cover
Contact Name
Sarah Fazilla
Contact Email
jurnalgenderangasa@iainlhokseumawe.ac.id
Phone
+6285373333481
Journal Mail Official
jurnalgenderangasa@iainlhokseumawe.ac.id
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Lhokseumawe Jl. Medan-Banda. Aceh, Km. 275, No.1 Alue Awe, Kota Lhokseumawe, Aceh, Indonesia. 24352
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Genderang Asa: Journal of Primary Education
ISSN : 27748235     EISSN : 27758788     DOI : https://doi.org/10.47766/ga.v3i2
Core Subject : Education,
Genderang Asa: Journal of Primary Education | ISSN 2774-8235 (print) and 2775-8788 (electronic) is a journal published in the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at the State Islamic Institute of Lhokseumawe. This journal is published twice a year in June and December. The focus of this journal contains articles concerning research on Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Primary / Islamic Elementary School (Madrasah Ibtidaiyah) / Elementary School (Sekolah Dasar) Teacher Education, such as competency analysis, learning strategies, learning theory, learning development, and educator professionalism.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 49 Documents
Paradigma Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa Tingkat MI/SD Rena Rostini; Siti Ghaida Sri Afira Ruhyadi
Genderang Asa: Journal of Primary Education Vol. 2 No. 2 (2021): Genderang Asa: Journal of Primary Education
Publisher : PGMI IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.688 KB) | DOI: 10.47766/ga.v2i2.150

Abstract

Paradigma pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan kecerdasan selayaknya mengacu pada pemberdayaan fungsi dan kinerja otak mahasiswa yang utuh. Mengelola dan mengkondisikan kelas yang kondusif adalah hal yang sangat mutlak yang harus dilakukan oleh di dalam proses pembelajarannya. motivasi belajar penting dalam menentukan hasil belajar selain itu tingginya perhatian orang tua dan motivasi belajar dapat menunjang prestasi belajar yang dicapai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis paradigma pembelajaran di dalam kelas dan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa paradigma pembelajaran saat ini masih ada yang menggunakan paradigma lama dan harus diperbaharui menjadi paradigma baru agar kondisi pembelajaran dikelas lebih optimal sedangkan motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, hasil belajar siswa dapat ditingkatkan salah satunya melalui peningkatan motivasi belajar siswa.
Internalisasi Nilai - Nilai Akhlak Melalui Pentas Drama di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar Aulia Rahmat
Genderang Asa: Journal of Primary Education Vol. 2 No. 2 (2021): Genderang Asa: Journal of Primary Education
Publisher : PGMI IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.683 KB) | DOI: 10.47766/ga.v2i2.151

Abstract

Abstrak Internalisasi nilai-nilai akhlak bagi siswa sekolah dasar merupakan langkah yang sangat penting dalam melahirkan siswa yang memiliki akhlak yang baik. Internalisasi dalam bidang ini masih mengalami banyak kendala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pentas dramadi MIS Al-Istiqamah Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya diperoleh dari observasi dan wawancara. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru drama. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pentas drama dilaksanakan secara terstruktur dengan tujuan membentuk akhlak terpuji pada siswa. Internalisasi nilai melibatkan tahapan yang disusun melalui penulisan naskah yang disesuaikan dengan masalah akhlak yang sedang terjadi di sekolah, pemilihan pemeran drama dari kalangan siswa bermasalah, latihan berulang-ulang yang bertujuan untuk pembiasaan akhlak yang baik, penampilan drama dengan penuh penghayatan, menyampaikan pesan-pesan tentang akhlak kepada penonton, melaksanakan tindak lanjut dengan menyampaikan tentang akhlak di kelas-kelas, dan evaluasi terhadap keberhasilan internalisasi nila-nilai akhlak pada siswa pasca pentas drama. Menindak lanjuti temuan ini, proses internalisasi nilai akhlak harus terus dioptimalkan agar terbentuk generasi yang berakhlak mulia sesuai dengan cita-cita agama dan negara.
Analisis Penilaian Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan SD/MI Finy Fitriani
Genderang Asa: Journal of Primary Education Vol. 2 No. 2 (2021): Genderang Asa: Journal of Primary Education
Publisher : PGMI IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.074 KB) | DOI: 10.47766/ga.v2i2.152

