cover
Contact Name
Fadlisyah
Contact Email
fadlisyah@unimal.ac.id
Phone
+62822 1330 6487
Journal Mail Official
TTS4.0@unimal.ac.id
Editorial Address
https://ojs.unimal.ac.id/tts/manager/userProfile/19096
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0
ISSN : 27228428     EISSN : -     DOI : DOI: https://doi.org/10.1976/tts%204.0.v3i2
Core Subject : Science,
Jurnal Teknologi Terapan & Sains 4.0 merupakan media informasi dan komunikasi para akademisi, peneliti, dan praktisi yang berkecimpung dan menaruh minat serta perhatian pada pengembangan teknologiyang berisi hasil-hasil penelitian, kajian, pemikiran, dan analisis mengenai ilmu-ilmu keinformatikaan. http://u.lipi.go.id/1592924161
Articles 92 Documents
IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) PADA BROSUR PROMOSI FIKOM UNIVERSITAS ALMUSLIM MENGGUNAKAN UNITY Taufiq DR., ST., MT
Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0 Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Terapan & Sains
Publisher : Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1976/tts 4.0.v1i1.3241

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Augmented Reality (AR) pada Brosur Promosi Fikom Universitas Almuslim Menggunakan Unity. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana mengimplementasikan teknologi Augmented Reality untuk menghasilkan aplikasi yang dinamis pada Brousur Fikom. Prosedur penelitian ini berdasarkan pada model pengembangan perangkat lunak waterfall. Hasil penelitian dari Brosur Augmented Reality, didalamnya terdapat objek 3D dari salah satu action figur iron man dan  3 tombol yang memiliki fungsi membuka Objek yang telah ditentukan. Beberapa tombol diantaranya adalah Go to video fikom berfungsi untuk masuk ke website yang berisi video promosi Fikom. Media promosi berbasis Augmented Reality yang telah dibangun dan berjalan dengan baik pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 yang memiliki kelengkapan software Unity 3D dengan menggunakan kamera webcam dan dapat berjalan di handphone smartphone. Media promosi berbasis Augmented Reality ini dapat menjadi sebuah cara baru bagi Universitas ALMuslim Peusangan. Kata Kunci— Augmented Reality (Ar), Brosur Promosi, Unity
SISTEM PENGUJIAN HAFALAN AL-QUR’AN SURAH AL-ANFAAL MELALUI SUARA MENGGUNAKAN METODE TRANSFORMASI FOURIER DISKRIT DAN TRANSFORMASI SINUS DISKRIT Fadlisyah Fadlisyah
Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0 Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Terapan & Sains
Publisher : Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1976/tts 4.0.v1i1.3242

Abstract

Al-Qur’an adalah Kalamullah, sebagai mu’jizat, yang telah diturunkan kepada penutup para Nabi dan Rasul Muhammad dengan perantara Jibril yang termaktub dalam mushaf-mushaf yang dinukil sampai kepada kita secara mutawatir. Pada umumnya didalam dunia pengolahan suara untuk mengenali sebuah suara dapat diberikan beberapa pelatihan terlebih dahulu. Didalam penelitian ini pengenalan suara surah AL- Anfaal ayat 1-11 dengan dua algoritma yang berbeda, yaitu algoritma Discrete sine Transform (DST) dan Discrete Fourier Transform (DFT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem Perbandingan Kinerja Algoritma Discrete sine Transform (DST) Dan Discrete Fourier Transform (DFT) untuk sistem pengujian hafalan Al-Qur’an Surah Al- Anfaal ayat 1-11, memiliki kisaran deteksi kebenaran sebesar 73 % untuk algoritma DST sedangkan dengan menggunakan algoritma DFT memiliki kisaran deteksi kebenaran sebesar 45%, sehingga dari persentase menunjukkan bahwa dari segi hasil tingkat deteksi tersebut menyatakan bahwa algoritma Discrete sine Transform (DST) lebih efisien. Sistem ini memiliki beberapa kelemahan yaitu memiliki tingkat kesalahan yang tinggi, dapat dilihat pada unjuk kerja dari sistem pengujian hafalan Al-Qur’an Surah Al-Anfaal ayat 1-11 melalui suara, proses keakurasiannya dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan lebih lanjut dengan tambahan data training yang lebih banyak dan lebih bervariasi. Walaupun begitu, sistem hafalan Al-Qur’an ini tidak memungkiri pentingnya guru untuk membimbing dalam belajar membaca Al-Qur’an sesuai dengan hukum-hukum Tajwid yang benar. Kata kunci : Discrete sine Transform (DST), Discrete Fourier Transform (DFT).
MEDIA INFORMASI PENGOLAHAN KOPI GAYO BERBASIS MULTIMEDIA Risawandi Risawandi
Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0 Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Terapan & Sains
Publisher : Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1976/tts 4.0.v1i1.3243

