cover
Contact Name
Padriyansyah
Contact Email
lppm@univ-tridinanti.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaldidactique@univ-tridinanti.ac.id
Editorial Address
Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Didactique Bahasa Indonesia
ISSN : 27215288     EISSN : 27215296     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Didactique Bahasa Indonesia adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal ini berisikan hasil penelitian dan literatur studi masalah pendidikan, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dilakukan oleh akademisi internal dan eksternal. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun.
Articles 48 Documents
MENULIS PUISI BERBASIS MUSIK POP Bella Denastiti; Tri Riya Anggraini; Edi Saputro
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 1 No. 1 Januari 2020
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.308 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v1i1.596

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah menulis puisi berdasarkan genre musik pop di kelas X SMK TRISAKTI Bandar Lampung. Indikator yang dipelajari meliputi konten, pengembangan diksi, dan kekuatan imajinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah siswa dapat menulis puisi berdasarkan media musik atau lagu pop. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa semester X semester genap di SMK Lampung TRISAKTI. Teknik utama yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah penugasan atau tes menulis puisi. Siswa akan menulis puisi berdasarkan lagu yang telah disediakan, yaitu lagu Melly Goeslaw berjudul Bunda.Kata Kunci: menulis puisi, media lagu
ABILITY TO WRITE NEGOTIATION TEXT IN CLASS X STUDENTS OF PERSADA SMA BANDAR LAMPUNG R Rohana; Nani Angraini
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 2 No. 1 Januari 2021
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1379.537 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v2i1.736

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berkenaan dengan kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X semester genap SMA Persada Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Aspek yang dianalisis meliputi (1) struktur teks negosiasi, (2) penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan (3) menerapkan kaidah ejaan secara tepat. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi berjenis surat penawaran dinilai belum maksimal baik dalam segi struktur, bahasa, dan ejaan. Kendala tersebut disebabkan oleh minimnya membaca dan kebiasaan menulis. Kata Kunci: Kemampuan, menulis, teks negosiasi
Bahasa Kias dalam Syair Tarsul Kutai, Ngembang Labu, Di Tanah Perdu Karya Syaipul Anwar Srikandini Narulita
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 3 No. 1 Januari 2022
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.595 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v3i1.878

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis bahasa kias yang digunakan dan makna dalam syair Tarsul Kutai karya Syaipul Anwar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah  Apa arti dan jenis dari bahasa kias dalam syair Ngembang Labu, di Tanah Perdu karya Syaipul Anwar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian tentang jenis dan arti bahasa kias ini adalah: 1) bahasa kias jenis Perbandingan (terdapat Personifikasi), bait ke-3 pada baris ke empat: “Bekendeng-Kendengan Remisnya Hati”; 2) bahasa kias  jenis Pengulangan: Aliterasi dan Mesodiplosis, seperti dalam bait pertama dari baris ke tiga: “Rahmat redomu mohon diberi”, mengulangi kata pertama yang diulang lagi pada kata berikutnya; 3) bahasa kias jenis Afirmasi: ada Pengulangan dan Paralelisme, pada bait ke-5 pada baris ke tiga, “Tabek-tabek”. Hasil pembahasan dari syair Tarsul Kutai adalah bahasa kias yang dipakai ada 3 macam: 1) jenis Perbandingan, ada 3 yaitu Hiperbola, Personifikasi dan Eponimi; 2) jenis Pengulangan, ada 2 yaitu Aliterasi dan Mesodiplosis dan 3) jenis Afirmasi, ada 2 yaitu Pengulangan dan Paralelisme. Kata Kunci: bahasa kias, tarsul, Kutai
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS IB SDI AL ALIFAH PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FONETIS Linda Wati; Rusman Roni; Edi Suryadi
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 1 No. 2 Juli 2020
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.506 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v1i2.660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode fonetis kemampuan membaca siswa kelas 1.B SDI Al Alifah Palembang dapat meningkat. Metode yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas 1.B SDI Al Alifah Palembang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Data yang dikumpulkan berupa visual, lisan, mendengarkan, menulis, dan emosi siswa dalam membaca. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis observasi dan analisis tes dengan menggunakan rumusan ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode fonetis dapat meningkat. Hal ini terlihat bahwa setelah dilakukan penelitian tindakan kelas siswa dapat membaca dengan lancar tidak merasa takut, dan lebih berani membaca di depan kelas tanpa terbata-bata dengan baik dan benar. (2) Melalui metode fonetis ini kemampuan membaca siswa kelas 1.B SDI Al Alifah Palembang mengalami peningkatan. Terlihat dari hasil analisis data, nilai rata-rata tes awal (T0) sebesar 58,02% (28,57%), nilai rata-rata siklus satu (T1) sebesar 64,28% (42,85%), nilai rata-rata siklus dua (T2) sebesar 72,57% (66,66%), dan nilai rata-rata siklus tiga (T3) sebesar 85,47% (100%). Berdasarkan hasil analisis data tes awal yang dilakukan samapai dengan tes siklus akhir, 21 siswa telah mencapai batas ketuntasan minimal 75. Dengan demikian, hasil penelitian tersebut dinyatakan berhasil.Kata Kunci: membaca cepat; metode fonetis
PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG Nenchi Gusty; Edi Suryadi
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 2 No. 2 Juli 2021
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.717 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v2i2.872