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian pembelajaran berbasis teknologi informasi dan implikasinya terhadap peningkatan kualitas pendidikan pada jenjang SD/MI. Asesmen (penilaian) berbasis teknologi ditinjau dari segi pendidikan merupakan proses penilaian yang dilakukan dengan melibatkan media seperti komputer, LCD, Handphone, dan sejenisnya, guna mengoptimalkan penilaian dalam pembelajaran yang lebih efisien dan menarik. Oleh karena itu perkembangan kemajuan teknologi dapat digunakan dalam teknik penilaian berbasis teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan yaitu berupa buku-buku, maupun jurnal online yang diakses melalui google scholar. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengumpulkan dokumentasi dari beberapa buku-buku, tesis, maupun jurnal online selanjutnya diolah dan dianalisis kemudian diambil kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini dijelaskan bahwa dengan adanya perkembangan teknologi informasi dapat dimanfaatkan oleh sekolah ataupun institusi pendidikan sebagai sarana dalam memberikan penilaian berbasis teknologi informasi yang berguna untuk meningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini juga berkontribusi dalam memberikan contoh-contoh penilaian berbasis teknologi dengan berbagai macam fitur penilaian antara lain dengan menggunakan google classroom, testmoz, quizizz, proprofs dan juga quiz star. Kata kunci: Penilaian Berbasis Teknologi, Kualitas Pendidikan Abstract This study aims to determine the assessment of information technology-based learning and its implications for improving the quality of education at the SD/MI level. Technology-based assessment (assessment) in terms of education is an assessment process carried out by involving media such as computers, LCD, handlphone, and the like, in order to optimize assessments in more efficient and interesting learning. Therefore, the development of technological advances can be used in information technology-based assessment techniques. This study uses the type of library research (library research). The data sources used are in the form of books, and online journals that are accessed through Google Scholar. The data collection technique is by collecting documentation from several books, thesis, and online journals which are then processed and analyzed and conclusions are drawn. The results of this study explain that with the development of information technology can be used by schools or educational institutions as a means of providing information technology-based assessments that are useful for improving the quality of education. This research also contributes to providing examples of technology-based assessments with various assessment features, including using google classroom, testmoz, quizizz, proprofs and quiz star. Keywords: Technology Based Assessment, Quality of Education
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Tingkat Sekolah Dasar Fadhlina Harisnur; Suriana
Genderang Asa: Journal of Primary Education Vol. 2 No. 2 (2021): Genderang Asa: Journal of Primary Education
Publisher : PGMI IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.79 KB) | DOI: 10.47766/ga.v2i2.156

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan sering kali dikaitkan dengan kurikulum, hal ini dikarenakan kurikulum yang berperan menciptakan pengalaman belajar bagi peserta didik menjadi salah satu acuan dalam pendidikan. Berkaca dari kegagalan yang sudah ada maka lahir pemikiran untuk memperbaiki mutu pendidikan dengan mendirikan sekolah berbasis islami yang mengintegrasikan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dengan landasan gerakan tarbiyah. Untuk itu tulisan ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam mengenai sekolah Islam terpadu yang mencoba meretas jalan membangun pendidikan berkualitas, salah satunya dengan berupaya menciptakan pengajaran yang seimbang antara ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai Islam di dalamnya. Yakni dengan mengintegrasikan berbagai komponen kegiatan keislaman yang mampu membentuk pendidikan berkarakter yang kokoh dan efektif. Kurikulum JSIT ini dalam mengimplementasikannya harus di dukung oleh Dinas Pendidikan Daerah, kebutuhan dunia kerja, kepala sekolah, komite sekolah, dan semangat dari perserta didik.
Integrasi Pendidikan Dasar dan Ilmu Agama Islam di MI PGM Kota Cirebon Safikri Taufiqurrahman
Genderang Asa: Journal of Primary Education Vol. 2 No. 2 (2021): Genderang Asa: Journal of Primary Education
Publisher : PGMI IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.081 KB) | DOI: 10.47766/ga.v2i2.157

