cover
Contact Name
Yudi Yunika Putra
Contact Email
inomatika@unmuhbabel.ac.id
Phone
+6281279499449
Journal Mail Official
inomatika@unmuhbabel.ac.id
Editorial Address
Jalan K.H. Ahmad Dahlan KM 4 Rt.03 No.51 Ds. Mangkol, Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Location
Kab. bangka tengah,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Inovasi Matematika (Inomatika)
ISSN : 26567431     EISSN : 26567245     DOI : https://doi.org/10.35438/inomatika
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Matematika (INOMATIKA) merupakan jurnal Elektronik berisi hasil penelitian pada bidang matematika dan pendidikan matematika. Cakupan dan Ruang Lingkup Materi, meliputi: (1) Kurikulum Pendidikan Matematika, (2) Metode/Strategi Pendidikan Matematika, (3) Media Pembelajaran Matematika, (3) Pembelajaran Matematika Berbasis IT, (4) Soal PISA, (5) Penelitian Pengembangan, (6) Lesson Study pembelajaran matematika, (7) Realistik Mathematics Education, dan (8) Topik Lain yang Terkait dengan bidang matematika dan Pendidikan Matematika.
Articles 61 Documents
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK di Kota Cimahi pada Materi Program Linier Elfia Sri Rahayu; Resti Naila
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.488 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi program linear. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI di salah satu SMK di Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Instrumen terdiri dari soal kemampuan pemecahan masalah. Tes yang dikerjakan siswa diberi skor dan dilakukan analisis terhadap kesalahan jawaban. Dari hasil penelitian dari 29 siswa menunjukan bahwa siswa yang tidak bisa menyelesaikan masalah pada tahap pemahaman masalah sebanyak 6 orang. Siswa tidak dapat melakukan perencanaan strategi atau transformasi sebanyak 11 orang. Siswa tidak bisa menyelesaikan masalah sebanyak 18 orang. Siswa tidak dapat menyimpulkan jawaban sebanyak 23 orang. Sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada salah satu SMK di Kota Cimahi masih tergolong rendah sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan.
Identitas Bayangan Konsep Limas:Analisis Terhadap Konsepsi Matematis Siswa Tri Rahayu; Fiki Alghadari
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.256 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.134

Abstract

This study aims to analyze the identity of the shadow of the pyramid concept based on the students' mathematical conception. This study was conducted by surveying participants through a question. Survey questions contain two concept definitions, namely the length of all ribs equal to 4 cm, and have diagonal sides. The participants were students of class XII-IPA in one of the Belitung District High School in the academic year 2018/2019. The answer to the survey question was the students' conception of the concept for the shape of the pyramid building. Analysis of student conceptions focused on identification points, such as ribs, shapes, side diagonals, base fields and pyramid erect sides. From the data analysis, four kinds of student shadow concept identities were obtained. Level geometry thinking students who stated that not all pythons were the same. length is at the level of analysis. While students who state the pyramid side do not have diagonals indicate their level of thinking is at the level of visualization. While students at the level of thinking abstraction are characterized by the identity of the yaitulimas concept having diagonal sides, irregular rectangular pyramid with diagonal sides on the base to identify the relationship between the diagonal side, pyramid height, and elements of the pyramid forming field.
Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 dan Cara Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Sofie Dinia; Eva Dwi Minarti
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.268 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.135

Abstract

This study aims to look at the effect of the implementation of the 2013 Curriculum in mathematics learning according to students of class XI in one West Bandung District School. The research method used is a survey. Data obtained by giving questionnaires to students, then analyzed descriptively. Questionnaire consists of 16 items of statements regarding the implementation of 2013 Curriculum implementation and how students learn in mathematics learning. The research subjects consisted of 36 students. The results showed 36% of students agreed to the use of the 2013 curriculum in learning mathematics, but as many as 31% of students did not approve of mathematical classifications of interest & compulsory, besides students objected to the addition of class hours to the 2013 curriculum. The 2013 curriculum also has an impact on how students learn mathematics.
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Angga Ardianto; Dodik Mulyono; Sri Handayani
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.35 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.136

