cover
Contact Name
Mulyati
Contact Email
mulyati@unj.ac.id
Phone
+6287872278690
Journal Mail Official
unj.jpp@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Gedung H Lantai 4. Jalan Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13320. Telp. (+6221) 4715094. Fax. (+6221) 4715094.
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Perhotelan
ISSN : -     EISSN : 28078861     DOI : https://doi.org/10.21009/jppv1i1.
Core Subject : Education, Social,
JPP (Jurnal Pendidikan dan Perhotelan) is a journal published by the Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta. JPP is a scientific journal that contains the results of research on studies in the field of hospitality education in terms of aspects (economics, accounting, management, culinary, tourism and hospitality) and hospitality science includes hotel service management, culinary, hotel industry operations, hotel accommodation and all the hospitality fields.
Articles 39 Documents
PENGARUH KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI DEPARTEMENT HOUSEKEEPING THE SULTAN HOTEL AND RESIDENCE JAKARTA Cahyo Ramadhan; Hamiyati; Rasha
Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP) Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PERHOTELAN
Publisher : Family Welfare Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.408 KB) | DOI: 10.21009/jppv1i1.03

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh konflik kerja terhadap kinerja karyawan di department housekeeping The Sultan Hotel and Residence Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Data yang dikumpulkan menggunakan pengisian kuesioner oleh 92 responden di Department Housekeeping, The Sultan Hotel and Residence Jakarta. Responden dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan dan negatif antara konflik kerja terhadap kinerja karyawan. Dengan demikian, peningkatan konflik pada karyawan dapat menurunkan kinerja dari karyawan tersebut.
PENGARUH STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI FRONT OFFICE DEPARTMENT HOTEL THE GUNAWARMAN LUXURY RESIDENCE Baskoro Harwindito; Adellia Khairulizza
Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP) Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PERHOTELAN
Publisher : Family Welfare Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.79 KB) | DOI: 10.21009/jppv1i1.02

Abstract

ABSTRAK Kinerja (performance) adalah hasil yang dicapai seseorang atau sekelompok orang dalam organisasi dalam suatu periode tertentu, sesuai dengan lingkup wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah Standar Operasional Prosedur (SOP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP), untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap Kinerja Karyawan dan juga untuk mengetahui pengaruh dari Standar Operasional Prosedur kedepannya di Hotel The Gunawarman Luxury Residence, Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yang menggambarkan bahwa penerapan Standar Operasional Prosedur mempengaruhi kinerja karyawan Hotel The Gunawarman Luxury Residence. Unit analisis yaitu 8 orang karyawan Front Office Department di Hotel The Gunawarman Residence. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 2 sumber, yaitu data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari wawancara, observasi, kuisioner, dokumentasi. Untuk data sekunder diperoleh dari buku referensi, website, data hotel, dan tulisan ilmiah yang diaggap relevan dengan topik permasalahan. Penentuan sampel pada penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan menggunakan semua anggota populasi menjadi sampel (Sampling jenuh) dan data di olah menggunakan uji kolerasi, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis (Uji T) menggunakan bantuan program SPSS 25. Skala pengukuran menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Standar Operasional Prosedur memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kinerja Karyawan. Kesimpulan bahwa hipotesis diterima Kata Kunci : Standar Operasional Prosedur, Kinerja Karyawan ABSTRACT Performance is the result that a person or group of people in an organization has achieved within a given period, in accordance with the scope of their respective authorities and responsibilities, in an effort to achieve organizational goals. . One of the factors that affects employee performance is the Standard Operating Procedure (SOP). The purpose of this research is to study the application of Standard Operating Procedures (SOP), to find out how much influence the Standard Operating Procedure (SOP) on Employee Performance and also to determine the effect of Standard Operating Procedure in the future at The Gunawarman Luxury Residence. This research was conducted in February 2020. The method used in this research is quantitative methods, which illustrates that the implementation of the Standard Operational Procedure affects the performance of The Gunawarman Luxury Residence Employees. The unit analysis of this research is 8 Front Office Department employees at The Gunawarman Luxury Residence. Data collection in this research uses 2 sources : primary data and secondary data. Primary data obtained from interviews, observations, questionnaires, documentation. For secondary data obtained from reference books, websites, hotel data, and scientific papers that are considered relevant to the topic of the problem. The sampling in this study is Nonprobability Sampling by using all population members sample (Saturated Sampling). And the data are processed using colleration test, linear regression analyses and hypothesized tests (T test) with supported by SPSS 25. The measurement scale use a Likert Scale. The result showed a positive and significant influence between Standar Operating Procedure (SOP) on the performance of front office department employees at The Gunawarman Residence Keywords : Standard Operating Procedure, Employee Performance
PENGARUH KEPEMIMPINAN HUMAN RESOURCES MANAGER TERHADAP KEDISIPLINAN KARYAWAN DI HOTEL ROYAL DENAI BUKITTINGGI Waryono; Syahrial Putra
Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP) Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PERHOTELAN
Publisher : Family Welfare Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.145 KB) | DOI: 10.21009/jppv1i1.06