Abstract

Kopi adalah hasil alam daerah Gayo yang saat ini telah dikenal luas baik secara lokal, nasional maupun dunia. Pengenalan kopi melalui media informasi digital semakin meluas baik melalui media sosial maupun media digital lainnya. Konten animasi salah satu wujud menarik dari isi media informasi yang mudah di mengerti oleh publik. Penelitian tugas akhir ini adalah proses pembuatan video animasi dari video nyata yang diambil menggunakan kamera. Kemudian di konversi dengan perangkat lunak dengan cara yang mudah, bukan dengan cara manual secara konvensional yang sering dilakukan. Peneliti melakukan uji coba pada aplikasi yang telah beredar dengan metode satu klik, namun tidak efektif untuk video yang berdurasi lama. Kemudian diuji coba dengan editor video yang memanfaatkan ekstensi tambahan, maka konversi video nyata ke animasi dapat dilakukan dengan mudah. Tujuan penelitian ini adalah menguji coba kelayakan perangkat lunak untuk membuat animasi secara mudah dan hemat. Kata Kunci—animasi, konvrensi,kopi,media informasi, konten.
APLIKASI PENGOLAHAN DATA PARIWISATA DAN KEPEMUDAAN PADA DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN ACEH TAMIANG Sayed Fachrurrazi
Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0 Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Terapan & Sains
Publisher : Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1976/tts 4.0.v1i1.3244

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju merupakan bukti bahwa tingginya tingkat teknologi dalam bidang ilmu komputer,tapi pada Dinas Pariwisata Kepemudaan Dan Olahraga Kabupaten Aceh Tamiang, pelayanan yang masih ada disana masih secara manual, salah satu nya dalam bidang pendaftaran permohonan dalam bentuk formulir pemohonan parawisata dan kepemudaan. Pelayanan pendaftaran permohonan pariwisata dan kepemudaan  kabupaten aceh tamiang belum terkomputerisasi, karena pengisian permohonan dilakukan secara manual yaitu pengisian permohonan dilakukan dengan cara mengisi pada kertas formulir pada Dinas Pariwisata Kepemudaan Dan Olahraga Kabupaten Aceh Tamiang menggunakan Microsoft Office dan dikerjakan pada aplikasi Microsoft Word, yang hasil pembuatannya dicetak dan kemudian diperbanyak dengan cara mengcopy lembar formulir tersebut, sehingga akan terjadi penumpukan formulir. Kata Kunci—ERD, DFD, Java Netbeans
APLIKASI MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA INFORMASI INTERAKTIF PADA PROGRAM FISIOTERAPI DI PEDESAAN Eddy Kurniawan
Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0 Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Terapan & Sains
Publisher : Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1976/tts 4.0.v1i1.3245

