Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational development, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action, research, etc.
Articles
41 Documents
ANALISIS KESALAHAN SISWA MTsN 2 ACEH UTARA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BILANGAN BULAT DAN ALTERNATIF PENYELESAIANNYA
Rismayani Rismayani;
Aklimawati Aklimawati;
Muliana Muliana
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29103/jpmm.v1i2.6494
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa MTsN 2 Aceh Utara dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat dan Alternatif penyelesaiannya. Metode penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiaan diambil dari kelas VII F sebanyak 23 siswa. Dari 23 siswa diambil 6 orang siswa yang akan dijadikan informan untuk diwawancarai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa MTsN 2 Aceh Utara dalam meyelesaikan soal operasi hitung pada bilangan bulat adalah 1) kesalahan saat melakukan tes, dimana siswa tidak menjawab soal akibat tidak mengerti apa yang ditanyakan, alternatif yang dapat dilakukan yaitu siswa harus sering berlatih mengerjakan soal. 2) kesalahan membaca petunjuk, dimana siswa salah dalam menyelesaikan jawaban dengan benar, kesalahan ini dikarenakan siswa tidak memahami petunjuk dari soal. Alternatif yang dapat dilakukan adalah siswa membaca soal berulang dan benar-benar memahami apa yang ditanyakan. 3) kesalahaan konsep, dimana siswa tidak memahami konsep materi yang terdapat pada suatu soal sehingga melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut. Alternatif yang dapat dilakukan adalah memberikan Scaffolding yang meghadirkan secara langsung objek pembelajaran. 4) kesalahan kecerobohan, dimana siswa salah menuliskan salah satu komponen soal, kesalahan ini terjadi karena siswa terburu-buru dan lupa. Alternatif yang dapat dilakukan yaitu mengecek kembali lembar jawaban sebelum dikumpul.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA KELAS X MA SWASTA AL ZAHRAH
Nur Asmawati;
Mutia Fonna;
Rohantizani Rohantizani
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29103/jpmm.v1i1.4291
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran Two Stay Two Stray ( TSTS ) lebih baik daripada siswa yang memperoleh metode pembelajaran biasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan quasi eksperiment dengan menggunakan nonequivalent control grup design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis terbagi atas pretest dan Posttest. Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji-t karena data skor N-Gain berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, kemudian data diolah menggunakan software SPSS 18. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Two Stay Two Stray lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran biasa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX SMP NEGERI 2 BIREUEN
Khairuni Hayati;
Iryana Muhammad;
Erna Isfayani
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29103/jpmm.v2i1.7461
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan kuadrat kelas IX SMP Negeri 2 Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dan menggunakan rancangan penelitian posttest-only design with nonequivalent groups. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bireuen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX 4 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik Purposive Sampling. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa post-test. Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan menyelesaikan soal pemahaman konsep menggunakan uji-t karena data berdistribusi normal dan homogen, data diolah menggunakan software SPSS 18. Uji normalitas menggunakan teknik Shapiro wilk, uji homogenitas menggunakan uji levene, dan uji hipotesis sesuai kriteria pengujiannya yaitu jika nilai signifikan < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sedangkan jika nilai signifikan ≥ 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dari hasil signifikan statistic Equal Variances assumed adalah 0,00 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan kuadrat kelas IX SMP Negeri 2 Bireuen.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Ainun Rahmi;
Nuraina Nuraina;
Yeni Listiana
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29103/jpmm.v1i2.6499
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun runag sisi datar bagian kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan ialah quasi experimental design dengan rancangan penelitian the nonequivalent posttest-only control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Tenggara tahun ajaran 2020/2021. Sampel pada penlitian ini merupakan siswa kelas VIII-A dan siswa kelas VIII-B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berupa post test. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan softwere SPSS 18. Nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 13,56 dan 11,32. Dari hasil uji-t diperoleh hasil Significan 2-tailed < (0,009 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 2 Aceh Tenggara.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 MUARA BATU
Meiliza Aminy;
Herizal Herizal;
Wulandari Wulandari
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29103/jpmm.v1i1.4390
Kurangnya kegigihan dalam penyelesaian masalah membuat siswa terlihat sukar menyelesaikan masalah yang berbeda, hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Untuk itu penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan GeoGebra diharapkan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang diajarkan melalui pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Muara Batu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Muara Batu tahun ajaran 2019/2020 dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Data diperoleh dari hasil tes instrumen kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berupa tes pretest dan postest serta dianalisis uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis berbantuan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Muara Batu.
Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Meriah
Remiyani Berutu;
Eri Saputra;
Aklimawati Aklimawati
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29103/jpmm.v2i1.7369
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa salah satunya disebabkan karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada satu arah. Maka dibutuhkan model pembelajaran yang mendukung. Salah satunya model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MMP berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Meriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimental dengan rancangan the nonequivalent posttest-only control group design. Sampel pada penelitian ini siswa kelas XI IPA 2-4 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan software Minitab 16. Sesuai kriteria pengujiannya jika nilai pada kolom P-Value 0,05 maka H0 ditolak. Dari hasil signifikan statistik equal variances not assumed adalah 0,039 lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan terima H1. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pengaruh model pembelajaran MMP berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN STRATEGI THINK, TALK AND WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP
Samsinar Samsinar;
Hayatun Nufus;
Erna Isfayani;
Fajriana Fajriana
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29103/jpmm.v1i2.6495
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perlu kiranya diterapkan model pembelajaran missouri mathematics project dan diikuti strategi yang sejalan dengannya yaitu strategi think, talk and write. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran missouri mathematics project dengan strategi think, talk and write terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VIII SMPN 2 Teupah Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksprimen Design dengan rancanagan Nonequivalent Control Group Desain. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Purporsive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Seunagan, sedangkan yang menjadi sampel adalah dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas ekperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dilakukan sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada salah satu kelas. Pengujian data menggunakan uji hipotesis berbaantuan Software SPSS 18. Berdasarkan uji T t-test for Equality of Means diperoleh signifikan 0,000 < taraf signifikan berarti tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project dengan strategi think, talk and write terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP.
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN AIR DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
Amelia Prihatiningrum;
Nuraina Nuraina;
Erna Isfayani
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29103/jpmm.v1i1.4302
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan rancangan penelitiannya yaitu non-equivalent post-test only control design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMPS Iskandar Muda. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan siswa kelas VII-2 yang dipilih dengan total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis yang berupa post-test. Analisis data dilakukan menggunakan uji non-parametrik (Mann Whitney U-test) karena data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis menunjukan skor rataan kelas eksperimen yang diberi pendekatan pembelajaran AIR dengan bantuan alat peraga sebesar 12,90, lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pendekatan saintifik sebesar 9,73. Dari hasil uji Mann Whitney U-test didapati nilai Asymp sig, (2-tailed) yaitu 0,003 < α (α = 0,05). Menunjukkan bahwa pendekatan AIR dengan bantuan alat peraga berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN SKALA DISPOSISI MATEMATIS
Rifaatul Mahmuzah;
Aklimawati Aklimawati
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29103/jpmm.v2i1.7462
Pembelajaran matematika tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif matematis, tetapi juga mengembangkan ranah afektif. Aspek penting dalam ranah afektif yang sangat mempengaruhi keberhasilan belajar matematika adalah pandangan positif siswa terhadap matematika atau disebut dengan disposisi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen berupa angket atau skala disposisi matematis yang valid dan reliabel. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda aceh tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang memiliki lima tahapan yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi dan revisi, dan fase implementasi. Skala disposisi matematis yang dihasilkan berupa 40 butir pernyataan yang dikembangkan berdasarkan tujuh indikator disposisi matematis. Validitas isi dilakukan oleh 3 orang ahli/validator. Sedangkan untuk validitas butir, diolah menggunakan teknik korelasi product momen dan uji t. Hasil pengolahan data, diperoleh 39 pernyataan valid dan satu pernyataan yang tidak valid. Hasil uji reliabilitas diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.92 atau memilki reliabilitas yang tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa skala disposisi matematis memenuhi karakteristik yang memadai untuk digunakan.
PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE
Niatul Jannah;
Muliana Muliana;
Marhami Marhami
Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Publisher : LPPM UNIMAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29103/jpmm.v1i2.6500
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan penerapan strategi Preview Question, Read, Reflect, Recite and Review terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen tipe Quasi Eksperimental dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye tahun ajaran 2020/2021. Penentuan sampel yaitu menggunakan teknik Purposive Sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VII/6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII/7 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam perlakuannya menggunakan pembelajaran saintifik dengan strategi PQ4R sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik saja. Instrumen tes berbentuk soal uraian kemampuan representasi matematis siswa yang diberikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap dua kelas. Pengolahan data dari hasil penelitian yaitu menggunakan statistik deskriptif dan uji-t berbantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbandingan pada data N-Gain yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran saintifik dengan strategi PQ4R lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran saintifik. Berdasarkan uji-t menggunakan Compare Means Independent-Samples T Test diperoleh signifikan 0,000 < taraf signifikan α = 0,05 berarti tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diterapkan dengan pembelajaran saintifik dengan strategi PQ4R lebih baik dari pada yang diterapkan dengan pembelajaran saintifik pada kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye.