cover
Contact Name
Kartika Magdalena
Contact Email
kartika.suwanto@uph.edu
Phone
+6285780522262
Journal Mail Official
imatype@uph.edu
Editorial Address
MH Thamrin Boulevard 1100, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kota Tangerang, Banten 15811
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Imatype: Journal of Graphic Design Studies
ISSN : 28284151     EISSN : 28283953     DOI : http://dx.doi.org/10.37312/imatype.v1i2
Core Subject : Education, Art,
IMATYPE Journal of Graphic Design Studies is a peer-reviewed billingual journal that focuses on the foundational discussion of graphic design studies. The journal is published by the Department of Visual Communication Design of Universitas Pelita Harapan, and managed by Universitas Pelita Harapan Editorial dan Publication Design Laboratory.
Articles 26 Documents
Perancangan Huruf melalui Ekstrasi Budaya 'Dalihan Na Toru' Kartika Magdalena Suwanto; Yolanda Ruth Theophanie Taruli Tumilisar
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 1, No 2: August 2022
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v1i2.5788

Abstract

Ornamen ‘Dalihan Na Toru’ adalah ornamen yang dapat ditemukan pada dinding rumah adat Batak. Ornamen tersebut menyimbolkan filsafat hidup orang Batak yang dalam menjalin hubungan dengan sesama manusia. Perancangan ini ingin mengekstrasikan ornamen budaya Batak ke dalam desain huruf. Menggunakan metodologi “Five Phases of the Design Process”, huruf dirancang berbasis prinsip semiologi dari Barthes, dengan konsep denotasi dan konotasi pada tipografi. Perancangan huruf ini ingin menunjukan bahwa dibalik huruf dalam bahasa yang digunakan di dalam kehidupan sehari - hari sebagai media komunikasi dapat memiliki konsep yang lebih dalam di dalamnya, khususnya ketika dibaurkan dengan budaya Indonesia itu sendiri.
Pengaplikasian Gaya Art Deco dalam Ilustrasi Digital pada Buku Minuman Tisane Bunga “Khasiat Kesehatan Minuman Seduhan dari Bunga di Lingkungan Sekitar Kita” Siti Aurellia; Rudi Heri Marwan
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 1, No 1: February 2022
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v1i1.5215

Abstract

Banyak buku yang telah membahas mengenai teh, namun belum ada yang membahas mengenai tisane. Termasuk salah satunya ialah tisane bunga, belum ada yang membahas secara komunikatif mengenai tisane bunga atau berbagai bunga yang dapat dikonsumsi sebagai minuman seduhan dengan menggunakan media buku ilustrasi. Terutama mengenai beragam bunga yang dapat dikonsumsi sebagai minuman seduhan beserta manfaatnya. Buku ilustrasi merupakan sebuah buku bergambar, yang mampu memvisualisasikan informasi edukatif tersebut secara efektif. Sehingga hasil dari perancangannya dapat menarik dan diterima baik serta penyampaiannya pun mudah dipahami oleh masyarakat luas. Untuk itu, dengan adanya perancangan media visual berbentuk buku ilustrasi ini diharapkan mampu mempromosikan serta memperkenalkan beragam bunga yang memiliki berbagai khasiat di sekitar kita sebagai minuman seduhan yang dapat dikonsumsi kepada khalayak umum.
Studi Visual Information Flows: Infografis Mahasiswa Mata Kuliah Identitas Merek Mariati Mariati; Edy Chandra; Juven Anderson; Yussyca Yussyca; Sheren Juan Angela
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 1, No 2: August 2022
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v1i2.5886

