cover
Contact Name
Dhanan
Contact Email
lppm.amni@gmail.com
Phone
+6289667747299
Journal Mail Official
admin@jurnal.unimar-amni.ac.id
Editorial Address
Jl. Sukarno Hatta No. 180 Semarang, 50199
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM
ISSN : 14126826     EISSN : 26232030     DOI : https://doi.org/10.33556/jstm
Jurnal Sains dan Teknologi MARITIM berisi tulisan ilmiah di bidang Kemaritiman, Kepelabuhanan, Ilmu kenautikaan, Teknik Mesin, permesinan kapal. Jurnal Sains dan Teknologi Maritim juga membahas mengenai bidang Transportasi baik itu transportasi darat, laut maupun udara yang kesemuanya merupakan hasil penelitian maupun kajian pustaka.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 170 Documents
UPAYA MENINGKATKAN PERAN DYNAMIC POSITIONING OPERATOR (DPO) DALAM MENGOPERASIKAN KAPAL OFFSHORE SUPPLY VESSEL (OSV) DENGAN DYNAMIC POSITIONING SYSTEM Suryo Guritno; Pipit Triwibowo
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 17, No 2 (2018): Maret
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.25 KB) | DOI: 10.33556/jstm.v0i2.172

Abstract

Dynamic position on board of a ship is a system which controlled by a computer that automatically determine ship’s position using the mechanism of propeller, thruster and position center combined with angina and motion sensor that than give those information to the computer. The result will not only show the ship’s position but also the weather that influence it. In operating the Dynamic Positioning System, a master helped by a deck officer who had Dynٰamic Positioning or Dynamic Positioning operator certificate. Only a Dynamic Positioning Operator that operated the Dynamic Positioning equipment. To become a Dynamic Positioning Operator, she/he had to gone through Dynamic Positioning Basic or introduction course and Dynamic Positioning Advance or simulator course. All the required documents for Dynamic Positioning Operator called Dynamic Positioning log. After all the requirements are fulfill the Dynamic Positioning log is sent to London to be processed and registered for the Dynamic  Positioning Operator certification. The role of a Dynamic Positioning Operator is very important in operating the Dynamic Positioning System as well as the maintenance the availability of the spare part on board of the vessel. Based on the report, most vessels’ accidents were because of human factor or human error. This become a prove that in order to smoothen work on board of vessel is not only about the condition of the vessel but also the conditional of the equipment, officers/ crews on board, work etiquette also if it is being reversed, it will increase the accident risk. Because working on board of a vessel, especially rig’s supply vessels are hard work as well as challenging, high risk also dangerous. But as long as we stick to the standard operational procedures all will end well.Keywords: Dynamic Positioning Operator, Dynamic Positioning System, Offshore Survey VesselsDynamic Position (DP) pada sebuah kapal adalah merupakan sistem pengendalian komputer yang dapat mengatur posisi kapal secara otomatis dengan menggunakan mekanisme baling-baling, thruster, sensor posisi yang dikombinasikan dengan sensor angina dan sensor gerak yang memberikan informasi pada komputer yang berhubungan langsung dengan posisi kapal dan keadaan cuaca yang mempengaruhinya. Untuk pengoperasian DP Sistem tersebut, nakhoda  dibantu oleh perwira kapal yang telah memiliki sertifikat DP atau DPO. Setiap pengoperasian DP system, tidak terlepas dari peran DP Operator (DPO) karena hanya DPO yang berhak dan berkewajiban mengoperasikan Peralatan DP tersebut. Untuk bisa menjadi seorang DPO, harus mengikuti proses pelatihan yaitu DP Basic atau Induction Course dan DP Advance atau Simulator Course, setelah semua persyaratan dilengkapi, buku DP atau DP Log tersebut di kirimkan ke Nautical Institute di London untuk di proses dan di daftarkan untuk mendapatkan pengukuhan sertifikat sebagai DPO. Peran DPO terhadap pengoperasian peralatan Dynamic Positioning System sangat penting seperti halnya perawatan dan tersedianya suku cadang di atas kapal. Berdasarkan hasil laporan diketahui bahwa jumlah terbesar penyebab terjadinya kecelakaan di laut adalah karena faktor manusia (human error). Disini membuktikan bahwa tidak hanya kondisi kapal yang baik tetapi kelengkapan peralatan, jumlah awak kapal yang cukup, disiplin, dan ketrampilan awak kapal mempelancar pekerjaan. Bila sebaliknya, maka dapat menimbulkan resiko kecelakaan kerja yang tinggi, karena bekerja diatas kapal pada umumnya, dan pada kapal-kapal supply dilokasi pengeboran pada khususnya merupakan bentuk kerja keras yang penuh dengan tantangan dan resiko yang besar serta berbahaya, namun jika semua pekerjaan sesuai dengan prosedur kerja yang baik maka hal-hal tersebut dapat dicegah.Kata kunci : Dynamic Position, Dynamic Positioning System, Pengoperasian, Kapal Offshore Supply Vessel
PENGARUH MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. PENINDO II TELUK BAYUR PADANG Jose Beno; Dody Nata Irawan
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 20, No 1 (2019): September
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.75 KB) | DOI: 10.33556/jstm.v20i1.218