Abstract

The title article is influence model Discovery Learning to learning outcomes Mathematics Students Class VII SMP. This research problem formulation is there influence significant model Discovery Learning to Discovery Learning to learning outcomes mathematics students class VII SMP?. The aim research is to know influence model Discovery Learning to to learning outcomes mathematics students class VII SMP. The research used method is true experimental design by comparing model Discovery Learning with learning conventional. The research population is all over students class VII SMP amount to 263 student, and sampel the research s student class VII.6 and class VII.3 taken by random. Class VII.6 given learning with model Discovery Learning while class VII.3 with learning konvensional. Technik collection data used is Technik tes. The Average value student class used learning model Discovery Learning big as 80,31 while to class learning used learning conventional big as 73,73. The data collected analyzed used uji-t at a significant . Based on the results of calculations uji-t is thit= 2,13 >ttab = 1,671 can concluded that there is significant influence Model Discovery Learning to learning outcomes mathematics student class VII SMP.
Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Media Piranti Lunak Presentasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Di Kelas V SDN 5 Simpangkatis Yessy Andiani; Vika Martahayu; Ayen Arsisari
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (839.134 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.137

Abstract

This research axamines about the influence of Quantum Learning model with presentation software media to students’ achievement on the integer multiplicationmaterial for the fifth grade at SD Negeri 5 Simpangkatis, which the purpose to determine whether or not the influence of Quantum Learning model with presentation software media to students’ achievement in integer multiplication material for the fifth grade at SD Negeri 5 Simpangkatis. This research was conducted in class V at SD Negeri 5 Simpangkatis in Academic Year 2018/2019.This research uses a quantitative approach with the “Pre Experimental design” method, and uses the design of One-Group Pretest-Posttes Design. The sampling technique in this research used purposive sampling. The population in this research were all students of fifth grade, while the sample of this research amounted to 24 students. The data collection techniques used in the form of tests consisting of 5 questions. The prerequisite test used is the Lillifors test in order to test the normality of the data. Based on the result of the Lillifors test it was found that the data were normally distributed. Based on the analysis of hypothesis test from the results of the T-test calculation with tcount>ttabel (18,06>2,05), it can be interpreted that Ha is accepted. So the result of this research show that there is a positive influence on the Quantum Learning model with presentation media to students’ achievement on the integer multiplicationmaterial for the fifth grade at SD Negeri 5 Simpangkatis.
Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Menggunakan Media Biji Kolang-Kaling Berwarna Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Kelas V SDN 12 Simpangkatis Ayu Chayati; Sri Sugiyarti; Yudi Yunika Putra
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.054 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.139

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia menggunakan media biji kolang-kaling berwarna terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V materi bilangan bulat SD Negeri 12 Simpangkatis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posstest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 12 Simpangkatis, penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 12 Simpangkatis Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 12 Simpangkatis dengan jumlah 27 siswa, yang diambil menggunakan tekhnik Sampling Jenuh. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Pendekatan Matematika Realistik Indonesia menggunakan media biji kolang-kaling berwarna berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika materi bilangan bulat kelas V SD Negeri 12 Simpangkatis. Hal ini berdasarkan pada hasil posttes yang meningkat dibandingkan dengan hasil pretest. Selain itu, hasil uji Hipotesis diperoleh nilai thitung: 12,446 dan ttabel: 1,703 berdasarkan kriteria, thitung > ttabel maka Ha diterima thitung < ttabel H0 ditolak . Hasilnya adalah terdapat pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia menggunakan media biji kolang-kaling berwarna terhadap hasil belajar Matematika materi bilangan bulat kelas V SD Negeri 12 Simpangkatis.
Pengaruh Teori Van Hiele Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Kubus Pada Siswa Kelas V SD Negeri 46 Pangkalpinang Eka Oktavianti; Feri Ardiansah; Yudi Yunika Putra
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 1 (2019): Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.635 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i1.140

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teori Van Hiele terhadap pemahaman konsep Matematika materi bangun ruang kubus pada siswa kelas V SD Negeri 46 Pangkalpinang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen “Pre-experimental design” (The one-Group Pretes-Posttes Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 46 Pangkalpinang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sampel penelitian yang digunakan kelas V SD yang terdiri dari 36 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa soal tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas yaitu uji liliefors, serta uji hipotesis menggunakan uji related sample berpasangan dengan rumus t-test.Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa teori Van Hiele berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika materi bangun ruang kubus pada siswa kelas V SD Negeri 46 Pangkalpinang. Hal ini berdasarkan pada hasil posttes yang meningkat dibandingkan dengan hasil pretest. Selain itu, hasil uji Hipotesis dengan diperoleh nilai dengan hasil thitung: -4,275 dan ttabel: 2,028 berdasarkan kriteria, thitung> ttabel maka Ha diterima thitung< ttabel H0 ditolak . Demikian juga berdasarkan kriteria pada kurva uji hipotesis Related untuk sampel berpasangan yaitu jika thitung berada pada daerah penerimaan Ha, maka H0 ditolak, Haditerima. Jika thitung berada pada daerah penolakan Ha, maka H0 diterima, Ha pada ditolak. Hasilnya adalah terdapat pengaruh teori Van Hiele terhadap pemahaman konsep matematika materi bangun ruang kubus pada siswa kelas V SD Negeri 46 Pangkalpinang.
Upaya Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Discovery Pada Siswa SMP Aty Nurdiana; Hesti Noviyana
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 2 (2019): Inovasi Matematika (Inomatika)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.703 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i2.149

