cover
Contact Name
Purwani Istiana
Contact Email
mediainfoUGM@gmail.com
Phone
+628157936861
Journal Mail Official
mediainfoUGM@gmail.com
Editorial Address
Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Bulaksumur, PO BOX 16 Yogyakarta, 55281 Telp./ Fax. (0274) 513163 Email mediainfoUGM@gmail.com
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Media Informasi
ISSN : 08542066     EISSN : 28292707     DOI : -
Core Subject : Science, Social,
Artikel yang diterbitkan di Media Informasi mencakup karya ilmiah hasil pemikiran konseptual, best practice, literatur review dan hasil penelitian dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi dalam konteks perpustakaan dan kepustakawanan. Bidang Ilmu perpustakaan dan informasi yang dicakup antara lain: Layanan perpustakaan dan informasi Manajemen Perpustakaan dan Informasi Sumber Informasi Perpustakaan digital Bibliometrik Dan subjek lain yang terkait bidang ilmu perpustakaan dan informasi.
Articles 111 Documents
Aplikasi telegram dalam difusi informasi e-journal di Departemen Obstetri dan Ginetikologi FKKMK UGM Achmad Syukur Albar; Maniso Mustar
Media Informasi Vol 28 No 1 (2019): Media Informasi
Publisher : Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1692.153 KB) | DOI: 10.22146/mi.v28i1.3923

Abstract

Dalam menghadapi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, perpustakaan sebagai pusat informasi ilmu pengetahuan harus menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi. Bentuk pelayanan dengan sistem digitalisasi merupakan implikasi dari hal ini. Sumber informasi dari media elektronik e[1]journal mengalami perkembangan dan pembaharuan dengan cepat, sehingga dibutuhkan cara maupun sarana dalam pencarian dan penyebarannya. Media sosial on line merupakan fasilitas yang dianggap efektif dalam pencarian dan penyebaran informasi. Telegram adalah salah satu aplikasi media sosial yang keutamaannya tidak hanya cepat dalam pertukaran data tetapi juga memiliki kelebihan dalam batas jumlah anggota komunitas sehingga dapat digunakan secara luas. Oleh karena itu telegram dapat digunakan sebagai sarana layanan e-journal oleh perpustakaan. Komunitas media sosial dalam telegram bermanfaat sebagai sarana penghubung informasi dan komunikasi antara pemustaka dan pustakawan. Dengan inovasi penggunaan aplikasi telegram untuk layanan e-journal, pustakawan sebagai pengelola informasi di perpustakaan dapat berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan.
Implementasi gaya kepemimpinan transformasional pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Aprilia Mardiastuti
Media Informasi Vol 28 No 1 (2019): Media Informasi
Publisher : Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1692.154 KB) | DOI: 10.22146/mi.v28i1.3925

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui implementasi gaya kepemimpinan transformasional pada perpustakaan perguruan tinggi. Saat ini, perpustakaan perguruan tinggi merupakan salah satu organisasi dengan dinamisasi perbahan yang kompleks, seiring dengan perkembangan dalam penyebarluasan ilmu pengetahuan. Gaya kepemimpinan transformasional diketahui sebagai salah satu gaya yang efektif diterapkan untuk mengelola perpustakaan perguruan tinggi dengan dinamisasi perubahan tersebut. Implementasi gaya kepemimpinan transformasional pada perpustakaan perguruan tinggi dapat dilakukan melalui empat komponen, meliputi: 1) idealized influence atau karisma; 2) inspirational motivation atau inspirasi; 3) intellectual stimulation atau dorongan intelektual; dan 4) individualized consideration atau perhatian secara pribadi. Dapat disimpulkan bahwa keberhasilan pemimpin perpustakaan perguruan tinggi mengimplementasikan ke empat komponen tersebut akan mampu memberikan motivasi, meningkatkan kepercayaan, menimbulkan kekaguman, meningkatkan loyalitas, dan kinerja anggota organisasinya
Cyberspace dalam novel “The Messenger” Atin Istiarni
Media Informasi Vol 28 No 1 (2019): Media Informasi
Publisher : Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1693.167 KB) | DOI: 10.22146/mi.v28i1.3931

