cover
Contact Name
Nur Fadli Utomo
Contact Email
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Phone
+6282271416750
Journal Mail Official
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Editorial Address
IAIN Manado, Jl S.H. Sarundajang, Kawasan Ring Road I, Malendeng, Paal Dua, Manado
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
The Teacher of Civilization: Islamic Education Journal
ISSN : 28097513     EISSN : 27212149     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan Islam terutama kaitannya dengan keadaan masyarakat multikultural di Sulawesi Utara khususnya Manado.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2023): Volume 4 No. 2 September 2023" : 6 Documents clear
Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Penguatan Moderasi Beragama Siswa di MTs Swasta Nurul Yaqin Tondano Nurhayati Nurhayati; Abrari Ilham; Nurul Masita Pombaile
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 4, No 2 (2023): Volume 4 No. 2 September 2023
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpai.v4i2.2705

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan penulis di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Yaqin Tondano terkait dengan peran guru Akidah Ahklah dalam penguatan moderasi beragama di MTs Nurul Yaqin Tondano. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran guru Akidah Ahklah dalam penguatan moderasi beragama di MTs Nurul Yaqin Tondano.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh primer dan sekunder di lapangan. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Penguatan Moderasi Beragama Siswa Di MTsS Nurul Yaqin Tondano yaitu melalui pembelajaran dalam kelas. Adapun peran yang dilakukan yaitu: Guru sebagai Conservator, Guru sebagai Innovator, Guru sebagai Transmiter, Guru sebagai Organizer. Nilai-nilai Moderasi Beragama Yang di Kuatkan Guru Akidah Akhlak Di MTsS Nurul Yaqin Tondano antara lain: Nilai Tasamuh atau (Toleransi), Nilai Tawazun (Keseimbangan Nilai I’tidal (Adil). Kata kunci: Peran Guru, Moderasi Beragama, Akidah Akhlak
Peran Guru PAI Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMK Nurul Falah Gedung Wani Timur Ikhwan Aziz Abdullah; Rina Mida Hayati; Ressi Susanti
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 4, No 2 (2023): Volume 4 No. 2 September 2023
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpai.v4i2.2711

Abstract

Kinerja guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, maka seorang guru dapat memberikan motivasi kepada para siswanya. Sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan spiritual karena itu siswa tidak hanya cerdas intelektual dan emosional tapi lebih apa yang diharap yakni cerdas spiritual yang akan menghantarkan mereka menjadi manusia yang bernilai dan bermakna dihadapan manusia terlebih dihadapan Allah Swt. Bagi Yayasan Pendidikan Agama seperti SMK Nurul Falah Gedung Wani Timur yang notabene sebagai Yayasan Pendidikan bernuansa Agama yang mempunyai muatan pendidikan Agama lebih banyak paham dari sekolah umum sangat diharapkan memberikan kontribusi dalam meningkatkan Akhlak Mulia bagi siswanya sehingga keinginan yang ingin dicapai cerdas secara spiritual akan bisa diraih. Melihat dari pada hal tersebut maka penelitian ini mempunyai rumusan dan tujuan yaitu bagaimana dan untuk mengetahui Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual terhadap siswa SMK Nurul Falah Gedung Wani Timur. Hasil penelitian ini yaitu peran guru untuk memberikan motivasi kepada peserta didik dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Pemberiannnya pun harus tepat. Cara guru PAI dalam memotivasi siswa dilakukan dengan berbagai cara dan dijalankan dengan baik oleh guru PAI di SMK Nurul Falah Gedung Wani Timur.Kata kunci : Peran Guru PAI, Kecerdasan Emosional dan Spiritual
Kegiatan Ekstrakurikuler Sispala Bina Insani Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Di MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado Mastang Ambo Baba; Aditya Bachdar; Pratiwi Soelistya Subani
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 4, No 2 (2023): Volume 4 No. 2 September 2023
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpai.v4i2.2706

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Sispala Bina Insani dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dan dampak penanaman karakter yang diperoleh dari setiap kegiatan Esktrakurikuler Sispala Bina Insani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk karakter peduli lingkungan dan mengetahui dampak penanaman karakter pada kegiatan Ekstrakurikuler Sispala Bina Insani MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan teknik pengumpulan data melalui: wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode triangulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bentuk karakter peduli lingkungan Ekstrakurikuler Sispala Bina Insani memiliki beberapa tahapan, yaitu: Penanaman, memberikan penguatan pemahaman masalah lingkungan kepada peserta didik lalu menerapkannya dilingkungan sekolah maupun luar sekolah. Penumbuhan, adanya konsistensi pembinaan pada anggota. Pengembangan, adanya pendalaman materi serta diskusi antara pembina dan anggota pada kegiatan mingguan. Pemantapan, yang merupakan ruang gerak untuk menunjukkan karakter Sispala Bina Insani. 2) dampak yang diperoleh Sispala Bina Insani yaitu: Pengetahuan, Kesadaran, Kebersamaan, Disiplin, Prestasi, Peduli lingkungan. Kata kunci: Ekstrakurikuler, Sispala Bina Insani, Karakter Peduli Lingkungan
Konstruksi Pemahaman Pluralisme dan Relevansinya dengan Moderasi Beragama Siswa Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado Rahmawaty Alkatiri; Rahmatias Jusuf
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 4, No 2 (2023): Volume 4 No. 2 September 2023
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpai.v4i2.2707