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VIII-ASMP IT Baitul Jannahmelalui metode Discovery. Permasalahan penelitianberupa rendahnya minat dan ketertarikan siswa dalam pelajaran matematika sehingga berpengaruh pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematik. Penelitian ini merupakanPenelitian Tindakan Kelas (PTK)yang dilaksanakan sebanyak dua siklus.Subjek penelitian yaitu siswa-siswikelas VIII-ASemester Ganjil SMP IT Baitul Janahyang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan, sedangkan objek dalam penelitian adalah kemampuan pemecahan masalahmatematik.Pengumpulan data setiap siklus menggunakan teknik tes dan teknik observasi. Teknik analisis data terdiri atas: 1) analisis hasil observasi, 2) analisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Untuk pengecekan derajat kepercayaan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber peneliti yang lain, yaitu kepala sekolah, guru matematika, dan siswa.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemecahan masalahmatematika siswa.Peningkatan tersebut yaitudariprasiklus yang lulus hanya9 orangatau(29,03%)dan tidak lulus22 orang(70,97%)meningkat pada siklus Imenjadi20orang(64,52%) yang lulus11orang (35,48%) tidak lulus, kemudianpada siklus II menjadi 26orang (83,87%) yang lulus dan 5 orang (16,13%) yang tidak lulus.
Perancangan Prototype LKS Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar Putri Cahyani Agustine; Fitri Apriani; Iis Juniati
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 2 (2019): Inovasi Matematika (Inomatika)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.484 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i2.150

Abstract

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang menjadi ujung tombak dalam mata pelajaran lain.Matematika dipelajarimulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif, dan kemampuan bekerja sama.Tahapan-tahapan aspek yang berurutan dalam matematika yaitu bilangan, geometri dan pengukuran serta pengolahan data. Dari tahapan aspek yang disebutkan terlihat bahwa pokok bahasan bilangan merupakan tahapan awal yang harus dikuasai dalam matematika. Bilangan merupakan pokok bahasan dasar yang sangat penting dipahami oleh para peserta didik karena merupakan landasan untuk pokok-pokok bahasan lainnya. Salah satu bagian dari pokok bahasan bilangan ini adalah bilangan bulat. Penelitianini bertujuan untuk menghasilkan prototipe 1 bahan ajar dalam bentuk LKS materi operasi hitung bilangan bulat untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan tahap awaldari penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 42 Pangkalpinang. Proses pengembangan bahan ajar yaitu analisis kebutuhan, modul dikembangkan pada konsep yang belum dikuasai siswa, perencanaan atas dasar konsep yang masih belum dikuasai siswa, menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, silabus, RPP, menentukan unsur-unsur LKS, mengumpulkan materi, menyusun draft LKS, dan validasi. Dari perancangan prototipe ini dihasilkanprototipepertama LKS materi operasi hitungbilangan bulat untuk kelas IV sekolah dasar.
Pengembangan Bahan Ajar Segitiga Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dian Mayasari
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 2 (2019): Inovasi Matematika (Inomatika)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.494 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i2.151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open endedyang baik (valid, aktif dan efektif)untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan pendekatan open ended. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku guru, buku siswa. Lembar aktifitas siswa, RPP. Pengembangan bahan ajar dengan menggunakan pendekatan open ended dan mengacu pada model pengembangan bahan ajar 4-D Thiagarajan yang dimodifikasi yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, respon guru, respon siswa dan hasil uji coba lapangan. Berdasarkna hasil uji coba lapangan, bahan ajar yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan open ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sehingga hasil belajarnya menjaid lebih baik,dari hasil tersebut disarankan agar pembelajaran dengan pendekatan open ended perlu diterapkan pada sekolah.