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi integrasi IPS dan ilmu islam didalam pembelajaran di MI PGM Kota Cirebon, situasi dan kondisi yang masih memisahkan ilmu Pendidikan dasar dan ilmu agama islam menyebabkan masih banyak yang belum bisa mengintegrasikan antara ilmu Pendidikan dasar dan ilmu agama islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1)dalam pembelajaran IPS masih memisahkan diri dengan ilmu agama islam. 2) implementasi integrase Pendidikan dasar dan ilmu agama islam belum terealisasi dengan baik. Hal ini dapat berjalan dengan lancer kalau guru sudah bisa mengaitkan pembelajaran IPS dengan ilmu agama islam dalam menyampaikan materi, dan juga adanya konsep perluasan pembaharuan pendidikan sebagaimana yang dilakukan oleh K.H. Ahmad Dahlan dengan format mengintegrasikan pesantren tradisional dengan model sekolah Barat dengan berpijak pada sistem pendidikan nasional, Kedua, holistic transformative education, yakni pembakuan materi al-Islam di sekolah-sekolah yang didirikan oleh organisasi keagamaan seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Al-Irsyad dan yayasan-yasan islam lainya yang mendirikan lembaga pendidikan dengan identitas sekolah, Ketiga, modernisasi madrasah. Tonggak modernisasi ini dimulai ketika madrasah berubah status sebagai sekolah yang berciri khas agama Islam dengan merubah kurikulum pendidikan umumnya sama dengan sekolah bentuk modernisasi madrasah dalam konteks saat ini adalah munculnya madrasah unggulan seperti MI Unggulan Sabilillah, MI Miftahul UlumPlosorejo, MI Nurul Ulum, MI PSM Sulursewu, MIN Jabodetabek, MIN 1 Bandung, MIN 1 Kota Malang, MIN Darussalam Ciamis dan masih banyak madrasah lainnya yang masuk katagori sekolah unggulan.  
Efektifitas Penggunaan Media Digital dalam Proses Belajar Mengajar Khairul Anam; Syibran Mulasi; Syarifah Rohana
Genderang Asa: Journal of Primary Education Vol. 2 No. 2 (2021): Genderang Asa: Journal of Primary Education
Publisher : PGMI IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.711 KB) | DOI: 10.47766/ga.v2i2.161

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media digital itu efektif dan efesien dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Fiqih di Sekolah MAN 1 Aceh Barat. Peneletian ini merupakan penelitian Kualitatif, sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian, bahwa guru dalam menyampaikan materi pelajaran di dalam kelas menggunakan media digital seperti PowerPoint, Word, Prizi, Youtube, video Pembelajaran, Aplikasi Ujian dan CBT (Computer Based Test). Dengan menggunakan media digital dalam proses belajar mengajar, dapat disimpulkan bahwa, salah satu metode guru untuk menghidupkan suasana kelas hingga terjadinya diskusi antar siswa, memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan siswa mudah memahami materi. Guru mata pelajaran Fiqih menggunakan media digital dalam pembelajaran tersebut dengan cara menampilkan slide PowerPoint, slide Prizi dan video pembelajaran yang menarik. Dengan menggunakan media digital, proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efesien.
Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Pelajaran IPA Fauziana; Kastri Fani; Rahmiaty
Genderang Asa: Journal of Primary Education Vol. 2 No. 2 (2021): Genderang Asa: Journal of Primary Education
Publisher : PGMI IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.836 KB) | DOI: 10.47766/ga.v2i2.165

