cover
Contact Name
Ahyansyah
Contact Email
Ahyansyah.um55@gmail.com
Phone
+6285239186574
Journal Mail Official
Ahyansyah.um55@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan No 6 Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pacu Pendidikan Dasar
ISSN : -     EISSN : 28071107     DOI : https://doi.org/10.22021/pacu.v2i1
Core Subject : Education,
The focus and scope of the manuscript covered in educational research related to but not limited to best practices in Elementary Education and Early Childhood Education. Topics include: 1. Learning Innovation for Elementary Education and Early Childhood Education. 2. Elementary Education and Early Childhood Education Curriculum. 3. Evaluation, Assessment and Research in Elementary Education and Early Childhood Education Practices. 4. Development of Learning Media, Techniques and Methods in Elementary Education and Early Childhood Education. 5. Practice the Digital Learning Era in Elementary and Kindergarten. 6. ICT in Learning Elementary Education and Early Childhood Education. 7. Guidance and Counseling in Elementary Schools and Early Childhood Education 8. Teaching and Training of Elementary and Early Childhood Teachers 9. Character Education in Elementary Education and Early Childhood Education, and other relevant topics.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 46 Documents
Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1 Anyar Mukminah Mukminah; Hirlan Hirlan; Sriyani Sriyani
Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : PGSD UNU NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.296 KB)

Abstract

Problematika yang sering dihadapi oleh setiap siswa adalah masifnya kesulitan belajar yang dihadapi oleh anak-anak di sekolah tingkat dasar. Sehingga perlu adanya penelitian untuk mengkaji hal tersebut. Maka penelitian ini bertujuan mengkaji kesulitan siswa dalam belajar menghitung matematika. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan tentang kesulitan siswa dalam belajar matematika. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan belajar berhitung yang dialami siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Anyar adalah diantaranya siswa kesulitan dalam memahami konsep matematika kesulitan dalam perhitungan seperti kesulitan dalam perhitungan dengan tanda hitung (x dan +), kesulitan cara menghitung pembagian, kesulitan dalam mengerjakan bentuk pecahan persen, kesulitan dalam menghitung penjumlahan pecahan. Maka hal yang penting dan harus dilakukan adalah memberikan pengalaman belajar secara konkret dan melakukan beberapa pengajaran remedial seperti: 1) pelatihan penguasaan tugas dan keterampilan; 2) pelatihan penguasaan proses; 3) pelatihan perilaku. Bimbingan belajar merupakan proses pemberian bantuan kepada siswa dalam usaha mencegahdan mengatasi kesulitan belajar
Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multikultural Azmussya’ni Azmussya’ni
Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : PGSD UNU NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.886 KB)

Abstract

Indonesia adalah Negara besar dan majemuk. Majemuk dapat dimaknai sebagai suatu kenyataan yang tidak dapat ditolak dan dipungkiri bahwa Indonesia adalah bangsa yang unik dan melebihi kebanyakan Negara-negara lain, yaitu merupakan Negara yang tidak saja multi-suku, multi-etnik, multi-agama, multi budaya, tetapi juga multibahasa yang tersebar luas dalam gugusan kepulauan nusantara. Sebagai masyarakat yang multi-bahasa, hendaknya pembelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan dengan pendekatan kontekstual. Pembelajaran Bahasa Indonesia perlu dikaitkan dengan realitas kemajemukan yang ada. Kemajemukan bangsa dan pluralitas masyarakat Indonesia merupakan potensi hebat tatkala unsur-unsur perbedaan di dalamnya dapat dimanfaatkan secara benar dengan menanamkan nilai-nilai saling menghargai antara kelompok yang berbeda terhadap karakter dan kepribadian siswa.
Kemampuan Spasial: Kajian pada Siswa Usia Sekolah Dasar Uswatun Hasanah; Danang Tejo Kumoro
Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : PGSD UNU NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.216 KB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menganalisa tingkat kemampuan spasial anak usia sekolah dasar. Secara teori, usia 4 – 7 tahun, anak sudah memiliki kemampuan dalam menentukan gambar dan arah (topologis) dari suatu benda. Usia 9 – 11 tahun, anak sudah mampu menelaah benda secara geometris dan kemampuan proyektif berkembang pada usia 11 -15 tahun. Hasil analisisnya diperoleh secara kualitatif melalui tes, wawancara dan triangulasi sumber data dari anak kelas 2, 3 dan 4 di salah satu sekolah dasar, sehingga ditemukan kemampuan spasial anak berbeda setiap usianya, akan tetapi kemampuan spasial topologisnya kurang berkembang yaitu anak tidak dapat memahami atau menentukan posisi gambar sesuai arah sehingga diperlukan perhatian yang lebih lanjut dari pihak-pihak yang terkait.
Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Anak di masa Pandemi Covid -19 pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman, Ujan Rintis Mertak Tombok Lombok Tengah Tahun Ajaran 2020/2021 Hadi Wijaya; Azmussya’ni Azmussya’ni; Chaidir Imran
Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : PGSD UNU NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.28 KB)

