cover
Contact Name
Tommy
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6285695565558
Journal Mail Official
tommy@admi.or.id
Editorial Address
Perumahan Bumi Dirgantara Permai Blok CL NO 5, Jl. Durian, Jati Asih, Bekasi, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Manajemen (JEKMA)
ISSN : 28286928     EISSN : 28286898     DOI : https://doi.org/10.56127/jekma.v1i2
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi dan Manajemen adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari Ekonomi dan manajemen, namun tidak terbatas pada topik berikut : Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sektor Publik, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasokan, Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi, ekonomi dan Pasar Modal dan Investasi. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali dalam satu tahun yaitu Edisi Februari, Juni, dan Oktober.
Articles 79 Documents
ANALISIS PENGARUH TEKNOLOGI, FITUR DAN KEAMANAN DATA TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN APLIKASI “AJAIB” SEBAGAI TEMPAT INVESTASI Aditya Rian Ramadhan; Perli Iswanto; Natallios Peter Sipasulta
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2022): Februari : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1399.909 KB)

Abstract

This study aims to analyze the effect of technology, features, and data security on the decision to use the AJAIB application as an application for investment. The data collection method used in this study uses a descriptive method with a regression approach and Nagelkerke R Square is a method that aims to describe the magnitude of the influence and relationship of something that is ongoing at the time the research is conducted. The population in this study are people who use AJAIB applications who are domiciled in the DKI Jakarta area. The data analysis technique used by the author in this study is to use validity testing tools, reliability tests, Likert scales, binary logistic regression tests, and Nagelkerke R Square tests. The results in this study are, technology variables, features and data security have a positive and significant effect
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN KEMASAN TEH BOTOL SOSRO Waseso Segoro; Rizqi Amalia Nugraha
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2022): Februari : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1077.349 KB)

Abstract

Persaingan yang begitu ketat terlihat dari banyaknya teh dalam kemasan botol yang beredar di pasaran. Pada Top Brand Index periode 2017-2020 terjadi penurunan persentase yang dialami oleh produk Teh Botol Sosro sebesar 14.5%. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman kemasan Teh Botol Sosro. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Data dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probabilitiy sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian minuman kemasan Teh Botol Sosro. Sedangkan citra merek tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Seacara simultan kualitas produk, harga, promosi dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman kemasan Teh Botol Sosro.
ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KESEHATAN BANK ANTARA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK DAN BANGKOK BANK MENGGUNAKAN NPL, ROE DAN CAR PERIODE TAHUN 2016-2020 Eka Sari; Diah Aryati P
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2022): Februari : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1209.366 KB)

Abstract

The purpose of this study was to analyze the comparison of bank health levels between PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk and Bangkok Bank using the RGEC method for the period 2016-2020. The results showed that in peride 2016-2020 as a whole using non-performing loan (NPL), return on equity (ROE), and capital adecuancy ratio (CAR) ratio of PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk in 2016-2018 has a very healthy composite rating of 1 with a value weight of 93.33% in 2019 there was a decrease then the composite rating 1 is very healthy with a value weight of 86.67% and in 2020 there was a decrease again. then the composite rating of 2 is healthy with a value weight of 80%. Bangkok Bank in 2016-2020 survived the composite rating of 2 healthy predicates, in 2016-2019 with a value weight of 80% in 2020 there was a decrease in the value of weights to 73.33%. The decline of both banks was caused by a decrease in the value of roe ratio. Based on the assessment, it can be concluded that the performance of PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk during the period 2016-2020 is better than the performance of Bangkok Bank. Both banks are expected to raise profits and greater equity.
ANALISIS DAMPAK COV-19 TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK DAN PT. BANK CENTRAL ASIA, TBK TAHUN 2016-2020 MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) Waseso Segoro; Ria Agustina
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2022): Februari : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1039.214 KB)