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat menulis siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang yang diketahui dari hasil wawancara dengan Guru Pengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 500 siswa dan jumlah sampel 80 siswa. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling, yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode Project Based Learning dan kelas X IPA 7 yang menjadi kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes menulis teks biografi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas yang menggunakan Metode Project Based Learning pada pretest dengan nilai 52,05, posttest dengan nilai 78,55 sedangkan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional pada saat pretest dengan nilai 50,6, posttest dengan nilai 70,27. Nilai t-hitung yang diperoleh dari uji-t adalah 8,548 dan jika dibandingkan dengan t-tabel 1,664 maka dapat dikatakan bahwa t-hitung> t-tabel. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima dengan tingkat kepercayaan 95%. Ha pada penelitian ini diterima dan Ho di tolak, yang berarti metode Project Based Learning dapat diterapkan pada materi ajar menulis teks biografi sehinga dapat disimpulankan bahwa metode Project Based Learning lebih berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi ajar menulis teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Kata Kunci: menulis, teks biografi, metode project based learning
INTERFERENSI BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA MELAYU PALEMBANG PADA BERITA “GREBEK” DI PAL TV Tresna Amelia; Falina Noor Amalia
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 3 No. 2 Juli 2022
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.682 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v3i2.928

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data berupa interferensi bahasa Indonesia dalam bahasa Melayu Palembang yang terdapat pada berita “Grebek” di PAL TV yang meliputi kajian fonologi dan morfologi serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Teori yang digunakan, yaitu model Miles dan Huberman. Teori ini memiliki satuan dan sarana analisis kualitatif yang dilakukan secara terus-menerus hingga tuntas. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik simak (rekam dan catat) dan wawancara dengan informan. Data penelitian ini menggunakan ujaran-ujaran pembaca berita “Grebek” di siaran PAL TV periode Januari 2019. Data ujaran yang diambil dalam penelitian ini dari pembaca berita Cek Dev dan Cek Uchi. Pemilihan pembaca berita karena Cek Dev dan Cek Uchi memiliki frekuensi siaran yang paling banyak, yaitu Cek Dev 11 kali siaran dan Cek Uchi 6 kali siaran, total 17 kali penelitian. Data yang terkumpul sebanyak 163 berita kriminal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interferensi fonologi dan interferensi morfologi pada berita “Grebek” di PAL TV. Interferensi fonologi terdapat 181 data dengan meliputi perubahan fonem 98 data, penghilangan fonem 2 data, dan penambahan fonem 81 data. Interferensi morfologi yang berupa afiksasi, dan reduplikasi atau pengulangan terdapat 30 data, meliputi afiksasi ada 26 data, dan reduplikasi terdapat 4 data.Kata kunci: interferensi, berita grebek, pal tv
KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TALANG KELAPA Toni Habib Burohman; N Nurullaningsih, M.Pd; F.A. Milawasri
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 1 No. 1 Januari 2020
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.806 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v1i1.603

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah hubungan antara kebiasaan membaca siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa terhadap kemampuan menulis teks anekdot. Jumlah partisipan sebanyak  256 siswa yang terdaftar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa. Dengan menggunakan teknik sampel bertujuan, siswa kelas X IPS 4 sebagai sampel penelitian.  Teknik pengumpulan data mempergunakan kuesioner (angket) untuk kebiasaan membaca dan tes tertulis untuk kemampuan menulis teks anekdot. Berdasarkan hasil pengumpulan data, didapatkan hasil bahwa kebiasaan membaca siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa berkategori baik dengan frekuensi 23 (71%) dan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa berkategori sangat baik dengan frekuensi 27 (84%). Dengan hasiL tersebut maka terdapat korelasi antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa.Kata Kunci: korelasi, kebiasaan membaca, teks anekdot
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR DALAM MENULIS KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI Rani Mawar Resta; Falina Noor Amalia
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 2 No. 1 Januari 2021
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1269.404 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v2i1.743