Abstract

Aplikasi multimedia adalah sebuah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia ini bermacam-macam. Seperti : untuk pembuatan profil perusahaan, aplikasi pembelajatan interaktif, e-Learning, aplikasi informasi interaktif di bidang kesehatan dan sebagainya. Aplikasi multimedia ini di rancang sebagai media informasi interaktif pada Program Fisioterapi di pedesaan yang dijalankan oleh Puskesmas Peusangan, yang bertujuan supaya masyarakat lebih mudah mengerti dan paham dengan adanya informasi multimedia interaktif ini. Aplikasi ini di rancang menggunakan software pokok Adobe Flash dan bebarapa software tambahan lainnya. Aplikasi ini nantinya dioutputkan ke dalam bentuk Flash Application.    Kata kunci : Aplikasi, Multimedia, Fisioterapi, Adobe Flash, Flash Application
PERANCANGAN APLIKASI PENGGAJIAN PADA PERGURUAN TINGGI TGK Basri
Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0 Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Terapan & Sains
Publisher : Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1976/tts 4.0.v1i1.3247

Abstract

Perkembangan teknologi informasi (TI) dan ilmu pengetahuan pada masa globalisasi telah berkolaborasi dengan banyak bidang ilmu lainnya dan merambah ke segala bidang. TI membawa perubahan yang sangat mendasar bagi perguruan tinggi misalnya pemanfaatan aplikasi penggajian. Aplikasi Penggajian adalah sebuah sistem yang dapat mencatat dan memproses data gaji pegawai, dimana data tersebut digunakan sebagai dasar besarnya jumlah gaji yang dibayarkan kepada pegawai atas layanan yang mereka berikan. aplikasi ini didesain khusus untuk perguruan tinggi yang belum mempunyai alat yang canggih seperti system yang sudah sinkronisasi atau otomatisasi dengan kehadiran, Aplikasi ini dibangun untuk menghindari kesalahan-kesalahan dalam perhitungan rekap gaji baik karyawan maupun dosen disebuah perguruan tinggi. Dengan adanya program aplikasi penggajian ini, maka penginputan data dan penyusunan laporan dapat dilakukan secara cepat dan tepat. Kata Kunci : Aplikasi, Perguruan Tinggi, Penggajian, Teknologi Informasi.
IMPLEMENTASI ENKRIPSI PESAN TEXT MENGGUNAKAN ALGORITMA VIGÉNERE CHIPER (STUDI KASUS PEMOGRAMAN DEV- C++) Eva Darnila
Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0 Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Terapan & Sains
Publisher : Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1976/tts 4.0.v1i1.3248

Abstract

Data dan informasi saat ini menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan lagi. Tetapi pada saat tertentu kita melupakan aspek-aspek penting, yaitu keamanan aspek informasi dan data tersebut. Karena itu kita harus selalu waspada ketentuan keamanan data. Teknik enkripsi dan deskripsi penulis yang mana akan menerapkan pesan text, teknik keamanan yang diadopsi dari keamanan kuno teknik, yang penulis terapkan pada bahasa pemrograman. Ubah dari teks biasa ke teks sandi adalah fungsi dasar teknik enkripsi dan deskripsi ini. Teknik enkripsi dan deskripsi saya, menggunakan algoritma Vigénere Cipher mampu mengamankan data, dengan bantuan aplikasi Dev- C++. Kata kunci :  Data, Informasi, Teknik, Keamanan, Pesan Text, Enkripsi, Deskripsi, Algoritma Vigénere Chiper, Dev- C++
SISTEM PENGUJIAN HAFALAN AL-QUR’AN STUDI KASUS SURAH Al-HIJR AYAT 1-11 MELALUI SUARA MENGGUNAKAN METODE TRANSFORMASI FOURIER DISKRIT DAN TRANSFORMASI SINUS DISKRIT Misbahul Jannah
Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0 Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Terapan & Sains
Publisher : Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1976/tts 4.0.v1i1.3249

