cover
Contact Name
Andi Patimbangi
Contact Email
andipatimbangi@yahoo.com
Phone
+6281355997578
Journal Mail Official
jurnalakunsyah@gmail.com
Editorial Address
Kampus 2 IAIN Bone, Kecamatan Polewali Kabupaten Bone, Proponsi Sulawesi Selatan
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah)
ISSN : 28284399     EISSN : -     DOI : 10.30863
Core Subject : Economy,
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Akunsyah) is a peer-reviewed journal published by Department of Sharia Accounting, Faculty of Economics and Business, IAIN Bone twice a year (June and December). Akunsyah aims to publish articles in the field of accounting and finance that provide the significant contribution to the development of Sharia accounting practices and the Sharia accounting profession in Indonesia and in the world. Consistent with its purpose, Akunsyah provides insights in the field of accounting and finance for academics, practitioners, researchers, regulators, students, and other parties interested in the development of accounting practices and accounting profession. Akunsyah accepts manuscripts of either quantitative or qualitative research, written in either Indonesian or English. Akunsyah accepts manuscripts from Indonesian authors and also authors from various parts of the world. The journal publishes research from various topics in accounting and finance, including but is not limited to the following topics: Financial Accounting Public Sector Accounting Management Accounting Islamic Accounting and Financial Management Auditing Corporate Governance Ethics and Professionalism Corporate Finance Accounting Education Taxation Capital Market Banking Information System Sustainability Reporting
Articles 20 Documents
PENGARUH PENGETAHUAN, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA DI BANK SYARIAH Al Aswad; Andi Patimbangi
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Juni 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.57 KB) | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i1.2987

Abstract

Artikel ini membahas mengenai pengaruh pengetahuan, produk dan promosi terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah. Minat menabung mahasiswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pengetahuan, produk dan promosi. Pengetahuan merupakan semua informasi yang dimiliki oleh konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen. Produk adalah sebagai segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan, atau dikonsumsi dan yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan. Serta promosi adalah sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabah. Sejauh ini belum ada yang meneliti ketiga variabel tersebut dan belum ada yang menjadikan mahasiswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik ini digunakan untuk mendeskripsikan objek atau hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah dengan hasil 0,047 0,05. Variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah dengan hasil 0,038 0,05. Variabel Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah dengan hasil 0,008 0,05. 
ANALISIS PENGENDALIAN PIUTANG UNTUK MEMINIMALKAN PIUTANG TAK TERTAGIH PT. PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN MAJENE Dahlia Dahlia
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Juni 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.728 KB) | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i1.2997

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengendalian Internal Piutang dengan membandingkan fakta dengan teori COSO (Commite Of Sponsoring Organization). Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat mengetahui bagaimana system pengendalian internal piutang dan agar dapat meminimalkan piutang tak tertagih pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Majene. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dengan cara praktek langsung, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh peneliti dengan cara praktek langsung dan wawancara langsung dengan narasumber. Selanjutnya data sekunder berupa data-data yang telah terdokumentasikan di PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Majene seperti Profil Perusahaan, Data Tunggakan 2016-2019, dan Data Piutang Ragu-ragu 2016-2019.  Hasil penellitian ini menunjukkan bahwa pengendalian piutang pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Majene untuk meminimalkan piutang tak tertagihnya belum efektif karena jumlah piutang yang masih dalam jumlah besar.
PENGARUH DANA ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN MUSTAHIK Iswardani Iswardani; Hartas Hasbi
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Juni 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.11 KB) | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i1.2999

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana zakat produktif terhadap tingkat pendapatan mustahik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang populasinya merupakan penerima bantuan dana zakat, sampel sebanyak 41 responden menggunakan teknik pengambilan sampel yakni simple random sampling.. Pengumpulan data melalui observasi dan dalam bentuk kuesioner yang menggunakan teknik regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemanfaatan dana zakat produktif berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan mustahik dalam menjalankan usahanya, dibuktikan nilai t hitung 9,227, nilai signifikan 0.000 0.05. Perhitungan yang dilakukan untuk mengukur variabel independen dan variabel dependen yang mampu dijelaskan oleh model regresi linear sederhana. Dari hasil regresi diperoleh nilai R square (R2) sebesar 0.686 yang berarti bahwa, variabel dana zakat produktif pada penelitian ini berpengaruh terhadap tingkat pendapatan mustahik sebesar 67.8 %, sedangkan sisanya 32,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Implikasi penelitian ini diharapkan kepada mustahik sebagai penerima dana zakat produktif agar memanfaatkan dana zakat yang diperoleh semaksimal mungkin sehingga pendapatan yang diterima semakin meningkat. 
MANAJEMEN KEUANGAN MASJID MELALUI PEMBERDAYAAN EKONOMI Nur Asyidah; Rahma Hidayati Darwis
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Juni 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.85 KB) | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i1.3018

Abstract

Masjid pada umumnya digunakan sebagai fasilitas tempat ibadah, namun seiring berjalannya waktu kini masjid juga dapat membantu meningkatkan perekonomian masjid dan masyarakat sekitaran masjid.. Dengan manajeman keuangan yang baik bukan hanya meningkatkan nilai spiritual tapi juga menambah nilai ekonomi. Masjid Al-Markaz Al-Ma’arif merupakan salah satu masjid yang manajemen kuangannya baik. Ditandai dengan adanya usaha produktif yang dijalankan oleh pengurus masjid yang nantinya dapat berdampak positif terhadap pemberdyaan ekonomi masjid dan masyarakat sekitaran masjid. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bentuk pemberdayaan ekonomi yang dikelola Masjid Al-Markas Al-Ma’arif, serta menganalisis manajemen keuangan masjid terhadap hasil pemebrdayaan ekonomi. Maka dari itu dilakukannya penelitian di Masjid Al-Markas Al-Markas Al-Ma’arif Kabupaten Bone sebagai objek penelitian, dan subjek penelitian di fokuskan pada pengurus masjid dan para pedagang diarea masjid. Penelitian ini berupa penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif  menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi lapangan dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data melalui teknik reduksi data, menyajikan data yang terpilih secara keseluruhan, kemudian menarik kesimpulan dari hasil analisis data yang diperoleh. Sehingga dari hasil penelitian ini pengurus masjid mampu mengelola keuangan masjid dengan baik melalui penyewaan kios dan penyewaan aula dengan memberdayakan jamaah masjid. hal ini mampu meningkatkan pendapatan masjid dan meningkatkan perekonomian jamaah masjid melalui usaha produktif yang dijalankan masjid. Untuk kedepan perlu pengembangan dan pengomptimalisasian manajeman keuangan masjid yang lebih intensif. 
PERAN KOMPETENSI AUDITOR TERHADAP HASIL AUDIT INVESTIGASI DALAM PEMBUKTIAN KECURANGAN Raodatul Jannah
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Juni 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.28 KB) | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i1.3020

Abstract

Fraud merupakan perbuatan melawan hukum dilakukan oleh orang-orang dalam atau dari luar organisasi, tujuannya adalah keuntungan pribadi atau kelompok baik langsung atau tidak dan bisa merugikan pihak lain. Tulisan ini membahas tentang sejauh mana pengaruh kompetensi Auditor, terhadap hasil audit investigatif pada kecurangan yang ada. Kompetensi auditor adalah kemampuan auditor untuk mengaplikasikan pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya dalam melakukan audit sehingga auditor dapat melakukan audit dengan teliti, cermat, intuitif, dan obyektif. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas audit adalah pendidikan, pengalaman, latar belakang dan sertifikasi (dari individu auditor investigasi), sedangkan dari proses auditnya adalah kompetensi, penerapan teknik audit, pengalaman, komposisi tim (supervisi, ketua tim, anggota dll), dan ada tidaknya kendali mutu.
STRATEGI PENERAPAN BUSINESS PLAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Irmayanti Irmayanti; Ismail keri
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 2 (2021): Vol. 1 No. 2 Desember 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.601 KB) | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i2.3023