Abstract

COVID-19 memberikan dampak negatif terhadap aktivitas ekonomi salah satunya mempengaruhi kinerja keuangan perbankan . Dimana laba bersih tiap bank menurun dan bank harus melakukan rektrukturisasi kredit terhadap debiturnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak CoV-19 terhadap kinerja keuangan pada PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk, dan PT. Bank Central Asia,Tbk menggunakan metode Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA).Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif data yang dikumpulkan lalu disusun dan dianalisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai EVA pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk mengalami fluktuasi, walaupun EVA tidak stabil perusahaan ini tetap menghasilkan nilai EVA > 0 atau bernilai positif., dan untuk MVA mengalami peningkatan pada tahun 2016-2019 namun pada tahun 2020 mengalami penurun, walaupun begitu nilai MVA>0 atau positif. Sedangkan pada PT. Bank Central Asia, Tbk nilai EVA mengalami peningkatan disetiap tahunnya sehingga nilai EVA > 0, dan untuk nilai MVA mengalami peningkatan disetiap tahunnya dengan nilai yang dihasilkan MVA > 0.
ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PEMERINTAH KABUPATEN TAPANULI UTARA DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP VALUE FOR MONEYPERIODE 2015-2019 Waseso Segoro
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2022): Februari : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1039.569 KB)

Abstract

Pemerintah memerlukan suatu upaya untuk meningkatkan kinerja keuangan daerah, salah satunya melalui pengelolaan keuangan daerah. Namun, untuk dapat menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang diinginkan oleh masyarakat, pemerintah tidak hanya menunjukkan bagaimana uang publik dibelanjakan, akan tetapi pemerintah harus menunjukkan kemampuan bahwa uang publik tersebut telah dibelanjakan secara ekonomis, efisien, dan efektif melalui pelaksanaan manajemen publik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara periode 2015 – 2019 yang dapat ditinjau melalui rasio Ekonomis, Efisiensi dan Efektivitas. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu berupa Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tapanuli Utara periode 2015 – 2019 yang diakses pada website www.djpk.kemenkeu.go.id. Hasil penelitian ini menunjukan kinerja keuangan dengan menggunakan konsep Value For Money pada anggaran pendapatan dan belanja daerah Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara periode 2015 – 2019, apabila ditinjau dari rasio ekonomis maka untuk periode 2016, 2018 dan 2019 dapat dikatakan ekonomis. Sedangkan untuk tahun 2015 dikatakan tidak ekonomis dan 2017 dapat dikatakan ekonomis berimbang. Apabila ditinjau dari rasio Efisiensi untuk tahun 2015, 2017 dan 2019 dapat dikatakan efisien. Tetapi, pada tahun 2016 tidak efisien dan 2018 dapat dikatakan efisien berimbang. Jika ditinjau dari rasio efektivitas pada tahun 2015 dan 2017 dapat dikatakan efektif. Tetapi pada tahun 2016 dan 2019 dapat dikatakan tidak efektif dan tahun 2018 dapat dikatakan efektif berimbang
PENGUKURAN ROA, ROE, NPM TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN JAMU DAN FARMASI PERIODE 2016-2020 Faramita Dwitama; Cicilia Erly Istia; Rini Dwiastutiningsih
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.87 KB) | DOI: 10.56127/jekma.v1i2.111

Abstract

This research aims to determine the ability of herbal and pharmaceutical companies to earn profits and the effect of Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) on the profits earned. The profit growth is used by the industry to see the development of the industry in creating profits. The sample of this research is the financial statements of herbal and pharmaceutical companies for the period 2016-2020. After processing by SPSS software, the test result obtained at herbal and pharmaceutical companies indicates that there is a significant effect of the independent variables simultaneously on the dependent variable, so that Ha is accepted. This means that there is a positive and significant influence on the NPM, ROA, and ROE variables on Company’s Profits. So that the higher the values of NPM, ROA and ROE are produced, the higher the company’s profits earn.
ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LAYANAN JASA GOMED Dini Dwi Ermawati; Angga Putri Ekanova
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.58 KB) | DOI: 10.56127/jekma.v1i2.129

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of promotion and service quality partially and simultaneously on consumer satisfaction with gomed services. The data analysis methodin this study uses quantitative primary data obtained through distributing questionnaires to 100respondents who are students who use gomed services and live in the Bekasi City area. The samplingmethod in this research is purposive sampling, namely the technique of determining the sample withcertain considerations using the Non Probability sampling technique. The test stages carried out areValidity Test, Reliability Test, Normality Test, Multicollinearity Test, Heteroscedasticity Test,Multiple Linear Regression Test, t Test (Partial), F Test (Simultaneous), and Coefficient ofDetermination Test (R2). The results of this study indicate that the promotion variable can partiallyand significantly affect consumer satisfaction on gofood services. The service quality variable canalso partially and significantly affect consumer satisfaction with gomed services. There is asimultaneous and significant influence between promotion and service quality on consumersatisfaction with gomed services.
PENGARUH PROMOSI DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA LAYANAN SHOPEEFOOD DI JAKARTA Ranti Putri Pratiwi; Angga Putri Ekanova; Olivia Puspita Nagari
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.593 KB) | DOI: 10.56127/jekma.v1i2.130

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of promotion and ease of use partially andsimultaneously on customer loyalty at shopeefood service in Jakarta. The analytical method in thisstudy uses quantitative primary data, the stages carried out are: data quality test, classical assumptiontest, multiple linear regression analysis, t test (partial), f test (simultaneous), coefficient of determination(R2) using tools spss testing. The data used in this study were obtained by distributing questionnaires to100 respondents. The results of this study indicate that the promotion variable can partially andsignificantly affect customer loyalty at Shopeefood services in Jakarta. The ease of use variable partiallyand significantly can effect customer loyalty at ShopeeFood services in Jakarta. There is a simultaneousand significant influence between the variables of promotion and ease of use on customer loyalty atShopeeFood service in Jakarta.
ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA Angga Putri Ekanova; Fransisca Riris Shinta Sari
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.04 KB) | DOI: 10.56127/jekma.v1i2.131

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of brand ambassador dan brand image on purchasingdecisions at E-commerce Tokopedia. This study uses primary data. The data collection method used in thisstudy was through distributing questionnaires to 100 respondents who live in Jabodetabek. The samplingmethod in this study used non-probability sampling, with purposive sampling technique. The analyticalmethod in this study uses Validity Test, Reliability Test, Multiple Linear Regression Analysis, NormalityTest, Multicollinearity Test, Heteroscedasticity Test, t Test (partial), F Test (simultaneous), and Coefficient of Determination (R2). This study used SPSS version 28 as the testing tool. The results of this study indicatethat the brand ambassador variable can partially and significantly affect purchasing decisions at EcommerceTokopedia.The brand image variable partially and significantly can affect purchasing decisions at E-commerce Tokopedia. Simultaneously, the brand ambassador and brand image variables have a significant effect on purchasing decisions at ecommerce Tokopedia. Based on the coefficient of determination, the brand ambassador and brand image variables were quite strong in influencing purchase decisions at e-commerce Tokopedia.
ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENENTUKAN HARGAJUAL MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA UKM SEBLAK WS Tulus Pujo Nugroho; Abednego Priyatama; Firdaus Ramadhan
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.181 KB) | DOI: 10.56127/jekma.v1i2.132

Abstract

The purpose of this study is to determine the cost of production using the full costing method to determinethe selling price of SMEs Seblak WS. The method used in this study is the calculation of the cost ofproduction using the Full Costing method, namely determining the cost of a product that takes into accountall elements of production costs including raw material costs, direct labor costs, and factory overhead costs,which are fixed or variable. The results of this study are the calculation of the cost of production indetermining the selling price using the SME Seblak WS method with the full costing method. So that theresults of the calculation of the cost of production produce a difference in selling prices according to UKMSeblak WS with the full costing method which affects the selling price and profit earned by UKM SeblakWS