Abstract

Abstrak Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan Human Resources Manager terhadap kedisiplinan karyawan di Hotel Royal Denai. Jenis penelitian digolongkan kepada penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan operasional yang bekerja di Hotel Royal Denai sebanyak 49 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis melalui analisis deskripsi dan uji regresi linier sederhana serta nilai koefisien determinasi dengan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kepemimpinan Human Resources Manager dengan kategori Baik memiliki persentase 77,38% dan Kedisiplinan karyawan dengan kategori Baik memiliki persentase 79.59%. Selanjutnya diperoleh nilai R Square sebesar 0,47 dengan taraf sig. 0,034 < 0,05, maka variabel Kepemimpinan Human Resources Manager dapat menjelaskan variabel Kedisiplinan Karyawan sebesar 47% dan 53% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Human Resources Manager, Kedisiplinan, Karyawan Abstract The study aims to determine the influence of the leadership of the Human Resources Manager on employee discipline at Hotel Royal Denai. This type of research is classified into quantitative descriptive research with causative associative methods. The population in this study were all operational employees who worked at the Hotel Royal Denai as many as 49 people using saturated sampling techniques. Data collection techniques using a questionnaire (questionnaire) with a Likert scale that has been tested for validity and reliability too coeficient determinan value. Data were analyzed through description analysis and simple linear regression test with the help of SPSS Computer Program version 16.00. The results showed that: Human Resources Manager leadership with the Good category had a percentage of 77.38% and the discipline of employees with the Good category had a percentage of 79.59%. Furthermore, the R Square value is 0.47 with the level of sig. 0.034 <0.05, the Human Resources Manager Leadership variable can explain the Employee Discipline variables by 47% and 53% influenced by other factors. Keywords: Human Resources Manager, Discipline, Employees
ANALISIS POTENSI WISATA KULINER DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA PONTIANAK KALIMANTAN BARAT Ira Mayasari; Adrian Sesar Pasaribu
Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP) Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PERHOTELAN
Publisher : Family Welfare Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.037 KB) | DOI: 10.21009/jppv1i1.01