Abstract

Perkembangan industri mulai dari era 1.0 hingga menjelang 5.0 selalu ditandai dengan kemajuan yang terjadi pada dunia teknologi informasi hingga mempengaruhi aspek kehidupan manusia secara global. Perkembangan tersebut kemudian memaksa manusia untuk bersinggungan dengan dua realitas dunia yaitu maya dan konkrit. Problematika yang timbul sebagai gambaran bagi manusia yang memiliki interaksi di dua dunia yakni dunia realitas konkrit dan realitas tampakan tergambar dalam novel “The Messenger” yang ditulis oleh Labibah Zain, dkk. Penelitian ini adalah penelitian yang berpijak pada ilmu filsafat sebagai landasan berfikir. Dalam penelitian ini, digunakan perspektif kritik humanis Mark Slouka sebagai pisau analisa. Dengan menggunakan perspektif kritik humanis yang dicetuskan oleh Mark Slouka, peneliti ingin memaparkan realitas semu (hyperrealitas) akibat adanya ruang cyber yang tergambar dalam novel “The Messenger”. Namun, pisau analisis yang digunakan tak sepenuhnya absolut, akan tetapi lebih kepada hasil reflektif dari peneliti. Penelitian ini termasuk dalam studi pustaka dengan objek kajiannya adalah alur cerita dan setting dalam novel “The Messenger”. Hasil penelitian dipaparkan menggunakan metode deskriptif. Adapun hasil penelitian menggolongkan novel ini termasuk dalam golongan Teknorealis. Hal tersebut direpresentasikan dalam konsep realitas, identitas, komunitas, dan ruang yang tergambar dalam novel
Implementasi teknologi informasi: sistem aplikasi unggah mandiri pada Unit IT Support & Digital Resources Perpustakaan UGM Dewi Nurhastuti
Media Informasi Vol 28 No 1 (2019): Media Informasi
Publisher : Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1692.17 KB) | DOI: 10.22146/mi.v28i1.3932

Abstract

Tujuan penulisan atikel ini adalah memberikan gambaran penerapan sistem aplikasi penerimaan karya akhir mahasiswa di Perpustakaan UGM. Unggah mandiri adalah istilah yang digunakan pada suatu sistem aplikasi layanan berbasis web untuk melayani serah terima karya akhir mahasiswa di Perpustakaan UGM, yang selanjutnya masuk portal repositori ETD. Sistem aplikasi ini menggeser sistem sebelumnya yang masih dilakukan secara konvensional, yang memerlukan beberapa tahap yang harus dilakukan baik oleh pustakawan maupun mahasiswa. Tulisan ini membahas tentang bagaimana implementasi teknologi informasi mempengaruhi perubahan peran pustakawan dalam menjalankan tugas fungsi layanan dan pengelolaan perpustakaan. Hadirnya teknologi informasi menuntut pustakawan untuk senantiasa proaktif memberikan pendampingan pada pemustaka (mahasiswa) agar fungsi layanan dapat berjalan dengan baik.
Pendidikan pemakai (user education) untuk optimalisasi layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Isbandini Nurhastuti
Media Informasi Vol 28 No 1 (2019): Media Informasi
Publisher : Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1692.17 KB) | DOI: 10.22146/mi.v28i1.3933

Abstract

Pemustaka perlu memiliki berbagai pengetahuan tentang dunia perpustakaan agar mampu memilih dan memilah informasi tersebut dengan baik, mampu mengenali kebutuhan informasi, dan mempunyai kecakapan atau kemampuan untuk mengakses sumber informasi. Pendidikan pemakai adalah kegiatan yang dirancang untuk mendidik pemustaka agar mengetahui sumber-sumber informasi perpustakaan yang terdiri dari koleksi, fasilitas dan jasa perpustakaan, mendidik pemustaka dalam memanfaatkan sumber-sumber informasi secara tepat dan cepat serta mendidik pemustaka perpustakaan untuk menjadi pemustaka yang tertib dan bertanggung jawab. Program pendidikan pemakai perlu dilaksanakan, karena kemampuan menggunakan perpustakaan merupakan dasar yang penting dalam mencapai keberhasilan dalam pendidikan. Melalui pendidikan pemakai ini diharapkan pemustaka bisa lebih mandiri dalam memanfaatkan layanan di perpustakaan.
Open access secara fulltext terhadap koleksi karya ilmiah di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada Kurnia Rahmaniati
Media Informasi Vol 28 No 1 (2019): Media Informasi
Publisher : Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1692.137 KB) | DOI: 10.22146/mi.v28i1.3934

Abstract

Peran dari perpustakaan merupakan media penghubung bagi pemustaka untuk mendapatkan koleksi yang dikelola oleh perpustakaan guna memenuhi kebutuhan informasinya. Koleksi karya ilmiah meliputi skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian dan tugas akhir. Adapun tampilan penyajian koleksi karya ilmiah dalam bentuk digital bisa diihat sebagian informasi (judul, pendahuluan, kesimpulan, daftar pustaka) saja, adapula yang bisa dilihat secara fulltext. Makalah ini memaparkan secara deskriptif open access secara full text terhadap koleksi karya ilmiah di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi pada website digilib.fib.ugm.ac.id. Analisis data menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Manfaat penulisan makalah ini untuk memberi gambaran bagi pemustaka, perpustakaan baik dari luar dan dalam perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, mengenai kelebihan, kekurangan, peluang dan ancaman open access secara fulltext terhadap koleksi karya ilmiah di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada
Penerapan manajemen pengetahuan (knowledge management) pada Perpustakaan Perguruan Tinggi (tinjauan terhadap Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) Arif Cahyo Bachtiar
Media Informasi Vol 28 No 1 (2019): Media Informasi
Publisher : Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.251 KB) | DOI: 10.22146/mi.v28i1.3937