Abstract

Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anakdi Masa Pandemi Covid-19 pada siswa sekolah dasar disalah satu madrasah di Tombok Lombok Tengah bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan orang tua terhadap pendidikan anak dimasa pandemi dan mengetahui dampak Pandemic Covid-19 terhadap pendidikan anak. Data ini dianalisa secara kualitatif dengan objek penelitiannya adalah para orang tua siswa berjumlah 20 orang melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. dari analisis tersebut, ditemukan bahwa peran orang tua terhadap pendidikan anak pada masa covid-19 ini sebagian besar cukup baik dikarenakan partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak sangatlah baik dan patut diapresiasif. Adapun dampak pendidikan dimasa covid-19 merupakan hal yang patut dipikirkan kembali oleh pemerintah, dikarenakan proses pembelajaran yang biasanya dilakukan lima jam dalam sehari, dan sekarang merosot hingga dua sampai dengan tiga jam dalam sehari.
Pengaruh Metode Symbol dan Metode Ficture And Ficture Terhadap Pemahaman Konsep Dasar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas II di Masa Pandemic Covid 19 Herjan Haryadi; Mukminah Mukminah; Yusril Hamzatullah
Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Vol 1 No 1 (2021): Juli 2021
Publisher : PGSD UNU NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.341 KB)

Abstract

Metode ficture and ficture adalah metode pembelajaran gambar yang disajikan dalam bentuk visual, sedangkan metode syimbol adalah bagian tahap teori pembelajaran dari Burner yang mengajarkan konsep pembelajaran matematika melalui symbol. Prestasi belajar merupakan puncak kepuasaan yang dirasakan oleh setiap guru atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakannya. Pencapaian prestasi belajar dalam bidang sikap (afektif), psikomotorik dan pengetahuan menjadi bagian terpenting dalam proses pembelajaran Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD di dua sekolah yaitu SD green Islamic school dan Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Bermi dengan sampel keseluruhan sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data Pengaruh Metode Symbol dan Metode Ficture And Ficture terhadap pemahaman konsep dasar dan prestasi belajar Matematika siswa sekolah dasar kelas II di masa Pandemic Covid 19 menunjukkan hasil uji Manova terhadap dua sample independen diperoleh nilai Fhitung sebesar 34,476 dengan taraf nilai signifikansi sebesar 0,120 lebih besar dari 0,05.
Analisis Literasi TIK Mahasiswa dan Kendala yang Dialami pada PJJ Di Masa Pandemi Covid-19 Haliliah - Haliliah; Fahrurrozi - Fahrurrozi
Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : PGSD UNU NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.535 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi teknologi informasi dan komunikasi mahasiswa PGSD UNU NTB di masa pandemi Covid-19. Populasi penelitian ini 525 dan sampelnya adalah mahasiswa 73 mahasiswa yang diambil dengan metode porposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara yang telah di validasi oleh ahli. Teknis analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi TIK mahasiswa PGSD UNU NTB masih tergolong sedang, hal ini dapat dilihat dari keterampilan dasar TIK dikuasai mahasiswa, keterampilan menggunakan internet, media sosial, e-mail, e-learning dan sarana TIK yang dimiliki oleh mahasiswa. Selain itu kendala yang paling dominan dialami oleh mahasiswa adalah keterbatasan sarana prasana dalam proses pembelajaran daring atau PJJ itu sendiri seperti kuota internet yang terbatas dan spesifikasi smartpone dan laptop yang tidak memadai.
Mukminah, hadi wijaya, Nur Aini Analisis Kualitas Pembelajran IPS Melalui Pembelajaran Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Penujak Tahun Pelajaran 2020/2021 Mukminah Mukminah
Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : PGSD UNU NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.294 KB)