Abstract

Business plan merupakan suatu rencana tertulis yang berisi tentang usaha yang akan dikelola, visi dan misi bisnis, entrepreneur dengan usahanya serta cara atau strategi yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan penjualan adalah ilmu dan seni yang dilakukan oleh penjual dalam menawarkan barang atau jasa kepada orang lain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana strategi penerapan business plan yang dilakukan pada usaha mebel PT Al Faqih Putra Risjaya, (2) Bagaimana efektivitas penerapan business plan dalam meningkatkan penjualan menurut perspektif ekonomi Islam. Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penerapan business plan yang dilakukan pada usaha mebel PT Al Faqih Putra Risjaya, telah dirancang sejak awal pendirian bisnis hingga saat ini dan diimplementasikan melalui aspek keuangan, aspek pemasaran (produk, harga, lokasi dan saluran distribusi, promosi), aspek operasional/produksi serta aspek Sumber Daya Manusia (SDM). Adanya penerapan business plan pada PT Al Faqih Putra Risjaya sangat efektif dalam meningkatkan penjualan dan pengembangan bisnis. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat penerapan business plan maka akan semakin tinggi tingkat potensi laba yang akan diperoleh dan semakin besar peluang untuk membuka cabang usaha dalam rangka pengembangan bisnis. Dalam perspektif ekonomi Islam, penerapan business plan dalam menjalankan kegiatan usaha pada PT Al Faqih Putra Risjaya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip dalam ekonomi Islam yaitu tauhid, keadilan dan keseimbangan, kehendak bebas dan tanggung jawab, dan juga pada kegiatan ekonomi yang dilakukan telah mencontoh sifat-sifat Nabi Muhammad saw yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fathanah. 
AUDITOR SYARIAH DENGAN SERTIFIKASI SYARIAH (ANALISIS PELUANG DAN TANTANGAN) Sari Utami
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 2 (2021): Vol. 1 No. 2 Desember 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.343 KB) | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i2.3024

Abstract

Lembaga Keuangan Syariah yang diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah memiliki suatu tanggung jawab dari segi aspek Syariah. Auditor Syariah hadir untuk memperbaiki segala yang menjadi tanggung jawab dan tugasnya, penelitian ini hadir untuk membahas perkembangan audit syariah di Indonesia yang menjadi peluang sekaligus tantangan kedepannya agar audit syariah ini menjadi bagian dalam menjaga kesesuaian prinsip syariah pada lembaga keuangan syariah di Indonesia. Dimana menjadi seorang auditor Syariah itu harus memiliki sertifikasi Syariah yang menjadi penunjang dalam melaksanakan tugasnya. Sebuah organisasi profesi akuntansi, IAI memberikan serta memfasilitasi Sertifikasi Akuntansi Syariah (SAS) bagi auditor syariah, namun sertifikasi yang ada ini dirasa masih belum optimal karena materi dalam SAS belum mencakup konsep dasar dan proses audit syariah seperti yang diterapkan oleh lembaga sertifikasi atau pelatihan auditor syariah di beberapa negara yang telah memiliki auditor syariah. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan deskriptif dengan data studi pustaka. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa peluang auditor akuntansi syariah di antaranya: 1) Mengikuti ujian sertifikasi akuntansi umum dan syariah, 2) Mengikuti Shariah Audit in Islamic Finance Workshop, dan 3) Mengikuti Shariah Audit Certificate Course. Adapun beberapa tantangan terkait kompetensi auditor syariah di Indonesia adalah 1) Memperbaharui pengetahuan serta kompetensi dewan pengawas syariah, 2) Kerjasama antara DSN-MUI dengan OJK dalam menciptakan sertifikasi dewan pengawas syariah yang wajib, 3) Lembaga pendidikan mampu memenuhi kebutuhan Industri terkait dewan pengawas syariah. 
PENGARUH TRUST DAN MUTU E-BANKING TERHADAP LOYALITAS BERTANSAKSI SECARA ONLINE PADA BANK SULSELBAR SYARIAH SENGKANG Jumarni Jumarni; Nenni Hardianengsi
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 2 (2021): Vol. 1 No. 2 Desember 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.745 KB) | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i2.3025

