cover
Contact Name
Kardinal
Contact Email
kardinal@mdp.ac.id
Phone
+6285267150779
Journal Mail Official
kardinal@mdp.ac.id
Editorial Address
Jl. Rajawali No 14 Palembang, kardinal@mdp.ac.id
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen
ISSN : 27148475     EISSN : 27972933     DOI : https://doi.org/10.35957/prmm.v3i2.2313
Core Subject : Economy,
Pulikasi Riset Mahasiswa Manajemen (PRMM) adalah jurnal ilmiah untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengembangan gagasan para mahasiswa dalam bidang manajemen, ekonomi, dan kewirausahaan. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun (April dan November) dan bertujuan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian terbaru dan gagasan dalam bidang manajemen, ekonomi, dan kewirausahaan kepada masyarakat ilmiah.
Articles 68 Documents
Analisis Kebangkrutan Menggunakan Metode Altman Z-Score, Springate, Zmijewski, Grover Dan Ohlson Pada Sektor Consumer Staples Yang Terdaftar Di Singapore Exchange (Sgx) Periode 2015-2019 Risma Prilita; Idham Cholid
Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen Vol 2 No 2 (2021): Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen
Publisher : Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.395 KB) | DOI: 10.35957/prmm.v2i2.861

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi kebangkrutan dan tingkat keakuratan dengan menggunakan limametode yang terdiri dari Altman Z-Score, Springate, Zmijewski, Grover dan Ohlson dengan menggunakan populasi 40perusahaan pada sektor consumer staples yang terdaftar di Singapore Exchange (SGX) periode 2015-2019 dan 30Sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Altman memiliki tingkat akurasi sebesar 63,33%, Springatememiliki tingkat akurasi sebesar 46,66%, Zmijewski memiliki tingkat akurasi sebesar 40%, Grover memiliki tingkat akurasisebesar 43,33% dan Ohlson memiliki tingkat akurasi sebesar 46,66%. Dari kelima model analisis kebangkrutan yangdigunakan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Altman Z-Score merupakan model yang tepat digunakantingkat akurasinya 63,33%
Analisis Kinerja Keuangan Pada Puskopdit Handriya Sanggraha Sumatera Selatan Periode 2015-2019 Jessy Juliana; Faradila Meirisa
Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen Vol 2 No 2 (2021): Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen
Publisher : Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.378 KB) | DOI: 10.35957/prmm.v2i2.862

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan Puskopdit Handriya Sanggraha Sumatera Selatanberdasarkan dari aspek permodalan, aspek kualitas aktiva produktif, aspek manajemen, aspek efisiensi, aspek likuiditas,kemandirian dan pertumbuhan dan jati diri koperasi. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif.Objek pada penelitian ini adalah laporan keuangan Puskopdit Handriya Sanggraha periode 2015-2019 terdiri darilaporan neraca dan laporan hasil usaha. Subjek pada penelitian ini adalah Puskopdit Handriya Sanggraha yang berlokasidi Jl. Swadaya No.77, Talang Aman, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30164. Data yang digunakandalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari Puskopdit Handriya Sanggraha.Teknik analisa data menggunakan perhitungan 7 aspek yaitu aspek permodalan, aspek kualitas aktiva produktif, aspekmanajemen, aspek efisiensi, aspek likuiditas, kemandirian dan pertumbuhan dan jati diri koperasi. dan pedoman standarpenilaian Berdasarkan Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan MenengahRepublik Indonesia Nomor: 06/Per/Dep.6/IV/2016 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam.Hasil dari penelitian ini menunjukkan kinerja keuangan Puskopdit Handriya Sanggraha dalam keadaan cukup sehatpada tahun 2015 dan 2019 dan masih kurang baik atau dalam pengawasan pada tahun 2016, 2017, dan 2018
Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Word Of Mouth, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Laptop Merek Acer Di Kota Palembang Sugiyanto Sugiyanto; Herry Widagdo
Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen Vol 2 No 2 (2021): Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen
Publisher : Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.508 KB) | DOI: 10.35957/prmm.v2i2.863

Abstract

Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Harga, Word of Mouth, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen pada Laptop Merek Acer di Kota Palembang secara parsial. (2) Untuk menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Harga, Word of Mouth, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen pada Laptop Merek Acer di Kota Palembang secara simultan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan penyebaran kuisioner dengan skala likert, dengan jumlah responden 260 responden. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel digunakan metode purposive sampling serta menggunakan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji parsial (uji-t) Kualitas Produk (X1), Harga (X2), Word of Mouth (X3), dan Citra Merek (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen (Y). Uji simultan (uji-F) membuktikan bahwa variabel independen adalah Kualitas Produk (X1), Harga (X2), Word of Mouth (X3), dan Citra Merek (X4) berpengaruh terhadap variabel dependen adalah Minat Beli Konsumen (Y).
Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Restoran Magal Korean BBQ House Palembang Vina Angelika Taslim; Charisma Ayu Pramuditha
Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen Vol 2 No 2 (2021): Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen
Publisher : Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.777 KB) | DOI: 10.35957/prmm.v2i2.864

Abstract

Tujuan penelitian pada penelitian ini (1) Untuk menganalisis apakah harga, promosi, kualitas produk danlokasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen Magal Korean BBQ House Palembang secara parsial. (2) Untukmenganalisis apakah harga, promosi, kualitas produk dan lokasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen MagalKorean BBQ House Palembang secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode penyebaran kuesioner denganskala likert, dengan jumlah responden 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakanmetode purposive sampling dan dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji parsial(uji-t) variabel harga (X1), variabel promosi (X2), variabel kualitas produk (X3), dan variabel lokasi (X4) berpengaruhpositif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Uji simultan (uji-f) membuktikan bahwa variabel independen yaituvariabel harga (X1), variabel promosi (X2), variabel kualitas produk (X3), dan variabel lokasi (X4) berpengaruh terhadapvariabel dependen yang berupa minat beli konsumen (Y)
Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi dan Word of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Jaya Sentosa Mebel 7 Ulu Palembang Nadia Fajriati; Megawati Megawati
Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen Vol 2 No 2 (2021): Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen
Publisher : Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.194 KB) | DOI: 10.35957/prmm.v2i2.865

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, lokasi dan word of mouth terhadapMinat Beli Konsumen pada Toko Jaya Sentosa Mebel 7 Ulu Palembang secara parsial dan simultan. Populasi penelitianini adalah para Pengunjung atau Konsumen yang ingin berbelanja di Toko Jaya Sentosa Mebel 7 Ulu Palembang.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria konsumen yangkriteria yang digunakan ialah orang-orang yang ingin berbelanja ataupun yang berkunjung di Toko Jaya SentosaMebel 7 Ulu Palembang. Sehingga diperoleh sampel berjumlah 210 responden. Teknik analisis penelitian menggunakanmodel analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah harga, kualitas produk, lokasi dan word of mouthberpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat beli konsumen
Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Kupon, Jatuh Tempo, Peringkat, Dan Likuiditas Terhadap Perubahan Harga Obligasi Korporasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2019 Nursiti Hardiyanti; Sri Megawati Elizabeth
Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen Vol 2 No 2 (2021): Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen
Publisher : Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.457 KB) | DOI: 10.35957/prmm.v2i2.866

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga, kupon, jatuh tempo, peringkat, danlikuiditas terhadap perubahan harga obligasi korporasi yang terdaftar di Bursa Efek Indoonesia (BEI) periode 2015-2019. Populasi penelitian berjumlah 539 obligasi korporasi.Sedangkan sampel penelitian yang digunakan berjumlah 36obligasi korporasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda yang diolah dengan aplikasiSPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial tingkat suku bunga berpengaruh negatif dan signifikanterhadap perubahan harga obligasi, kupon tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap perubahan harga obligasi,jatuh tempo berpengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan harga obligasi, peringkat tidak berpengaruh dantidak signifikan terhadap perubahan harga obligasi, likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perubahanharga obligasi. Secara simultan tingkat suku bunga, kupon, jatuh tempo, peringkat, dan likuiditas berpengaruh positifdan signifikan terhadap perubahan harga obligasi.
Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Ambassador, Iklan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee Indonesia Pada Saat Pandemi (Studi Kasus Di Kota Palembang) Suryadi Johan; Ratna Juwita; Megawati Megawati
Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen Vol 2 No 2 (2021): Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen
Publisher : Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.61 KB) | DOI: 10.35957/prmm.v2i2.867

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Ambassador, Iklan, danKepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen pada E-commerce Shopee Indonesia pada saat pandemi di kota Palembang.Populasi dalam penelitian ini adalah Shopee Indonesia yang di kota Palembang. Sampel pada penelitian ini berjumlah121 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan model analisis regresilinier berganda, uji validitas, uji reliabilitas, koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menyatakan bahwaIklan memiliki pengaruh tidak positif secara tidak signifikan secara parsial sedangkan variabel Electronic Word OfMouth, Brand Ambassador, dan Kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial dan secarasimultan variabel Electronic Word Of Mouth, Brand Ambassador, Iklan, dan Kepercayaan berpengaruh terhadapMinat Beli Konsumen pada E-commerce Shopee Indonesia pada saat pandemi di kota Palembang
Pengaruh Word Of Mouth, Citra Merek, Personal Selling Dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Di CV. Multikom Palembang Vivian Natasyah; Nyimas Artina; Megawati Megawati
Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen Vol 2 No 2 (2021): Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen
Publisher : Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.084 KB) | DOI: 10.35957/prmm.v2i2.868

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh parsial dan simultan word of mouth, citra merek, personal selling dan sikap terhadap keputusan pembelian di CV. Multikom Palembang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 224 responden dengan kriteria responden telah melakukan pembelian di CV. Multikom Palembang minimal satu kali. Hasil penelitian ini adalah nilai t hitung variabel word of mouth adalah 9,124 dengan signifikan sebesar 0,000. Nilai t hitung variabel citra merek adalah 4,390 dengan signifikan sebesar 0,000. Nilai t hitung variabel personal selling adalah 4,335 dengan signifikan sebesar 0,000. Nilai t hitung variabel sikap adalah 5,796 dengan signifikan sebesar 0,000. Nilai Fhitung adalah 91,278 dengan signifikansi 0,000. Nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,618 atau 61,8%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah word of mouth, citra merek, personal selling dan sikap secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di CV. Multikom Palembang
“Bandrek Jeger Bandung” (Perencanaan Pengembangan Inovasi Usaha Bandrek Di Palembang Di Era New Normal) Nanda Puspita; Yulizar Kasih; Faradila Meirisa
Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen Vol 2 No 2 (2021): Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen
Publisher : Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.837 KB) | DOI: 10.35957/prmm.v2i2.869

Abstract

Bandrek Jeger Bandung merupakan perencanaan pengembangan usaha bandrek di era newnormal dengan sistem penjualan menggunakan sebuah sepeda yang telah dimodifikasi sedemikian rupasebagai tempat usaha. Usaha ini berlokasi di Jalan angkatan 45 palembang. Promosi yang dilakukanmenggunakan media sosial yaitu instagram dan whatsapp. Berdasarkan aspek kelayakan usaha, makadidapatkan payback period selama 1 tahun 10 bulan 28 hari, net present value yang bernilai positif yaitu144.259.514, internal rate of return sebesar 45.24%, profitability index memenuhi syarat >1 yaitu2,13 dan accounting rate of return sebesar 234%. Dengan analisis tersebut maka dapat disimpulkanbahwa perencanaan pengembangan inovasi usaha bandrek dinyatakan layak untuk dijalankan danberprospek menguntungkan di masa mendatang
Pengaruh Non Performing Loan (NPL), Net Interest Margin (NIM), Suku Bunga, Dan Loan To Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) Bank Umum Konvensional Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Periode Tahun 2015 – 2019) Willy Osvaldo; Kardinal Kardinal
Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen Vol 2 No 2 (2021): Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen
Publisher : Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.578 KB) | DOI: 10.35957/prmm.v2i2.870

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Non Performing Loan (NPL), Net Interest Margin(NIM), Suku Bunga, dan Loan To Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Asset (ROA) Bank Umum Konvensionalyang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2019. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakanteknik analisis kuantitatif dan populasi penelitian ini berjumlah 42 perusahaan Bank Umum Konvensional yang terdaftardi Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2019. Sampel pada penilitian ini berjumlah 36 perusahaan Bank UmumKonvensional dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis yangdipakai untuk menguji hipotesis dalam penilitian ini adalah menggunakan analisis regresi berganda. Hasil pengujianmenunjukkan secara parsial bahwa variabel Non Performing Loan (NPL) berpengaruh negatif secara signifikan terhadapReturn On Asset (ROA), sedangkan Net Interest Margin (NIM) berpengaruh positif secara signifikan, sedangkan SukuBunga, dan Loan To Deposit Ratio (LDR) berpengaruh negative dan tidak signifikan. Secara simultan variabel NonPerforming Loan (NPL), Net Interest Margin (NIM), Suku Bunga dan Loan To Deposit Ratio (LDR) secara bersama-sama berpengaruh positif secara signifikan terhadap Return On Asset (ROA)