Abstract

Terlepas dari nilai estetika pada infografis, penelitian ini memfokuskan pada pembahasan visual information flows/alur informasi visual. Secara ringkas, infografis adalah sebuah alat/media informasi yang menggabungkan informasi (teks) dan grafik (data visual). Dari riset yang sudah ada sebelumnya dengan penemuan 12 tipe visual information flows (The 12 VIF) oleh (Lu, et al., 2020), peneliti melakukan studi eksperimen terhadap 265 mahasiswa dengan latar belakang pendidikan berbeda (DKV dan non-DKV) untuk merancang 65 infografis dalam berkelompok. Melalui metode penelitian mixed methods dengan model embedded design, penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap visual information flows serta pertimbangannya saat merancang sebuah infografis. Selain analisis 65 karya, peneliti melakukan survei terhadap 114 responden mahasiswa serta wawancara terhadap 5 dosen team teaching untuk mendapatkan korelasi data satu dengan yang lainnya. Hasil menunjukkan bahwa adanya korelasi dengan hasil desain infografis mahasiswa yang mengabaikan visual information flows dan lebih mementingkan estetika yaitu tata letak dan komposisi. Hasil juga menunjukkan bahwa mahasiswa paling banyak menggunakan tipe VIF Portrait dikarenakan terdapat similaritas dengan briefing tugas oleh dosen terkait ukuran bidang A4. 
Kajian Tren Desain Minimalis pada Rebranding Logo Ikon Google Workspace dan Logo Microsoft Edge Anggi Gracia Gultom; Naomi Haswanto
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 1, No 1: February 2022
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v1i1.5227

Abstract

Penggunaan desain minimalis semakin marak digunakan pada era modern ini. Tren desain yang telah berkembang ini mengakibatkan sejumlah perusahaan seperti Google dan Microsoft, untuk memperbarui desain logo mereka disesuaikan dengan zaman namun justru menerima banyak kritik. Sebagai seorang desainer, mengikuti tren tentu adalah hal yang dapat meningkatkan peluang kerja dan mengembangkan kemampuan agar tetap mengikuti zaman. Namun, semakin banyaknya perusahaan dengan gaya logo yang sama, menghilangkan keunikan dan rasa “akrab” kita dengan logo orisinal mereka. Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui alasan rebranding logo ikon Google Workspace dan logo Microsoft Edge. Juga untuk membandingkan kritik para pengguna mengenai desain minimalis hasil rebranding logo ikon Google Workspace dan logo Microsoft Edge pada citra perusahaan Google dan Microsoft. 
Evaluation of Pengenalan Tipografi 2021/2022 Course’s Hybrid Learning Format Brian Alvin Hananto
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 1, No 2: August 2022
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v1i2.5894

Abstract

As limitations of the physical classes because of the COVID-19 pandemic started to subdue, Universitas Pelita Harapan attempts to conduct Pengenalan Tipografi in a hybrid learning format. To measure the effectiveness of the hybrid learning format and the syllabus’s adjustments due to the shift in format, the author conducted classroom action research to evaluate the conduct of the hybrid learning format in the 2021/2022 academic year. The data used to assess the class is a combination of qualitative and quantitative data, such as the final grades, scores of each assignment, surveys, and interviews. The study shows that the conduct of the 2021/2022 academic year is considered successful as the students receive an overall mean of B-, and 77% of the students who participated in the survey gave the hybrid format learning a 4.27 out of 5 scores.
Analisa UI Google Classroom Sebagai Platform Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Catrine Bella Nurazizah
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 1, No 1: February 2022
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v1i1.5229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kelebihan dan kekurangan UI Google Classroom sebagai media pembelajaran online. Penelitian menggunakan metode kualitatif eksploratif dengan pendekatan induktif dengan mewawancarai responden yang berkaitan sebanyak 3 orang, terdiri dari 1 guru, 1 murid, dan 1 pakar multimedia. Untuk menjaga kerahasiaan identitas responden, peneliti memberi nama responden G1, S1, P1. Wawancara dilakukan terstruktur dengan pertanyaan yang disusun dan dikaitkan serta dikembangkan dengan literatur terkait. Hasil dari penelitian ini adalah UI (User Interface) Google Classroom memiliki nilai efisiensi dan inefisiensi pada tampilan dan menu manajerial yang ada sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam aktivitas pembelajaran online dan karena faktor ketidaksiapan edukasi teknologi.
Perancangan Rebranding Taman Bacaan Pelangi Yolanda Felia; Frindhinia Medyasepti
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 1, No 2: August 2022
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v1i2.5895