Abstract

The purpose of this study was to determine and test the effect of work motivation, work discipline and work environment on the performance of the employees of PT. Penindo II Teluk Bayur Padang. The populations in this study were employees of PT. Penindo II Teluk Bayur Padang. The sampling technique used is random sampling. The Samples were 100 people. The data used are primary data and the  data analysis using linear regression. Based on the results of the study, it can be concluded that work motivation has a positive and significant effect on the performance of employees of PT. Penindo II Teluk Bayur Padang. Work discipline has a positive and significant effect on the performance of the employees of PT. Penindo II Teluk Bayur Padang. The work environment has a positive and significant effect on the performance of PT. Penindo II Teluk Bayur Padang. Keywords : Work motivation, Work discipline, Work environment and employee performance Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai PT. Penindo II Teluk Bayur Padang. Untuk mengetahui dan menguji pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai PT. Penindo II Teluk Bayur Padang dan  untuk mengetahui dan menguji pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja  pegawai PT. Penindo II Teluk Bayur Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai PT. Penindo II Teluk Bayur Padang. Teknik  pengambilan  sampel  menggunakan  metode  accidentals  sampling,  yaitu   pengambilan  sampel  secara acak semua jumlah populasi mendapat kesempatan yang sama. Sampel diambil sebanyak 100 orang. Data yang digunakan data primer dengan analisis data menggunakan regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai PT. Penindo II Teluk Bayur Padang. Disiplin kerja  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai PT. Penindo II Teluk Bayur Padang. Lingkungan kerja  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai PT. Penindo II Teluk Bayur Padang.Kata kunci : Motivasi kerja, disiplin kerja, lingkungan kerja dan kinerja pegawai
PENGARUH PENAMBAHAN VARIASI GEOMETRI STERN FLAP TERHADAP NILAI HAMBATAN PADA KAPAL PATROLI PERIKANAN Rosiana Dewi; Untung Budiarto; Ari Wibawa Budi Santosa; Eko Sasmito Hadi; Parlindungan Manik; Ocid Mursid
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 22, No 1 (2021): September
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1092.812 KB) | DOI: 10.33556/jstm.v22i1.296