Abstract

Dimasa pandemi sekarang ini kita perlu memahami tentang kemudahan-kemudahan layanan yang ditawarkan oleh pihak perbankan, agar kita tetap bisa bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini membahas tentang pengaruh trust dan mutu e-banking terhadap loyalitas nasabah bank sulselbar syariah cabang sengkang. Trust atau kepercayaan konsumen adalah pengetahuan konsumen tentang suatu objek, atributnya, dan manfaatnya. Mutu sistem E-Banking merupakan suatu proses evaluasi menyeluruh pelanggan mengenai kesempurnaan system. Sedangkan Loyalitas adalah respon perilaku atau pembelian yang bersifat bias dan terungkap secara terus-menerus oleh pengambil keputusan dengan memperhatikan satu atau lebih merek alternatif dari sejumlah merek sejenis dan merupakan fungsi proses psikologis.Jenis penelitian ini tergolong  penelitian kuantitatif dengan penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus lemeshow. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Trust dan Mutu E-banking memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Bertransaksi secara online Karena Trust dan Mutu E-Banking tersebut memiliki jumlah persentase yang berada di taraf Tinggi  yaitu sebesar 66,8%. Hasil dari analisis yang didapatkan bahwa terdapat pengaruh positif Trust dan Mutu E-banking terhadap Loyalitas Bertransaksi secara online hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah presentase Trust dan Mutu e-Banking dengan nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel pada tingkat signifikansi 5%, dimana F hitung sebesar 93,364 dan F tabel sebesar 3,09. Selain itu, nilai signifikansi sebesar 0,000 juga menunjukan nilai yang lebih kecil dari nilai yang telah ditentukan yaitu 0,05 (0,000 0,05). Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,817 sehingga kemudian didapat koefisien determinasi (R2) sebesar 0,668. Nilai koefisien determinasi tersebut menggambarkan bahwa sebesar 66,8%  Loyalitas dapat dijelaskan oleh variabel Trust dan Mutu. 
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Fitriani Fitriani
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 2 (2021): Vol. 1 No. 2 Desember 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.866 KB) | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i2.3026

Abstract

Penelitian ini mengkaji Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu PT. Mayora Indah Tbk dan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk periode 2016-2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan Rasio likuiditas (Current Ratio) dan rasio Profitabilitas (ROA dan ROE). Jenis penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan mengunakan pendekatan deskriptif dan data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan jenis data sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis rasio keuangan. Berdasarkan hasil analisis rasio likuiditas (Current Ratio) dan Rasio profitabilitas (Return on Equity/ROE dan Return on Asset/ROA) selama lima tahun yaitu dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2020, bahwa perusahaan yang lebih likuid dan menguntungkan yaitu PT. Mayora Indah Tbk. Artinya PT. Mayora Indah Tbk lebih likuid dalam memenuhi kebutuhan jangka pendek atau operasional perusahaan serta mampu memberikan laba/keuntungan bagi perusahaan yang menggambarkan keberhasilan kinerja perusahaan. 
ANALISA KESEHATAN BANK Muhammad Ardi; Mutiyah Mahdin
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 2 (2021): Vol. 1 No. 2 Desember 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.828 KB) | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i2.3027

Abstract

This paper aims to determine the  bank financial statements in terms of bank liquidity which is one of the most important media for assessing the economic condition of banks regarding the cash position of a bank and the ability of banks to meet short-term needs (debt) on time.The method used in this article is descriptive method with  library research, such as  several sources of books, figures and  formulas. Liquidity management is one of the most important functions carried out by banking institutions. An efficient management needs instruments and financial market  both short term and long term whether  conventional and sharia banking with the CAMEL approach. It is easy to identify the bank if the bank condition reaches a ratio scale healthy (19%-0%) with predicate 81-100, moderate (24%-19,1%) with predicate 66-81, less healthy (49%- 34.1%) with predicate 51-66 and unhealthy (100%-49%) with predicate 0-51. 

Page 1 of 2 | Total Record : 20