Pelatihan Aplikasi Qasir Sebagai Penunjang Kegiatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Forum Masjid Depok Jaya Hendri Ardiansyah; Resti Amalia; M. Bagoes Satria Junianto; Entis Sutrisna; Nardiono Nardiono
KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): KOMMAS:JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Publisher : KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.593 KB)

Abstract

UKM adalah suatu bentuk usaha mikro, kecil menengah yang ada di kalangan masyarakat dimana usaha ini didirikan berdasarkan inisiatif seseorang. Sebagian besar opini yang ada dikalangan masyarakat menganggap bahwa UKM hanya dapat menguntungkan pihak-pihak tertentu saja. Padahal UKM juga dapat berperan membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. Pelaku UMKM yang ada diwilayah kelurahan Depok Jaya saat ini masih cenderung menggunakan cara konvensional dalam menjalankan roda bisnisnya khususnya untuk pembukuan. Hal ini sedikit banyak masih menimbulkan berbagai masalah, mulai dari lamanya waktu transaksi, penghitungan uang masuk dan keluar yang belum terdata, perhitungan untung rugi harian bahkan bulanan yang tidak jelas dan masih banyak lagi, sehinggan sulit dalam menghitung keutungan yang didapat. Qasir adalah aplikasi kasir yang bisa membantu pedagang mencatat penjualan, mengelola produk, mengawasi stok, dan memantau laporan transaksi. Hasil yang diharapkan Setelah mendapat pelatihan tentang Qasir pelaku UMKM yang ada di wilayah kelurahan Depok Jaya dapat menerapkan Qasir.id sebagai aplikasi penunjang sehingga dapat mengatasi masalah yang ada.

Page 1 of 19 | Total Record : 189