Abstract

Optimalisasi performa hidrodinamika kapal dengan mereduksi hambatan kapal patroli planing hull berkecepatan tinggi merupakan salah satu upaya pencegahan peningkatan khasus illegal fishing, dan instalasi stern flap merupakan upaya sederhana dalam mereduksi nilai hambatan. Menurut sejarah penelitian terdahulu, dibutuhkan studi lebih lanjut dalam pengeksplorasian ragam geometri stern flap. Pada penelitian ini dilakukan analisis pengaruh variasi geometri stern flap untuk mengetahui nilai hambatan dari kapal patroli perikanan dengan pendekatan numerikal CFD. Komputasi diselesaikan dengan persamaan Reynolds-Averaged Navier Stokes (RANS) serta teknik solusi Finite Volume Method (FVM) pada perairan tenang menggunakan model turbulensi k-ε dan model fisika fluida eulerian multiphase yaitu Volume of Fluid (VOF) yang terdiri dari fasa air dan fasa udara untuk merepresentasikan free surface. Meshing geometri menggunakan metode overset mesh dengan konsep donor-acceptor cells. Penelitian dilakukan pada 5 kondisi Froude number dan 9 buah model stern flap. Diperoleh pengurangan nilai hambatan total tertinggi yaitu -26,07% pada Fr 1,00, sedangkan penambahan nilai hambatan tertinggi yaitu 31,71% pada Fr 1,33. Terdapat 2 variasi bentuk stern flap yang mampu mereduksi nilai hambatan pada seluruh nilai Froude number.
PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP PENCAPAIAN VISI MISI PT.PELABUHAN INDONESIA III ( PERSERO) CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG Nurmawarti -; PM Ananda Samekto
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XIV, NO 1 SEPTEMBER 2015
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v14i1.49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sebuah model semakin baik customer fokus, kepedulian dan integritas, maka akan semakin meningkat pencapaian visi misi perusahaan. Pada penelitian ini obyak yang diambil adalah Terminal Penumpang PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabangTanjungEmas Semarang, sumber data meliputi data primer dan data sekunder.Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden.Teknis analisis data adalah menggunakan teknik Regresi Linier BergandaHasil analisis dengan alat bantu progam SPSS versi 22 diperoleh hasil persamaan regresi linier berganda Y = 0,538 + 0,268 X1 + 0,374 X2 + 0,283 X3 + Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara customer focus terhadap pencapaian visi misi perusahaan yaitu (thitung=2,781 >ttable = 1,984) dengan tingkat signifikan 0,007, antara kepedulian terhadap pencapaian visi misi perusahaan yaitu (thitung=3,328 >ttabel= 1,984) dengan tingkat signifikan 0,001, antara integritas terhadap pencapaian visi misi perusahaan yaitu (thitung=2,813 >ttabel= 1,984) dengan tingkat signifikan 0,006. Dengan adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial artinya semakin baik customer fokus, kepeduliandan integritas, maka akan semakin meningkat pencapaian visi misi perusahaan. Angka koefisien determinasi(adjusted Rsquare)sebesar 0,582.Hal ini berarti variabel customer fokus (X1), kepedulian (X2)dan integritas (X3) memiliki kontribusi sebesar 58,2 % dalam menerangkan pencapaian visi misi perusahaan (Y) sedangkan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap pencapaian visi misi kontribusinya sebesar 41,8 % misalnya dipengaruhi faktor exelence, visionary, mutual respect, team work dan faktor lainnya.Kata kunci : Budaya, Visi, MisiThis study aims to find a better model of customer focus, awareness and integrity, then it will increase the company's vision and mission accomplishment. In this study obyak taken is the Passenger Terminal PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabangTanjungEmas Semarang, data sources include primary data and sekunder.Sampel in this study was 100 responden.Teknis data analysis is using the technique of Multiple Linear Regression Results of analysis tools SPSS version 22 program results obtained multiple linear regression equation Y = 0.538 + 0.268 + 0.374 X1 + 0.283 X2 X3 +  The results of multiple linear regression equation showed that partially there is positive and significant correlation between customer focus to the achievement of the vision of the company's mission (t = 2.781> TTable = 1.984) with a significant level of 0.007, between concern for the achievement of the vision of the company's mission (t = 3,328> table = 1.984) with a significant level of 0.001, the integrity of the achievement of the vision of the company's mission (t = 2.813> table = 1.984) with a significant level of 0.006. With the positive and significant effect partially means the better customer focus, integrity kepeduliandan, it will increase the company's vision and mission accomplishment. Coefficient of determination (adjusted Rsquare) of 0,582.Hal this means customer focus variable (X1), caring (X2) and integrity (X3) contributed by 58.2% in light of achieving the vision of company (Y), while other factors which affect the achievement of the vision and mission of its contribution by 41.8% influenced exelence eg, visionary, mutual respect, team work and other factors.Keywords: Culture, Vision, Mission
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN PESISIR PANTAI UTARA JAWA TENGAH MELALUI KOPERASI NELAYAN DAN E-COMMERCE Nuryanto -; Haryono -
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XVII, NOMOR 1, SEPTEMBER 2017
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.588 KB) | DOI: 10.33556/jstm.v0i1.157

