cover
Contact Name
Nur Fadli Utomo
Contact Email
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Phone
+6282271416750
Journal Mail Official
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Editorial Address
IAIN Manado, Jl S.H. Sarundajang, Kawasan Ring Road I, Malendeng, Paal Dua, Manado
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
The Teacher of Civilization: Islamic Education Journal
ISSN : 28097513     EISSN : 27212149     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan Islam terutama kaitannya dengan keadaan masyarakat multikultural di Sulawesi Utara khususnya Manado.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 No, 1 Maret 2020" : 5 Documents clear
Pola Belajar Mahasiswa Pekerja Part Time (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado) Ardianto Ardianto; Nur Halimah; Wahyu Eka Susilowati
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 No, 1 Maret 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola belajar mahasiswa pekerja part time pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado dan probelamtika dalam belajar mahasiswa pekerja part time pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam negeri Manado. Penelitian ini menggunakan penelitian etnografi dengan jenis penelitian kualitatif, dimana penulis berupaya untuk memaparkan aktivitas individu atau sekelompok individu dalam kesehariannya yang berkaitan dengan pola belajar, sehingga hasilnya dapat dibedakan atau dibandingkan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis untuk menggambarkan data hasil penelitian tentang pola belajar mahasiswa pekerja part time. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap delapan orang mahasiswa pekerja part time pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado, pola belajar yang paling banyak digunakan adalah pola belajar bersama atau kelompok dan pola belajar mandiri. Sebanyak lima mahasiswa menggunakan pola belajar bersama atau kelompok dan tiga mahasiswa menggunakan pola belajar mandiri. Proses belajar sendiri tentunya tidak terlepas dari problematika atau masalah-masalah yang muncul, baik dari dalam diri mahasiswa maupun karena pengaruh dari luar. Problematika yang dialami oleh mahasiswa pekerja part time pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado dalam proses kuliah sambil bekerja part time diantaranya yaitu; kelelahan, tertundanya pengerjaan tugas-tugas perkuliahan dan dosen yang mengubah jadwal perkuliahan. di samping itu, bekerja part time juga memberikan dampak positif bagi mahasiswa, diantaranya ialah dapat menambah pengalaman, terlatih untuk memanage atau mengatur waktu dengan baik serta dapat menambah uang jajan.
Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Poyowa Besar Kotamobagu Nurhayati Nurhayati; Sya'ban Mauluddin; Widiawati Mokodongan
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 No, 1 Maret 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Poyowa Besar Kotamobagu dan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Poyowa Besar Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis untuk menggambarkan data hasil penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Poyowa Besar Kotamobagu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Poyowa Besar Kotamobagu menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, bahasa isyarat, dan metode membaca gerak bibir. Materi yang diberikan adalah materi tentang wudhu, sholat, menghapal surah pendek, dan materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik berkebutuhan khusus. Untuk media pembelajaran menggunakan buku-buku pelajaran pendidikan agama Islam, spidol, papan tulis, dan alat peraga. Adapun untuk evaluasinya terdiri dari ulangan harian dan ulangan semester dengan bentuk tes tertulis dan praktek. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran ini yaitu sarana dan prasarana yang belum memadai, kurangnya pengetahuan guru akan bahasa isyarat, beragamnya jenis ketunaan yang ada di dalam kelas sehingga membuat guru sulit untuk mengontrol peserta didik, dan kurangnya guru pendidikan agama Islam serta tidak memiliki tenaga ahli berupa psikolog atau skiater untuk mengidentifikasi kategori dari masing- masing anak berkebutuhan khusus.
Perubahan Perilaku Religiusitas Akibat Pacaran Bagi Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado Mohamad Syakur Rahman; Abrari Ilham; Nuraysah Nuraysah
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 No, 1 Maret 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang Perubahan Perilaku Religiusitas Akibat Pacaran Bagi Peserta Didik Di MAN Model 1 Manado dengan sub masalah: (1) Bagaimana Dampak Pacaran Bagi Peserta Didik Di MAN Model 1 Manado (2) Bagaimana Upaya Meningkatkan Sikap Religiusitas Peserta Didik Di MAN Model 1 Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana subyek penelitian adalah, kepala sekolah, wakil kesiswaan, guru MAN Model 1 Manado, dan peserta didik. Metode yang penulis gunakan dalam pengumpulan data pada penulisan skripsi ini adalahh dengan observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi yang akan menggambarkan bagaimana Perubahan Perilaku Religiusitas Akibat Pacaran Bagi Peserta Didik Di Kelas XI MAN Model 1 Manado. Dampak Pacaran Bagi Peserta Didik Di MAN Model 1 Manado adalah (1) Pacaran bisa menurunkan prestasi peserta didik di sekolah. Karena dengan pacaran peserta didik tidak bisa fokus dalam belajar, dan tugas-tugas yang dikasih oleh sekolah akan lupa untuk dikerjakan karena terlalu fokus dengan berpacaran. Dan pacaran juga bisa menurunkan sikap religiusitas peserta didik. Hal ini terjadi karena mereka hanya fokus berpacaran sampai lupa sholat dan ibadah yang lainnya dan membuat mereka melupakan dosa-dosa mereka karena sibuk berpacaran. (2) Untuk meningkatkan religiusitas peserta didik yang masih kurang untuk di tingkatkan menjadi lebih sadar dan lebih mengetahui tentang keagamaan. Yaitu sebelum pembelajaran dalam kelas dimulai para peserta didik dibiasakan tadarus terlebih dahulu, peserta didik juga di biasakan sholat dzuhur dan ashar berjamaah tepat waktu dengan para guru-guru, dan setiap hari jumat peserta didik yang putra sholat jumat berjamaah di masjid sekolah dan yang putri di haruskan mengikuti kegiatan keputrian yang di laksanakan di aula sekolah.
Praktik Pendidikan Islam Salafi di Manado Dalam Membentuk Kesalehan Beragama Arhanuddin Arhanuddin; Almunauwar Bin Rusli; Muhajirun Mokodompit
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 No, 1 Maret 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Praktik pendidikan Islam Salafi di Manado dalam membentuk kesalehan beragama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis serta mendeskripsikan upaya kaum Salafi dalam membentuk kesalehan beragama melalui pendidikan Islam yang dikelolah oleh lembaga pendidikannya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya dalam penelitian ini yakni melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam membentuk kesalehan beragama melalui pendidikan Islam,maka dalam praktik pendidikan yang dilakukan oleh Salafi lebih difokuskan pada pembentukan akidah dan ahklak yaitu dengan cara mulai mengenalkan Islam sejak dini yaitu dengan mulai mengajarkan nilai-nilai dasar dalam Islam. Hal ini diyakini dapat membentuk kebiasaan dan kepribadian para santri. Adapun metode yang digunakan adalah dengan memberikan peneladanan serta dengan senantiasa memberikan nasehat dan peringatan. Selain metode strategi yang digunakan oleh para pendidik dalam membentuk kesalehan beragama adalah dengan senantiasa memerintahkan para santri untuk mempraktikkan hal-hal yang telah dipelajari sertamengulang-ngulang kembali materi yang telah dipelajari.
Implementasi Kantin Kejujuran Dalam Melatih Karakter Jujur Peserta Didik di SMA Negeri 6 Manado Rivai Bolotio; Abrari Ilham; Ondang Indah Mihratti
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 No, 1 Maret 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang Implementasi Kantin Kejujuran Dalam Melatih Karakter Jujur Peserta Didik Di SMA Negeri 6 Manado. Kantin kejujuran adalah salah satu program pemerintah dalam memberikan pendidikan kejujuran dan sebagai media dalam melatih kejujuran. Tujuan dari program kantin kejujuran yaitu agar peserta didik dapat melatih kararter jujur sehingga terbiasa untuk berbuat jujur. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado, (2) Bagaimana model kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado, (3) Bagaimana Implementasi kantin kejujuran dalam melatih karakter jujur peserta didik di SMA Negeri 6 Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kantin kejujuran merupakan upaya sekolah dalam melatih dan membiasakan karakter jujur peserta didik di SMA Negeri 6 Manado, krisis dalam hal kejujuran melatar belakangi berdirinya kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado. (1) Kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado memuat konsep pendidikan nilai kejujuran, yang menekan pada pembiasaan karakter jujur peserta didik dengan konsep kantin tanpa penjaga. (2) Model kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado di kategorikan dalam model setting ruangan, model perancangan variasi menu makanan dan minuman, model penjualan, model evaluasi, dan model tindakan sanksi, pada model-model tersebut ada yang mengalami kekurangan, yaitu terdapat pada model setting ruangan yang terkait dengan sarana prasarana, dan pada model variasi makanan yang kurang variatif. (3) Berdasarkan hasil penelitian terkait implementasi kantin kejujuran dalam melatih karakter jujur peserta didik di SMA Negeri 6 Manado di nilai belum sepenuhnya berhasil karena kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado masih mengalami kerugian karenanya hal itu mengindikasikan bahwa masih ada peserta didik yang tidak jujur dalam berteransaksi di kantin kejujuran, di samping itu dalam pengelolaan kantin kejujuran di nilai belum cukup baik karena di dapati dari segi pengeloaan ruangan dan sarana prasarana yang dapat mendukung kantin kejujuran belum memenuhi standar kantin kejujuran yang ideal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5