cover
Contact Name
Ramlan
Contact Email
ramlan.mm@gmail.com
Phone
+6285255397485
Journal Mail Official
sainsglobal01@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjp/index
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Global Journal Basic Education
ISSN : -     EISSN : 28286383     DOI : 10.35458
Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical studies in the field of basic education. We publish original research papers, review articles and case studies every month February, May, August, and November. Target readers of the journal are professors, students, teachers and practitioners of basic science education. Author has to make sure that the manuscript has been prepared with Global Journal Basic Education following author guidelines. The journal does not accept single author. The manuscript which does not meet the author guidelines, template, or focus and scope will be immediately rejected. The only manuscript which meets the journal requirement will be processed further. Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 81 Documents
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Abdul Hafid; Muliadi Muliadi; Mirnawati Ulpa
Global Journal Basic Education Vol 2 No 2 (2023): Mei
Publisher : Sains Global Institut, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan seteleh penggunaan model pembelajaran NHT. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Prenontest-Postnontest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh jumlah siswa kelas IV SD Inpres Tanaberu dengan sampel sebanyak 34 siswa yang dipilih dengan teknik sampling jenuh jenuh. Teknik pengumpulan data angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh rata-rata pre-nontest 48.70 dan rata-rata pos-nontest 83.91. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial hasil uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test menunjukkan bahwa nilai Sig 0,200 dan 0,087 > 0,05 yang berarti data pre-nontest dan post-nontest berdistribusi normal. Hasil uji Levene Statistic menunjukkan bahwa nilai Sig 0,226 dan 0,408 > 0,05 yang berarti data pre-nontest dan post-nontest homogen. Sig 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebelum dan setelah pengggunaan model pembelajara NHT di kelas IV SD Inpres Tanaberu. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Numbered Head Together (NHT), Motivasi Belajar Siswa
ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD INPRES 12/79 LONRAE KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE Nur Faika; Muliadi Muliadi; Firdaus Firdaus
Global Journal Basic Education Vol 1 No 4 (2022): November
Publisher : Sains Global Institut, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35458/gjp.v1i1.103

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalam implementasi pembelajaran tematik di SD Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Subjek penelitian adalah guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI di SD Inpres 12/79 Lonrae. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu 1) Reduksi data, 2) Tahap penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa problematika guru dalam implementasi pembelajaran tematik di SD Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone adalah (1) Kendala pada perencanaan yaitu karena kesulitan guru dalam mengatur waktu dengan baik sehingga guru terkadang tidak menyusun RPP secara mandiri (2) Kendala guru dalam pelaksanaan yaitu kesulitan guru mengatur waktu dan terkendala pada media pembelajaran tematik karena melibatkan beberapa mata pelajaran (3) Kendala guru dalam penilaian yaitu karena melibatkan beberapa mata pelajaran sehingga memerlukan waktu yang lama karena terdiri dari penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
PENGEMBANGAN VIDEO STORYTELLING DONGENG FABEL BERBASIS LITERASI BAHASA UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Sri Nur Wahyu; Nur Abidah Idrus; Sitti Raihan
Global Journal Basic Education Vol 1 No 4 (2022): November
Publisher : Sains Global Institut, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35458/gjp.v1i1.107

Abstract

Penelitian Pengembangan video storytelling dongeng fabel berbasis literasi bahasa untuk siswa kelas III sekolah dasar bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan produk video storytelling dongeng fabel . Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan perhitungan menggunakan skala Likert. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli dan diimplementasikan pada uji coba perseorangan, kelompok kecil, kelompok besar dan persepsi guru kelas III SD. Validasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan terhadap video yang dikembangkan. Hasil validasi ahli materi diperoleh sebesar 89,3% dengan kategori sangat valid dan ahli media diperoleh sebesar 90.67% dengan kategori sangat valid. Respon peserta didik dan guru kelas III, hasil uji coba perseorangan diperoleh persentase sebesar 89% dengan kategori sangat layak, selanjututnya hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 88,6% dengan kategori sangat layak dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori sangat layak. Serta, hasil persepsi guru kelas IIIA dan guru kelas IIIB masing- masing diperoleh sebesar 94% dan 96% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi oleh tim ahli, respon siswa dan respon guru yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penelitain pengembangan video storytelling dongeng fabel berbasis literasi bahasa untuk siswa kelas III sekolah dasar dinyatakan sangat layak.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS II Aisyah Aisyah Aisyah
Global Journal Basic Education Vol 1 No 1 (2022): Februari
Publisher : Sains Global Institut, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.033 KB) | DOI: 10.35458/gjp.v1i1.112

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II UPT SPF SDI Mandai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II UPT SPF SDI Mandai pada semester ganji yang berjumlah 14 orang. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Data yang dikumpul dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus pertama hanya 6 dari 14 siswa atau 42,85% siswa yang mencapai ketuntasan. Maka dilanjutkan peneliatian siklus dua dan terjadi peningkatan yaitu 10 dari 14 siswa atau 71,42% siswa mencapai ketuntasan. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran problem based learning yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II UPT SPF SDI Mandai.
ANALISIS KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAH DALAM MENYIKAPI KETERBATASAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DI SD GUGUS 1 KECAMATAN RILAU ALE KABUPATEN BULUKUMBA Muliadi Muliadi; Firdaus Firdaus; Ananda Yuliana Ahmad
Global Journal Basic Education Vol 1 No 4 (2022): November
Publisher : Sains Global Institut, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35458/gjp.v1i1.123