Abstract

The fisherman communities are still living within its limitations. The social limitations experienced by fishermen did not materialize in the form of alienation, but more manifested in the inability of fisherman communities to take part in the economic market activities. In general, the implementation of e-commerce in business can improve the quality of the product / service and lower the production cost which will eventually decrease the selling price (e-commerce or e- usiness), Besides, low socio-economic level is a common feature of fisherman's life wherever located. Their level of living is commensurate with that of small farmers, even when compared with other farmers in the agricultural sector, fishermen groups (especially fisherman workers and small fishermen or traditional fishermen) can be classified as poor social layers. This paper discusses, what efforts are made to empower fishermen. The answer is only two, that are: by establishing Fisherman Cooperative, because Poverty eradication of fishermen can be done with development of Fisherman cooperative, beside that also by doing marketing ecommerce because with marketing through ecommerce make business (Fisherman Cooperative) can directly communicate with buyers, so they can gain more profit.Keywords : Empowering Fishermen, Cooperatives,E-Commerce Masyarakat nelayan masih hidup dalam keterbatasan. Keterbatasan sosial yang dialami oleh nelayan memang tidak terwujud dalam bentuk keterasingan, tetapi lebih terwujud pada ketidakmampuan masyarakat nelayan dalam mengambil bagian dalam kegiatan ekonomi pasar secara menguntungkan. Secara umum, implementasi e-commerce dalam bisnis dapat meningkatkan kualitas dari produk/service serta menurunkan biaya produksi yang akhirnya akan menurunkan harga penjualan (ecommerce atau e-bisnis), Disamping itu tingkat sosial-ekonomi yang rendah merupakan ciri umum kehidupan nelayan dimanapun berada. Tingkat kehidupan mereka setaraf dengan petani kecil, bahkan jika dibandingkan secra seksama dengan kelompok masyarakat lain di sektor pertanian, kelompok nelayan (khususnya nelayan buruh dan nelayan kecil atau nelayan tradisional) dapat digolongkan sebagai lapisan social yang miskin. Tulisan ini membahas, upaya apa dilakukan untuk pemberdayaan nelayan. Jawabannya hanya ada dua, yaitu : dengan mendirikan Koperasi Nelayan, karena Pengentasan kemiskinan nelayan dapat dilakukan dengan pengembangan Koperasi Nelayan, disamping itu juga dengan melakukan pemasaran secara’e-commerce’ karena dengan pemasaran melalui e-commerce membuat pelaku bisnis (Koperasi Nelayan) dapat langsung berkomunikasi dengan pembelinya, sehingga mereka dapat memproleh keuntungan yang lebih.Kata kunci : Pemberdayaan Nelayan, Koperasi, E-Commerce 
PERAN NAHKODA DALAM MENINGKATKAN KINERJA ABK DIATAS KAPAL Suryo Guritno
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 19, No 2 (2019): Maret
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.739 KB) | DOI: 10.33556/jstm.v19i2.205

Abstract

A leadership characteristic is a valuable quality in a leader, where this leader attitude can be seen as an example by the leader’s friends and colleagues. So, it is important to understand and learn someone’s leadership. On the contrary, it is also important for a leader to analyse his/her leadership for his/her own good. The ability to lead or leadership is based on someone’s behaviour, personality, capability, effort and also that person’s willingness to improve himself/herself. Leadership is science which its implementation should be determine based on the situation, environment and most importantly is the co-worker/colleagues. The most suitable leadership on board of a ship is an authoritarian but democratic leadership. It means all the instruction should be follow by all crews ship from Master to Ratings.Keywords: Master, Roles, Performance, Crews ship Sifat kepemimpinan merupakan kwalitas pribadi seseorang yang amat berharga bagi seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya dan merupakan sikap dan tingkah laku yang dapat dilihat dan dicontoh oleh Iingkungannya. Oleh karena itu sifat-sifat kepemimpinan dapat dipelajari dengan menjalani dan memahami sifat-sifat kepemimpinan seseorang. Pemimpin dapat menganalisa dirinya guna kepentingannya. Kemampuan memimpin atau kepemimpinan yang sangat bergantung pada kualitas jiwa dan sifat seseorang akan berhasil menjalankan kepemimpinannya tergantung kemampuan, usaha dan kegiatan orang itu sendiri dalam mengembangkan serta meningkatkan kualitas pribadinya (self improvement). Kepemimpinan sebagai ilmu didalam pelaksanaannya harus disesuaikan dengan keadaan dan lingkungan serta anggota bawahan yang dihadapi untuk tipe kepemimpinan atas kapal saat dilaut yang cocok dipakai dan dianut yaitu tipe kepemimpinan otoriter dan demokrasi, maksudnya adalah tipe ini melakukan pimpinan pekerjaan atau kehendak yang diinginkan bersama dengan bawahannya.Kata kunci : Kinerja ABK, Nahkoda, Kinerja
ANALISIS PEMANFAATAN GAS BUANG PADA MESIN GENERATOR SET MELALUI SISTEM ORGANIC RANKINE CYCLE Iing Mustain
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 21, No 2 (2021): Maret
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.886 KB) | DOI: 10.33556/jstm.v21i2.271