Abstract

Abstrak Penelitian ini mengkaji tentang potensi wisata kuliner dalam pengembangan pariwisata di Kota Pontianak. Bertujuan untuk menjawab persoalan yang dipertanyakan dalam penelitian ini, yaitu mengetahui potensi wisata kuliner, peran wisata kuliner terhadap pengembangan pariwisata, usaha pemerintah dalam mengembangkan wisata kuliner di Kota Pontianak dan kendala apa saja yang dihadapi pelaku wisata kuliner. Penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran informasi yang berhubungan dengan wisata kuliner. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi dokumen, wawancara dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisata kuliner Kota Pontianak memiliki potensi dalam pengembangan pariwisata di Kota Pontianak. Pemerintah Kota Pontianak terus berupaya melakukan pengembangan wisata kuliner, salah satu contohnya dengan diselenggarakanya kembali acara Pontianak Food Festival. Melalui bantuan pemerintah berupa pembinaan untuk mempertahankan dan melestarikan makanan khas Kota Pontianak menjadi salah satu produk unggulan. Kesimpulan yang dapat diambil bahwasannya dengan mengangkat makanan khas sebagai icon, wisata kuliner menjadi salah satu keunggulan di sektor pariwisata Kota Pontianak. Wisata kuliner di Kota Pontianak merupakan hasil karya manusia sebagai aset budaya yang perlu dipertahankan dan dilestarikan keberadaannya guna untuk menjadi daya tarik pariwisata. Wisata kuliner mempunyai potensi besar untuk dikembangkan maka perlu penanganan dan pengelolaan lebih baik lagi dari sekarang dan dilakukan secara profesional. Kata Kunci : Wisata Kuliner, Pengembangan, Pariwisata, Kota Pontianak ANALYSIS OF POTENTIAL CULINARY TOURISM DEVELOPMENT IN PONTIANAK CITY, WEST KALIMANTAN Abstract This research examines the potential of culinary tourism in tourism development in Pontianak City. It aims to answer the questions questioned in this study, namely knowing the potential of culinary tourism, the role of culinary tourism in tourism development, government efforts in developing culinary tourism in Pontianak City and what obstacles are faced by culinary tourism actors. This research is presented in a descriptive qualitative manner to obtain a description of information related to culinary tourism. Methods of data collection are carried out by means of observation, document study, interviews and literature study. The data obtained were then analyzed qualitatively and presented descriptively. The results showed that culinary tourism in Pontianak City has potential in tourism development in Pontianak City. The Pontianak City Government continues its efforts to develop culinary tourism, one example is the re-holding of the Pontianak Food Festival. Through government assistance in the form of guidance to maintain and preserve the typical food of Pontianak City to become one of the superior products. The conclusion that can be drawn is that by elevating typical food as an icon, culinary tourism is one of the advantages in the tourism sector in Pontianak City. Culinary tourism in Pontianak City is the work of humans as a cultural asset that needs to be maintained and preserved in order to become a tourist attraction. Culinary tourism has great potential to be developed, so it needs better handling and management from now on and done professionally. Keywords: Culinary Tourism, Development, Tourism, Pontianak City
PENERAPAN PHASE EMBOK DALAM PELAKSANAAN SPECIAL EVENT ANUGERAH BAMBU INDONESIA Faizal Riza Amry
Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP) Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PERHOTELAN
Publisher : Family Welfare Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.087 KB) | DOI: 10.21009/jppv1i1.04

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model EMBOK dapat diterapkan dalam penyelenggaraan acara Anugerah Bambu Indonesia. Menggunakan metode Description dalam penelitian dan observasi untuk pengumpulan data pada acara Anugerah Bambu Indonesia yang diadakan pada tanggal 25 Mei 2013. Tahapan tersebut menggambarkan sifat sekuensial manajemen acara, dengan menyoroti kekritisan waktu dalam setiap proyek acara. Tahapan tersebut meliputi inisiasi, perencanaan, pelaksanaan, acara, dan penutupan. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Yayasan Bambu Indonesia, Komunitas Bambu Indonesia, Sentul City, Rumah Bambu Jatnika dan Sekolah Tingg Pariwisata Trisakti Jakarta . Acara tersebut diadakan di Kawasan Eco Park Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Indonesia. Penelitian ini memberikan informasi praktis tentang bagaimana mengadakan acara khusus berdasarkan EMBOK Model by Silvers (2005). Dan dari hasil kajian tersebut kami sepakat bahwa Tahap Model EMBOK Perak (2005) dapat diterapkan pada Event Anugerah Bambu Indonesia. Kata kunci: event,special event, event phase, Embok Model, Anugerah Bambu Indonesia, tourism and hospitality industry THE IMPLEMENTATION OF EMBOK PHASE IN THE SPECIAL EVENT OF THE ANUGERAH INDONESIAN BAMBOO Abstract This study aimed to know that the EMBOK Model can be applicable in the event management of Anugerah Bambu Indonesia. Using the Description in research methode and using observation for data collection on the Anugerah Bambu Indonesia event, that held on 25 Mei 2013. The phases illustrate the sequential nature of event management, highlighting the criticality of time in any event project. The phases include initiation, planning, implementation, the event, and closure The event held incolaboration of Ministry the Environtment of Republic of Indonesian, Yayasan Bambu Indonesia, Komunitas Bambu Indonesia, Sentul City, Rumah Bambu Jatnika and Gradute School Trisakti Institute of Tourism Jakarta. The event held in Eco Park Area of Sentul City, Kabupaten Bogor, West Java Indonesia. This study provides practical information about how to held special event based on EMBOK Model by Silvers (2005). And the result of the studied we have agreed that the Phase on EMBOK Model by Silver (2005) can be applied to Anugerah Bambu Indonesia Event. Keywords: event,special event, event phase, Embok Model, Anugerah Bambu Indonesia, tourism and hospitality industry
DAYA TERIMA PRODUK SIRUP BUAH DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BUNGA BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi) Yeni Yulianti; Yati Setiati
Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP) Vol 1 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PERHOTELAN
Publisher : Family Welfare Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.737 KB) | DOI: 10.21009/jppv1i2.01