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana olahraga di SD gugus 1 Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Subjek penelitian adalah 5 guru PJOK di SD gugus 1 Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dan kesimpulan penelitian ini menunjukkan guru PJOK dalam melihat masalah umumnya guru memiliki inisiatif untuk mengatasi masalah sarana dan prasarana. Para guru PJOK memiliki kreativitas untuk mengembangkan ide-ide dengan modifikasi sarana dan prasarana olahraga. Guru PJOK berinisiatif dalam penerapan ide dalam modifikasi yang berasal dari pengetahuan baru, pengalaman maupun dari jaringan sosial media.
Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas V Andi Liana
Global Journal Basic Education Vol 1 No 1 (2022): Februari
Publisher : Sains Global Institut, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.453 KB) | DOI: 10.35458/gjp.v1i1.124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 245 Tole-tole Kabupaten Luwu Timur. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 245 Tole-Tole Kab. Luwu Timur pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 18 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 85 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 69 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 75% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 86%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENGARUH PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS TERHADAP ANTUSIASME BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES 5/81 TIBOJONG KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE Abdul Kadir A; Asriadi Asriadi; Widya Utami
Global Journal Basic Education Vol 1 No 4 (2022): November
Publisher : Sains Global Institut, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35458/gjp.v1i1.135

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian preeksperimental denganrancangan One-Group Pretest-Posttest Design yang bertujuan untuk mengetahui hasil Antusiasme Belajar Siswa kelas IV SD Inpres 5/81 Tibojong setelah Melakukan Pembelajaran di Luar Kelas dan mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan Pembelajaran di Luar Kelas terhadap Antusiasme Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 5/81 Tibojong. Variabel dalam penelitian ini adalah Pembelajaran di Luar Kelas (variabel bebas), sedangkan Antusiasme Belajar Siswa (variabel terikat). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 39 siswa, sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket antusiasme belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Angket. Teknik analisis data yaitu dengan analisis inferensial menggunakan Independent Sampel T-test. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran di luar kelas terhadap antusiasme belajar siswa.
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 4 MAROANGIN A IRPAN
Global Journal Basic Education Vol 1 No 1 (2022): Februari
Publisher : Sains Global Institut, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.416 KB) | DOI: 10.35458/gjp.v1i1.140

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi operasi pecahan perkalian pada siswa kelas V UPT SDN 4 Maroangin. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V UPT SDN 4 Maroangin Kab. Enrekang pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 16 orang. Pada pra siklus persentase keaktifan belajar sebesar 50% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 50%, siklus I keaktifan kelas meningkat menjadi 72,9% dengan ketuntasan klasikal sebesar 75% dan siklus II mengalami peningkatan keaktifan sebesar 90% dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%. Pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 56,5 dengan ketuntasan klasikal 50%, pada siklus I meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 85,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi operasi pecahan perkalian di kelas V UPT SDN 4 Maroangin Kab. Enrekang pada tahun pelajaran 2020/2021.
ANALISIS PENERAPAN METODE AMATI TIRU MODIFIKASI (ATM) PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V SDN 140 TEA MALALA Abdul Hafid; Faizah Darwis; Satriani DH
Global Journal Basic Education Vol 1 No 4 (2022): November
Publisher : Sains Global Institut, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35458/gjp.v1i1.143

Abstract

Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Amati Tiru Modifikasi (ATM) pada pembelajaran membaca puisi siswa kelas V SDN 140 Tea Malala. Adapun fokus penelitian adalah penerapan metode ATM pada pembelajaran membaca puisi siswa kelas V SDN 140 Tea Malala juga faktor yang mendukung dan menghambat dalam penerapan metode ATM pada pembelajaran membaca puisi siswa kelas V SDN 140 Tea Malala. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara.Teknik analisis data dalam penelitian yaitu : reduksi data, tahap penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penerapan metode ATM pada pembelajaran membaca puisi siswa kelas V SDN 140 Tea Malala mampu memberikan kontribusi berupa gambaran cara membaca puisi yang baik kepada siswa dan siswa cenderung bisa menentukan mimik, pantomimik, dan intonasi dalam membaca puisi. Faktor penghambat dalam penerapan metode ATM adalah kurangnya rasa percaya diri siswa saat membaca puisi, sehingga faktor yang mendukung dalam penerapan metode ATM ini adalah dengan memberikan motivasi kepada siswa untuk menumbuhkan kepercayaan diri.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 Meri Astuti
Global Journal Basic Education Vol 1 No 2 (2022): Mei
Publisher : Sains Global Institut, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.4 KB) | DOI: 10.35458/gjp.v1i1.147

Abstract

Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas 5 SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh data 80% Langkah model telah terlaksana dengan baik, dan hasil belajar mencapai 70% dari jumlah siswa di atas KKM. Hasil penelitian siklus 2 diperoleh data 90% Langkah model terlaksana dengan baik, dan 90% hasil belajar siswa diatas KKM. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran problem based learning secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran Problem Based Learning yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD.