cover
Contact Name
Samanoi Halowo Fau
Contact Email
pareto@uniraya.ac.id
Phone
+6282286352622
Journal Mail Official
pareto@uniraya.ac.id
Editorial Address
Jln. Pramuka, Nari-nari, Kelurahan Pasar Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara
Location
Kab. nias selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Pareto : Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Published by Universitas Nias Raya
ISSN : 26229811     EISSN : 28280423     DOI : 10.57094
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal PARETO (Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen) adalah jurnal peer-review. Jurnal PARETO (Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen) menyediakan forum khusus untuk publikasi penelitian di bidang ekonomi keuangan dan teori perusahaan, menempatkan penekanan utama pada kontribusi analitis, empiris, dan klinis berkualitas tinggi di bidang-bidang penting seperti Ilmu Manajemen, Kewirausahaan, Sumber Daya Manusia, Ekonomi, Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi.
Articles 106 Documents
Paskalis Dakhi PENGARUH PERENCANAAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT TELUKDALAM KABUPATEN .docx admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 1 (2016): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ruang lingkup `penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah perencanaan berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai (2) Untuk mengetahui apakah komunikasi berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif yakni bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dari masing-masing variabel. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang berjumlah 32 orang pegawai kantor Camat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Alatuji yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji heterokedastisitas, ujimultikolinearitas dan ujiautokorelasi. Metodeanalisis data yang digunakan adalah analisiregresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (1) Perencanaan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai (Y) yang ditunjukkan dengannilai thitung(5,331) > ttabel (1,697) dan tingkat signifikansi 0,000 <0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya variabel perencanaan(X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai (Y).(2) komunikasi (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai (Y) dengan nilai thitung (9,194) >ttabel (1,697) dan tingkat signifikan sebesar 0,000<0,05 maka keputusannya adalah Haditerima dan Ho ditolak dengan arti bahwa variabel komunikasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kinerja Pegawai(Y) (3) Secara simultan Perencanaan dan komunikasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai yang ditunjukkan nilai Fhitung sebesar132,698> nilai Ftabel sebesar 3,316. Untuk mengetahui seberapa besar variabel bebas menjelaskan variabel terikat dapat ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,901 (90,1%)sehingga dapat ditunjukkan bahwa 90,1% keragaman varibel terikat (kinerja pegawai) dapat dijelaskan variabel-variabel bebas (Perencanaandan Komunikasi) sedangkan sisanya 9,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model.
Yohanes Dakhi PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT ARAMO KABUPATEN NIAS SELATAN admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 1 (2016): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lingkungan kerja dan stres kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Kantor Camat Aramo Kabupaten Nias Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif untuk mendeskripsikan pengaruh masing-masing variabel. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang berjumlah 30 orang pegawai di Kantor Camat Aramo Kabupaten Nias Selatan. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis dengan menggunakan Metode analisis data regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Lingkungan kerja (X1) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Y) yang ditunjukkan nilai thitung (2,480) > ttabel (1,703) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya variabel lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di Kantor Camat Aramo Kabupaten Nias Selatan. (2)Stres kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Y) yang di tunjukkan dengan nilai thitung (2,053) > ttabel (1,703) dan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka keputusannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak dengan arti bahwa variabel stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pegawai di Kantor Camat Aramo Kabupaten Nias Selatan. (3)Lingkungan kerja dan stres kerja berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai dengan nilai Fhitung (52.632) > nilai Ftabel (3,354) pada df numerator 2, df deminator 27 pada α = 5% (0,05). Artinya lingkungan kerja (X1) dan stres kerja (X2) berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai (Y) di Kantor Camat Aramo Kabupaten Nias Selatan. Untuk mengetahui seberapa besar variabel bebas menjelaskan variabel terikat dapat ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,796 (79,6%). sisanya 20,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Untuk meningkatkan kinerja organisasi yang lebih baik, kondisi lingkungan kerja pegawai di kantor Camat Aramo Kabupaten Nias Selatan perlu ditingkatkan agar lebih kondusif, kemudian pimpinan mampu mengatasi stres kerja yang di alami oleh setiap pegawainya akibat keadaan atau aktifitas didalam organisasi, agar pegawai bekerja secara efektif dan efesien.
Alwinda Manao PENGARUH NORMA MORAL DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP KEPUASAN PEGAWAI DI KANTOR CAMAT FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 1 (2016): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Ruang lingkup penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh norma moral dan tanggung jawab sosial terhadap kepuasan kerja pegawai di Kantor Camat Fanayama Kabupaten Nias Selatan. Penelitian populasi dan sampel pada penelitian ini adalah sejumlah 30 pegawai. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda Y = 6.579+0.530X1+0.321X2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) norma moral berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, yang ditunjukkan dengan nilai koefesien regresi (β1) sebesar 0.530 dan nilai thitung (5.567)>ttabel (1.703) dan tingkat signifikan 0,000<0,05. (2) tanggung jawab sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, yang ditunjukkan dengan nilai koefesien regresi (β2) sebesar 0.321 dan nilai thitung 3.121>ttabel (1.703) dan tingkat signifikanya sebesar 0,000<0,05. (3) norma moral dan tanggung jawab sosial bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, yang ditunjukkan dengan nilai koefesien regresi Fhitung 23.387> nilai Ftabel 3,252 pada df : n-k-1 (30-2-1) =27 dengan α = 5% (0,05). Saran yang diajukkan untuk meningkatkan kepuasan kerja pegawai dalam penelitin ini: Dalam rangka mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien dan berdaya guna, maka perlu adanya norma moral pada setiap pegawai, dan motivasi kerja baik dari dalam diri pegawai itu sendiri maupun dari pimpinan Kantor Camat Fanayama, sampai kepada rincian tanggung jawab masing-masing pihak yang terlibat dalam organisasi tersebut. Tanggung jawab pegawai perlu disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh pegawai sehingga kinerja yang diberikan kepada organisasi agar pegawai lebih bersemangat dalam bekerja.
ERASMA F. ZALOGO PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI CV. NURLIM TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 1 (2016): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komunikasi berpengaruh terhadap perilaku konsumen di CV. Nurlim Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif yakni bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dari masing-masing variabel. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang berjumlah 300 dengan menggunakan sampel random yang berjumlah 38 orang pelanggan di CV. Nurlim Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner tertutup dengan menyebarkan daftar pernyataan kepada responden. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan metode analisis data regresi linear sederhana. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel komunikasi (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel perilaku konsumen (Y), dengan nilai thitung (10,688) > ttabel (1,686) dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka komunikasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikansi terhadap perilaku konsumen di CV. Nurlim Telukdalam Kabupaten Nias Selatan dan hasil koefisien korelasi dinyatakan bahwa pengaruh antara Komunikasi terhadap Perilaku konsumen diperoleh 0,760 atau 76%. Artinya 76% variabel komunikasi menjelaskan variabel perilaku konsumen di CV. Nurlim Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Adapun yang menjadi saran penulis dalam peneltian ini adalah sebaiknya untuk menarik daya tarik pelanggan atau konsumen, dengan cara memberi pelayanan dan komunikasi yang efektif terhadap setiap pembeli.
Elistina Wau PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT AMANDRAYA KABUPATEN NIAS SELATAN admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 1 (2016): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Camat Amandraya Kabupaten Nias Selatan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif dengan unit kerja yang diteliti adalah seluruh pegawai Kantor Camat Amandraya Kabupaten Nias Selatan. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan jumlah populasinya sebanyak 30 orang pegawai. Kuesioner di uji validitas dan reabilitas sebelum melakukan data penelitian. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas data, uji heteroskedastisitas, uji multikolonieritas dan uji autokorelasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kecerdasan intelektual (X1) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Y), yang ditunjukkan dengan nilai thitung (4,215) > ttabel (1,703)dan tingkat signifikansi 0,004 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya variabel kecerdasan intelektual (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai (Y) pada Kantor Camat Amandraya Kabupaten Nias Selatan. (2) kecerdasan emosional (X2) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Y) yang ditunjukkan dengan nilai thitung (10,531) >ttabel (1,703) dan tingkat signifikan sebesar 0.008< 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan arti bahwa variabel kecerdasan emosional(X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pegawai (Y) pada Kantor Camat Amandraya Kabupaten Nias Selatan. (3) kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pegawai, yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung (61,985) > Ftabel (3,354) pada df numerator 3, df deminator 27 pada α = 5% (0.05). Untuk mengetahui seberapa besar variabel terikat dapat ditunjukkan dengan nilai koefisien (R2) sebesar 0,893 (89,3%) sehingga dapat ditunjukkan bahwa 89,3% keragaman variabel terikat (kinerja pegawai) dapat dijelaskan variabel bebas (kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional sedangkan sisanya 10,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
Timotius Duha ANALISIS KINERJA LAPORAN KEUANGAN KANTOR DINAS PEKERJAAN UMUM (PU) KABUPATEN NIAS SELATAN admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 1 (2016): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah analisis kinerja laporan Keuangan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nias Selatan dari tahin 2010 samapai dengan tahun 2014.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagai mana kinerja laporan keuangan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nias Selatan tahun 2010 – 2014. metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio pendapatan, rasio belanja barang, rasio efektifitas, rasio efesiensi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa berdasarakan rasio pendapatan, pendapatan Dinas Pekerjaan Umum dari tahun 2010 -2014 semakin menujukan nilai yang sangat efektif kinerja pendapatanya. dalam hal ini kinerja pendapatan Dinas Pekerjaan Umum pada tahun 2010 sebesar 462.43%, pada tahun 2011 sebesar 1777.78%, pada tahun 2012 sebesar 1361.27%, pada tahun 2013 sebesar 1146.42% dan pada tahun 2014 sebesar 896.06%. Potensi kinerja keuangan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nias Selatan dilihat dari rasio efektifitas keuangan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nias Selatan adalah pada tahun 2010 sebesar 21.63%, tahun 2011 sebesar 5.63%, tahun 2012 sebesar 7.35% tahun 2013 sebesar 8.72 tahun 2014 sebesar 11.16%. maka dengan nilai ini menujukan efektifitas kinerja keuangan dalam merealisasikan pembangunan yang telah dinggarkan tidak efektif. Sebaiknya Dinas PU perlu meningkatkan kinerja keuangannya dengan cara menambahkan nilai realisasi anggaran sehingga dapat menambahkan nilai kesejahteraan masyarakat.
Progresif Bu'ulolo PENGARUH MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN ULANG PRODUK POND’S DI UD. KANAYA TELUKDALAM NIAS SELATAN admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 2 (2016): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini adalah studi tentang pengaruh minat beli konsumen terhadap pembelian ulang produk Pond’s di UD. Kanaya Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat beli konsumen terhadap pembelian ulang produk Pond’s di UD. Kanaya di kota Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah dipersiapkan. Data primer yang dikumpulkan di antaranya adalah tanggapan responden tentang Minat Beli Konsumen dan Pembelian Ulang Produk Pond’s di UD. Kanaya Telukdalam. Hasil yang didapat menunjukkan Minat Beli Konsumen berpengaruh positif dan signifikansi terhadap Pembelian Ulang D di UD. Kanaya Telukdalam pada tingkat kepercayaan 95% dengan nilai thitung sebesar 13,462 dan tingkat signifikan sebesar 0,000 sedangkan ttabel sebesar 1,671 dengan a = 0,05. Karena nilai thitung (13,462) > ttabel (1,671) dan tingkat signifikansi 0,000 < a (0,05), maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya variabel Minat Beli Konsumen berpengaruh signifikan terhadap pembelian ulang produk Pond’s di UD. Kanaya Telukdalam. Maka dapat disimpulkan Minat Beli Konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pembelian Ulang Produk Pond’s Di U.D Kanaya Telukdalam.
Yaatulo Warae PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT MAZINO KABUPATEN NIAS SELATAN admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 2 (2016): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Camat Mazino Kabupaten Nias Salatan. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku kepemimpinan dan komunikasi terhadap produktivitas kerja pegawai pada Kantor Camat Mazino Kabupaten Nias Selatan yang berjumlah sebanyak 30 Responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perilaku Kepemimpinan (X1) berpengaruh positif terhadap produktifitas kerja pegawai yang ditunjukkan dengan nilai thitung (5.952) > ttabel (1.701) dan tingkat signifikan 0,000 <0,05. Komunikasi (X2) berpengaruh positif terhadap produktifitas kerja pegawai yang ditunjukkan dengan nilai thitung (3.491 ) > ttabel (1.701) dan tingkat signifikan 0,002 < 0,05. Kemudian perilaku Kepemimpinan dan Komunikasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja pegawai yang ditunjukkan dengan nilai .Fhitung sebesar 21.006 > nilai Ftabel sebesar 3.340 dengan α = 0,05. Artinya bahwa semua variabel bebas mampu menjelaskan variabel terikatnya dengan kata lain variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat pada tingkat kepercayaan 95%. Dari hasil pengolahan data diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0.609 (60,3%) sehingga dapat ditunjukkan bahwa 60,9 % keragaman varibel terikat (produktivitas kerja pegawai) dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bebas (perilaku kepemimpinan dan komunikasi) sedangkan sisanya 39,1 % dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian diatas maka peneliti menyaratkan agar produktifitas kerja pegawai meningkat maka sebaiknya perilaku kepemimpinan dan komunikasi ditingkatkan agar pegawai tidak merasa terganggung saat melakukan aktifitas.
Dionisius Wau PENGARUH KEPRIBADIAN DAN GAYA HIDUP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN SIBOLGA NAULI TELUK DALAM NIAS SELATAN admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 2 (2016): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini adalah studi tentang pengaruh kepribadian dan gaya hidup konsumen terhadap keputusan pembelian pada rumah makan Sibolga Nauli Telukdalam Nias Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh kepribadian dan gaya hidup konsumen terhadap keputusan pembelian pada rumah makan Sibolga Nauli Telukdalam Nias Selatan.Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa pengaruh secara parsial (1) kepribadian (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) yang ditunjukkan dengan nilai t hitung (6,289) > t tabel (1.672) maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya variabel kepribadian (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian.(Y). (2) gaya hidup konsumen (X2) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai t hitung (4,445) > t tabel (1.672) maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya variabel gaya hidup konsumen (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Kemudian secara simultan variabel kepribadian dan variabel gaya hidup konsumen terhadap keputusan pembelian dan diperoleh nilai Model Summary atau nilai R sebesar 0.763 dan sedangkan nilai R Square sebesar 0.582 atau 58,2%, jadi kedua variabel independen tersebut berpengaruh terhadap variabel dependen keputusan pembelian sebesar 58,2%. Diperlukan pembuktian dengan uji ANOVA atau F huitung sebasar 39,732 > nilai Ftabel sebesar 2.39 pada df numerator 3, df deminator 57 pada α = 5% (0,05). maka dapat dikatakan variabel kepribadian (X1) dan variabel gaya hidup konsumen (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Penulis menyampaikan beberapa saran antara lain: 1) Sebaiknya perusahaan dapat memperhatikan kepribadian konsumen seperti: ekstraversi, sifat menyenangkan, sifat mendengarkan kata hati, kemantapan emosional, keterbukaan terhadap pengalaman. 2) Sebaiknya perusahaan dapat memperhatikan gaya hidup konsumen dalam meningkatkan keputusan pembelian seperti: Aktifitas (Activities), Minat (Interest), Opini (Opinion), Nilai (Value), Demografis (Demographics). 3) Sebaiknya perusahaan dapat meningkatkan keputusan pembelian dengan cara mengetahui kebutuhan dan keinginan akan suatu produk, keinginan mencoba, kemantapan akan kualitas suatu produk dan keputusan pembelian ulang.
Melidar Harita PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI PADA DINAS PERIKANAN DAN KELAUTAN KABUPATEN NIAS SELATAN admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 1 No 2 (2016): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan dan kepercayaan terhadap semangat kerja pegawai. (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan dan kepercayaan terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Nias Selatan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif dengan unit yang diteliti adalah pegawai Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Nias Selatan.Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang pegawai.Kuesioner di uji validitas dan reabilitasnya sebelum melakukan data penelitian.Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja pegawai, yang ditunjukan dengan nilai t hitung (3.160) > t tabel (1.701) dan tingkat signifikan 0,04 < 0,05 (3) kepemimpinan dan kepercayaan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja pegawai yang ditunjukan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.641 dan nilai F hitung sebesar 24.151 > nilai F tabel sebesar 3.340 pada df numerator 2,df dominator 28 dengan tingkat signifikan 0.000 <0.05.Meningkatkan semangat kerja pegawai adalah dengan bekerja yang lebih giat dan semangat untuk mencapai tujuan organisasi.

Page 1 of 11 | Total Record : 106