Abstract

Taman Bacaan Pelangi adalah sebuah organisasi nonprofit yang dibangun oleh Nila Tanzil sejak tahun 2009. Taman Bacaan Pelangi fokus pada pembangunan perpustakaan di wilayah Indonesia Timur dengan tujuan meningkatkan minat baca dan tingginya angka buta huruf karena akses buku dan fasilitas membaca yang kurang. Setelah 10 tahun berdiri, Taman Bacaan Pelangi tidak hanya fokus pada buku, tetapi mulai memasuki dunia pendidikan dengan mengusulkan program beasiswa dan memasukkan literasi ke dalam kurikulum sekolah dimana terdapat Taman Bacaan Pelangi. Visi dan misi Taman Bacaan Pelangi yang mulai berubah karena perkembangan waktu dan zaman membuat identitas visual Taman Bacaan Pelangi menjadi tidak relevan dengan tujuan baru yang sudah masuk ke dalam dunia pendidikan, ditambah dengan berbagai program pelatihan terhadap guru dan masyarakat setempat. Maka itu, dibutuhkan rebranding Taman Bacaan Pelangi yang sesuai dengan nilai serta visi dan misi agar dapat secara tepat dikomunikasikan kepada masyarakat di kota besar dan mengundang banyak kontribusi untuk meningkatkan minat baca dan kualitas pendidikan di Indonesia Timur dan wilayah pelosok Indonesia lainnya.
Studi Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Perusahaan Jasa Desain Grafis Brian Alvin Hananto
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 1, No 1: February 2022
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v1i1.5213

Abstract

Pandemi COVID-19 memiliki dampak pada perekonomian dan industri di Indonesia, tidak terkecuali kepada perusahaan jasa desain grafis. Guna mendapat gambaran lebih jelas terkait sejauh apa dampak pandemi COVID-19 pada perusahaan desain grafis di Indonesia, penulis melakukan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data cross sectional pada empat belas responden. Keempat belas responden diberikan tiga pertanyaan yang menanyakan terkait bagaimana dampak pandemi COVID-19 pada perusahaan mereka; bagaimana pandangan mereka terhadap dampak pandemi COVID-19 terhadap industri desain; dan apa yang perlu dipersiapkan oleh desainer untuk menghadapi kondisi New Normal. Berdasarkan pengumpulan data yang dilakukan, respon dari para responden memberikan gambaran bahwa pandemi COVID-19 menyebabkan adanya penurunan pemasukan, perubahan cara kerja, perubahan proyek, dan juga perubahan pasar, sedangkan persiapan yang dilakukan berkisar persiapan mentalitas, adaptabilitas, menjaga kesehatan, cara kerja daring, kemampuan-kemampuan baru, dan juga menjaga produktivitas. Penulis berharap penelitian ini dapat menjadi referensi dari studi dampak pandemi COVID-19 pada industri desain grafis dan juga landasan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.
Front Pages IMATYPE February 2022 Kartika Magdalena Suwanto
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 1, No 1: February 2022
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v1i1.5230

Abstract

Peran dan Pentingnya Brand Identity untuk Small-medium Business dan Startups Celine Thang
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 1, No 2: August 2022
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v1i2.5896

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memahami peran dan pentingnya brand identity untuk perkembangan small-medium businesses dan startups, serta tantangan yang dihadapi oleh bisnis-bisnis tersebut yang menghalangi mereka untuk membangun sebuah brand identity yang kuat dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder dari buku dan jurnal nasional dan internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand yang kuat dan terdefinisi dengan baik dapat mendorong penjualan, membangun loyalitas pelanggan, menciptakan brand value, dan membantu untuk pertumbuhan bisnis. Small-medium businesses memahami pentingnya branding, tetapi banyak dari mereka tidak sepenuhnya menerapkannya karena mereka merasa bahwa branding tidak terlalu relevan untuk perusahaan kecil dan mereka juga kurang mampu secara finansial untuk melakukan branding. Maka dari itu, pemilik small-medium businesses sebaiknya menyingkirkan miskonsepsi dan pola pikir yang kurang tepat mengenai branding sehingga mereka dapat menginvestasikan lebih banyak waktu untuk membangun brand identity yang kuat untuk bisnis mereka.

Page 1 of 3 | Total Record : 26