Abstract

Al-Qur’an adalah Kalamullah, sebagai mu’jizat, yang telah diturunkan kepada penutup para Nabi dan Rasul Muhammad dengan perantara Jibril yang termaktub dalam mushaf-mushaf yang dinukil sampai kepada kita secara mutawatir. Pada umumnya didalam dunia pengolahan suara untuk mengenali sebuah suara dapat diberikan beberapa pelatihan terlebih dahulu. Didalam penelitian ini pengenalan suara surah AL- Hijr ayat 1-11 dengan dua algoritma yang berbeda, yaitu algoritma Discrete sine Transform (DST) dan Discrete Fourier Transform (DFT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem Perbandingan Kinerja Algoritma Discrete sine Transform (DST) Dan Discrete Fourier Transform (DFT) untuk sistem pengujian hafalan Al-Qur’an Surah Al-Hijr ayat 1-11, memiliki kisaran deteksi kebenaran sebesar 73% untuk algoritma DST sedangkan dengan menggunakan algoritma DFT memiliki kisaran deteksi kebenaran sebesar 45%, sehingga dari persentase menunjukkan bahwa dari segi hasil tingkat deteksi tersebut menyatakan bahwa algoritma Discrete sine Transform (DST) lebih efisien. Sistem ini memiliki beberapa kelemahan yaitu memiliki tingkat kesalahan yang tinggi, dapat dilihat pada unjuk kerja dari sistem pengujian hafalan Al-Qur’an Surah Al-Hijr ayat 1-11 melalui suara, proses keakurasiannya dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan lebih lanjut dengan tambahan data training yang lebih banyak dan lebih bervariasi. Walaupun begitu, sistem hafalan Al-Qur’an ini tidak memungkiri pentingnya guru untuk membimbing dalam belajar membaca Al-Qur’an sesuai dengan hukum-hukum Tajwid yang benar.Kata kunci : Discrete sine Transform (DST), Discrete Fourier Transform (DFT).
IMPLEMENTASI METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING PADA APLIKASI PREDIKSI HARGA EMAS DUNIA Azhar Syahputra
Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0 Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Terapan & Sains
Publisher : Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1976/tts 4.0.v1i1.3250

Abstract

Harga emas dunia yang senantiasa berubah- ubah bisa mengkhawatirkan para investor emas, sehingga diperlukan suatu data akurat serta cepat terhadap perubahan- perubahan yang terjadi. Peran teknologi serta prosedur yang pas digunakan untuk menanggapi tantangan ini. Penelitian ini akan membahas Prediksi Harga Emas Dunia Selaku Pendukung Keputusan Investasi Saham Emas Memanfaatkan Algoritma Prediksi Rentan Waktu Secara Eksponential Seperti Double Exponential Smoothing yang memanfaatkan data historis sebagai acuan dalam kalkulasi prediksi. Sampel Data Historis yang digunakan dalam peneltiian ini mulai dari awal bulan September 2019 hingga akhir oktober 2019. Dari riset ini, diharapkan dapat menguji metode Double Exponential Smoothing pada implementasi prediksi harga emas dunia dimasa mendatang. Kata Kunci— Prediksi, Double Exponential Smoothing, Emas, Data Historis
CD INTERAKTIF PENGENALAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA MADRASAH IBTIDAIYAH Nurdin DR, S.Kom., M.Kom
Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0 Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Teknologi Terapan & Sains
Publisher : Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1976/tts 4.0.v1i2.3251

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat khususnya komputer, membawa dampak dalam dunia pendidikan dalam memanfaatkan komputer. Komputer dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang interaktif. Untuk memudahkan dalam penyampaian materi pembelajaran kepada anak-anak maka materi ini dikemas secara menarik dalam bentuk multimedia yang bersifat mendidik dan menghibur bagi anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi CD Interaktif Pengenalan Sejarah Kebudayaan Islam Pada Madrasah Ibtidaiyah sebagai alternatif media pembelajaran yang mudah dipelajari dan dipahami oleh anak MI dengan konsep edutainment. Sesuai dengan tujuan penulis untuk memperoleh data yang dibutuhkan, Penulisan menggunakan metode pengamatan (observasi), wawancara (interview) dan studi pustaka yang dilakukan dengan pihak-pihak yang terkait. Aplikasi yang dikembangakan mempunyai konsep pembelajaran sebagai tutorial. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Interaktif Pengenalan Sejarah Kebudayaan Islam ini telah berhasil dibuat Kata Kunci— CD Interaktif, Sejarah Kebudayaan Islam, Adobe Professional CS6.

Page 1 of 10 | Total Record : 92