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penambahan ekstrak bunga belimbing wuluh terhadap daya terima sirup buah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Friedman, untuk mengetahui kelompok mana yang terbaik diantaranya, maka perlu digunakan uji Tuckey’s. Berdasarkan pengujian hipotesis menunjukkan tidak terdapat pengaruh penambahan ekstrak bunga belimbing wuluh pada pembuatan sirup buah belimbing wuluh dengan persentase 4% (10 gram), 6% (15 gram), 8% (20 gram) terhadap aspek warna. Pada aspek rasa menunjukan tidak terdapat pengaruh daya terima produk produk sirup buah dengan penambahan ekstrak bunga belimbing wuluh pada aspek rasa. Aspek aroma diperoleh terdapat pengaruh penambahan ekstrak bunga belimbing wuluh pada pembuatan sirup buah dengan persentase 4% (10 gram), 6% (15 gram), 8% (20 gram) terhadap aspek aroma. Aroma sirup buah belimbing wuluh dengan persentase penambahan ekstrak bunga belimbing wuluh sebesar 8 % (20 gram) (C) merupakan produk yang paling disukai oleh konsumen.Uji hipotesis aspek kekentalan menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh daya terima produk produk sirup buah dengan penambahan ekstrak bunga belimbing wuluh pada aspek kekentalan.
PENERAPAN DIVERSIFIKASI PRODUK SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN PANDEMI COVID-19 PADA KUSWINI KATERING Yuliana Pinaringsih Kristiutami; Fadli Ariesta; Swastono Putro Pirastyo
Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP) Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PERHOTELAN
Publisher : Family Welfare Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.659 KB) | DOI: 10.21009/jppv1i1.08

Abstract

The CoViD-19 pandemic became the most impactful disease in 2020, the CoViD-19 pandemic impacted various sectors of the world economy, one of which was a catering business that suffered losses due to the cancellation of orders due to government regulations prohibiting large gatherings of people, including Kuswini catering Bandung. This research aims to find out the impact that CoViD-19 has had along with countermeasures made in the application of product diversification in Kuswini Catering. The methods used in this study are qualitative descriptive with data retrieval techniques obtained from observations during the CoViD-19 pandemic interviews with sources namely business owners and documentation that can support this research that the authors successfully collected during the study. The results of the research have been conducted stated that the application of diversification in the Kuswini catering business is considered successful because the countermeasure efforts are classified as successful by diversifying products in various aspects of the product and able to minimize the impact of CoViD-19 on Kuswini catering.
CITRA DESTINASI PARIWISATA HALAL DALAM PERSPEKTIF FOTOGRAFI (STUDI KASUS DI PULAU LOMBOK) Adhi Yuliyanto; M Baiquni; Djoko Wiyono
Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP) Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PERHOTELAN
Publisher : Family Welfare Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.346 KB) | DOI: 10.21009/jppv1i1.07

Abstract

Abstrak Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa jauh citra destinasi pariwisata halal dalam perspektif fotografi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Penyajian sebuah foto harus dapat mengkomunikasikan pesan yang efektif agar pesan tersebut dapat menjangkau target wisatawan. Respon wisatawan digunakan untuk mengukur konten sebuah foto destinasi pariwisata halal dari perspektif kebutuhan wisatawan. Respon praktisi fotografi digunakan untuk membuat penyajian foto dengan teknis tertentu kepada wisatawan tentang destinasi yang dikategorikan halal dengan segala kondisi, fasilitas, kehidupan sosial dan pelayanannya. Kedua respon tersebut digunakan untuk mencari foto yang paling sesuai berdasarkan keinginan wisatawan dan ketentuan teknis fotografi untuk kemudian dijadikan standar penciptaan dan penyajian foto untuk memperkuat citra destinasi pariwisata halal. Kata kunci: destinasi pariwisata halal, fotografi, foto destinasi pariwisata, citra destinasi pariwisata halal. Abstract This research is aimed to get on how the image of the image of “Halal” tourism destinations can be applied properly in photography’s perspective in Lombok, West Nusa Tenggara. Photos, which are shown, must be able to deliver an effective message in order to reach the target tourists. The tourists’ response is needed to measure the content of “Halal” tourism destinations photos from the tourist needs perspective. The photographers’ response is applied to organize the photos exhibit by particular technique to the tourists about destination that is categorized “Halal” with its condition, situation, social life, and service. Both responses are used to determine the most suitable photo based on the tourist needs and the photography technique, which is later referred as the standard of photo creation and exhibition, in order to strengthten the image of “Halal” tourism destinations. . Keywords: “Halal” tourism destinations, photography, tourism destinations photo, image of “Halal” tourism destination
BAGAIMANA LOYALITAS KARYAWAN BERDASARKAN GAYA KEPEMIMPINAN PADA HOTEL X? Desita Milasari; Shinta Doriza; Nurlaila A Mashabi
Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP) Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PERHOTELAN
Publisher : Family Welfare Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.871 KB) | DOI: 10.21009/jppv1i1.05

