JEER (Journal of Elementary Educational Research)
Culture and local wisdom based education in elementary schools multicultural context Digital-based Learning Media and Online Learning System (Mathematics, Science, Social Studies, Civics, English, Indonesian, Religious Education, Art, Game and Sport, and Local Content) in Elementary School Psychology of Elementary Students Children in Elementary School Critical thinking in Elementary School Curriculum Design in Elementary School Development and Learning Design in Elementary School Inclusive Education in Elementary School Integration and Interconnection Based Research on Basic Education Learning Strategies in Elementary School Transdisciplinary Research Relate to Education in Elementary School
Articles
30 Documents
Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar
Annisa Mawarni Bone
Journal of Elementary Educational Research Vol 1 No 1 (2021): 2021 Volume 1 No 1
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (312.829 KB)
|
DOI: 10.30984/jeer.v1i1.33
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Al Khairaat Airmadidi Atas dengan menggunakan media kartu. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Al Khairaat Airmadidi Atas Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 orang, terdiri atas 7 orang perempuan dan 13 orang laki-laki dan guru wali kelas sebagai observator. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta tes hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II melalui pembelajaran dengan menggunakan media kartu. Pada siklus I rata-rata penilaian aktivitas guru sebesar 3.42% meningkat menjadi 4%, aktivitas siswa dalam pembelajaran sebesar 3.21% meningkat menjadi 3.75%, dan siswa yang mengalamiu ketuntasan sebesar 35% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Jadi, dengan demikian dapat disarankan guru sebaiknya dapat mengatur waktu dan materi yang akan diberikan dalam penggunaan media kartu agar semua kegiatan pembelajaran dapat berjalan sesuai yang telah direncanakan, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Evaluasi Program Pembelajaran Online Mata Pelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah
Irmawaty Laiya
Journal of Elementary Educational Research Vol 1 No 1 (2021): 2021 Volume 1 No 1
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (318.809 KB)
|
DOI: 10.30984/jeer.v1i1.35
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengevaluasi program pembelajaran online mata pelajaran Matematika pada siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Ziyadatun Nikmah Manado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang permasalahan dari program pembelajaran online mata pelajaran Matematika, keunggulan dan kelemahan program pembelajaran online, serta pengaruhnya terhadap pengalaman belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif model evaluasi iluminatif. Yang lebih menekankan pada evaluasi yang berorientasi kualitatif terbuka. Dasar konsep yang digunakan model evaluasi ini adalah lingkungan belajar berupa lingkungan sosial-psikologis dan materi Ketika guru dan peserta didik berinteraksi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran online untuk mata pelajaran Matematika pada siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Ziyadatun Nikmah hanya menggunakan aplikasi whatsapp saja. Proses pembelajaran menjadi tidak efektif karena siswa lebih bergantung pada jawaban yang tersedia di internet. Siswa juga mengalami penurunan dalam hal kualitas pengetahuannya. Meskipun di sisi lain pembelajaran online bisa berlangsung dimana saja dan kapan saja, namun, proses pembelajaran online ini sangat berpengaruh pada pengalaman belajar siswa.
Peran Guru Pendamping dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Samjural Mokoagow
Journal of Elementary Educational Research Vol 1 No 1 (2021): 2021 Volume 1 No 1
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (276.921 KB)
|
DOI: 10.30984/jeer.v1i1.39
Tujuan dari penelitian ini, yaitu: untuk mengetahui bagaimana cara guru pendamping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan cara menghadapi kendala dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan solusi yang akan di lakukan oleh guru pendamping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitiaan ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah Guru pendamping, Guru Utama/wali kelas, Kepala sekolah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah pengolahan data dan analisis data. Hasil penelitian diperoleh bahwa peran guru pendamping adalah membuat siswa lebih rajin belajar dengan motivasi, dorongan, dan strategi-strategi yang dilakukan oleh guru pendamping untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, karena guru adalah motivator terbaik untuk para siswa dalam meningkakan motivasi kepada siswa.
Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik di MIN 2 Manado
Nindita Puteri Sukarman Lingude
Journal of Elementary Educational Research Vol 1 No 1 (2021): 2021 Volume 1 No 1
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (256.358 KB)
|
DOI: 10.30984/jeer.v1i1.40
Pokok permasalahan dari penelitian yang dibahas dalam skripsi ini yaitu bagaiman kompetensi pedagogik guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tematik di MIN 2 Manado, bagaimana metode yang digunakan guru pada kompetensi pedagogik dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tematik di MIN 2 Manado dan kendala dalam penyusunan RPP serta solusi yang akan dilakukan guru dalam penyusunan RPP di MIN 2 Manado. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam penyusunan RPP di MIN 2 Manado, metode yang digunakan guru pada kompetensi pedagogik dalam penyusunan RPP di MIN 2 Manado, da kendala yang dihadapi dalam penyusunan RPP beserta solusi yang dilakukan guru dalam mengahadapi masalah tersebut di dalam penyusunan RPP di MIN 2 Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka, teknik pengolahan data yang digunakan adalah pengolahan data dan analisis data.
Meningkatkan Kemampuan Membaca untuk Siswa Kelas I MIS Muhammadiyah Wawonasa Manado
Ramlia Bakari
Journal of Elementary Educational Research Vol 1 No 1 (2021): 2021 Volume 1 No 1
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (264.21 KB)
|
DOI: 10.30984/jeer.v1i1.42
Kemampuan membaca siswa kelas I di MIS Muhammadiyah Wawonasa siswa masih rendah oleh karena itu kemampuan membaca siswa perlu ditingkatkan dengan menerapkan media pembelajaran yang baru dan berbeda dari pembelajaran yang sebelumnya, agar kemampuan membaca siswa dapat meningkat, sehingga membantu siswa dalam mata pelajaran yang lain. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka didapat diambil kesimpulan bahwa dengan mengguankan cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Pada siklus II dan dilakukan perbaikan – perbaikan, maka pada siklus II skornya menjadi 42, sedangkan skor observasi siswa pada siklus I adalah 14 dikarenakan situasi belajar siswa yang masih belum terkendalikan. dan pada siklus II yaitu 34, karena situasi siswa dalam mengikuti pembelajaran berdasarkan beberapa perbaikan pada siklus I dapat terkendali. Dengan demikian tindakan yang telah dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya dan mencapai kemampuan membaca yang diharapkan.
Penggunaan Media Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah
Rojanah Rojanah
Journal of Elementary Educational Research Vol 1 No 1 (2021): 2021 Volume 1 No 1
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (258.569 KB)
|
DOI: 10.30984/jeer.v1i1.43
Tulisan ini meneliti tentang Penggunaan Media Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fikih Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah AL-Muhtadien Bitung.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar manfaat media visual dalam proses pembelajaran dan seberapa besar pengaruhnya terhadap perkembangan minat belajar peserta didik. Dalam upaya untuk mengoptimalkan menyampaikan pesan pendidikan diperlukan media pembelajaran. Metode yang digunakan untuk mendapatkan hasil penelitian, yakni dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan untuk pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, di analisis dengan teknik deskriptif, yaitu untuk menggambarkan data hasil penelitian tentang penggunaan media visual Terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran fikih kelas V di Madrasah Ibtidaiyah AL-Muhtadien Bitung.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa penggunaan media visual bisa meningkatkan minat belaja rdan meningkatkan motivasi belajar siswa serta dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga materi yang diinginkan bisa tercapai dan untuk penggunaan media visual perlu dijadwalkan supaya proses belajar mengajar menjadi baik dan efektif. Sebelum menggunakan media visual guru harus mempunyai langkah persiapan, pelaksanaan, kegiatan lanjutan serta adanya sarana prasarana yang mendukung dalam pembelajaran seperti leptop dan LCD.
Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan
Nur Fadhilah Amir;
Andi Andong
Journal of Elementary Educational Research Vol 2 No 1 (2022): 2022 Volume 2 No 1
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (328.574 KB)
|
DOI: 10.30984/jeer.v2i1.48
Siswa masih kesulitan memahami konsep pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari konsep pecahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan penerapan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri 4 Waeapo dengan sampel sebanyak 21 siswa kelas V. Data dikumpulkan dengan memberikan latihan awal tentang konsep pecahan. Setelah itu siswa diberikan angket tentang penyebab timbulnya kesulitan belajar pecahan. Dari hasil evaluasi terlihat bahwa siswa yang memperoleh nilai rendah sebanyak 19%. Bahkan dari hasil evaluasi tersebut sebanyak 61,9% siswa diantaranya memperoleh nilai yang sangat rendah. Masalah itu disebabkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar konsep pecahaan, yakni diataranya siswa sulit mengonkretkan materi, sulit memahami penjelasan guru, sulit melakukan perhitungan. Selain itu, suasana rumah atau lingkungan turut menjadi penyebab kesulitan siswa dalam belajar pecahan, seperti yang kurangnya perhatian dari orang tua tentang kesulitan yang dihadap dan kurangnya manajemen waktu.
Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Media Gambar
Fitri Lakari;
Feiby Ismail;
Ilham Syah
Journal of Elementary Educational Research Vol 1 No 2 (2021): 2021 Volume 1 No 2
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (261.065 KB)
|
DOI: 10.30984/jeer.v1i2.67
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar di SD Negeri 1 Poigar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yakni peneliti mengambarkan bagaimana meningkatkan minat belajar siswa kelas IV Pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar di SD Negeri 1 Poigar melalui wawancara yang mendalam pada informasi penelitian yang didukung dengan proses pengamatan dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas IV dan 4 orang siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam penggunaan media gambar dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pembelajaran IPS dengan mengunakan media gambar di SD Negeri 1 Poigar yakni; menyesuaikan materi dengan gambar yang akan digunakan, merancang media gambar yang akan digunakan mengingat keterbatasan media, menyusun langkah-langkah dalam menggunakan media gambar, menyesuaikan langkah-lagkah pembelajaran berdasarkan RPP, referensi dan tujuan pembelajaran yang telah disusun sebelumnya.
Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah
Nurhidaya Nurhidaya;
Adri Lundeto;
Meiskyarti Luma
Journal of Elementary Educational Research Vol 1 No 2 (2021): 2021 Volume 1 No 2
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (285.723 KB)
|
DOI: 10.30984/jeer.v1i2.68
Penelitian ini bertujuan mengungkap Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara yaitu dokumentasi, observasi, wawancara. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data primer dan sekunder di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran Guru Kelas dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas III di MIN 1 Manado adalah sebagai Pembimbing, Pendidik, Teladan, Motivator dan Fasilitator. 2) Faktor pendukung dalam membentuk karakter siswa adalah Orang Tua, Guru, Kegiatan-Kegiatan Madrasah serta Sarana dan Prasarana yang ada di Madrasah. 3) Faktor Penghambat dalam membentuk karakter siswa adalah Gadget, Lingkungan Sosial dan Kesadaran pada diri siswa. Solusinya dalam mengatasi faktor Penghambat tersebut yaitu memaksimalkan kompetensi Guru dan melakukan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua siswa agar proses pembentukan karakter bisa berjalan dengan baik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Manado.
Penggunan Media Video Edukasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar
Ditha Regita Makalalag;
Mutmainah Mutmainah;
Wadan Y. Anuli
Journal of Elementary Educational Research Vol 1 No 2 (2021): 2021 Volume 1 No 2
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (278.257 KB)
|
DOI: 10.30984/jeer.v1i2.69
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS dengan menggunakan media video edukasi pada siswa di kelas V MI Alkhairaat Mogolaing Kotamobagu. Penggunaan media video edukasi merupakan salah satu media pembelajaran yang tepat digunakan di kelas karena memiliki kelebihan dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain. Media video edukasi mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Pendidik akan lebih mudah menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Lebih mudah mengkondisikan kelas dengan cara menarik perhatian siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas Model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester II Tahun ajaran 2020/2021 dalam dua siklus setiap siklus ada dua pertemuan. subjek penelitian ini siswa kelas V MI Al-Khairaat yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II melalui pembelajaran dengan menggunakan media video edukasi. Pada siklus I rata-rata skor aktivitas guru memperoleh skor 24 meningkat 32, aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 12,88 meningkat 16,61 pada siklus II, dan siswa yang mengalami kriteria ketuntasan sebesar 58,82% pada siklus I meningkat 85,29%. Pada siklus II mengacu pada indikator keberhasilan penelitian yang menetapkan sebesar 75 KKM siswa mengalami ketuntasan dalam pembelajaran IPS dan untuk kriteria ketuntasan sebesar 85% ,maka penelitian ini dinyatakan berhasil.