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dalam menulis kembali isi teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penentuan sampel adalah purposive sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas X IPS 5 sebagai kelas kontrol dan X IPS 6 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa berupa soal menulis kembali isi teks biografi. Data yang diperoleh dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes). Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir memiliki rata-rata nilai lebih tinggi (75,16) jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional (67,73). Sedangkan nilai perhitungan t-tes diperoleh t-hitung adalah 6,753. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini karena pada strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, siswa dibimbing untuk dapat menggembangkan kemampuan dan pontensinya, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa lebih banyak menerima informasi dari guru. Kata kunci: kemampuan berpikir, menulis biografi
ANALISIS STRUKTURAL SEMIOTIK PADA KUMPULAN CERITA PENDEK ORANG-ORANG KAMPUS KARYA A.M. LILIK AGUNG Serli Serli; F.A. Milawasri
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 3 No. 1 Januari 2022
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.322 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v3i1.885

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk  mengetahui dan mendeskripsikan unsur struktural semiotik  yang terdapat dalam buku kumpulan Cerita Pendek Orang-Orang Kampus karya A.M. Lilik Agung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode heuristik dan hermeneutik pendekatan yang digunakan adalah pendekatan struktural semiotik. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah buku kumpulan Cerita Pendek Orang-Orang Kampuskarya A.M. Lilik Agung. Berdasarkan hasil pembahasan  dapat  disimpulkan  Analisis struktural semiotik  dari  kumpulan  cerita  pendek  Orang-Orang Kampus karya A.M. Lilik Agung. Hasil dari struktural  yang  berupa ; a) tema  adalah  bentuk  protes  dari  orang-orang akan  ketidakadilan  yang  dilakukan  oleh  pemimpin  baik dalam pemerintahan ataupun dalam keluarga ; b) alur dalam kumpulan cerita pendek  Orang-Orang  Kampus  yang  berjumlah  lima, dua diantara kelima cerpen beralur  campuran, tiga cerpen beralur  lurus  karena  sesuai  urutan  kelima tahapan alur ; c) tokoh-tokohnya perempuan dan laki-laki, semua berkarakter pintar dan cerdik dalam  melakukan  tindakan  yang  menentang ketidakadilan dalam kehidupan yang mereka jalani ; d) berlatar  sosial  pandangan  hidup  dan  kebiasaan, latar  tempat  kejadian  dalam cerpen ; e) tanda-tanda yang terdapat dalam keseluruhan  kumpulan  Cerita  Pendek  Orang-Orang  Kampus berupa ikon, indeks dan simbol. Tanda Ikon  berupa meja, kursi, televisi, vas bunga, megafon, lampu, kamera, topeng, pedang  dan spanduk. Tanda indek misalnya mengebu-gebu, merobek angkasa, gulungan awan, menyayat-nyayat, erat-erat dan desiran angin. Sedangkan simbol misalnya  Ayah,  Ibu,  Kakak,  Pak Lurah, Bupati, bocah, sutradara dan dosen. Kata Kunci : Struktural, semiotik, cerita pendek.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI SEJARAH SASTRA M Masnunah
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 1 No. 1 Januari 2020
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.954 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v1i1.597

Abstract

Tujuan  dari   penelitian   ini   untuk mengatahui ada tidaknya pengaruh model  pembelajaran  Small  Group  Discussion  berbasis multimedia   terhadap   hasil belajar mahasiswa semester 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Unversitas  PGRI Palembang pada materi sejarah sastra. Metode Penelitian   yang   digunakan adalah metode ekperimen yang perhitungannya menggunakan  metode  kuantitatif.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa thitung   5,887>   t tabel   1,980. Pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Small Group Discussion berbasis multimedia nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa masuk dalam kategori baik dengan rata-rata 81,02 sedangkan kelas kontrol yaitu hanya diberikan metode ceramah sebesar 68,42 dengan kategori cukup.Kata Kunci: Small Group Discussion, multimedia, hasil belajar