Abstract

Gaya kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang membuat karyawan berkeinginan untuk melakukan perpindahan atau resign. Ketidak nyamanan dalam bekerja, ketidak cocokan dengan pemimpin, ataupun tekanan yang diberikan oleh pemimpin yang kemudian akan menghambat kinerja karyawan. Dengan demikian, operasional hotel juga ikut terganggu. Sebaliknya pemimpin yang dapat menjalin hubungan baik dengan karyawan dalam urusan pekerjaan maupun di luar pekerjaan akan membuat karyawan merasa adanya kecocokan serta timbul rasa nyaman, dan besar kemungkinan karyawan memiliki rasa loyalitas terhadap pemimpinnya yang membuat karyawan terdorong untuk ikut berperan secara maksimal memberikan yang terbaik bagi tempatnya bekerja bersama pemimpinnya. Hal ini dikarenakan timbulnya rasa tidak ingin mengecewakan orang yang telah memberinya tempat nyaman dalam bekerja. Penelitian dilakukan untuk menganalisis loyalitas karyawan yang ditinjau dari gaya kepemimpinan di Hotel X. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam melalui perspektif dari pemimpin dan karyawan pada tiga departemen yang berbeda, perspektif yang dipilih bertujuan untuk menemukan temuan yang lebih menarik yang dilihat dari dua sisi. Pemilihan responden dengan purposive sampling. Analisis data menggunakan interactive model. Data penelitian mengacu pada sembilan karakteristik ideal dari (Putra & Cho, 2019), hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa karakteristik ideal yang belum dipenuhi oleh salah satu responden pemimpin, sedangkan responden pemimpin lainnya menunjukkan hasil hampir dan sudah memenuhi sembilan karakteristik sebagai pemimpin ideal. Belum terpenuhinya kesembilan karakteristik ideal ini berdampak pada kurangnya rasa loyalitas karyawan pada perusahaan dilihat dari tingkat perpindahan karyawan yang tinggi pada departemen sehingga mengakibatkan banyak kerugian bagi perusahaan.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SCHOOLOGY DAN ZOOM CLOUD MEETING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA KULIAH DEKORASI & PENATAAN (AMERICAN SERVICE) Siti Triyaningsih
Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP) Vol 1 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN PERHOTELAN
Publisher : Family Welfare Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.347 KB) | DOI: 10.21009/jppv1i2.05

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media Schoology dan Zoom Cloud Meeting terhadap pembelajaran jarak jauh pada mata kuliah Dekorasi dan Penataan (American Service). Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan kesejahteraan keluarga angkatan 2020 yang terdiri 93 mahasiswa. Sampel penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan kesejahteraan keluarga angkatan 2020 yang dipilih dua kelas masing-masing terdiri dari 30 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Quasi Experiment dengan desain penelitian Pretest dan Pos test Control Group Design. Teknik pengambilan data menggunakan tes yaitu pretest dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan taraf signifikan 0,05 maka dtabel= 0,242. Hasil penelitian dengan uji t dan N-Gain, pertama terdapat pengaruh dari media Zoom Cloud Meeting dan Schoology terhadap hasil belajar mahasiswa. Nilai sig pada kelas eksperimen menunjukkan thitungttabel (9>1,679) maka H0 ditolak dan Hi diterima. Pada taraf signifikansi = 0,05 pada dk= (n1+n2)-2= 60-2= 58 pada dua pihak, diperoleh nilai ttabel= 1,671 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan rerata hasil sehingga menunjukkan bahwa Schoology lebih efektif dibandingkan dengan Zoom Cloud Meeting. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media Schoology dapat diterapkan pada mata kuliah praktikum yang ada di Program Studi Pendidikaan Kesejahteraan Keluarga. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Schoology, Zoom

Page 1 of 4 | Total Record : 39