Abstract

Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri sebagai integrasi dari sejumlah konsep disiplin ilmu sosial, humaniora, sains bahkan berbagai isu dan masalah sosial kehidupan. Dalam pelaksanaan pembelajaran IPS yang identik dengan konsep disiplin ilmu sosial dan humaniora, pelaksanaan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif dan profesional terus harus ditingkatkan agar kualitas pembelajaran IPS dapat mencapai hasil yang maksimal. Tujuan penelitian: untuk mengetahui kualitas dan faktor penghambat pembelajaran IPS pada pembelajaran luring di masa pandemi Covid-19 di kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Penujak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu berkaitan dengan analisis kualitas pembelajaran IPS melalui pembelajaran Luring pada masa pandemi Covid-19. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas V SD Negeri 3 Penujak. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran IPS yang dilaksanakan secara luring yaitu dengan melaksanakan proses pembelajaran dengan tatap muka terbatas dan mengikuti aturan protocol kesehatan belum maksimal. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh sekolah di masa pandemi Covid-19 untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS adalah melaksanakan whorkshop pembelajaran, menyusun jadwal terbatas, menyusun RPP, menyusun metode pembelajaran luring (luring method), melakasanakan pembelajaran melalui penugasan, menggunakan sumber belajar dan menyusun evaluasi pembelajaran selama Covid-19. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu dalam membimbing, mendidik dan mengajar siswa, penggunaan strategi dan media pembelajaran yang belum maksimal, keterbatasan waktu dalam mengimplementasikan media pembelajaran, siswa tidak bisa belajar maksimal dengan teman-teman kelas dengan aktif dan komunikatif, Intraksi guru dengan peserta terbatas dan kurangnya dukungan dari wali murid terkait proses pembelajaran di rumah.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA KELAS XII MA MU’ALLIMAT NW PANCOR Johari Marjan
Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : PGSD UNU NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.675 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan/research and development (R&D). Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE, yaitu analysis, design, develop, implement dan evaluate.yang dipadukan menurut langkah-langkah penelitian pengembangan yang direkomendasikan oleh Borg dan Gall. Pengujian kualitas media pembelajaran ini dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru dan siswa. Uji efektifitas produk dilakukan di MA Mu’allimat NW Pancor dilakukan kelas XII IPA 1. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non-tes (angket). Instrumen pengumpulan data dengan soal tes dan penyebaran angket. Teknik analisis data hasil tes menggunakan chi kuadrat, dan uji t statistik, sedangkan teknik analisis data hasil penyebaran angket dilakukan dengan tabulasi data dari masing-masing validator, dan menghitung skor rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, guru, termasuk ke dalam kriteria layak dan berdasarkan dari respon siswa termasuk dalam kategori sangat bagus. Hasil dari uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis pendekatan saintifik efektif pada materi dimensi tiga dengan Karena t hitung =4,593 t tabel =2,045 sehingga disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar matematika berbasis pendekatan saintifik efektif pada materi pokok dimensi tiga.
Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Etnomatematika Pada Bangun Ruang Kelas V Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Iin Andrianingsih; Intan Dwi Hastuti; Sukron Fujiaturrahman
Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Vol 2 No 1 (2022): Juli 2022
Publisher : PGSD UNU NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.354 KB) | DOI: 10.22021/pacu.v2i1.185

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui media video animasi berbasis etnomatematika pada bangun ruang kelas V untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yaitu (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development(Pengembangan), (4) Implementation (implementasi), (5) Evalution (evaluasi). Untuk tahap uji coba terbatas dilaksanakan di kelas V SDN 2 Boro dan tahap uji coba lapangan dilaksanakan di kelas V SDN So Loka. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan media video animasi berbasis etnomatematika ini mendapat nilai rata-rata hasil validasi materi 90% (sangat valid), ahli media 91% (sangat valid). Untuk angket kepratisan mendapat nilai rata-rata hasil respon siswa uji terbatas mendapat nilai rata-rata 93,25% (sangat paktis) dan angket respon siswa uji lapangan mendapat nilai rata-rata 92,40% (sangat praktis). Pada tahap uji coba lapangan hasil belajar mendapat nilai rata-rata 0,71% (sangat efektif). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video animasi berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang kelas V untuk meningkatkan hasil belajar siswa layak digunakan dalam pembelajaran Sekolah Dasar pada materi bangun ruang.
Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika A Rasul
Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Vol 2 No 1 (2022): Juli 2022
Publisher : PGSD UNU NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.41 KB) | DOI: 10.22021/pacu.v2i1.186

Abstract

Abstrak Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan oleh penulis di SMA Al-Falah HMM Mimika, bahwa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan modul terdapat banyak faktor yang mempengaruhi belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya siswa yang kurang merespon ketika proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar matematika, sehingga penggunaan modul yang sesuai dengan kriteria dalam suatu pembelajaran. Adapun Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan modul sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul dalam bidang studi matematika dengan menggunakan angket kategori baik dengan rata-rata 72,46 dan hasil belajar matematika memiliki nilai rata-rata 72,36 .Persamaan regresi yaitu Ŷ = 42 + 0,4 X artinya koefisien arah regresi (b) = 0,4 bertanda positif. Perhitungan korelasi diperoleh rhitung 0,4, Korelasi tersebut diperoleh indeks determinan sebesar 16%. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung 2,75 dan ttabel 1,684. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel , maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sebesar 16%.