Abstract

Berkembangnya teknologi sebagai akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia berjalan dengan cepat. Informasi yang menyebar dengan bebasnya menuntut kita untuk selalu selektif dalam menggunakan serta mengolah sebagai dasar pengetahuan yang akan kita gunakan untuk berbagai kepentingan. Hal ini sangat berimbas pada lembaga pengelola informasi untuk selalu cermat dalam mengumpulkan dan mengolah informasi tersebut, tidak terkecuali bagi lembaga perpustakaan. Informasi yang dikelola dengan baik sesuai kaidah-kaidah yang benar akan berkembang menjadi sebuah pengetahuan. Perpustakaan sebagai lembaga pengelola informasi saat ini mengembangkan objek garapannya dari pengelola informasi menuju pengelola pengetahuan atau knowledge management. Perpustakaan tidak lagi hanya sekedar melakukan manajemen informasi, tetapi juga mulai menggarap manejemen pengetahuan di dalamnya. Kegiatan manajemen pengetahuan ini sudah diterapkan pada beberapa perpustakaan terutama pada perpustakaan perguruan tinggi di mana kegiatan tersebut untuk mendukung proses Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Inovasi dan impak kegiatan Perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Maryatun
Media Informasi Vol 28 No 1 (2019): Media Informasi
Publisher : Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1692.162 KB) | DOI: 10.22146/mi.v28i1.3938

Abstract

Daya saing yang tinggi sangat diperlukan oleh setiap organisasi agar tetap survive di era global. Inovasi merupakan salah satu kata kunci dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Demikian juga dengan perpustakaan. Pemustaka digital native membutuhkan metode dan variasi layanan yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Perpustakaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM selama tahun 2016-2018 melakukan berbagai inovasi layanan dengan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait. Bentuk kegiatan inovasi meliputi pengembangan sistem informasi perpustakaan, penambahan langganan beberapa database, pengembangan sarana prasarana, dan pengembangan sumber daya manusia. Impak kegiatan inovasi yaitu sivitas akademika dapat memperoleh akses sumber daya informasi dan layanan dengan mudah dan cepat, serta dapat merasa aman dan nyaman selama memanfaatkan perpustakaan.
Implementasi program anti plagiarisme sebagai upaya meningkatkan kualitas karya ilmiah Mahasiswa di Perpustakaan UGM Kampus Jakarta Nova Indah Wijayanti
Media Informasi Vol 28 No 1 (2019): Media Informasi
Publisher : Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1692.194 KB) | DOI: 10.22146/mi.v28i1.3939

Abstract

Penyebab plagiarisme adalah faktor internal (dalam diri) dan faktor eksternal. Tindakan plagirisme ini merupakan perbuatan yang tidak etis, bisa terjadi karena pengaruh faktor lingkungan sekitar. Lingkungan sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap perilaku tidak jujur yaitu berupa harapan sosial bahwa seseorang yang dianggap pandai adalah yang memiliki nilai tinggi, mendapat penghargaan dan penerimaan di lingkungan social Kejujuran dan orisinalitas karya ilmilah termasuk etika moral termasuk dalam dalam ranah character building atau pembentukan karakter. Character building adalah suatu upaya untuk membangun dan membentuk akhlak budi pekerti seseorang menjadi baikTren kasus plagiarisme yang terjadi di Indonesia berbeda dengan kasus yang terjadi di luar negeri. Di Indonesia sudah mencapai level yang lebih tinggi yaitu kalangan pendidik seperti dosen bahkan pimpinan Universitas. Kegiatan ini diperlukan sebagai upaya pustakawan mendukung peningkatan kualitas karya ilmiah di Perguruan tinggi. Peran pustakawan tidak lagi hanya melayani informasi kepada pemustaka tetapi memiliki tugas memberikan pengetahuan tentang antiplagiarisme. Perpustakaan UGM Kampus Jakarta sejak tahun 2015 telah dilakukan kegiatan Literasi informasi untuk mahasiswa. Kegiatan tersebut menjadi bagian dari peran pustakawan dalam mendukung anti plagiarisme. Tindakan pencegahan plagiarism menjadi efektif apabila seluruh pihak berkolaborasi mendukung pelakasanaan.
Kajian pustaka (literature review) sebagai layanan intim Pustakawan berdasarkan kepakaran dan minat Pemustaka Widiarsa
Media Informasi Vol 28 No 1 (2019): Media Informasi
Publisher : Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1692.178 KB) | DOI: 10.22146/mi.v28i1.3940

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi ke depan harus mampu memberikan sebuah layanan nyata yang berkontribusi langsung kepada perguruan tinggi tempat ia bernaung. Perpustakaan Sekolah Pascasarjana sebagai perpustakaan yang menginduk kepada Sekolah Pascasarjana merasa perlu mendesain sebuah layanan referensi yang lebih intim bagi pemustakanya. Secara umum, layanan referensi merupakan ujung tombak pada sebuah perpustakaan, maka beberapa langkah ditempuh untuk mengkreasi sebuah layanan unggulan. Hasil pengamatan dan masukan dari para pemangku kepentingan, muncullah layanan kajian pustaka (literature review) yang saat ini sedang dalam tahap perintisan. Layanan kajian pustaka ini dilayankan secara intim guna memenuhi kebutuhan pemustaka Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UGM sesuai kepakaran dan minat pemustaka.

Page 1 of 12 | Total Record : 111