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS, berdasarkan indikator kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Keterbatasan dalam memberikan soal-soal IPA tipe HOTS, mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada pelajaran IPA kelas V MIN 25 Aceh Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian guru wali kelas V dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada pelajaran IPA kelas V MIN 25 Aceh Utara masih terbilang rendah. Dari 28 siswa, ada sebanyak 14 siswa yang berkemampuan rendah yang hanya mampu menyelesaikan soal HOTS pada indikator C4 (menganalisis). Kemudian, sebanyak 8 siswa yang berkemampuan sedang cukup mampu pada indikator C4 (menganalisis) dan C5 (mengevaluasi). Dan sebanyak 6 siswa yang berkemampuan tinggi sudah mampu menyelesaikan soal HOTS pada indikator C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta). Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal HOTS yaitu siswa mengerjakan soal dengan terburu-buru, siswa, rendahnya tingkat konsentrasi dan pengetahuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS, serta kurangya motivasi orang tua dan kondisi ekonomi yang tidak mendukung. Upaya mengatasi kesulitan siswa yaitu dengan memberikan pengajaran perbaikan (remedial), kegiatan pengulangan materi (pengayaan), dan motivasi yang dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dalam belajar, mampu menyelesaikan soal dengan baik, serta siswa mendapatkan pengetahuan sesuai dengan yang diharapkan strandar kompetensi dan kompetensi dasar.
PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS STUDI KASUS LEARNING DISORDER Neela Afifah
Genderang Asa: Journal of Primary Education Vol. 3 No. 1 (2022): Genderang Asa: Journal of Primary Education
Publisher : PGMI IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.276 KB)

Abstract

Learning for Children with Special Needs is a learning that is carried out by involving strategies, methods/techniques, evaluations and various learning media which have been varied according to the needs of students. The focus of this research is children with learning difficulties. The child in this case is a child who in carrying out ordinary activities is not as capable as children his age. Based on this, knowledge about children with learning disabilities is very important for educators, so that mishandling does not occur to them, either because of their inability to read, write, or count. The research method used is descriptive-qualitative method, with the research subjects are 9 students and 1 teacher of class V SDLBN Pelambuan West Banjarmasin. The object of research is the learning process of special needs children in that class. Data from observations, interviews, and documentation were analyzed to describe the results in the form of a conclusion. The results of this study indicate that in the fifth grade of the SDLBN, the learning objectives to be achieved for children with learning disabilities are not yet clear. This is because the existing learning does not specifically use planning or lesson plans for special needs children. The implementation of the learning carried out is quite supportive by involving the collaboration of strategies, methods, and various other educational media. Furthermore, the evaluation of learning used were in the form of multiple choice tests, and non-verbal and practical tests. This evaluation process has been quite well done by the teacher, and can help children practice the materials provided. Keywords: learning, children with special needs, learning disorders
Pendekatan, Strategi, Metode dan teknik Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar Fadhlina Harisnur; Suriana
Genderang Asa: Journal of Primary Education Vol. 3 No. 1 (2022): Genderang Asa: Journal of Primary Education
Publisher : PGMI IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.894 KB)

Abstract

The learning process engineering can be designed by educators in such a way. Ideally, the learning approach for smart students should be different from the activities of students with moderate or low abilities (although to understand the same concept). This is because, each student has a uniqueness that is different. This indicates that educators' understanding of approaches, models, strategies, methods, and learning techniques cannot be ignored. This is because teaching and learning activities are closely related to the process of seeking knowledge. For this reason, education must be in accordance with the demands of the times, always improving and developing plans and methods in the learning process. Approaches, strategies, methods and learning techniques are components of learning that must be mastered by educators so that learning objectives can be achieve  
I IMPLIMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DI SD NEGERI 12 SAMALANGA Misrina Misrina
Genderang Asa: Journal of Primary Education Vol. 3 No. 1 (2022): Genderang Asa: Journal of Primary Education
Publisher : PGMI IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.022 KB)

Abstract

Character values ​​are values ​​that must be formed in each individual. To develop these character values, habituation and example are needed. The purpose of this research is to find out how the character values ​​are implemented in SD Negeri 12 Salamanga. This research is a qualitative research . The data analyzed in this study are data from observations and interviews. The data sources set in this study consisted of 2 people, namely the principal and the teacher. The results showed that the implementation of character values ​​in SD Negeri 12 Samalanga had been carried out well. The implementation of character values ​​is carried out both through learning activities and activities outside of learning.