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran pemanfaatan gas buang dari mesin diesel generator set sebagai sumber panas. Pemanfaatan sumber panas digunakan untuk memanaskan air sebagai fluida kerja yang pada sistem ORC. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan menganalisis pemanfaatan gas buang dari mesin diesel generator sets kapal Type GFS – 20 No. A737009 yang dihubungkan dengan sistem perpipaan untuk diketahui besar temperatur aliran fluida kerja pada sistem ORC temperatur rendah melalui diagram T-S. Berdasarkan hasil penelitian bahwa diperoleh temperatur luaran dari evaporator mencapai 90 oC, sementara temperatur pada recuperator mencapai 80 oC dan 30oC pada temperatur luaran dari kondensor. Besar temperatur pinch point pada suhu 85 oC dan selisih point temperatur aliran panas dan aliran dingin (DT) sebesar 10 oC. Besar energi yang direcovery diperoleh 40 kW.  Kata Kunci: Evaporator, Mesin diesel, Generator sets, ORC, WHR
ANALISIS KINERJA SDM, FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP PENGGUNA JASA TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG (TPKS) PELABUHAN TANJUNG MAS SEMARANG Sutini Sutini
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME XIII, NO 2 MARET 2015
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v0i2.28

Abstract

Pada pengujian validitas (keabsahan) dan relibilitas terhadap data-data hasil, penelitian didapat hasilpada variable Tingkat kinerja SDM (X1),Fasilitasa (X2) dan pelayanan (X3) serta variable kepuasan penggunajasa (Y)didapatkan angka r hitung > r table.Hal ini dapat diartikan bahwa item-item pertanyaan padaketiga variable bebas yang diteliti memenuhi syarat untuk diadakan suatu penelitian.Sedangkan angkareliabilitas pada masing-masing variable diperoleh angka > 0,6 sehingga dikatakan reliable.Oleh karena ituketiga variable bebas ( Tingkat KinerjaSDM,fasilitas dan pelayanan) serta variable terikatnya (kepuasan penggunajasa) layak digunakan untuk menguji hipotesis selanjutnya (uji t dan uji f ) In testing the validity (validity) and reliability of the data of the results, the research results obtained inthe variable rate HR performance (X1), Fasilitasa (X2) and services (X3) and variable user satisfaction services(Y) obtained figures count r> r table .This means that the items in question three independent variables studiedeligible for penelitian.Sedangkan held a number of reliability for each variable obtained figures> 0.6 so that saidthird reliable.Oleh therefore independent variable (Level KinerjaSDM , facilities and services) as well as thedependent variable (the service user satisfaction) should be used to test the hypothesis further (t test and f )
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KETELADANAN PEMIMPIN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA AWAK KAPAL S. Teguh Wiyono; kuncowati kuncowati
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 23, No 1 (2022): September
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1456.548 KB) | DOI: 10.33556/jstm.v23i1.330

Abstract

Kapal niaga beroperasi dengan tujuan untuk mendukung kelancaran transportasi laut dalam pengangkutan barang dan penumpang dengan selamat, selain itu tujuan operasi pelayaran kapal niaga adalah untuk mencari keuntungan perusahaan. Oleh karena itu capaian kinerja awak kapal perlu selalu dianalisis supaya terjadi peningkatan seperti yang diharapkan oleh perusahaan pelayaran. Dengan responden awak kapal niaga di Pelabuhan Tanjung Perak, penelitian ini bertujuan untuk menganalis faktor manusia yaitu pengaruh motivasi kerja, keteladanan pemimpin di kapal terhadap kinerja awak kapal. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi linier  dengan program IBM SPSS Statistics 26. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan  terhadap kinerja awak kapal sebesar 40.3% dan keteladanan pemimpin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja awak kapal sebesar 31.3%, serta secara bersama-sama motivasi kerja dan keteladanan pemimpin berpengaruh terhadap kinerja awak kapal niaga.
PERMIT TO WORK SYSTEM (A Familiarization on Safe Working on Board of a Ship) subiyanto subiyanto; Endah Fauziningrum
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM Vol 20, No 2 (2020): Maret
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.848 KB) | DOI: 10.33556/jstm.v20i2.227

Abstract

A job has the potential of causing serious injuries or death. It is necessary to formalize agreed upon work procedures. This prevents the instructions from being missed, forgotten or misinterpreted. It also works as a checklist to ensure that all the hazards, protective measures, work procedures and the general requirements are reviewed with and understood by the assigned worker(s). A work permit serves as a record of the authorization and the completion of the specific work. The authorization must be provided by the competent person after all the necessary conditions have been met. The purpose of this study is to familiarize permit to work system on board of a ship for a safe working environment. The data collecting method use is library research. All parties, the company, the officers and the assigned worker(s) have to commit and comply to all procedures and the requirements of the permit to work system. It has been provided by the regulator. It should be used as needed and required. KKeywords :System, Work permit, Safe working, Board, Ship

Page 1 of 17 | Total Record : 170