Abstract

Perjumpaan agama-agama merupakan fakta pluralitas di Indonesia khususnya di Sulawesi Utara. Perjumpaan agama-agama memberikan keterbukaan interaksi yang memiliki peran penting menentukan kualitas hubungan antar umat beragama. Perjumpaan yang terjadi dapat membentuk interaksi sosial yang solid, dan memperkecil potensi konflik. Perjumpaan agama-agama tidak hanya sekedar pertemuan dua orang atau lebih pemeluk agama dalam konteks pribadi, tetapi perjumpaan yang dimaksud ialah perjumpaan dialogis untuk saling memahami proses peribadatan dan ritual keagamaan masing-masing dalam bingkai moderasi beragama. Dalam hal ini pendidikan agama sudah seharusnya lebih “didialogiskan” agar kegiatan edukasinya mampu menutrisi tumbuh kembang dan wawasan global siswa tentang pluralisme dan moderasi beragama. Moderasi beragama sebagai tahapan selanjutnya dari sikap pluralis dalam cakupan yang lebih luas. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis skala kecenderungan menggambarkan bahwa 68% siswa Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado memiliki tingkat pemahaman dengan kategori setuju terhadap sikap pluralis dan penerapan moderasi beragama dalam berbagai indikator diantaranya komitmen kebangsaan, anti kekerasan, tolerasi dan ramah terhadap budaya lokal di masyarakat. Konstruksi pemahaman yang tergambar adalah konstruksi pemahaman ekstrapolasi yang mencakup pemikiran atau prediksi yang dilandasi oleh pemahaman kecenderungan atau kondisi yang dapat dijelaskan oleh siswa dalam bersikap plural dan moderat. Kata kunci: Pluralisme dan Moderasi Beragama
Strategi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Baru Kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Aprilia Datunsolang; Amiruddin Amiruddin
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 4, No 2 (2023): Volume 4 No. 2 September 2023
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpai.v4i2.2708

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi pembelajaran Guru Al-qur’an Hadis dalam meningkatkan minat belajar peserta didik baru kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Adapun peserta didik baru yang dimaksudkan di sini adalah peserta didik yang lulusan sekolah umum (SMP), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Guru Al-qur’an Hadis dalam meningkatkan minat belajar peserta didik baru, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari proses pembelajaran Al-qur’an Hadis dalam meningkatkan minat belajar peserta didik baru kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.       Jenis dan pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif, serta penelitian yang dilakukan bertempat di madrasah Aliyah Alkhairaat Bintauna Kabupaten Bolaang mongondow Utara, penelitian yang dilakukan mulai dari tanggal 20 Februari 2023 sampai dengan tanggal 15 Maret 2023. Sumber data yang diambil dari madrasah Aliyah Alkhairaat Bintauna dan buku maupun jurnal, serta metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. kemudian istrumen penelitian, Teknik analisis data, dan uji keabsahan data.      Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh Guru Al-qur’an Hadis dalam meningkatkan minat belajar bagi peserta didik baru adalah dengan menggunakan strategi ekspositori dan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa, strategi ekspositori dalam pembelajarannya menekankan pada penyampaian materi secara verbal, serta penggunaan Metode ceramah. Kemudian juga menerapkan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa serta menggunakan pendekatan yang berpusat pada peserta didik dan metode tanya jawab. Dalam penggunaan strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar bagi peserta didik tentunya tidak luput dari faktor penghambat serta pendukung, Adapun yang termasuk dalam faktor penghambat adalah peserta didik yang tidak tahu membaca dan menulis Al-qur’an serta kurangnya media dan sumber belajar,  kemudian yang termasuk pada faktor pendukung adalah pembelajaran yang terletak pada jam ketiga dan keempat pada setiap pertemuanya dan kemampuan guru dalam penyampaian materi serta kenyamanan peserta didik dalam pembelajaran yang didukung oleh ruang kelas yang luas. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Minat Belajar, Al-qur’an Hadis.
Representasi Nilai Multikultural Dalam Teks Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Tenga Kabupaten Minahasa Selatan Dina Pomalingo
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 4, No 2 (2023): Volume 4 No. 2 September 2023
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpai.v4i2.2709

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang reprsentasi nilai-nilai multikultural dalam teks buku ajar pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. Nilai-nilai yang dimaksud disini adalah nilai-nilai yang berhubungan dengan multikultural pada buku siswa kelas X, XII dan XII. Dimana nilai-nilai tersebut adalah nilai inklusif (terbuka), mendahulukan dialog, toleransi, kemanusiaan (terbuka), tolong-menolong, keadilan (demokratis), persamaan persaudaraan sebangsa maupun antar bangsa, berbaik sangka dan cinta tanah air.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data primer dan data sekunder di lapangan. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyiapan data, dan penarikan kesimpulan.Nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku ajar relevan dengan era kontemporer dan juga konteks Indonesia yang Berbhineka Tunggal Ika. Pada penerapannya nilai-nilai multikultural cenderung di praktekkan pada kehidupan sehari-hari diantaranya nilai toleransi.  Dimana sikap saling toleransi ini sudah terlaksana oleh siswa dimana penerapanya pada saat melaksanakan kegiatan-kegiatan berupa ibadah sehingga kerukunan antar umat beragama bisa berjalan dengan baik. Sehingga representasi nilai-nilai multikultural sangat dirasakan dalam lingkungan pendidikan khususnya sekolah. Sedangkan dalam proses pembelajaran guru diwajibkan menggunakan berbagai metode yakni dengan cara penjelasan materi kemudian diskusi kelompok dan dalam proses berlangsung dimana guru lebih menggunakan komunikasi dua arah agar siswanya lebih aktif  dalam belajar selain itu dengan adanya interaksi siswa dapat mengetahui karakter guru sehingga dalam pembelajaran siswa lebih mudah memahami apa yang disampaikan.   Kata kunci: Representasi, Nilai-nilai Multikultural

Page 1 of 1 | Total Record : 6